Jambi

15 Tempat Wisata di Kerinci Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik & Populer di Kerinci, Jambi. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan atau Akhir Pekan.

Rasanya pantas menyematkan istilah “surga di dunia’ untuk Kabupaten Kerinci karena keindahan alamnya. Tidak heran, keindahan alamnya mampu menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Provinsi Jambi, Kerinci menawarkan berbagai macam objek wisata yang dapat Anda kunjungi di musim liburan nanti.

Penasaran apa saja tempat menarik disana? Berikut ulasan 15 tempat wisata di Kerinci yang paling populer dikunjungi wisatawan.

1. Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh

Image Credit: Wego.co.id

Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu destinasi wisata favorit di daerah kerinci. Perpaduan antara jernihnya air danau dan sejuknya udara pegunungan membuat wisatawan berdatangan ke tempat ini. Dinamakan ‘gunung tujuh’ karena lanskap danau ini sesuai dengan namanya, yaitu adanya 7 buah bukit gunung yang mengelilingi danau tersebut.

Datanglah ke Danau Gunung Tujuh saat matahari pagi baru muncul. Anda akan mendapatkan momen di mana ketujuh bukit tersebut terlihat merah keemasan diterpa pantulan sinar matahari pagi dari air danau.

Lokasi: Pesisir Bukit, Kec. Gunung Tujuh, Kab. Kerinci.

2. Danau Kaco

Danau Kaco

Image Credit: Ayonongkrong.com

Berbeda dengan Danau Tujuh Gunung yang memiliki danau yang cukup luas, Danau Kaco hanya memiliki luas sekitar 30 m x 30 m. Meskipun danau tersebut tidak luas, namun Danau Kaco punya daya tarik tersendiri. Penamaan ‘kaco” berasal dari bahasa setempat yang berarti kaca. Jernihnya air mmebuat danau tersebut dinamakan demikian.

Hal menarik lainnya adalah airnya yang berwarna kebiruan. Selain itu, Anda dapat melihat ribuan Ikan Semah yang berenang bebas di bawah permukaannya. Danau yang terletak di ketinggian 1.289 m ini merupakan salah satu destinasi wajib di Kerinci.

Lokasi: Dusun Baru Lempur, Kec. Gunung Raya, Kab. Kerinci.

3. Danau Kerinci

Danau Kerinci

Image Credit: Wikipedia.org

Satu lagi danau yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di Kerinci adalah Danau Kerinci. Danau ini merupakan destinasi favorit keluarga yang datang dan berlibur di Kerinci. Danau yang terletak di kaki Gunung Raja, Kecamatan Danau Kerinci ini memiliki danau yang sangat laus, yaitu sekitar 4200 ha dan kedalaman rata-rata sekitar 110 m.

Selain sebagai objek wisata, danau ini meruapak pusat pencaharian warga setempat. Sebagian besar warga yang tinggal di sekitar danau bermatapencaharian sebagai nelayan yang menggantungkan hidup dengan mencari ikan di danau tersebut. Anda akan melihat berbagai jenis perahu berjejer di atas permukaan danau.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Jambi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Lake Kerinci, Kec. Danau Kerinci, Kab. Kerinci.

4. Air Terjun Talang Kemulun

Air Terjun Talang Kemulun

Image Credit: Ayonongkrong.com

Air terjun ini terletak di dalam hutan yang lebat, tepatnya berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Karena letaknya di tengah hutan lebat, air terjun ini kurang dikenal oleh wisatawan yang datang ke Kerinci. Namun, Anda tetap dapat menikmati keindahan alam di Air Terjun Talang Kemulun. Malahan, karena sepinya pengunjung, Anda dapat menikmati kesunyian dan keindahan air tejrun ini. Uniknya, air terjun ini terdiri dari 12 tingkat batu yang membentuk tingkatan indah jika dilihat dari kejauhan.

Lokasi: Desa Kemulun, Kec. Danau Kerinc, Kab. Kerinci.

5. Air Panas Semurup

Air Panas Semurup

Image Credit: Ksmtour.com

Air Panas Semurup merupakan sebuah kolam pemandian air panas alami yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik. Lokasi air panas ini terletak di daerah Desa Baru, Kecamatan Air Hangat. Perlu diingat bahwa tidak semua kolam bisa Anda gunakan karena suhu panas yang mencapai 85 derajat celcius bisa membahayakan badan Anda.

Jika Anda berencana untuk menginap atau bermalam di Air Panas Semurup, terdapat sebuah hotel dengan berbagai fasilitas yang dapat Anda gunakan. Tarif hotelnya pun beragam, mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 220.000 per malam. Fasilitas yang ditawarkan pun tergantung jenis hotel yang Anda pilih.

Lokasi: Jl. Wisata Air Panas Semurup No. 1, Koto Baru Semurup, Air Panas Baru, Kec. Air Hangat, Kab. Kerinci.

6. Masjid Agung Pondok Tinggi

Image Credit: Situsbudaya.id

Selain wisata alam, Anda juga bisa menikmati wisata sejarah sekaligus wisata religi. Masjid Agung Pondok Tinggi merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Kerinci. Arsitekturnya pun menggunakan model yang khas dengan atap tumpang. Selain itu, masjid kuno ini merupakan masjid yang sudah ada sebelum masa kolonial.

Lokasi: Jl. Kol. M. Koekoeh, Pd. Tinggi, Kec. Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh.

7. Pendakian Kerinci

Pendakian Kerinci

Image Credit: Saribundo.biz

Objek wisata ini sangat pas untuk Anda yang memiliki jiwa petualang dan kecintaan terhadap alam. Daya tarik Pendakian Kerinci tidak hanya memikat wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara. Kondisi alam yang masih sangat terjaga membuat lokasi pendakian ini menjadi tujuan favorit di Kerinci, khususnya wisata petualangan.

Jika Anda berminat untuk berkunjung ke pendakian Kerinci, jangan lupa persiapkan perbekalan dan stamina yang cukup karena medan yang cukup ekstrem membuat stamina cepat terkuras.

Lokasi: Bengkolan Dua, Kec. Gunung Tujuh, Kab. Kerinci.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Sungai Penuh Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

8. Danau Lingkat

Danau Lingkat

Image Credit: Iitstkipmuhammadiyah.blogspot.com

Danau alami ini terletak di pinggir Taman Nasional Kerinci Seblat. Danau ini memiliki luas sekitar 12 ha. Meskipun tidak terlalu luas, danau ini merupakan salah satu lokasi objek wisata favorit yang dikunjungi oleh wisatawan lokal. Hal menarik dari danau ini adalah airnya yang berwarna kehijauan.

Selain itu, jika Anda datang ke sini di sore hari, Anda dapat mendengar suara binatang-binatang liar seperti Siamang. Naiklah rakit sembari menyusuri hutan di sekitar danau tersebut. Kondisi alam yang masih sangat terjaga membuat objek wisata ini menjadi lokasi favorit untuk berlibur.

Lokasi: Lempur Hilir, Kec. Gunung Raya, Kab. Kerinci.

9. Air terjun Telun Berasap

Air terjun Telun Berasap

Image Credit: Ksmtour.com

Air tejun ini terletak tidak terlalu jauh dari Gunung Kerinci. Setelah mengunjungi Gunung Kerinci, tidak ada salahnya untuk mampir ke Air Tejun Telun Berasap. Biasanya, setelah selesai mendaki, para pendaki bekrunjung untuk menikmati kesegaran airnya. Air tejrun ini berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan hulu sungai dari Danau Gunung 7.

Mitos yang berkembang, adanya sebuah goa di balik air tejrun. Konon, sampai saat ini, belum ada orang yang mampu memasuki goa tersebut karena derasnya air. Dari kejauhan, derasnya air membentuk formasi kabut yang dipadukan dengan rimbunya hutan membuat air terjun ini sangat indah.

Lokasi: Telun Berasap, Kec. Gunung Tujuh, Kab. Kerinci.

10. Air Terjun Pancuran Rayo

Air Terjun Pancuran Rayo

Image Credit: Jalanbareng.com

Tahukah Anda bahwa Air Terjun Pancuran Rayo terletak di tengah hutan lebat sehingga namanya tidak terdaftar di Dinas Perhubungan? Air terjun ini berlokais sangat terpencil sehingga hanya sebagian orang saja yang tahu. Air terjun tergolong yang cukup tinggi. Tingginya air terjun ditambah tebing batu di sekelilingnya membuat air terjun ini tampak sangat indah.

Untuk mendapatkan keindahan yang sempurna, disarankan mengunjungi air terjun ini di pagi atau sore hari ketika sinar matahari menyinari derasnya air terjun yang menerpa tebing.

Lokasi: Jl. Pulau Tengah, Dusun Baru Pulau Tengah, Kec. Keliling Danau, Kab. Kerinci.

11. Kawasan Aroma Peko

Image Credit: Tempatwisata.pro

Sesungguhnya Kawasan Aroma Peko merupakan sebuah objek wisata yang terletak di tengah perkebunan teh. Di sana, terdapat sebuah danau alami yang tidak terlalu luas namun asri dan indah. Di atas danau, terdapat sebuah gazebo dan jembatan yang dapat Anda gunakan utnuk beristirahat setelah lelah menelusuri perkebunan teh.

Kawasan Aroma Peko sangat rindang karena dikelilingi hutan. Danau ini juga memiliki kedalaman yang tidak terlalu dalam sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tanjung Jabung Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Bento, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci.

12. Goa Kasah

Goa Kasah

Image Credit: Cupakkerinci.com

Goa yang memiliki ukuran 15 m x 8 m serta ketinggian 15 meter ini merupakan habitat kelelawar dan berbagai jenis burung lainnya. Goa Kasah menjadi wisata bersejarah yang unik karena di pinggir dinding goa, Anda dapat melihat berbagai ukiran peninggalan manusia purba yang masih terjaga sampai sekarang.

Selain itu, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya seperti membangun tenda di sekitar goa sembari menikmati dan melihat hewan liar di sekitar goa. Goa ini terletak di kawasan Desa Renah Kasah, Kecamatan Kayu Aro.

Lokasi: Renah Kasah, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci.

13. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat

Image Credit: Foresteract.com

Tahukah Anda bahwa Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan taman nasional terbesar di Pulau Sumatra. Anda bisa membayangkan betapa banyaknya kekayaan alam, baik flora dan fauna yang terdapat di dalam taman nasional tersebut. Menurut sensus pemerintah setempat, terdapat kurang lebih 4 ribu spesies tumbuhan yang terdapat di dalam taman nasional tersebut, salah satunya adalah spesies bunga bangka Raflesia Arnoldii dan spesies bunga tertinggi di dunia, yaitu Titan Arum.

Kekayaan fauna juga terlihat dari beragamnya jenis hewan yang hidup di dalam taman nasional ini seperti Badak Sumatra, Harimau Sumatra, Tapir Melayu, Beruang Madu dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Koto Renah, Kec. Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh.

14. Bukit Khayangan

Bukit Khayangan

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Tempat selanjutnya yang dapat Anda kunjungi di Kerinci adalah Bukit Khayangan. Tempat ini mendapatkan julukan ‘Negeri di Atas Awan’ karena keindahan dan keunikan lanskapnya. Bukit ini merupakan gugusan bukit yang membentang membentuk barisan bukit yang unik.

Perpaduan antara hijaunya hutan dan gugusan bukit membuat pemandanagn di sini seperti di negeri di atas awan. Puncak tertinggi di kawasan ini memiliki ketinggian 1.500 mdpl sehingga Anda dapat mendakinya dengan mudah karena medan yang tidak terlalu ekstrem.

Lokasi: Renah Kayu Embun, Kec. Kumun Debai, Kota Sungai Penuh.

15. Perkebunan Teh Kayu Aro

Perkebunan Teh Kayu Aro

Image Credit: Detik.com

Jika Anda mengunjungi lokasi perkebunan teh ini, niscaya Anda tidak akan berkedip. Perkebunan teh ini merupakan salah satu perkebunan peninggalan kolonial. Yang menjadi daya tarik adalah luas perkebunannya. Kebun teh ini merupakan perkebunan terluas di Indonesia dan terletak di kaki Gunung Kerinci membuat pemandangan indah dan udara sejuk. Hal unik lainnya adalah teh produksi para petani di perkebunan ini merupakan teh untuk diekspor.

Lokasi: Giri Mulyo, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Kerinci yang patut Anda masukkan ke daftar liburan Anda selanjutnya. Semoga bermanfaat!