Riau

10 Tempat Wisata di Kepulauan Meranti Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Riau? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Terbaik di Kepulauan Meranti Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits untuk Mendapatkan Liburan yang Lebih Berkesan.

Berkunjung ke Riau, tak lengkap rasanya bila tak sekalian bertandang ke Kepulauan Meranti. Nama Meranti merupakan kependekan dari Pulau Merbau, Pulau Rangsang, dan Pulau Tebing Tinggi. Kepulauan Meranti merupakan hasil dari pemekaran wilayah di Kabupaten Bengkalis. Wilayah yang juga sebagai penghubung menuju Malaysia ini ternyata memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, dengan pepohonan yang rindang dan kondisi alam yang masih asri.

Wisata bahari yang ditawarkan Kepulauan Meranti pun juga tak kalah luar biasa cantiknya. Terlebih objek wisata di daerah ini banyak yang masih belum terjamah oleh tangan-tangan wisatawan. Sehingga menghadirkan wisata alam yang tak hanya indah namun juga asli dan bisa dikatakan masih perawan.

Dengan beragam destinasi wisata yang memukau tentunya sayang jika Anda melewatkan kabupaten ini. Berikut ulasan 10 tempat wisata di Kepulauan Meranti yang patut Anda kunjungi ketika liburan tiba.

1. Tasik Air Putih

Tasik Air Putih

Image Credit: Tasik-air-putih.business.site

Kepulauan Meranti memiliki 3 wisata tasik yang indah dan layak untuk dikunjungi. Ketiga tasik tersebut ialah Tasik Air Putih, Tasik Nambus, dan Tasik Putri Pepuyu. Pertama, Tasik Air Putih berada di Kecamatan Rangsang. Untuk mencapai lokasi, Anda harus melewati Desa Teluk Samak dan Desa Tanjung Samak. Tasik Air Putih memiliki ukuran lebar 800 meter dan terletak di Pulau Rangsang.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata Tasik Air Putih ini Anda akan disuguhkan fenomena alam yang tak pernah Anda temui sebelumnya. Misalnya, sebuah pulau kecil tiba-tiba muncul di tengah Tasik Air Putih. Sehingga menjadi objek wisata baru dan menambah keindahan alam Tasik Air Putih.

Lokasi: Teluk Samak, Kec. Rangsang, Kab. Kepulauan Meranti.

2. Tasik Nambus

Tasik Nambus

Image Credit: Riaulink.com

Kedua, Tasik Nambus berlokasi di Desa Tanjung Darul Takzim, Kecamatan Tebing tinggi Barat, yang dapat ditempuh dengan waktu 30 menit melalui jalur darat. Keunggulan Tasik Nambus ini ialah pemandangan berupa hutan lindung di sekitar lokasi sehingga menambah kesejukan saat berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Selain itu, setiap bulan safar, masyarakat Tebing Tinggi Barat melakukan mandi safar di Tasik Nambus. Sehingga objek wisata ini kerap ramai dikunjungi wisatawan lokal.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kuantan Singingi Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Tanjung Darul Takzim, Kec. Tebing Tinggi Barat, Kab. Kepulauan Meranti.

3. Tasik Putri Pepuyu

Tasik Putri Pepuyu

Image Credit: Wisatasia.com

Ketiga, Tasik Putri Pepuyu terletak di Desa Tanjung Padang atau Pulau Padang, Merbau. Sama halnya dengan Tasik Nambus, Tasik ini berada di tengah hutan lindung yang masih alami dan belum terjamah tangan manusia sehingga keasriannya tak perlu diragukan.

Bagi Anda yang menyukai kegiatan berkemah, Tasik Putri Pepuyu ini cocok untuk dikunjungi kala berlibur bersama keluarga maupun orang terdekat lalu menghabiskan malam dengan berkemah bersama.

Lokasi: Tanjung Padang, Kec. Merbau, Kab. Kepulauan Meranti.

4. Pulau Dedap Durhaka

Image Credit: Triptrus.com

Tak sekadar sebagai tempat wisata, Pulau Legenda Dedap Durhaka ini juga memiliki cerita rakyat yang hampir mirip dengan Malin Kundang. Pulau Dedap Durhaka berlokasi di Selat Bengkalis, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti. Pulau Legenda Dedap Durhaka diselimuti pepohonan mempelam atau mangga yang rindang.

Keunikannya, apabila Anda memetik buah mangga di bagian atas pohon, rasa buah mangganya akan terasa manis. Namun, saat Anda memetik buah mangga yang ada di bagian bawah, atau dekat dengan tanah, maka rasa buahnya berubah menjadi asam. Di Pulau Legenda Dedap Durhaka ini terdapat dua kera yang menjadi penunggu pulau ini.

Lokasi: Selat Bengkalis, Kec. Merbau, Kab. Kepulauan Meranti.

5. Pantai Ceria

Pantai Ceria

Image Credit: Kunjungiwisata.blogspot.com

Di Kepulauan Meranti ini sedikitnya terdapat pantai yang populer dan ramai dikunjungi wisatawan yakni Pantai Ceria. Sesuai namanya, Pantai Ceria merupakan singkatan dari Centai Riau. Pantai ini terletak di Desa Centai, Kecamatan Merbau. Pantai Ceria memiliki keindahan biota laut yang menakjubkan dan dikenal dengan sebutan Mentarang juga pemandangan alam yang eksotis.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Pekanbaru yang Paling Hits

Lokasi: Centai, Kec. Merbau, Kab. Kepulauan Meranti.

6. Pantai Motong

Pantai Motong

Image Credit: Wisatasia.com

Pantai selanjutnya dijuluki Pantai Montong. Pantai ini Terletak di Desa Permai, Tanjung Motong. Pantai ini menawarkan keindahan laut biru yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Keunggulan objek wisata yang satu ini ialah bisa melihat Selat Malaka yang luas dengan air yang tenang.

Mengunjungi Pantai Montong sangat cocok untuk Anda yang ingin menenangkan pikiran dari penatnya permasalahan kehidupan. Pastikan Anda berkunjung ke Panta Motong saat matahari terbit dan terbenam untuk mendapatkan momen terbaiknya.

Lokasi: Permai, Bantar, Kec. Rangsang Barat, Kab. Kepulauan Meranti.

7. Pantai Dorak

Pantai Dorak

Image Credit: Youtube.com (Erwin saputra)

Pantai Dorak Meranti berlokasi di Selatpanjang juga bisa menjadi pantai yang menarik dikunjungi. Pantai Dorak ramai dikunjungi warga sekitar sebagai lokasi yang ampuh untuk melepas kepenatan. Pada bagian pinggir Pantai Dorak ini terdapat bebatuan tangkahan kayu yang dibuat layaknya pelabuhan kecil.

Biasanya lokasi ini digunakan pengunjung untuk berswafoto, atau sekadar duduk-duduk menikmati semilir angin dan pemandangan yang disuguhkan. Di Pantai Dorak, Anda akan melihat banyak kapal berlabuh dan tentunya menjadi pemandangan yang unik bagi para wisatawan.

Lokasi: Tanjung Bunga, Kec. Pulau Merbau, Kab. Kepulauan Meranti.

8. Festival Sungai Bokor, Pulau Rangsang

Festival Sungai Bokor, Pulau Rangsang

Image Credit: Riaudailyphoto.com

Desa Bokor yang terletak di Pulau Rangsang ini memiliki kegiatan unik setiap tahunnya yakni mengadakan Festival Sungai Bokor. Festival Sungai Bokor ini dilakukan sebagai salah satu alternatif untuk melestarikan budaya warga Pulau Rangsang. Lomba-lomba yang gelar pun tak kalah unik. Seperti berlari di atas tual sagu, yakni berlari di atas permukaan air yang dialasi dengan batang-batang sagu.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bengkalis Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Mengapa sagu? Karena Pulau Rangsang dikenal sebagai penghasil sagu. Selain itu, Pulau Rangsang ini juga memiliki hasil pertanian lainnya dengan kualitas terbaik seperti buah naga, manggis, rambutan dan lainnya.

Lokasi: Bokor, Kec. Rangsang Barat, Kab. Kepulauan Meranti.

9. Kelenteng Hoo Ann Kiong

Kelenteng Hoo Ann Kiong

Image Credit: Wikipedia.org

Hidup di Pulau Meranti, rasanya seperti hidup dalam kerukunan beragama yang sudah lama tak dirasakan banyak orang. Antara warga yang beragama Islam, Hindu, Kristen, Katolik, saling membantu dan berdampingan dengan warga keturunan Tionghoa.

Diketahui bahwa mayoritas penduduk di Pulau Meranti adalah warga keturunan Tionghoa maka tak heran apabila mereka memiliki tempat beribadah tertua yang sudah dibangun sejak masa penjajahan Belanda yakni tahun 1868. Klenteng Hoo Ann Kiong berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Selatpanjang.

Lokasi: Alah Air Timur, Kec. Tebing Tinggi, Kab. Kepulauan Meranti.

10. Danau Pulau Padang

Danau Pulau Padang

Image Credit: Wisatasia.com

Sebagai kabupaten kepulauan, Meranti memiliki banyak pulau-pulau indah yang layak dikunjungi, salah satunya ialah Pulau Padang. Pulau Padang berada di sebelah Pulau Merbau, apabila Anda ingin mengunjungi Pulau Padang, dari Kepulauan Meranti, Anda harus menyeberangi Pulau Tebing Tinggi kemudian melanjutkan perjalanan ke Pulau Merbau.

Dari Pulau Merbau inilah Anda menyeberang lagi ke Pulau Padang. Di Pulau Padang inilah Anda akan menemukan sebuah danau yang indah bernama Danau Pulau Padang. Danau ini terletak di tengah hutan dan kondisi alamnya masih sangat asri juga alami sehingga memikat hati siapapun yang ingin bertandang ke sana. Selain menikmati alamnya, Anda juga bisa memancing di danau ini, ikan-ikan yang hidup di danau tersebut terkenal berukuran besar dan segar.

Lokasi: Pulau Padang, Kec. Tasik Putri Puyu, Kab. Kepulauan Meranti.

Itulah 10 tempat wisata di Kepulauan Meranti yang paling hits dikunjungi wisatawan ketika liburan tiba. Semoga bermanfaat!