Riau

10 Tempat Wisata di Kuantan Singingi Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Kuantan Singingi? Temukan Beragam Tempat Wisata Favorit di Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Destinasi Wisata Menarik Terbaru, Kekinian & Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Kuantan Singingi, Riau, ini memiliki berbagai wisata yang tersebar di dataran tinggi dan dataran rendah. Wilayah yang memiliki ibu kota Teluk Kuantan ini memiliki potensi wisata alam yang elok dan wajib untuk dikunjungi. Mulai dari objek-objek wisata hingga acara bertema cagar budaya yang rutin digelar di wilayah tersebut setiap tahunnya. Seperti Festival Parade Sampan Tradisional, Festival Pacu Jalur, hingga lomba dayung Perahu Naga.

Pastikan Anda ikut menyaksikan perlombaan-perlombaan seru itu untuk mengetahui budaya warga Kuantan Singingi lebih dalam lagi. Meski ada lebih dari puluhan objek wisata terkenal di Kuantan Singingi ini, namun berikut ini ulasan 10 tempat wisata di Kuantan Singingi yang popular dan patut Anda kunjungi ketika berada di Provinsi Riau.

1. Air Panas Sungai Pinang

Air Panas Sungai Pinang

Image Credit: Wisatasia.com

Apabila Anda ingin berkunjung ke Air Panas Sungai Pinang melalui Kota Teluk Kuantan, maka perjalanan yang ditempuh sekitar 33 km. Dengan menggunakan dana swadaya dan gotong royong warga, kini objek wisata Air Panas Sungai Pinang ini memiliki akses jalan yang lebih mudah dijangkau dengan kendaraan. Karena jalanan di Desa Sungai Pinang, Desa Sungai Pinang Hulu, Desa Saik Kuantan Mudik dan Desa Pebaun, sudah diperbaiki sehingga membuat jarak tempuh semakin singkat dan memudahkan pengunjung.

Selain perbaikan akses jalan, pemerintah setempat juga merevitalisasi wilayah seluas 4 hektare itu untuk dibangun kolam-kolam air panas baru dengan fasilitas yang lebih lengkap. Seperti kamar ganti, taman, kafetaria, parkir dan fasilitas lainnya. Diharapkan dengan adanya perbaikan akses jalan dan revitalisasi objek wisata, semakin banyak pengunjung yang datang dan meningkatkan perekonomian warga setempat.

Lokasi: Desa Pinang, Kec. Hulu Kuantan, Kab. Kuantan Singingi.

2. Danau Masjid Koto Kari

Danau Masjid Koto Kari

Image Credit: Pesona.travel

Danau Masjid Koto Kari merupakan danau buatan dengan luas 200 x 800 meter yang berlokasi di tengah perkebunan karet, Kecamatan Kuantan Tengah. Cerita di balik nama Danau Masjid Koto Kari ialah karena di dekat danau tersebut terdapat masjid yang indah dan megah. Keunggulan dari objek wisata ini ialah pemandangannya yang asri dan udara yang sejuk. Sehingga cocok bagi Anda yang ingin menenangkan pikiran dan menyegarkan kembali tubuh dari kepenatan rutinitas sehari-hari.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bengkalis Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Selain pemandangannya yang masih asri, Danau Masjid Koto Kari ini dihuni oleh 3 jenis monyet liar yang hidup di sekitar masjid. Ketiga jenis monyet tersebut ialah Cogak, Cingkuk, dan Koka. Pada saat momen menjelang lebaran, Danau Masjid Koto Kari selalu ramai dikunjungi wisatawan karena adanya festival lomba pacu jalur yang diadakan di Danau Masjid Koto Kari.

Lokasi: Desa Koto Kari, Kec. Kuantan Tengah, Kab. Kuantan Singingi.

3. Danau Rawang Udang

Image Credit: Wisatasia.com

Danau Rawang Udang dikelola dan didirikan oleh pihak swasta pada tahun 1999. Sejak saat itu wilayah Kuantam Sengingi semakin ramai dikunjungi wisatawan baik warga sekitar hingga warga luar negeri. Berkunjung ke Danau Rawang Udang ini bisa menjadi salah satu alternatif liburan di akhir pekan Anda bersama orang-orang terdekat.

Jangan ragu dengan fasilitas dari objek wisata Danau Rawang Udang ini karena sudah dikelola secara profesional dan dilengkapi banyak fasilitas pendukung seperti wahana permainan air, permainan anak, MCK, panggung hiburan, kafetaria, musala, hingga lahan parkir yang luas.

Danau Rawang Udang ini berjarak sekitar 12 km dari pusat Kota Teluk Kuantan, tepatnya berada di Desa Talonam Benai. Selain itu, wisata Danau Rawang Udang sudah dapat dijangkau menggunakan transportasi umum.

Lokasi: Desa Talontam Benai, Kec. Benai, Kab. Kuantan Singingi.

4. Hutan Kota Pulau Bungin

Hutan Kota Pulau Bungin

Image Credit: Kotajalur.kuansing.go.id

Ingin rekreasi murah dengan suguhan alam yang menakjubkan? Maka Hutan Kota Pulau Bungin adalah solusinya. Hutan seluas 37.313 M2 ini memiliki pohon-pohon jati yang rindang dan menjulang sehingga menciptakan udara yang sejuk di sekitarnya.

Selain itu, ada pula fasilitas pengunjung lainnya seperti kursi, jogging track, dan area untuk bermain outbond. Objek wisata Hutan Kota Pulau Bungin cocok untuk Anda yang mencari wisata murah, nyaman dan berfasilitas lengkap.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kepulauan Meranti Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Koto Taluk, Kec. Kuantan Tengah, Kab. Kuantan Singingi.

5. Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling

Image Credit: Kelanariau.blogspot.com

Berlokasi di kawasan Bukit Rimbang dan Bukit Baling, Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling ini menyuguhkan wisata alam dengan hewan-hewan khas Sumatera di dalamnya. Mulai dari Harimau Sumatera, Macah Ahan, Kucing Emas, Beruang Madu, Kancil hingga Rusa. Semuanya hidup di hutan margasatwa seluas 136 hektare tersebut.

Selain melihat dan mempelajari mengenai suaka margasatwa, pengunjung juga diajak untuk menikmati fasilitas hiburan lainnya seperti Tracking, Rafting, Bird Watching atau pengamatan burung hingga pengamatan harimau.

Lokasi: Aur Kuning, Kec. Singingi Hilir, Kab. Kuantan Singingi.

6. Desa Wisata Koto Sentajo

Desa Wisata Koto Sentajo

Image Credit: Pesona.travel

Objek wisata selanjutnya ialah Desa Wisata Koto Sentajo. Desa cagar budaya ini berjarak sekitar 4 km dari pusat Kota Teluk Kuantan. Banyak objek-objek wisata yang menarik untuk dilihat di Desa Wisata Koto Sentajo. Beberapa diantaranya ialah rumah adat Godang yang berusia ratusan tahun dan dengan kondisi terawat.

Di dalam rumah adat itu, Anda bisa melihat puluhan peralatan alat musik tradisional, seperti gendang dan talempong. Selain itu jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Kuatan Singingi serta adat istiadat penduduk setempat yang masih dilestarikan hingga sekarang.

Lokasi: Koto Sentajo, Kec. Sentajo Raya, Kab. Kuantan Singingi.

7. Air Terjun Patisoni

Air Terjun Patison

Image Credit: Mongabay.co.id

Air Terjun Patisoni ini berlokasi di kawasan hutan karet dan sawit yang berjarak sekitar 22 km dari pusat Kota Teluk Kuantan, yakni di Desa Seberang Cengar, Kuantan Mudik. Akses jalannya yang mudah menjadikan Air Terjun Patisoni ini sebagai wisata favorit banyak orang.

Air Terjun Patisoni ini memiliki tinggi 50 meter dengan 3 tingkat.  Debit Air Terjun Patisoni ini juga cukup besar dan deras sehingga wisatawan dihimbau untuk berhati-hati saat bermain air di tempat ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Dumai Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Seberang Cengar, Kec. Kuantan Mudik, Kab. Kuantan Singingi.

8. Air Terjun Anak Sungai Kandi

Image Credit: Kotajalur.kuansing.go.id

Air Terjun Batang Koban populer dengan sebutan air terjun kelelawar karena terletak di Desa Kelelawar, Kuantan Mudik. Air Terjun Batang Koban ini memiliki dua tingkat dengan ketinggian masing-masing 20 meter dan 3 meter.

Medannya yang sulit dijangkau menjadikan Air Terjun Batang Koban ini kurang peminat. Namun, bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrem maka berkunjung ke Air Terjun ini bisa jadi alternative petualangan liburan Anda.

Lokasi: Sungai Kelelawar, Kec. Hulu Kuantan, Kab.n Kuantan Singingi.

9. Air Terjun Batang Koban

 

Air Terjun Batang Koban

Image Credit: Gpswisataindonesia.wordpress.com

Air terjun yang satu ini memiliki panorama alam yang sungguh menakjubkan. Air Terjun Batang Koban ini memiliki 7 tingkat. Setiap tingkatnya, memiliki ukuran yang berbeda. Meski memiliki pemandangan yang sangat indah, Air Terjun Batang Koban ini jarang dikunjungi wisatawan karena akses jalannya yang sukar dan membutuhkan banyak keberanian. Sehingga Air Terjun Batang Koban ini tak ramah untuk wisata keluarga.

Lokasi: Lubuk Ambacang, Kec. Hulu Kuantan, Kab. Kuantan Singingi.

10. Air Terjun Guruh Gemurai

Air Terjun Guruh Gemurai

Image Credit: Menyapariau.com

Air Terjun Guruh Gemurai ini sangat populer di kalangan warga Kuantan Singingi, karena akses jalannya yang mudah dan bisa ditempuh menggunakan transportasi umum sehingga memudahkan para wisatawan untuk sampai ke lokasi air  terjun tersebut. Air Terjun Guruh Gemurai ini terletak di Desa Kasang, Kuantan Mudik.

Objek wisata yang satu ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti area parkir, kamar mandi, musala, hingga panggung terbuka untuk menggelar sebuah acara-acara tertentu. Air Terjun Guruh Gemurai ini memiliki 7 tingkat dengan ketinggian air yang berbeda-beda.

Lokasi: Lubuk Jambi, Kec. Kuantan Mudik, Kab. Kuantan Singingi.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Kuantan Singingi yang paling hits dikunjungi wisatawan. Menikmati liburan Bersama keluarga dan sahabat akan memberi pengalaman berbeda, utamanya menikmati keindahan alam di Kabupaten Kuantan Singingi.