Aceh

15 Tempat Wisata di Lhokseumawe Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Lhokseumawe, Aceh. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Populer & Paling Hits yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Lhokseumawe adalah kota besar yang terletak di provinsi Aceh. Kota ini terkenal dengan keindahan pariwisatanya. Tak hanya itu, Lhokseumawe kaya akan sejarah serta kebudayaan. Sebagaimana Aceh yang dijuluki dengan serambi Mekah, maka tak heran jika banyak pariwisata di Lhokesumawe yang juga berbau religi.

Lokasi yang strategis juga mendukung jalannya pariwisata yang ada di daerah dengan julukan kota Petro Dollar. Tepatnya berada di jalur lalu lintas kota Banda Aceh sehingga memiliki keindahan dan keunikan tersendiri.

Banyak objek wisata yang ada di Lhokseumawe seperti situs budaya, situs bersejarah, pulau, air terjun, pantai dan lainnya. Bagi wisatawan yang baru pertama kali pergi ke sana pasti bingung untuk memilih lokasi wisata mana yang akan dituju. Untuk itu, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Lhokseumawe untuk liburan yang lebih seru.

1. Islamic Center Lhokseumawe

Islamic Center Lhokseumawe

Image Credit: Google Maps (Te Basri)

Islamic Center Lhokseumawe adalah salah satu wisata religi yang ada di Lhokseumawe. Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah masjid Agung megah yang kental dengan nuansa Timur Tengah. Islamic Center Lhoksumawe dibangun dengan struktur yang besar beserta kubah-kubah yang mengagumkan.

Berkunjung di Islamic Center Akan membangunkan ingatan para wisatawan akan kejayaan kerajaan Samudra Pasai. Masjid ini dibangun untuk mengembalikan fungsi masjid sebagai pusat peradaban. Dengan berdirinya kembali Islamic Center di wilayah Samudra Pasai ini, semangat akan kebangkitan peradaban Islam akan semakin terasa.

Lokasi Islamic Center juga berdekatan dengan tempat wisata lainnya. Dari sini Anda bisa mengunjungi bebagai tempat wisata hanya dengan berjalan kaki. Hal ini akan sangat menghemat pengeluaran terutama transportasi.

Lokasi: Simpang Empat, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

2. Pulau Seumadu

Pulau Seumadu

Image Credit: Instagram.com @pengenpencitraan

Pulau Seumadu terletak 12 kilometer dari Lhokseumawe. Pulau ini terkenal dengan pemandangan pantainya yang indah. Pantai di pulau Seumadu semakin indah dengan pasirnya yang berwarna putih. Suguhan panorama yang menakjubkan disertai dengan suasana yang menyejukkan, semakin melengkapi keindahan tempat ini.

Selain itu, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat. Suasananya sangat nyaman dan menenangkan. Akses menuju lokasi ini pun juga mudah. Lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Rancong memungkinkan Andai menjangkau berbagai lokasi wisata tanpa kehilangan banyak waktu.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Singkil Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Pulau Seumadu, Kec. Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

3. Taman Riyadhah

Taman Riyadhah

Image Credit: Google Maps (MUKHLISIN HUSAINI)

Taman Riyadhah merupakan objek wisata yang juga banyak digemari oleh para wisatawan. Pasalnya, tempat ini cocok sebagai tempat untuk bersantai. Meskipun siang hari taman Riyadah tetaplah sejuk ditambah dengan angin sepoi-sepoi yang menenangkan.

Berbagai macam bunga dan rerumputan tumbuh subur di taman ini. Tak lupa bangku taman juga menghiasi taman sehingga tampak lebih indah. Terdapat juga berbagai penjual makanan yang siap memanjakan lidah Anda.

Lokasi: Jl. Merdeka, Kuta Blang, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

4. Museum Malikussaleh

Museum Malikussaleh

Image Credit: Wikipedia.org

Bagi Anda yang suka sejarah, Museum Malikussaleh adalah objek wisata yang tepat. Museum ini akan membawa Anda kembali para zaman kerajaan dan penjajahan. Banyak barang-barang peninggalan yang tersimpan di sini seperti kitab, buku, dan mata uang.

Selain itu, Anda juga akan dipandu oleh pemandu wisata yang akan menerangkan setiap barang yang dipajang. Sehingga Anda tidak hanya berekreasi namun juga kaya dengan ilmu.

Lokasi: Jl. Teuku Hamzah Bendanara, Kuta Blang, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

5. Waduk Pusong

Waduk Pusong

Image Credit: Instagram.com @journeyofkenyut_

Tempat wisata yang satu ini juga tak kalah menarik. Lokasinya yang tepat berada di depan Islamic Center membuat Waduk Pusong ramai dikunjungi wisatawan.

Biasanya wisatawan memilih untuk berkunjung di tempat ini pada malam hari. Lampu-lampu malam yang menghiasi ditambah pemandangan Islamic Center membuat suasana semakin romantis. Tempatnya yang bersih juga akan membuat wisatawan semakin nyaman.

Lokasi: Simpang Empat, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

6. Lapangan Hiraq

Lapangan Hiraq

Image Credit: Google Maps (saifullah Ibnu Amar)

Setelah mengunjungi Islamic Center, pastikan untuk mengunjungi lapangan Hiraq. Hanya dengan menyebrang Anda bisa menemukan tempat ini.

Lapangan Hiraq biasanya digunakan untuk menyelenggarakan berbagai macam acara. Jika lapangan sedang tidak digunakan pengunjung akan bersantai di lapangan ini. Di sini Anda juga bisa sambil berkuliner dengan makanan khas Lhoksuemawe.

Lokasi: Jl. Balai Kota, Simpang Empat, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

7. Bukit Goa Jepang

Bukit Goa Jepang

Image Credit: google Maps (Muk Min)

Bukit Goa Jepang adalah saksi kekejaman penjajahan Jepang. Goa ini terletak di atas bukit pada ketinggian 100 mdpl. Meskipun di atas bukit gowa ini berada di bawah tanah. Tempat ini dibangun atas kerja paksa penduduk sekitar pada saat itu. Selain itu, tempat ini juga digunakan untuk menahan masyarakat yang melawan para penjajah.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Simeulue Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Goa ini memiliki pintu masuk dengan tinggi 2×3 meter dan panjang sekitar 60 meter. Sejak tahun 2015 tempat ini dibuka sebagai tempat pariwisata. Jarak tempuhnya sekitar 9 km dari Lhokseumawe. Di dalam goa juga terdapat berbagai ruangan seperti dapur, ruang pengintaian dan lain-lain.

Lokasi: Blang Panyang, Kec. Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

8. Air Terjun Blang Kolam

Image Credit: Google Maps (Adventure Zero52)

Tempat wisata ini sering disebut-sebut sebagai keindahan yang tersembunyi. Meskipun tempatnya terpencil, keindahan Air Terjun Blang Kolam sudah tak diragukan lagi. Disebut blang kolam karena di sekitar air terjun terdapat beberapa kolam yang cukup besar dan airnya pun bersih dan jernih.

Wilayah tempat wisata ini masih sangat asri. Tempatnya yang rimbun dengan pepohonan dan kicauan burung yang bersahutan akan menyegarkan kembali pikiran Anda serta mengembalikan energi yang hilang.

Lokasi: Sidomuliyo, Kec. Nisam Antara, Kab. Aceh Utara.

9. Sungai Krueng Cunda

Sungai Krueng Cunda

Image Credit: Instagram.com @assan_atjeh

Sungai Krueng Cunda merupakan tempat yang tepat untuk berburu kuliner khas Aceh. Pada sore hari tempat ini akan ramai hingga malam hari. Di sana wisatawan dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan. Ketika malam tiba keindahan lampu-lampu kota yang terpantul dari sungai akan semakin memanjakan mata.

Sungai ini juga digunakan sebagai tempat budidaya ikan asin oleh penduduk sekitar. Pondok-pondok yang ada di sekitar sungai adalah tempat yang tepat untuk bersantap. Anda dapat mencicipi kuliner khas Aceh ditemani dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang indah.

Lokasi: Cunda, Kec. Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

10. Bukit Paloh Batee

Bukit Paloh Batee

Image Credit: Facebook.com @mus.lem.16568

Bukit Paloh Batee adalah hamparan yang memiliki keindahan yang menakjubkan. Di sini Anda bisa melihat bentang alam dan keindahan Lhokseumawe. Bukit ini pun tak kalah indah dengan pemandangan di depannya. Banyak tumbuhan dan pepohonan rindang yang tumbuh di bukit ini.

Bagi Anda yang suka untuk berburu foto, tempat ini sangatlah cocok. Hamparan keindahan Lhokseumawe sangatlah khas. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang tidak akan ditemukan di tempat yang lain. Karenanya jika diperhatikan foto-foto tentang bukit Paloh Batee telah banyak berseliweran di instagram.

Lokasi: Desa Paloh Batee, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

11. Waduk Jeulikat

Waduk Jeulikat

Image Credit: Instagram.com @nanonano.28

Lokasi wisata yang satu ini adalah pesona baru Lhoksumawe. Waduk Jeulikat adalah waduk buatan yang menawarkan keindahan yang tak kalah dengan tempat-tempat wisata lain. Biasanya tempat ini ramai di kunjungi pada sore hari. Di pinggirannya terdapat pondok yang siap dijadikan sebagai tempat untuk bersantai.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Barat Daya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Untuk masalah kuliner Anda tak perlu khawatir. Bayak makanan yang dijajakan di sini. Lokasinya pun juga cukup dekat dengan kota. Sehingga tempat ini juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Lokasi: Jeulikat, Kec. Blang Mangat, Kota Lhokseumawe.

12. Pantai Ngieng Jioh

Image Credit: Pikniktoday.com

Meskipun tempat ini terlihat cukup sederhana, namun pemandangan di dalamnya tidak kalah menakjubkan. Terdapat bangku-bangku yang langsung menghadap ke lautan lepas, sehingga Anda bisa bersantai sembari menikmati keindahan lautan.

Dari sini Anda juga bisa menikmati keindahan Lhokseumawe dari kejauhan. Keindahan alam yang lengkap ini dapat Anda dapatkan sekaligus. Tak hanya itu lokasinya yang dekat dengan spot wisata lain memudahkan Anda untuk menjangkau berbagai lokasi wisata berbeda tanpa membuang banyak waktu.

Lokasi: Jl. Bukit Goa Jepang, Blang Panyang, Kec. Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

13. Museum Kota Lhokseumawe

Museum Kota Lhokseumawe

Image Credit: Google Maps (behind shadow)

Selain Museum Malikussaleh, ada juga Museum Kota Lhokseumawe. Museum ini terdiri dari bangunan yang berupa rumah adat. Barang-barang yang dikoleksi merupakan peninggalan sejarah seperti kalung, Al-qur’an zaman dulu, pedang, keramik, alat penangkap ikan dan masih banyak lagi.

Lokasi wisata di Lhokseumawe saling berdekatan. Anda pun dapat mengunjungi tempat ini dengan mudah. Letaknya berada di depan Islamic Center. Nah, jadi Anda juga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata lain dari sini hanya dengan berjalan kaki.

Lokasi: Jl. Teuku Hamzah Bendanara, Kuta Blang, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

14. Pantai Ujong Blang

Pantai Ujong Blang

Image Credit: Instagram.com @ikhsan.djauhari

Pantai yang satu ini terkenal dengan keindahan sunsetnya. Dominasi batu-batu besar yang menghiasi pantai semakin membuatnya tampak fotogenik. Tempat ini merupakan salah satu pantai favorit para wisatawan.

Bagi Anda yang suka berkuliner maka tempat ini adalah surganya kuliner. Berbagai masakan khas Lhokseumawe dapat Anda temukan di sini. Terlebih lagi, Anda bisa menjangkau pantai ini dengan mudah. Lokasinya hanya berjarak 5 km dari Lhokseumawe.

Lokasi: Pantai Ujong Blang, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

15. Pelabuhan Kreung Geukueh

Pelabuhan Kreung Geukueh

Image Credit: Facebook.com @ed.rock.96

Pelabuhan Kreung Gekueh merupakan sektor penting bagi perekonomian di Lhokseumawe. Kapal-kapal besar singgah di pelabuhan untuk mengantar kiriman barang dari berbagai penjuru. Uniknya, justru kehadiran kapal-kapal besar tersebut melengkapi pemandangan laut. Sehingga cocok sebagai tempat pariwisata.

Sembari menikmati angin sepoi-sepoi, Anda bisa menikmati suasana dan berbagai aktivitas perekonomian di sana. Tempatnya, yang bersih, pemandangannya yang indah semakin tampak menarik untuk dikunjungi.

Lokasi: Jl. Pelabuhan Krueng Geukueh, Kec. Dewantara, Kota Lhokseumawe.

Lhokseumawe memang terkenal dengan keindahan tempat wisatanya yang menakjubkan. Dari berbagai uraian di atas Anda tak perlu bingung lagi untuk memilih objek wisata di kota Petro Dollar. Pastikan untuk merencanakan dan memilih tempat menarik yang sesuai dengan keinginan Anda.