Aceh

15 Tempat Wisata di Langsa Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa List Tempat Wisata Favorit di Langsa, Provinsi Aceh. Objek Wisata Alam Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Patut Anda Kunjungi Saat Liburan.

Langsa adalah satu kota yang ada di Provinsi Aceh. Pulau Langsa sendiri memiliki 5 kecamatan dan menerapkan hukum Syariat Islam. Saat ini, Kota Langsa menjadi terkenal dengan beragam tempat wisata yang luar biasa dan dapat memanjakan mata pengunjung. Kota ini juga sudah menjadi kota maju di Provinsi Aceh dimana konsep tata ruang kota sudah sangat bagus dan tertib.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke kota ini, berikut ulasan 15 tempat wisata di Langsa yang bisa menjadi referensi terbaik untuk liburan Anda.

1. Hutan Kota Langsa

Hutan Kota Langsa

Image Credit: Habaatjeh.com

Hutan Kota Langsa adalah sebuah hutan lindung di Paya Bujok Seulemak yang telah dijadikan sebagai tempat wisata keluarga oleh masyarakat sekitar. Objek wisata ini berupa kawasan hutan dan wahana permainan untuk anak-anak dan orang dewasa. Bahkan, Hutan Kota ini sering dijadikan sebagai lokasi outbond untuk pramuka atau pun kegiatan lainnya.

Fasilitas outbond yang ada di tempat wisata ini sangatlah lengkap dan pengunjung tidak perlu khawatir untuk menikmati kegiatan tersebut. Untuk pengunjung yang ingin berkunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 3.000.

Lokasi: Desa Paya bujok Seulemak, Kec. Langsa Baro, Kota Langsa.

2. Pulau Teulaga Tujoh

Pulau Teulaga Tujoh Langsa

Image Credit: Pariwisataku.com

Pulau Teulaga Tujoh merupakan salah satu destinasi bahari favorit yang berlokasi di Kelurahan Telaga Tujuh, Kecamatan Langsa Barat. Pulau ini menyuguhkan keindahan alam yang memesona serta hamparan pasir putih dan air laut yang jernih seolah memanjakan setiap pengunjung yang berlibur ke pulau.

Bahkan pengunjung juga bisa melihat hutan di sekeliling Pulau Teulaga Tujoh. Mungkin tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi bagi pengunjung yang senang dengan susana tenang dan tidak ada keramaian.

Lokasi: Telaga Tujuh, Kec. Langsa Barat, Kota Langsa.

3. Taman Mangrove Langsa

Taman Mangrove Langsa

Image Credit: Anteroaceh.com

Taman Mangrove Langsa memiliki banyak flora dan fauna dari Aceh berlokasi di Kelurahan Kuala Langsa. Taman ini memiliki luas sekitar 5.000 hektar yang sering dijuluki sebagai paru-paru dunia bagi Kota Langsa, dan terdapat 35 jenis tamanan mangrove dengan usia mencapai ratusan tahun. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang hijau dan juga sajian kuliner di sepanjang Taman Mangrove ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bener Meriah Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Di Kawasan Taman Mangrove Langsa bisa ditemukan polulasi kera yang hidup berdampingan dengan manusia. Kera di tempat wisata ini tidaklah mengganggu karena, mereka sudah bisa akrab dengan manusia dan sudah hidup lama secara bebas di kawasan Hutan Mangrove.

Lokasi: Kuala Langsa, Kec. Langsa Barat, Kota Langsa.

4. Gedung Balee Juang

Gedung Balee Juang

Image Credit: Atjehupdate.wordpress.com

Gedung Balee Juang merupakan sebuah gedung yang telah berdiri sejak tahun 1924 masehi dan dijadikan sebagi ikon Kota Langsa. Gedung Juang ini memiliki arsitektur khas eropa yang megah dan menjadi bukti perjuangan dari pahlawan Aceh dalam perlawanan penjajahan.

Gedung Balee Juang menyuguhkan wisata sejarah kepada pengunjung. Untu bisa mengeksplor Gedung Balee Juang, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Lokasi: Gampong Jawa, Kec. Langsa Kota, Kota Langsa.

5. Pantai Kuala Geulumpang

Pantai Kuala Geulumpang

Image Credit: Yukpegi.com

Pantai Kuala Geulumpang menyuguhkan keindahan alam dari hamparan pasir putihnya yang bersih serta air laut yang jernih dan berwarna kebiruan, demburan ombak yang menerpa dengan menawan, dan pepohonan hijau di sekitar pantai. Fasilitas yang disediakan di pantai ini sangatlah cukup lengkap karena sudah ada tempat parkir, mushola, warung makan, toilet, dan tempat penginapan.

Lokasi: Kuala Geulumpang, Kec. Julok, Kab. Aceh Timur.

6. Taman Bambu Runcing

Taman Bambu Runcing

Image Credit: Farrahmid.blogspot.com

Taman Bambu Runcing, tempat wisata yang berlokasi di Jalan Protokol Ahmad Yani tepatnya samping Lapangan Merdeka Langsa. Taman Bambu Runcing merupakan bukti sejarah masa penjajahan Kolonial Belanda, sehingga taman ini didalamnya ada monumen sejarah.

Taman ini dibangun pada tanggal 17 Agustus 1948. Fasilitas yang ada di tempat ini cukuplah lengkap seperti toilet, mushola, warung makan, dan footpath. Bahkan Taman Bambu Runcing buka sampai 24 jam setiap hari.

Lokasi: Gampong Jawa, Kec. Langsa Kota, Kota Langsa.

7. Pelabuhan Kuala Langsa

Pelabuhan Kuala Langsa

Image Credit: Tempatwisata.pro

Objek wisata menarik lainnya adalah Pelabuhan Kuala Langsa yang berlokasi di Desa Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat. Pelabuhan ini adalah satu-satunya sarana transportasi laut yang menghubungkan Kota Langsa dengan luar negeri.

Kini pelabuhan ini menjadi salah satu tempat nongkrong favorit anak-anak remaja di daerah sekitarnya. Pengunjung bisa melihat kapal-kapal yang sedang membongkar muatan, atau pun mengisi bahan bakar di dekat hamparan laut yang berwarna biru dari pelabuhan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Kuala Langsa, Kec. Langsa Barat, Kota Langsa.

8. Mutiara Water Park

Mutiara Water Park

Image Credit: Tempatwisata.pro

Mutiara Water Park adalah sebuah taman air yang menjadi tempat wisata favorit di Langsa. Mutiara Water Park memiliki beberapa kolam renang dan wahana air menarik seperti seluncur air, drum air serta flying fox. Pengunjung bisa bermain air dan berendam sepuasnya di Mutiara Water Park.

Untuk berkunjung ke Mutiara Water Park, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 20.000 untuk hari aktif dan Rp 25.000 untuk weekend dan hari libur. Mutiara Water Park juga buka setiap hari dari jam 08:30 sampai dengan jam 17:00.

Lokasi: Paya Bujok Seuleumak, Kec. Langsa Baro, Kota Langsa.

9. Kolam Renang Vitra Tirta Raya

Kolam Renang Vitra Tirta Raya

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Kolam Renang Vitra Tirta Raya merupakan tujuan wisata keluarga yang berlokasi di Desa Paya Bujok Teungoh. Wahana bermain seluas 4 hektare dikabarkan memiliki fasilitas permainan anak-anak terlengkap, dan berstandar internasional.

Kolam Renang Vitra Tirta Raya menjadi tempat wisata yang banyak diikunjungi oleh rombongan keluarga atau pun teman di kala akhir pekan. Fasilitas yang dimiliki oleh tempat wisata ini cukuplah lengkap.

Lokasi: Paya Bujok Teungoh, Kota Langsa Kota, Kota Langsa.

10. Pantai Kuala Parek

Pantai Kuala Parek

Image Credit: Tempatwisata.pro

Pantai Kuala Parek, tempat wisata ini berlokasi di Kecamatan Rantau Selamat. Pantai ini menawarkan keindahan yang memukau, mulai dari pasir pantai yang putih serta air laut yang jernih dengan warna kebiruan. Di pantai ini pengunjung juga bisa melihat ikan-ikan kecil yang hidup di sela-sela akar pepohonan yang menjorok ke pantai.

Pengunjung sering memancing ikan di sekitar kawasan pantai Kuala Parek. Bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke Pantai ini bisa menempuh jarak sekitar 27 km dari Kota Langsa.

Lokasi: Kuala Parek, Kec. Sungai Raya, Kab. Aceh Timur.

11. Air Terjun Terujak

Air Terjun Terujak

Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Wisata alam menarik selanjutnya adalah Air Terjun Terujak yang berlokasi di Desa Terujak. Air terjun ini merupakan tempat populer yang masih terjaga kelestariannya, dimana dipenuhi pepohonan rindang dan bukit yang menjulang tinggi. Keunikan lainnya yaitu dalam jarak sekitar 20 meter dari air terjun, pengunjung akan menemukan sumber air panas yang bisa digunakan untuk berenang dengan fasilitas kolam yang lebarnya 10 meter.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pidie Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Beberapa pengunjung bahkan biasa merebus telur di air panas tersebut, dan hal ini diperbolehkan oleh masyrakat sekitar. Di tempat ini juga disediakan sebuah penginapan bagi pengunjung yang ingin menginap.

Lokasi: Desa Terujak, Kec. Serbajadi, Kab. Aceh Timur.

12. Langsa Town Square (LATOS)

Langsa Town Square (LATOS)

Image Credit: Myhermandaulay.blogspot.com

Langsa Town Square adalah mall yang ada di Kota Langsa. Kota ini hanya memiliki satu mall ini saja dan dijadikan tempat berakhir pekan ataupun tempat nongkrong oleh warga sekitarnya. Langsa Town Square memiliki 400 lebih toko dan 3 lantai. Mall ini juga menyediakan berbagai fasilitas hiburan, seperti Timezone, fitness center, spa dan sauna, salon kecantikan, kafe dan food court yang menyediakan beraneka ragam makanan.

Lokasi: Peukan Langsa, Kec. Langsa Kota, Kota Langsa.

13. Kawasan Toko Belakang

Kawasan Toko Belakang

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Kawasan Toko Belakang adalah sebuah kawasan pecinan yang favorit dikunjungi wisatawan. Kawasan ini menyuguhkan sajian kuliner dari negeri Cina seperti capcay, pangsit, kwetiau, paklay dan berbagai kuliner lainnya.

Selain kuliner, pengunjung juga bisa melihat pabrik kecap asin tertua di Kota Langsa yang bangunannya masih dipertahankan. Dekat lokasi juga terdapat Vihara Budha dengan desain yang cukup indah.

Lokasi: Gampong Jawa, Kec. Langsa Kota, Kota Langsa.

14. Pantai Ujong Pusong

Pantai Ujong Pusong

Image Credit: Steemit.com @Hamdanirz

Pantai Ujong Pusong sendiri adalah tempat wisata bahari favorit keluarga untuk menghabiskan akhir pekan. Diantara jejeran pohon cemara, pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas menarik seperti mendirikan tenda, bermain pasir dan berenang.

Pantai yang sangat indah dan masih alami bisa memanjakan mata pengunjung, utamanya gugusan pulau-pulau. Di pantai ini juga terdapat sebuah muara kecil dengan kedalaman setinggi lutut orang dewasa.

Lokasi: Desa Teulaga Tujoh, Kec. Samudera, Kota Langsa.

15. Pantai Matang Ulim Idi Cut

Image Credit: Travellink-indonesia.com

Pantai Matang Ulim Idi Cut terletak 2,5 Km dari ibukota Kecamatan Idi Rayeuk atau 75 Km dari Kota Langsa yang dapat ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan. Pantai ini ditumbuhi pohon cemara laut yang berjajar rapi di sepanjang pantai yang dapat memberikan kenyamanan saat berkunjung siang hari. Suasana di pantai ini sangatlah sejuk dan segar karena angin berhembus sepoi-sepoi di sekitar pantai yang dapat membuat pengunjung lebih betah berada di pantai ini.

Lokasi: Blang Geulumpang, Kec. Idi Rayeuk, Kota Langsa.

Itulah 15 tempat wisata di Kota Langsa yang dapat dijadikan referensi untuk tujuan berlibur Anda selanjutnya. Semoga bermanfaat!.