Lampung

15 Tempat Wisata di Lampung Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Memiliki Pesona Wisata Menarik yang Pas Dijadikan Tujuan Liburan Anda.

Masih di Provinsi Lampung terdapat satu kabupaten yang cukup menarik untuk diperbincangkan serta mendapat sorotan publik yakni kabupaten Lampung Selatan. Kabupaten dengan ibukota di Kalianda ini terdiri dari 17 kecamatan dan 248 desa serta 3 kelurahan. Wilayahnya yang terdiri dari pegunungan, laut serta dataran membuat Lampung Selatan memiliki objek wisata yang lumayan banyak dan masing-masing memiliki daya tariknya tersendiri.

Selain itu, Lampung Selatan yang notabene merupakan kabupaten yang dekat dengan Pulau Jawa membuat akses menuju kabupaten ini cukup mudah. Tanpa basa-basi simak ulasan 15 tempat wisata di Lampung Selatan yang menarik untuk Anda kunjungi saat liburan.

1. Pantai Embe

Pantai Embe

Image Credit: Pantainesia.com

Tempat wisata pertama yang menjadi referensi untuk mengisi waktu liburan adalah pantai Embe. Pantai Embe yang juga merupakan singkatan dari pantai Merak Belantung ini lokasinya berada di Kalianda. Pantai yang kini sudah dikelola dengan baik ini memiliki beragam fasilitas yang cukup lengkap. Sangat pas untuk Anda yang ingin berlibur sekedar lepas dari padatnya jadwal pekerjaan bersama keluarga tercinta.

Lokasi: Jl. H. Abdul Muthalib, Merak Belantung, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan.

2. Pantai Bagoes

Pantai Bagoes

Image Credit: Liburkeluarga.com

Masih di kawasan yang sama yakni Kalianda, ada satu pantai lagi yang menjadi favorit para wisatawan lantaran pemandangan alamnya yang indah ialah pantai Bagoes. Pantai yang lokasinya tidak jauh dari jalan lintas Sumatera ini membuat akses ke pantai sangatlah mudah. Jaraknya pun lebih dekat dibandingkan dengan pantai Embe. Jika Anda datang dari arah Bakauheni, Anda bisa naik bis jurusan Rajabasa dan nantinya bisa turun di pertigaan narah Grand Elty Krakatoa Resort. Dari pertigaan inilah Anda bisa lanjut naik ojek yang banyak mangkal di sekitar pertigaan.

Lokasi: Merak Belantung, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan.

3. Grand Elty Krakatoa Resort

Grand Elty Krakatoa Resort

Image Credit: Pariwisatalampung.com

Masih di Kalianda terdapat sebuah pantai sekaligus penginapan yang cukup elit yakni Grand Elty Krakatoa Resort. Penginapan yang masih satu jalur ke pantai Embe dan pantai Bagoes ini dikelola oleh perusahaan Bakrie serta menjadi tempat yang pas untuk sekedar berlibur. Di Resort ini banyak sekali fasilitas yang tersedia mulai dari tempat meeting, penginapan yang nyaman, dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Jl. Trans Sumatra, Desa No.Km. 45, Merak Belantung, Kec. Kalianda, Kabup. Lampung Selatan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tanggamus Terbaru & Terhits Dikunjungi

4. Pantai Indah Krakatoa

Pantai Indah Krakatoa

Image Credit: Tribunnews.com

Masih satu jalur dengan pantai Bagoes, terdapat pantai yang juga menarik untuk dikunjungi yakni pantai Indah Krakatoa.  Memang di sepanjang jalur  Merak Belantung menuju Resort Grand Elty sangat banyak sekali pantai yang bisa dikunjungi. Hampir semuanya memiliki kondisi yang sama termasuk pasirnya namun, tetap masing-masing pantai memiliki keunikannya sendiri-sendiri.

Lokasi: Jl. H. Abdul Muthalib, Merak Belantung, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan.

5. Pantai Marina Kalianda

Pantai Marina Kalianda

Image Credit: Hasabizone.blogspot.com

Pantai yang dulunya menjadi favorit para fotografer karena keindahan alamnya adalah pantai Marina. Namun, sangat disayangkan karena pantai ini tidak lagi menjadi tempat wisata andalan Lampung Selatan lantaran sudah sering memakan korban manusia apalagi memang ombak pantai Marina yang sangat besar. Meski begitu, Anda bisa tetap berkunjung ke pantai Marina hanya untuk sekedar berfoto ria. Meski begitu, tetap waspada saat berkunjung dan tidak disarankan berkunjung tatkala cuaca sedang tidak baik.

Lokasi: Kalianda, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan.

6. Pantai Ketang atau Pantai Baru Rame Kalianda

Pantai Ketang atau Pantai Baru Rame Kalianda

Image Credit: Kaliandanews.com

Memang Lampung Selatan adalah surganya pantai. Tak heran jika di Lampung Selatan banyak sekali pilihan pantai yang bisa dikunjungi salah satunya adalah pantai Ketang atau masyarakat sering menyebutnya pantai Baru Rame Kalianda. Akses ke pantai yang mudah atau tepatnya satu jalur menuju Alau-Alau Boutique dan berada di pinggir jalan membuat pengunjung bebas masuk kapanpun Anda mau.

Hal yang membuat pantai Ketang menarik karena ada batu karangnya yang super keren dengan latar belakang gunung yang eksotis. Tak ayal banyak sekali calon pengantin yang melakukan prewedding di tempat ini. Tertarik untuk ikut prewedding juga?

Lokasi: Way Urang, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan.

7. Pantai Kahai

Pantai Kahai

Image Credit: Wlampung.com

Bagi Anda yang berniat berlibur bersama keluarga dan bingung mau berlibur kemana maka pantai Kahai adalah pilihan yang sangat tepat. Pantai dengan pemandangan yang indah ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas terutama untuk anak-anak. Diantara fasilitas yang tersedia dan ramah anak tentunya adalah carousel, banana boat, bebek-bebekan, dan masih banyak lainnya.  Dan yang tak kalah menariknya ada waterboom. Jadi selain bisa berenang di pantai Anda juga bisa berenang sembari bermain air sepuasnya di waterboom. Ada pula resort bagi Anda yang berniat menginap beberapa hari di sana.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lampung Timur Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Pesisir Batu Balak, Hargo Pancoran, Kec. Rajabasa, Kab. Lampung Selatan.

8. Pantai Canti Indah

Pantai Canti Indah

Image Credit: Infokyai.com

Pantai yang indah sekaligus ramah anak lainnya adalah pantai Canti Indah. Di sana Anak-anak bisa puas bermain pasir karena pasirnya yang lembut serta bisa pula sekedar bermain bola bersama teman lainnya. Sudah puas bermain di pantai Anda juga bisa bersantai sembari menyantap makanan di sebuah pondokan dekat pantai.

Lokasi: Canti, Kec. Rajabasa, Kab. Lampung Selatan.

9. Pantai Guci Batu Kapal Rajabasa

Pantai Guci Batu Kapal Rajabasa

Image Credit: Hasabizone.blogspot.com

Pantai yang satu jalur dengan pantai lainnya di daerah Rajabasa adalah pantai Guci Batu Kapal Rajabasa. Pantai ini cukup unik, sesuai namanya pantai ini memiliki batu karang yang bentuknya mirip kapal. Pemandangan alamnya juga sangat bagus sehingga sangat cocok untuk berfoto ria mengabadikan momen. Anda pun juga bisa berenang dan bermain air di pantai ini. Tak perlu khawatir ombak pantai termasuk tenang meski Anda harus tetap hati-hati.

Lokasi: Jl. Pesisir, Maja, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan.

10. Dermaga Bom Kuliner Kalianda

Dermaga Bom Kuliner Kalianda

Image Credit: Pesona.travel

Puas bermain dan berenang di pantai tak ada salahnya untuk sekedar beristirahat sembari menyantap kuliner khas Kalianda di Dermaga Bom Kuliner. Dermaga Bom Kuliner ini dulunya merupakan pusat pelelangan ikan namun seiring berjalannya waktu pemerintah menyulap tempat ini menjadi pusat kuliner di Kalianda.

Tidak hanya sebagai pusat kuliner, dermaga Bom juga didesain menarik sedemikian rupa sehingga sangat pas untuk berfoto ria. Pengunjung akan semakin membludak tatkala malam minggu yang kebanyakan didominasi oleh anak muda. Untuk Anda para wisatawan luar Lampung tak perlu khawatir karena di dermaga Bom juga tersedia kuliner dan jajanan tradisional khas Lampung yang bisa Anda jadikan oleh-oleh saat pulang.

Lokasi: Way Urang, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan.

11. Gunung Rajabasa

Gunung Rajabasa

Image Credit: Banyuwangi.club

Jika Anda bosan dengan berwisata ke pantai dan ingin mencoba hal yang lebih menantang maka mendaki gunung Rajabasa bisa menjadi pilihan. Gunung yang berada di kabupaten Lampung Selatan ini memiliki tinggi sekitar 1.281 meter, sangat pas untuk Anda para pendaki yang ingin mencari suasana yang baru. Untuk sampai ke puncak setidaknya diperlukan waktu tempuh antara 6 sampai 8 jam tergantung kecepatan pendaki.

Selain itu, selama jalur pendakian terdapat 5 pos yang bisa digunakan pendaki untuk beristirahat. Jika Anda seorang pendaki pemula dan belum terlalu paham bisa menyewa atau membawa pemandu saat mendaki. Dijamin Anda akan terpesona dengan keindahan pemandangan alam saat sudah berada di puncak gunung Rajabasa.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lampung Tengah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Padan, Kec. Penengahan, Kab. Lampung Selatan.

12. Air Terjun Cicurug

Air Terjun Cicurug

Image Credit: Razonewane.com

Selain gunung, pantai, Lampung Selatan juga memiliki wisata alam berupa air terjun salah satunya adalah air terjun Cicurug. Sekilas namanya memang menggunakan bahasa Sunda bahkan nama desanya karena hampir semua penduduk desa mayoritas berasal dari suku Sunda. Untuk menuju air terjun Anda butuh waktu sekitar 45 menit menggunakan motor. Sementara untuk perjalanan mengggunakan roda 4 diharuskan untuk parkir agak jauh dan lanjut dengan jalan kaki lantaran akses jalannya yang sempit.

Lokasi: Cicurug, kec. Rajabasa, Kab. Lampung Selatan.

13. Air Terjun Way Kalam

Air Terjun Way Kalam

Image Credit: 3.Bp.blogspot.com

Air terjun lainnya yang tak kalah indah adalah air terjun Way Kalam. Air terjun yang berada di Desa Way Kalam, Kecamatan Penengahan ini satu kawasan dengan jalur menuju gunung Rajabasa. Akses menuju air terjun Way Kalam cukup mudah karena sudah dikelola oleh Pokdarwis. Selain bisa menikmati segarnya air, Anda pun bisa berenang atay sekdar mendirikan tenda di sekitar air terjun. Tak perlu khawatir lokasi sekitar air terjun terbilang aman dan sudah memiliki beberapa fasilitas.

Lokasi: Way Kalam, Kec. Penengahan, Kab. Lampung Selatan.

14. Air Terjun Pangkul

Air Terjun Pangkul

Image Credit: Wewerehere.id

Masih di kawasan gunung Rajabasa, selain air terjun Way Kalam juga terdapat air terjun yang tak kalah eksotis yakni air terjun Pangkul. Air terjun yang disebut masyarakat sebagai air terjun Rajabasa atau air terjun Curug Way Tayas ini memiliki pemandangan yang indah. Untuk sampai ke lokasi air terjun, Anda bisa menggunakan rute ke pantai Guci Batu Kapal, dan pantai Canti Indah yang memang memiliki rute yang sama. Di musim tertentu, selain berenang menikmati segarnya air terjun Anda pun bisa menikmati lezatnya buah durian.

Lokasi: Sukaraja, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan.

15. Taman Kain Inuh

Taman Kain Inuh

Image Credit: KaliandaNews.com

Tempat wisata terakhir yang bisa Anda kunjungi saat di Lampung Selatan adalah taman kain Inuh. Taman yang berada persis di pinggir jalan lintas Sumatera sekaligus dekat dengan kompleks pemda ini adalah taman hijau yang cukup diminati masyarakat yang ingin menghabiskan waktu liburan. Ini bisa menjadi referensi tempat wisata murah meriah untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga.

Lokasi: Kedaton, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan.

Itulah 15 referensi tempat wisata yang ada di Lampung Selatan. Untuk mengekspos lebih banyak tempat wisata menarik lainnya tak ada salahnya untuk Anda berkunjung langsung ke Lampung Selatan. Dijamin liburan Anda akan sangat seru, berkesan, dan menyenangkan. semoga bermanfaat.