Sumatra Utara

15 Tempat Wisata di Labuhanbatu Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan di Labuhanbatu? Periksa Pilihan Tempat Wisata Menarik di Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara. Objek Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Sedang Hits Disambangi Wisatawan.

Labuhanbatu Utara merupakan salah satu wilayah yang sangat subur nan indah. Sejak dilakukan pemekaran pada 21 Juli 2008 kabupaten ini mengalami perkembangan yang luar biasa. Terutama pada sektor pertanian. Wilayah ini menjadi pemasok utama beras yang ada di Sumatera. Hampir semua toko menyediakan beras dari hasil tanam Labuhanbatu Utara ini. Selain itu, wilayah ini juga ada hasil kelapa sawit yang cukup melimpah. Penduduk lokal menyebut Labuhanbatu Utara ini dengan nama Labura agar lebih singkat.

Dengan adanya pemekaran wilayah ini tiap wilayah memiliki kekuatan tersendiri untuk mengelola. Dengan demikian kepala pemerintahan dapat lebih fokus pada kinerja dan kualitas wilayah. Tidak heran jika selama pemekaran terjadi, banyak perubahan positif yang terjadi pada tiap wilayah.

Demikian juga dengan Labuhanbatu Utara ini, banyak destinasi wisata yang dapat memanjakan mata yang menjadi salah satu daya tarik dari wilayah. Berikut ini ada 15 tempat wisata di Labuhanbatu Utara yang populer dikunjungi wisatawan.

1. Londut Waterfall

Londut Waterfall

Image Credit: Tempatasik.com

Sebuah air terjun dengan pesona indah nan memukau. Banyak tumbuhan hijau yang ada di sekitar air terjun karena kita harus melewati rute hutan terlebih dahulu. Saat melakukan perjalanan di dalam hutan, Anda akan disuguhkan dengan trekking yang sangat sulit. Penuh dengan atmosfer tersendiri yang sangat menyentuh.

Jika Anda berkunjung ke air terjun Londut disarankan bersama kelompok agar lebih terjaga dan siaga. Semua perjuangan tersebut akan mendapat hadiah yang luar biasa karena pesona air terjun ini sangat indah dan memanjakan.

Lokasi: Londut, Kec. Kualuh Hulu, Kab. Labuhanbatu Utara.

2. Padang Halaban

Padang Halaban

Image Credit: Nufazee.com

Berikutnya ada sebuah hutan tua dengan gaya yang sangat asik dan menarik. Terdapat jalur rel kereta api yang sudah tidak berfungsi lagi. Perkiraan usia rel kereta ini diyakini sudah ratusan tahun. Ditambah dengan pohon sekitar yang memiliki usia lebih tua dari rel kereta tersebut.

Tentu semua itu menciptakan situasi dan kondisi yang berbeda. Banyak pengunjung yang memanfaatkan kondisi tersebut dengan berfoto atau merekam sebuah video sebagai salah satu kenangan yang akan diputar pada hari kemudian.

Lokasi: Padang Halaban, Kec. Aek Kuo, Kab. Labuhanbatu Utara.

3. Bukit Pamingke

Bukit Pamingke

Image Credit: Myhobbimasakini.blogspot.com

Bagi Anda yang suka berpetualang maka bukit ini adalah jawabannya. Bukit Pamingke ini juga sering disebut dengan Bukit Telekom karena ada sebuah tower besar yang menancap di bukit ini. Meski ada tower besar yang ada di bukit namun kualitas keindahan alam tidak terhalang.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Binjai yang Murah & Enak

Terbukti dengan banyaknya pengunjung yang bersemangat datang ke bukit ini. Namun disayangkan, fasilitas yang ada di sekitar bukit tidak terlalu lengkap untuk mendukung kebutuhan pengunjung.

Lokasi: Aek Pamingke, Kec. Aek Natas, Kab. Labuhanbatu Utara.

4. Wisata Salak Pondoh

Wisata Salak Pondoh

Image Credit: Jombangcityguide.blogspot.com

Tidak hanya Jogja saya yang memiliki wisata salak pondoh, namun kota Labuhanbatu Utara juga memiliki hal serupa. Sesuai dengan kondisi alam yang ada di daerah ini yang subur dan dingin. Tidak heran jika hasil salak sangat banyak dan melimpah. Tiap pengunjung yang datang ke lokasi wisata bisa memetik dengan bebas sekaligus makan ditempat.

Apabila ingin membawa pulang maka pengunjung dipersilahkan membeli pada pedagang yang sudah siap dengan salak yang sudah dipetik. Tentu saja harganya sangat murah plus dengan kualitas terbaik. Objek wisata ini terletak di Desa Babussalam Kecamatan Merbabu Labura.

Lokasi: Babussalam, Kec. Marbau, Kab. labuhan batu utara.

5. Air Terjun Jeri

Air Terjun Jeri

Image Credit: Kota-medan-sumut.blogspot.com

Sebuah air terjun mini dengan debit air yang sedikit. Meski demikian, suasana dan pesona yang hadir di sekitar air terjun ini sangat eksotis. Airnya yang jernih dan udaranya yang sejuk makin menambah suasana romantis yang menggoda. Cobalah untuk mandi di bawah air terjun agar tubuh kembali segar dan sehat karena airnya yang bersih sekali. Terletak di Pasar Lori, Berangir Labura.

Lokasi: Pasang Lela, Kec. Na IX-X, Kab. Labuhanbatu Utara.

6. Kuala Hatapang

Kuala Hatapang

Image Credit: Malekazis.com

Berikutnya ada sebuah sungai besar dengan tebing yang sangat indah. Hampir tiap sudut tebing tersebut meneteskan air seperti embun. Sungguh sangat indah dan unik, Anda akan berdecak kagum melihat pesona alam yang sangat memukau tersebut.

Lokasi: Hatapang, Kec. Na IX-X, Kab. Labuhanbatu Utara.

7. Tebing Batu Napponol

Tebing Batu Napponol

Image Credit: Visit-wisata.blogspot.com

Labura memang memiliki wisata yang sangat unik dan menarik, salah satunya Tebing Batu Napponol ini. Tebing ini memiliki sungai yang sangat indah dan panjang. Hanya saja Anda tidak boleh mandi di sungai karena kedalaman belum dapat dipastikan.

Konon tebing ini memang memiliki aura mistis sehingga banyak penduduk yang melarang pengunjung untuk melakukan tindakan yang tidak biasa disini demi keselamatan mereka.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Nias Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Kuala, Kec. Kualuh Hulu, Kab. Labuhanbatu Utara.

8. Air Terjun Tajopit

Air Terjun Tajopit

Image Credit: Tempatasik.com

Nama Tajopit diambil dari bahasa lokal yang berarti terjepit. Adapun letak air terjun ini memang seperti terjepit oleh dua tebing batu. Tidak heran jika nuansa yang dihadirkan sangat anggun dan berkharisma. Jarang ada sebuah air terjun yang letaknya mengalun indah seperti melodi lagu menenangkan. Cobalah dengarkan gemericik air yang ada tentu akan lebih menenangkan lagi.

Lokasi: Poldung, Kec. Aek Natas, Kab. Labuhanbatu Utara.

9. Sungai Pirlok

Sungai Pirlok

Image Credit: Sumutviral.com

Aliran air yang ada di sungai ini cukup bersahabat. Meski ada bagian yang dalam, namun ada juga yang cukup dangkal sehingga sangat pas dikunjungi untuk segala usia. Banyak penduduk lokal yang memanfaatkan air ini untuk melakukan kegiatan harian seperti mandi atau mencuci. Meski demikian, air yang mengalir tetap bersih dan jernih.

Lokasi: Silumajang, Kec. Na IX-X, Kab. Labuhanbatu Utara.

10. Puncak Manalese

Puncak Manalese

Image Credit: Facebook.com @LaburaKu

Destinasi wisata yang satu ini menyimpan sejuta keindahan yang luar biasa. Banyak hal yang bisa Anda lakukan di Puncak Manhalese ini seperti berkemah, menyalakan api unggun atau sekedar duduk sambil menikmati alam. Semua kegiatan tersebut sama menyenangkan dan mengasyikan.

Bagi pemula mungkin akan kesulitan saat menaklukan Puncak Manhalese ini karena sebagian cukup sulit. Ada juga rute yang mudah, bagi yang sudah beberapa kali datang mungkin sudah menemukan rute tercepat sehingga dapat sampai ke puncak lebih gesit. Melihat sunrise di atas puncak akan sangat seru dan menyenangkan.

Lokasi: Batu Tunggal, Kec. NA IX-X, Kab. Labuhanbatu Utara.

11. Tangkahan Lobu

Tangkahan Lobu

Image Credit: Sumutviral.com

Sebuah sungai besar yang mengalir air bersih nan jernih ini sungguh sangat menakjubkan. Ada beberapa spot menarik yang bisa Anda lakukan seperti bermain air, mandi atau berendam saja. Semua kegiatan tersebut akan melahirkan aktivitas baru yang baik bagi tubuh. Rehat sejenak dari kejenuhan dapat membuat kepala menjadi tenang. Untuk itu, Anda butuh mengajak keluarga atau sahabat menikmati tempat wisata yang indah ini.

Jika Anda tidak suka berenang maka bisa dengan memancing. Tentu Anda harus membawa alat sendiri karena tempat ini tidak menyewakan alat pancing. Jangan lupa membawa umpan agar ikan yang dipancing lebih banyak dan bisa dibawa pulang.

Lokasi: Meranti Omas, Kec. Na IX-X, Kab. Labuhan Batu Utara.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tapanuli Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

12. Air Terjun Goa

Air Terjun Goa

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Pemandangan yang ada di air terjun ini sangat menarik karena debit air terjun sangat sedikit sehingga mirip sekali dengan rintik hujan. Sangat syahdu nan romantis. Anda dapat mengajak sahabat dekat untuk menghabiskan waktu sambil duduk santai. Suasana yang muncul juga mungkin akan lebih bersejarah karena air terjuan goa ini menyimpan keindahan tersendiri. Destinasi wisata ini terletak di Desa Kampung Pajak.

Lokasi: Meranti Omas, Kec. Na IX-X, Kab. Labuhanbatu Utara.

13. Goa Kaca

Goa Kaca

Image Credit: Yoexplore.co.id

Disebut dengan Goa Kaca karena wisata ini memberikan nuansa gua yang ada kacanya. Baik gua maupun air terjunnya sangat indah, saking indahnya air terjun maka disebut dengan gua kaca. Begitulah sekiranya penamaan tempat ini yang memiliki filosofi mendalam.

Belum lagi lingkungan yang mendukung yakni ada pepohonan hijau dan suara hewan liar seperti burung atau monyet. Walaupun jarak mereka cukup jauh namun suara tersebut sesekali terdengar terutama saat hewan liar tersebut saling bersahutan. Sangat nyaring dan merdu.

Lokasi: Meranti Omas, Kec. Na IX-X, Kab. Labuhanbatu Utara.

14. Air Terjun Mbah Kalsan

Air Terjun Mbah Kalsan

Image Credit: Sumutviral.com

Nama air terjun ini memang cukup unik karena konon katanya, tanah yang ada air terjunnya ini adalah miliki nama mbah tersebut. Sudah sejak lama mbah tersebut memiliki tanah ini sehingga untuk memudahkan maka penduduk lokal memberi nama sesuai dengan pemiliknya.

Untuk itu, ketika berkunjung ke tempat ini sebaiknya tetap menjaga sopan santun, salah satunya tidak membuang sampah sembarangan. Sebab jika pemilik marah tentu air terjun ini tidak akan dibuka lagi untuk umum.

Lokasi: Terang Bulan, Kec. Aek Natas, Kab. Labuhanbatu utara.

15. Kelok Sembilan Labura

Kelok Sembilan Labura

Image Credit: Gramho.com @Fendiiiee

Ruas jalan yang ada di daerah jalan lintas Labura Tobasa ini menjadi salah satu destinasi menarik. Banyak orang yang sengaja berhenti sebentar di tepi jalan hanya untuk berswafoto. Sungguh sebuah pemandangan tidak biasa karena ruas jalan ini memiliki lengkungan yang sangat indah. Untuk dapat ke lokasi ini Anda harus melewati jalan simpang 4 kampung pajak.

Lokasi: Simonis, Kec. Aek Natas, Kab. Labuhanbatu Utara.

Itulah 15 tempat wisata di Labuhanbatu Utara yang mungkin dapat menjadi referensi Anda saat liburan. Menyempatkan diri untuk berlibur tiap pekan akan membuat tubuh terasa sehat dan bugar. Belum lagi isi kepala yang akan selalu refresh karena melupakan kejenuhan dari rutinitas yang ada. Baik itu sekolah, kuliah atau bekerja. Sebuah aktivitas yang dikerjakan setiap hari akan memberikan rasa bosan dan jenuh. Untuk itu butuh peregangan berupa olahraga atau liburan. Bagi Anda yang suka jalan tentu akan memilih liburan ke objek wisata menarik agar kepala tidak jenuh.