Sumatra Selatan

16 Tempat Wisata di Lahat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik dan Populer di Lahat, Sumatera Selatan. Objek Wisata Alam Terbaru, Terhits dan Kekinian yang Patut Anda Kunjungi Ketika Ingin Menghabiskan Liburan Bersama Keluarga.

Lahat merupakan kabupaten yang terletak di Sumatera Selatan. Dalam bidang pariwisata, kota yang juga penghasil kopi ini mungkin belum terlalu populer. Padahal panorama alam sekitar tersaji begitu indah dan memukau. Siapa saja yang datang dijamin akan betah berlama-lama di sini.

Kota Lahat menawarkan banyak destinasi menarik. Dikelilingi alam pegunungan dan bukit barisan yang indah akan membuat suasana alam begitu asri. Tak puas dengan destinasi wisata alam yang ciamik, kota ini juga menawarkan wisata sejarah serta wisata edukasi yang tentunya menarik untuk dikunjungi.

Berkunjung ke Lahat juga Anda tidak perlu repot. Akses menuju kota yang berasa di Sumsel ini begitu mudah di dapat. Anda dapat bebas memilih jalur darat maupun udara. Dari pada berlama-lama langsung saja simak ulasan 16 tempat wisata di Lahat yang layak Anda kunjungi.

1. Bukit Serelo

Bukit Serelo

Image Credit: Pegipegi.com

Kawasan kota Lahat dikenal dikelilingi bukit barisan yang menjulang. Tak ayal ada beberapa destinasi wisata berupa bukit yang layak Anda kunjungi. Salah satunya ialah bukit serelo yang terkenal unik dan juga indah. Keunikan itu terlihat dari bentuk bukit yang apabila dicermati terlihat membentuk seperti jempol.

Namun, untuk menuju ke lokasi destinasi, Anda harus berjuang lebih. Medan yang dilalui tidak mudah sehingga perlu pula didampingi pendaki yang sudah berpengalaman. Track yang demikian sulit tentunya menambah keseruan bagi pengunjung yang menyukai tantangan. Segala rasa lelah selama mendaki akan hilang seketika ketika melihat keindahan puncak bukit serelo.

Lokasi: Desa Perangai, Kec. Merapi Selatan, Kab. Lahat.

2. Green Canyon Pulau Pinang

Green Canyon Pulau Pinang

Image Credit: Wartawisata.id

Dari namanya saja pasti Anda sudah tidak asing. Penamaan green canyon di dasari dari segi kemiripan tempat wisata ini dengan yang ada di Amerika. Hal itu terasa wajar mengingat air yang mengalir terlihat jernih memanjakan mata. Tak hanya itu, selama perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan bebatuan dan pepohonan di sekitar lokasi wisata.

Pemandangan alam, bebatuan dan sungai yang jernih merupakan daya tarik destinasi wisata ini. Melihat itu semua belum lengkap bila tidak berenang. Menikmati kesegaran air mengalir di Green Canyon ialah aktivitas yang bisa Anda lakukan. Rasa lelah selama beraktivitas akan terbayar lunas dengan kesegaran dan pemandangan yang eksotik.

Lokasi: Desa Bande Agung, Kec. Muara Payang, Kab. Lahat

3. Curug Goa Mata

Curug Goa Mata

Image Credit: Okezone.com

Curug goa mata merupakan destinasi air terjun yang amat terkenal di kota Lahat. Ketinggian air terjun ini sebetulnya tidak terlalu tinggi namun air yang mengalir sangatlah jernih. Pemandangan alam sekitar pun masih begitu asri. Meski telah banyak dikunjungi pengunjung, lokasi wisata ini selalu nampak bersih dan terjaga.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lubuklinggau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Kejernihan air mengalir sering kali dimanfaatkan pengunjung untuk berswafoto. Foto yang diambil tentu saja dari bawah air. Hasil jepretan bukan main-main, akan sangat indah dan menawan. Sudah banyak pengunjung yang melakukannya serta terpampang di media sosial.

Lokasi: Desa Serambi, Kec. Jarai, Kab. Lahat.

4. Bukit Besar Lahat

Bukit Besar Lahat

Image Credit: Kumparan.com

Belum puas dengan bukit serelo, Anda juga dapat mengunjungi bukit besar lahat. Sesuai dari namanya, puncak bukit ini bahkan sangat luas. Pengunjung yang gemar melakukan pendakian wajib datang mengingat ketinggian bukit mencapai 1.700 mdpl. Jangan khawatir lelah sebab pemandangan alam sekitar masih terjaga rapi dan siap memanjakan mata selama perjalanan.

Ketinggian yang mencapai demikian tak membuat pengunjung menyerah begitu saja. Lagi pula jalur pendakian dikenal begitu mudah untuk di ikuti. Dengan kemiringan jalur pendakian yang mencapai 45 derajat tentunya akan semakin membuat Anda tertantang dan semakin menikmati keseruan.

Lokasi: Desa Tanjung Beringin, Kec. Merapi Selatan, Kab. Lahat.

5. Rumah Pohon Jomblo

Rumah Pohon Jomblo

Image Credit: Wisatalengkap.com

Tawaran wisata alam di kota Lahat sepertinya memang tak ada habisnya. Ada saja tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Seperti halnya pada rumah pohon jomblo. Penamaan demikian terasa pas mengingat hanya ada satu pohon yang berdiri di area lokasi wisata. Sedangkan lokasi pohon berada di bukit sehingga amat pas untuk melihat alam sekitar.

Untuk Anda yang mengidamkan melihat pemandangan indah dengan nuansa angin sepoi-sepoi wajib datang di rumah pohon satu ini. Dengan memanjat rumah pohon ini pengunjung bisa bersantai-santai sembari melihat pemandangan matahari terbenam ataupun terbit. Bila ingin berswafoto pun tak masalah mengingat pemandangan alamnya terlihat indah.

Lokasi: Desa Reli, Kec. Merapi Timur, Kab. Lahat.

6. Air Terjun Bidadari

Image Credit: Jhansenmartogi.wordpress.com

Mengunjungi wisata alam air terjun selalu seru untuk dilakukan. Apalagi air terjun tersebut memiliki pemandangan alam yang menarik seperti air terjun bidadari. Hamparan alam sekitar pun masih asri sehingga udara di lokasi wisata masih begitu menyegarkan. Belum lagi kejernihan air yang tentunya juga sangat terlihat memanjakan mata.

Konon dibalik penamaan bidadari ada secuit mitos yang beredar. Penamaan air terjun bidadari di dasari adanya mitos yang mengatakan bahwa curug ini merupakan lokasi pemandian para bidadari. Dengan anggapan demikian tentunya menambah kesan menarik untuk pengunjung untuk datang eksplorasi tempat yang indah ini.

Lokasi: Desa Karang Dalam, Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat.

7. Situs Megalitikum Batu Macan

Situs Megalitikum Batu Macan

Image Credit: Jemepadangguci.blogspot.com

Bosan dengan wisata alam, Lahat juga memiliki wisata sejarah populer. Tempatnya ada di situs megalitikum batu macan. Destinasi wisata sejarah ini sangat cocok untuk menambah ilmu Anda seputar peninggalan sejarah pada jamannya.

Pengunjung dapat bebas melihat beragam peninggalan pra sejarah misalnya berupa fosil ataupun batu. Tak lupa pula Anda akan lebih paham bagaimana kehidupan manusia di masa prasejarah serta bagaimana bisa bertahan hidup. Segala informasi seputar masa pra sejarah tentunya akan menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Pagar Alam Pagun, Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat.

8. Taman Batu Organik

Taman Batu Organik

Image Credit: Ourtraveling.id

Ingin melepas penat dengan bersantai ria?. Anda wajib datang ke taman batu organik. Menariknya, taman di desain dengan sangat ciamik yang mana banyak tersusun rapi. Penampakan batu merekat satu sama lain sehingga terlihat begitu unik dan enak di pandang.

Kini kondisi taman sudah dilengkapi dengan berbagai tumbuhan dan bunga di sekitaran. Tanaman itu tentu saja menjadikan lokasi wisata semakin terlihat cantik. Duduk santai atau berkeliling sembari melihat pemandangan di taman yang indah tentu sangat pas untuk menghilangkan kepenatan akibat aktivitas sehari-hari.

Lokasi: Desa Bandu Agung, Kec. Muara Payang, Kab. Lahat.

9. Air Terjun Tembok

Image Credit: Wisatalengkap.com

Jangan bosan untuk berkunjung ke air terjun saat sedang di kota Lahat. Berbeda dari curug lain, air terjun tembok menawarkan keindahan yang lain dari pada yang lain. Bisa dilihat dari aliran air yang mengalir pada bebatuan yang menyerupai tembok. Hal itulah yang menjadi penamaan tempat wisata ini serta membuatnya menarik.

Anda dapat mengambil foto dengan latar belakang air terjun yang indah demikian. lokasi wisata ini juga dikelilingi pemandangan yang indah sehingga nuansa segar akan tersaji meski mengunjungi saat terik matahari bersinar.

Lokasi: Desa Tanjung Raja, Kec. Gumay Ulu, Kab. Lahat.

10. Goa Asnawi

Goa Asnawi

Image Credit: Bagus-inesia.blogspot.com

Belum puas dengan rekomendasi di atas, ada lagi tempat wisata yang menantang. Ya itulah goa asnawi. Tempat ini sudah banyak dikenal dan juga lumayan menantang. Hal itu didasari dengan akses jalan yang tidak mudah dilalui. Namun Anda tak akan menyesal begitu melihat pemandangan di dalam goa yang terlihat eksotis dan indah.

Meski perjalanan memasuki area goa tidak mudah, pengunjung tidak perlu panik. Ada banyak pemandu berpengalaman yang siap mendampingi dan menjamin keselamatan Anda. Perjalanan di jamin akan seru serta tak terlupakan.

Lokasi: Desa SukaJadi, Kec. Peseksu, Kab. lahat.

11. Air Terjun Maung

Air Terjun Maung

Image Credit: Detik.com

Tawaran destinasi wisata kece juga datang dari air terjun maung. Pengunjung yang datang tidak hanya akan senang untuk melihat pemandangan yang ada melainkan juga akan enjoy merasakan suasana menenangkan dan menyegarkan.

Apalagi tinggi air terjun terbilang lumayan tinggi mencapai 80 meter. Disertai air jernih yang mengalir deras akan membuat suasana pikiran semakin tenang. Menariknya tempat ini masih terjaga sangat baik meski telah lama dibuka sebagai destinasi wisata umum.

Lokasi: Desa Rinduhati, Kec. Gumay Ulu, Kab. Lahat.

12. Telaga Bukit Serelo

Telaga Bukit Serelo

Image Credit: Kumparan.com

Selain penampakan bukit indah yang dijadikan tempat wisata. Ternyata bukit serelo juga memiliki destinasi lain berupa telaga. Bukan main-main, kondisi telaga masih sangat terjaga dengan sangat baik. Kejernihan air bahkan membuat pengunjung bisa melihat bebatuan terpampang di dalamnya.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Palembang yang Paling Hits

Bila bosan hanya melihat-lihat, pengunjung bisa melakukan beberapa pilihan aktivitas. Sebut saja arum jeram yang biasa dilakukan di tengah derasnya arus mengalir pada telaga. Banyak aktivitas yang tersedia tentunya menambah Anda betah berlama-lama.

Lokasi: Padang, Kec. Merapi Selatan, Kab. Lahat.

13. Penangkaran Gajah Lahat

Penangkaran Gajah Lahat

Image Credit: Mongabay.co.id

Wisata alam sembari santai merupakan pilihan tepat agar hati merasa tenang. Tidak hanya dengan melihat hamparan alam menakjubkan di kota Lahat, Anda juga bisa mengunjungi penangkaran gajah. Pengunjung dapat merasa lebih dekat dengan hewan besar itu. Pelatihan gajah untuk jinak pun sering terlihat sehingga bisa menjadi hiburan tersendiri untuk di tonton.

Selama berkeliling, pengunjung dapat langsung pula berinteraksi dengan gajah. Suasana penangkaran juga amat tenang dan terjaga dengan baik sehingga Anda dijamin akan betah. Lagi pula pemandangan alam sekitar juga tak kalah indah dibanding destinasi wisata lain.

Lokasi: Desa Perangai, Kec. Merapi Selatan, Kab. Lahat.

14. Air Terjun Haman

Air Terjun Haman

Image Credit: Okezone.com

Belum puas dengan banyak pilihan air terjun di atas, masih ada lagi kenampakan curug indah yang bisa Anda kunjungi. Air terjun haman memiliki pesona tersendiri yang membuatnya ramai dikunjungi wisatawan. Ketinggian air sebetulnya tidak terlalu tinggi namun hamparan airnya sangat indah untuk diamati dan memanjakan mata.

Curug ini dikenal tidak terlalu deras sehingga aman untuk melakukan banyak aktivitas seru. Selain itu Anda juga tak perlu khawatir medan yang sulit saat datang. Medan yang dilewati aman dan terjaga dengan baik sehingga perjalanan pengunjung tidak akan kesulitan.

Lokasi: Desa Simpur, Kec. Gumay Ulu, Kab. Lahat.

15. Air Terjun Buluh

Air Terjun Buluh

Image Credit: Semangat45.co

Satu lagi air terjun yang wajib Anda datangi ketika berkunjung ke Lahat. Ya itulah curug buluh yang dikenal akan keunikannya. Keunikan begitu terlihat mengingat ada sekitar tujuh undakan yang tersaji. Selama perjalanan pun di hamparkan pemandangan yang indah sehingga pengunjung dijamin akan betah.

Pemandangan alam sekitar yang indah disebabkan dari banyak pepohonan menjulang tinggi dan masih alami. Udara yang tercipta pun menjadi lebih menyegarkan untuk dirasakan. Kepenatan Anda seketika akan hilang.

Lokasi: Desa Lubuk Selo, Kec. Gumay Ulu, Kab. Lahat.

16. Jembatan Gantung Pagar Batu

Jembatan Gantung Pagar Batu

Image Credit: Twitter.com @pesonasriwijaya

Wisata berupa jembatan juga menjadi tawaran menarik di kota Lahat. Bukan jembatan biasa melainkan merupakan terpanjang di daerah tersebut. Uniknya ketika berada di jembatan, Anda akan melihat pemandangan alam sekitar yang indah.

Anda dapat berswafoto sembari bersepeda ataupun jalan santai. Pemandangan bawah jembatan pun menarik dengan sungai jernih mengalir. Pepohonan di sekitar yang masih rimbun juga menambah kesejukan.

Lokasi: Desa Pagar Batu, Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat.

Itulah 16 rekomendasi tempat wisata di Lahat yang bisa dijadikan referensi saat liburan. Semua destinasi di atas menawarkan keindahan dan keunikan masing-masing. Dengan keindahan yang ada tentu akan semakin menarik untuk Anda eksplor lebih.