Sumatra Utara

10 Tempat Wisata di Labuhanbatu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Labuhanbatu, Sumatera Utara. Destinasi Wisata Alam Bahari Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Labuhanbatu.

Labuhanbatu merupakan salah satu kabupaten yang ada di wilayah Sumatera Utara. Memiliki luas wilayah sekitar 2.165 km2 dengan lokasi agak di pinggir sehingga memiliki beberapa wisata berupa pantai dan pulau. Daerahnya yang subur membuat daerah ini padat dan dihuni oleh setidaknya 400 ribu jiwa. Dengan penduduk yang padat ini, makin membuat objek wisata di Labuhanbatu tidak pernah sepi pengunjung.

Pengunjung utama dari semua objek wisata biasanya memang penduduk lokal. Mereka sering menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat untuk melepas lelah. Banyak juga wisatawan dari luar daerah yang datang ke Labuhanbatu hanya untuk menyaksikan air terjun, pulau sejuk atau pantai nan eksotis. Semua keindahan yang ada di Labuhanbatu tidak dapat disamakan dengan daerah lain karena tiap tempat akan selalu memiliki ciri khas yang berbeda.

Tidak heran jika banyak wisatawan yang datang ke pantai Indonesia meski mereka juga memiliki pantai sendiri di negaranya. Mengapa? Jelas karena nuansa dan suasana yang dihadirkan memang berbeda. Jika berkunjung ke Sumut, berikut 10 rekomendasi tempat wisata di Labuhanbatu yang bisa menjadi referensi liburan Anda.

1. Pantai Monyet

Pantai Monyet

Image Credit: Tempatasik.com

Disebut dengan pantai monyet karena lokasi pantai ini memiliki kawanan monyet yang sangat banyak. Tidak hanya sekelompok saja namun ada hampir ratusan kelompok monyet yang hidup di sekitar pantai ini. Tiap monyet tersebut hidup bebas dan dilindungi oleh pemerintah sehingga tidak boleh ditangkap sembarangan. Meski hidup liar, namun mereka tidak akan menyerang manusia jika tidak diganggu terlebih dahulu.

Tidak hanya itu saja, Anda masih dapat menikmati tetesan air yang berasal dari tebing batu karena lokasi pantai ini terletak di tengah hutan. Anda juga dapat menyewa perahu untuk berkeliling sambil menikmati pemandangan. Jika memiliki banyak waktu silakan saja berkunjung ke Teluk Ginjang atau air terjun karena lokasi cukup dekat. Anda bisa menaiki perahu tersebut untuk sampai ke lokasi wisata berikutnya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pematangsiantar Terbaru & Terhits Dikunjungi

Akses ke destinasi wisata ini cukup sulit namun cocok bagi Anda yang suka dengan trekking karena harus berjalan beberapa meter melewati hutan terlebih dahulu. Sangat asik dan menyenangkan.

Lokasi: Silumajang, Kec. Na IX-X, Kab. Labuhanbatu Utara.

2. Aek Buru

Aek Buru

Image Credit: Medanbisnisdaily.com

Objek wisata berikutnya adalah sungai indah yang penuh dengan batu besar yang indah. Sungai Aek Buru sangat besar dan luas sehingga sangat cocok dijadikan tujuan wisata keluarga. Anda tidak hanya akan melihat air bening nan jernih namun riuhnya gemericik air juga akan menambah kesejukan bagi siapa saja yang mendengarnya. Belum lagi tumbuhan hijau yang ada di sekitar sungai sangat indah dan memesona.

Cobalah untuk berkunjung ke tempat ini bersama keluarga atau sahabat kemudian jangan lupa bawa alat pancing yang lengkap karena di dalam sungai ini masih banyak ikan segar yang layak dikonsumsi. Menyenangkan bukan pergi wisata sambil memancing.

Lokasi: Aek Buru Selatan, Kec. Bilah Barat, Kab. Labuhanbatu.

3. Hajoran

Hajoran

Image Credit: Tempatasik.com

Sebuah hutan yang lebat dan unik karena memiliki nuansa horor tersendiri. Mengapa disebut dengan horor karena hutan ini sangat luas dan lebat, akan sangat sulit bagi Anda yang baru saja menginjakkan kaki dalam hutan karena akan bingung mencari arah.

Jika Anda belum berpengalaman masuk hutan sebaiknya ajak mereka yang sudah terbiasa menaklukkan hutan karena sensasi akan jauh berbeda. Para pecinta alam biasanya masuk ke hutan ini untuk berpetualang sambil meresapi kesejukan dan indahnya pemandangan. Pepohonan yang rimbun dan lebat juga membuat udara menjadi sangat segar.

Lokasi: Hajoran, Kec. Sungai Kanan, Kab. Labuhan batu Selatan.

4. Aek Ronggas

Aek Ronggas

Image Credit: Tempatasik.com

Berbeda dengan Hajoran, hutan yang satu ini cukup banyak pengunjung dan sudah cukup terkenal. Tiap hari selalu saja ada pengunjung yang datang untuk melakukan trekking dan menyusur hutan. Banyak pecinta alam yang berkunjung bersama kelompok di Aek Ronggas ini, terutama bagi pemula yang ingin menjajakan diri berjalan di dataran tinggi. Udaranya sangat sejuk dan segar sehingga dapat membuat tubuh terasa rileks. Cobalah datang bersama sahabat atau kerabat untuk menghabiskan akhir pekan Anda di tempat ini.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Simalungun yang Paling Enak

Lokasi: Hasang, Kec. Kualuh Selatan, Kab. Labuhanbatu Utara.

5. Air Terjun Linggahara

Air Terjun Linggahara

Image Credit: Portalwisata.co.id

Wisata alam berikutnya ada Air Terjun Linggahara yang sangat anggun nan eksotis. Air terjun ini memiliki percikan yang unik karena banyak batuan kecil yang bertumpuk. Debit air juga tidak terlalu deras sehingga sangat syahdu dan menyenangkan.

Fasilitas yang ada di lokasi ini sudah cukup lengkap seperti toilet, ruang ganti, gazebo dan mushola kecil. Bagi Anda yang muslim dapat menggunakan mushola tersebut untuk ibadah. Lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota ini dapat ditempuh hanya dalam waktu 20 menit saja. Itupun dengan rute yang mudah.

Lokasi: Jl. Linggahara, Lobusona, Kec. Rantau Selatan, Kab. Labuhan Batu.

6. Turunan Sikkam

Turunan Sikkam

Image Credit: Tempatasik.com

Kolam pemandian alam ini memiliki nama yang cukup unik. Airnya yang jernih dan tempatnya yang bersih membuat banyak orang ingin datang ke tempat ini untuk mandi atau berendam sambil bercanda. Hanya saja, untuk dapat mencapai tempat ini butuh perjuangan yang sangat berat karena harus melewati hutan terlebih dahulu. Bagi Anda yang jarang melakukan trekking sebaiknya jangan bawa anak kecil terlebih dahulu karena rutenya sangat berat bagi orang dewasa.

Lokasi: Poldung, Kec. Aek Natas, Kab. Labuhanbatu Utara.

7. Air Terjun Bertingkat

Air Terjun Bertingkat

Image Credit: Okepasid.blogspot.com

Tentu saja tempat ini menjadi surganya para anak kecil yang suka dengan air. Pasalnya, airnya yang jernih dan tempatnya yang mudah dijangkau sangat memungkinan membawa anak balita. Hanya saja butuh pengawasan ekstra agar kondisi tetap aman terkendali. Terletak di Desa Hatapang, jika berangkat dari pusat kota mungkin hanya butuh waktu satu jam saja untuk sampai ke lokasi.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Deli Serdang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Linggahara, Lobusona, Kec. Rantau Selatan, Kab. Labuhan Batu.

8. Pulau Sikantan

Pulau Sikantan

Image Credit: Imajin45i.blogspot.com

Sebuah pulau indah yang terletak di tengah sungai. Pulau ini menawarkan keindahan yang tidak biasa karena di sekitar pulau terdapat muara sungai yang sangat banyak. Hampir tiap sudut mengalir aliran sungai yang sangat bersih dan jernih. Cocok bagi Anda yang suka berenang dan bermain air.

Pulau ini terletak 90 km dari arah kota sehingga akan memakan waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai ke lokasi. Itupun jika perjalanan lancar karena akses untuk sampai ke lokasi masih cukup sulit.

Lokasi: Labuhan Bilik, Kec. Panai Tengah, Kab. Labuhan Batu.

9. Hadabuan Hill

Hadabuan Hill

Image Credit: Wisatasia.com

Disebut dengan Hadabuan Hill mungkin karena rute trekking di sini sangat mencekam dan menantang. Anda tidak hanya suguhkan dengan pemadangan hijau saja namun banyak juga batuan granit yang ada di sekitar. Pemandangan flora dan fauna yang ada juga akan membuat mata terpukau ketika berpetualang ke Bukit Hadabuan.

Lokasi: Pematang, Kec. NA IX-X, Kab. Labuhan Batu.

10. Pulo Bisky

Pulo Bisky

Image Credit: Facebook.com @Pulo.bisky

Sudah sejak tahun 90an tempat ini sangat terkenal karena memiliki pemandangan yang indah dan memukau. Tidak hanya itu saja, ragam fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap seperti perahu, toilet dan ruang ganti. Tersedia juga pemandian alam terbuka berupa sungai dengan bebatuan dan aliran air yang tenang.

Lokasi: Jl. Simonis, Simonis, Kec. Aek Natas, Kab. Labuhanbatu Utara.

Itulah 10 tempat wisata di Labuhanbatu yang bisa Anda kunjungi saat liburan. Gunakan waktu bersama keluarga agar hari liburmu menjadi lebih menyenangkan. Labuhanbatu dapat menjadi tempat yang pas bagi Anda penikmat wisata alam.