Lampung

15 Tempat Wisata di Lampung Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Terbaik di Lampung Barat, Provinsi Lampung. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits untuk Anda Kunjungi Ketika Memiliki Rencana Liburan.

Salah satu provinsi yang berada satu wilayah di Pulau Sumatera adalah Lampung. Lampung ini terbagi kedalam beberapa kabupaten atau kota yang satu diantaranya adalah Lampung Barat. Lampung Barat bukanlah kabupaten baru melainkan sudah berdir sejak tahun 1991 tepatnya 28 tahun silam. Kabupaten yang merupakan hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Utara ini cukup menarik untuk dibahas.

Kabupaten yang wilayahnya didominasi oleh pegunungan sekaligus mejadi bagian dari Taman Nasional Bukit Barisan ini memiliki tempat wisata yang menarik. Pasalnya Lampung Barat menjadi jujukan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tempat wisata di Lampung Barat cukup lengkap mulai dari pantai, danau, pegunungan, hingga sejarah. Tak pelak pemerintah setempat terus menggenjot pembangunan infrastruktur guna menunjang pariwisata di Lampung Barat. Penasaran tempat wisata apa saja yang ada di Lampung Barat? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Danau Ranau

Danau Ranau

Image Credit: Wisatasia.com

Lampung Barat ternyata memiliki danau yang tak kalah indahnya dengan danau Toba yang ada di Sumatera Utara. Danau Ranau masyarakat menyebutnya merupakan danau yang berada di perbatasan antara kabupaten Lampung Barat dengan kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan. Danau yang dinobatkan sebagai danau terbesar kedua setelah danau Toba ini  memiliki pemandangan yang sangat indah dengan udaranya yang sejuk. Danau Ranau memiliki pulau kecil di tengahnya bernama pulau Marisa. Menariknya di pulau Marisa terdapat sumber air panas yang cukup membuat banyak orang penasaran ingin berkunjung ke sana.

Lokasi: Pilla, Kec. Warkuk Ranau Selatan, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan.

2. Desa Wisata Lumbok

Desa Wisata Lumbok

Image Credit: Flickr.com @The boejang

Masih di kawasan dekat danau Ranau terdapat sebuah tempat unik yang sayang untuk dilewatkan yakni desa wisata Lumbok. Ada beberapa hal menarik yang bisa Anda lakukan di desa ini mulai dari menangkap ikan dengan memanah atau menombak, berenang di danau Ranau, memancing belut dan masih banyak lainnya. Keramahan penduduknya semakin membuat betah siapapun yang berkunjung ke desa wisata Lumbok.

Lokasi: Lumbok, Kec. Lumbok Seminung, Kab. Lampung Barat.

3. Gunung Seminung

Gunung Seminung

Image Credit: Wisataalamlampungblog.wordpress.com

Karena Lampung Barat sebagian wilayahnya merupakan pegunungan maka tak heran jika Lampung Barat memiliki objek wisata berupa gunung. Gunung yang sering menjadi jujukan para wisatawan adalah gunung Seminung. Gunung yang berada di perbatasan antara Lampung Barat dan Sumatera Selatan ini memiliki pemandangan yang sangat indah apalagi saat matahari terbit. Anda seorang pendaki tidak akan menyesal jika menyempatkan waktu untuk mendaki gunung ini. Di kaki gunung Anda akan menemui danau yang cukup terkenal di Lampung Barat yakni danau Ranau.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Lampung Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Lumbok, Kec. Lumbok Seminung, Kab. Lampung Barat.

4. Bukit Mandi Angin

Bukit Mandi Angin

Image Credit: Wisatasia.com

Bagi Anda yang suka dengan permainan yang menguji adrenalin tak ada salahnya untuk berkunjung ke bukit Mandi Angin. Bukit setinggi 400 meter ini merupakan tempat favorit orang-orang bermain paralayang. Bukit yang berada di kawasan Lumbok Ranau ini memiliki pemandangan yang sangat mempesona. tatkala Anda bermain paralayang maka Anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa hamparan persawahan nan hijau, gunung Seminung yang eksotis hingga indahnya danau Ranau.

Lokasi: Lumbok Ranau, Kec. Lumbok Seminung, Kab. Lampung Barat.

5. Gunung Pesagi

Gunung Pesagi

Image Credit: Superadventure.co.id

Selain gunung Seminung, Lampung Barat juga memiliki gunung yang tak kalah eksotisnya yakni gunung Pesagi. Gunung yang berada di kecamatan Belalau ini merupakan gunung tertinggi di Lampung Barat. Tak perlu khawatir karena area sekitar gunung telah dikelola dan dijadikan objek wisata bernama Pekon Hujung. Tak ayal beragam fasilitas berdiri lengkap di area sekitar gunung seperti penginapan dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Belalau, Kec. Belalau, Kab. Lampung Barat.

6. Wisata Alam Kubu Perahu

Wisata Alam Kubu Perahu

Image Credit: Dadanadriana.wordpress.com

Karena berada di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan maka ada tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi dan masih dalam satu kawasan taman nasional yakni Kubu Perahu. Untuk sampai ke tempat ini Anda bisa ke kecamatan Balik Bukit atau jalur via Lampung Barat. Tempat wisata Kubu Perahu ini menawarkan referensi wisata alam ala hutam rimba. Di sini Anda bisa melihat jernihnya air sungai serta derasnya air terjun hingga hijau asrinya hutan yang masih terjaga hingga kini.

Lokasi: Kubu Perahu, Kec. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat.

7. Sungai Way Besai

Sungai Way Besai

Image Credit: Pedomanwisata.com

Yang bosan dengan wisata yang itu-itu saja tak ada salahnya untuk bermain arung jeram di sungai Way Besai. Sungai yang berada di kecamatan Sumber Jaya ini masuk dalam kategori grade III sehingga sangat pas untuk Anda yang sudah mahir bermain arung jeram. Meski tetap ramah dengan pemula namun, demi keselamatan dianjurkan untuk menyewa pemandu. Bermain arung jeram di Sungai Way Besai ini memiliki jarak tempuh sekitar 3 km dan cukup membuta adrenalin terpacu. Selain serunya bermain arung jeram, Anda pun disuguhkan dengan panorama indah pemandangan sekitar sungai.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pringsewu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Suka Jaya, Kec. Sumber Jaya, Kab. Lampung Barat.

8. Danau Suoh

Danau Suoh

Image Credit: Backpackerlampung.com

Selain danau Ranau, ternyata Lampung Barat juga memiliki danau yang tak kalah indah yakni danau Suoh. Untuk sampai ke lokasi Anda hanya memerlukan waktu sekitar 4 jam dari pusat kota Liwa. Dikarenakan belum dikelola sedemikian rupa layaknya danau Ranau maka untuk sampai ke danau dianjurkan untuk menggunakan mobil offroad atau motor trail karena jalannya yang terjal dan cukup sulit dilewati. Yang membuat danau Suoh menarik adalah adanya tiga danau yang mana warna danau bisa berubah-ubah. Tidak hanya itu, tidak jauh dari danau ada sumber panas bumi yang wajib untuk dikunjungi.

Lokasi: Suka Marga, Kec. Suoh, Kab. Lampung Barat.

9. Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin

Image Credit: Polpplampungbarat.com

Tidak hanya wisata alamnya yang manarik, Lampung Barat juga memiliki tempat wisata religi yakni masji islamic center Baitul Mukhlisin. Masjid yang dibangun pada tahun 2009 ini memiliki arsitektur dan desain ala Timur Tengah. Masjid yang berada di pusat kota ini sering juga disebut masyarakat sebagai masjid Bintang Emas lantaran ada simbol bintang di atas kubah yang berlapis emas. Yang membuat siapapun tertarik berkunjung adalah bangunannya yang terbuat dari material andesit dan marmer yang membuat masjid tampak menawan.

Lokasi: Jl. Lintas Liwa – Bandar Lampung, Sekuting, Pekon Watas, Watas, Kec. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat.

10. Situs Batu Brak

Situs Batu Brak

Image Credit: Indephedia.com

Batu Brak merupakan situs peninggalan bersejarah zaman megalitikum yang berada di dua kecamatan yakni kecamatan Kebun Tebu dan kecamatan Gedung Surian. Di batu Brak Anda akan menjumpai menhir, dolmen, dan arca bersejarah.

Lokasi: Purawiwitan, Kec. Kebu Tebu, Kab. Lampung Barat.

11. Kebun Raya Liwa

Kebun Raya Liwa

Image Credit: Kejarfakta.com

Bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga bisa ke Kebun Raya Liwa. Di sana terdapat banyak sekali koleksi tumbuhan. Kebun raya yang memiliki luas sekitar 86 hektar ini diresmikan pada tahun 2017 dan hingga kini menjadi tempat wisata yang cukup banyak pengunjungnya apalagi saat waktu liburan tiba. Kebun raya dengan konsep modern ini terletak tidak jauh dari pusat kota Liwa yang juga menawarkan pemandangan yang begitu indah dan asri.

BACA JUGA:  11 Tempat Wisata di Metro Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Way Mengaku, Kec. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat.

12. Air Terjun Mbah Gimo

Air Terjun Mbah Gimo

Image Credit: Lampung.co

Air terjun yang berada di tengah-tengah kawasan perbukitan dan perkebunan kopi ini menjadi jujukan wajib tatkala berkunjung ke Lampung Barat. Air terjun yang memiliki debit air yang cukup besar ini mampu membuat takjub siapapun yang melihatnya. Pasalnya keindahan alam sekitar air terjun yang luar biasa menawan.

Lokasi: Sumber Alam, Kec. Air Hitam, Kab. Lampung Barat.

13. Air Terjun Sepapah Kiri & Sepapah Kanan

Air Terjun Sepapah Kiri & Sepapah Kanan

Image Credit: Gotravelly.com

Selain air terjun Mbah Gimo, ada satu spot air terjun yang cukup menarik dikunjungi yakni air terjun Sepapah Kiri dan Sepapah Kanan. Air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional ini terbilang masih alami dan belum banyak orang menjamahnya. Sehingga pemandangan alamnya pun masih sangat terjaga. Air terjun Sepapah Kanan memiliki tinggi sekitar 60 meter. Sementara Sepapah Kiri tingginya lebih rendah yakni sekitar 20 meter. Masih di sekitar air terjun Anda pun bisa melihat beragam spesies tumbuhan dan hewan yang cukup langka.

Lokasi: Kubu Perahu, Kec. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat.

14. Bukit Bawang Bakung

Bukit Bawang Bakung

Image Credit: Yopiefranz.com

Selain bukit Mandi Angin, ada satu bukit lagi yang wajib Anda kunjungi yakni bukit Bawang Bakung. Dari atas bukit Bawang Bakung, Anda bisa melihat panorama alam yang sangat indah. pendaki pun dibuat seolah berada di negeri atas awan yang eksotis.

Lokasi: Negeri Ratu, Kec. Batu Brak, Kab. Lampung Barat.

15. Sumber Air Panas Gemburak

Sumber Air Panas Gemburak

Image Credit: Majalahlampung.com

Salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah sumber air panas Gemburak. Sumber air panas yang terletak di dua lokasi yakni di Sidomakmur dan kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini memiliki keindahan alam yang luar biasa menawan. Pengunjung yang datang bisa menikmati air panas yang dipercaya masyarakat bermanfaat untuk menyembuhkan segala macam penyakit kulit. Ini bisa menjadi tempat wisata yang seru dan menyenangkan.

Lokasi: Sukaraja, Kec. Way Tenong, Kab. Lampung Barat.

Nah, itulah 15 rekomendasi tempat wisata yang ada di Lampung Barat, Provinsi Lampung. Masing-masing destinasi wisata menawarkan kelebihan ditambah pemandangan yang semuanya indah. untuk Anda yang berniat mengisi waktu liburan tak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di Lampung Barat. Dijamin Anda akan mendapat pengalaman yang sangat berkesan. Ini sekaligus menjadi bukti bahwa Lampung Barat sangat pas untuk menjadi jujukan wisata saat musim liburan tiba. Bagaimana tertarik untuk mengunjunginya? Selamat berlibur dan semoga bermanfaat.