Sumatra Selatan

15 Tempat Wisata di Lubuklinggau Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Lubuklinggau? Temukan Beragam Tempat Wisata Favorit di Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Destinasi Wisata Menarik Terbaru, Kekinian & Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Bagi Anda yang belum mengetahui, kabupaten Lubuklinggau merupakan kabupaten yang berada di provinsi Sumatera Selatan yang mana berbatasan langsung dengan kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu di sebelah selatan. Kabupaten yang merupakan hasil pemekaran dari kabupaten Musi Rawas ini memiliki setidaknya 8 kecamatan dengan 72 kelurahan/desa. Seiring berjalannya waktu, Lubuklinggau tumbuh menjadi kabupaten dengan pembangunan infrastruktur yang sangat pesat.

Dalam rangka mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Lubuklinggau, pemerintah membuat suatu program yang dinamakan Visit Lubuklinggau. Maka dari itu pemerintah setempat terus menggencarkan promosi beragam tempat wisata andalannya.

Ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi mulai dari wisata alam, sejarah, hingga wisata religi. Penasaran tempat wisata apa saja yang bisa Anda kunjungi di Lubuklinggau? Berikut ini ulasan destinasi favoritnya.

1. Bukit Sulap

Bukit Sulap

Image Credit: Infollg.net

Bukit Sulap merupakan salah satu tempat wisata andalan Lubuklinggau. Berada di kawasan hutan nasional serta berada di ketinggian 700 mdpl membuat bukit Sulap memiliki pemandangan yang indah. Untuk ke lokasi ini cukup mudah karena sangat dekat dengan pusat kota. Pada saat hari libur bukit Sulap mendapat kunjungan banyak wisatawan. Pemandangan alamnya yang asri nan hijau sangat pas untuk sekilas menghilangkan penat dari pekerjaan yang banyak menyita waktu. Meski begitu, bukit ini juga menyimpan misteri yang membuat banyak orang penasaran.

Lokasi: Jl. Bengawan Solo No.RT 10, Ulak Surung, Kec. Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuklinggau.

2. Air Terjun Temam

Air Terjun Temam

Image Credit: Republika.co.id

Lubuklinggau memang memiliki banyak sekali tempat wisata berupa air terjun . Setidaknya ada 6 air terjun salah satunya adalah air terjun Temam. Berada di kecamatan Rahmah, air terjun yang sebut Niagarannya Lubuklinggau ini memang menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Tak pelak banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Menariknya, warna air terjun akan berubah menjadi warna-warni pada saat malam hari sehingga terlihat sangat cantik.

Lokasi: Air Teman, Kec. Lubuk Linggau Selatan I, Kota Lubuklinggau.

3. Air Terjun Takli

Air Terjun Takli

Image Credit:Rimbakungku.blogspot.com

Wisata air lainnya adalah air terjun Takli. Termasuk kawasan wisata yang terbilang masih alami, air terjun Takli memiliki pemandangan alam yang indah dan sejuk. Karena belum banyak orang yang mengetahui air terjun ini, maka jalan menuju lokasi pun masih terbilang sepi dan sangat terjal. Anda diharuskan melewati sebuah bukit dengan berjalan kaki sebelum akhirnya sampai ke lokasi air terjun.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Palembang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi:Ulak Surung, Kec. Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuklinggau.

4. Air Terjun Curug Layang

Air Terjun Curug Layang

Image Credit: Tipswisatamurah.com

Untuk Anda yang suka akan tantangan maka berkunjung ke air terjun Curug Layang adalah pilihannya. Berada di ketinggian 6 m serta berhias bebatuan alam membuat air terjun ini begitu eksotis. Air terjun yang berada di Desa Jakung, kecamatan Lubuklinggau Selatan ini memang belum sepenuhnya dikelola namun, banyak orang yang mencoba bermain arung jeram di kawasan air terjun Curug Layang ini.

Lokasi: Bandung Ujung, Kec. Lubuk Linggau Barat I, Kota Lubuklinggau.

5. Bendungan Watervang

Bendungan Watervang

Image Credit: Wisatazainal.wordpress.com

Bendungan Watervang yang berada di kecamatan Lubuklinggau Timur ini merupakan bendungan peninggalan Belanda. Watervang yang dalam bahasa Belanda memiliki arti tangkapan air. Awalnya bendungan ini dibangun untuk pengairan yang sumbernya berasal dari sungai Kelingo namun, dalam perkembangannya menjadi tempat wisata lantaran pemandangan alam sekitarnya yang indah serta syarat akan nilai sejarah.

Lokasi: Jl. Watervang No.69, Watervang, Kec. Lubuk Linggau Timur I, Kota Lubuklinggau.

6. Arung Jeram Watervang

Arung Jeram Watervang

Image Credit: Wisatalengkap.com

Masih di lokasi yang sama, selain menikmati indahnya alam sekitar bendungan Anda juga bisa mencoba bermain arung jeram. Arusnya yang deras sangat cocok untuk permainan arung jeram ini. Untuk Anda yang ingin mencoba tak perlu kahwatir karena di lokasi sudah ada penyewaan perlengkapan arung jeram seperti perahu, dayung, dan pelampung. Tidak hanya itu, Anda bisa menyewa pemandu untuk Anda yang masih pemula.

Lokasi: Watervang, Kec. Lubuklinggau Timur I, Kota Lubuklinggau.

7. Air Terjun Sando

Air Terjun Sando

Image Credit: Yandika7.blogspot.com

Air terjun Sando debit airnya memang tidak terlalu besar namun, justru ini menguntungkan lantaran Anda bisa mandi di bawah air terjun sepuasnya dan tentunya aman. Ada mitos yang berkembang seputar air terjun Sando ini yakni konon air terjun ini merupakan tempat pemandian para raja dahulu. Bagi Anda yang penasaran akan kebenaran mitos itu bisa langsung berkunjung ke air terjun Sando.

Lokasi: Kayu Ara, Kec. Lubuklinggau Barat I, Kota Lubuklinggau.

8. Monumen Subkoss Garuda Sriwijaya

Museum Subkoss Garuda

Image Credit: Situsbudaya.id

Selain wisata alam, Lubuklinggau juga memiliki tempat wisata yang syarat akan nilai sejarah yang tinggi. Monumen yang berada di jalan Subkoss ini dibangun pada tahun 1986 atas prakarsa Gubernur KDH TK.I Sumsel H. Saiman Sagiman dan selesai pembangunan pada tahun 1987. Monumen ini dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan pada masa revolusi fisik tahun 1947- 194.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Musi Rawas Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Garuda No.1, Bandung Kanan, Kec. Lubuk Linggau Barat II, Kota Lubuklinggau.

9. Makam Bujang Kurap

Makam Bujang Kurap

Image Credit: Srivijaya.id

Makam Bujang Kurap ini terletak di Desa Ulak Lebar dan merupakan makam dari keturunan Datuk Saribijaya dan Putri Sari Banilai. Datuk Saribijaya merupakan salah seorang depati Kerajaan Pagarruyung dan Putri Sari banilai adalah seorang putri dari Kerajaan Melayu Bangko. Bujang Kurap yang merupakan keturunan dari keduanya ini merupakan seorang pengembara yang kemudian memutuskan untuk berhenti mengembara dan menghabiskan sisa hidupnya di daerah Ulak Lebar ini. Di makam Bujang Kurap ini terdapat empat buah makam serta menhir yang berada di kaki bukit Sulap.

Lokasi: Ulak Lebar, Kec. Lubuk Linggau Barat II, Kota Lubuklinggau.

10. Pemandian Air Panas Suban

Pemandian Air Panas Suban

Image Credit: Wartanasional.com

Puas dengan menjelajahi alam Lubuklinggau, Anda bisa merelaksasi diri di pemandian air panas Suban. Berada di Cawang Baru, Selupu Rejang atau 2 jam waktu tempuh dari Bengkulu membuat pemandian air panas Suban diminati banyak orang. Selain Anda bisa berendam di tempat ini, Anda juga bisa melihat beragam flora dan fauna yang menjadi koleksi di tempat ini.

Lokasi: Cawang Baru, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong.

11. Sungai Kelingi

Sungai Kelingi

Image Credit: Mongabay.co.id

Sungai Kelingi berada di tepi Bukit Sulap dan memiliki panjang sekitar 70 km dan lebar sekitar 50 – 70 meter serta tinggi sekitar 40 mdpl. Sungai yang bermuara ke Sungai Musi ini bisa menjadi tempat wisata yang sangat pas untuk Anda yang suka akan tantangan. Belum lagi pemandangan sekitar sungai yang sangat indah. Pas untuk Anda yang sekedar ingin melepas penat dari hiruk pikuknya suasana perkotaan.

Lokasi: Ulak Surung, Kec. Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuklinggau.

12. Jamso Lubuklinggau

Jamso Lubuklinggau

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Selain monumen, ada pula tempat wisata bersejarah yang ada di Lubuklinggau yakni Jamso. Jamso merupakan bangunan bersejarah yang cukup populer di Lubuklinggau. Tak ayal banyak sekali wisatawan yang menyempatkan waktu berkunjung ke tempat ini. Berlokasi di Daerah Moneng Sepati bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin tahu seputar sejarah Lubuklinggau atau sekedar mengabadikan momen di tempat ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Empat Lawang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Moneng Sepati, Kec. Lubuk Linggau Selatan II, Kota Lubuklinggau.

13. Air Terjun Curug Leko

Air Terjun Curug Leko

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Air terjun yang sangat pas dan wajib Anda kunjungi adalah air terjun Curug Leko. Berlokasi di Desa Jukung serta tidak jauh dari pusat kota Lubuklinggau membuat akses ke tempat ini sangatlah mudah. Memiliki pemandangan yang indah dengan debit air yang cukup besar dan tidak terlalu tinggi membuat air terjun Curug Leko sangat digemari para wisatawan. Anda bisa bermain air sepuasnya di tempat ini.

Lokasi: Jl. Sudirman, Jukung, Kec. Lubuk Linggau Selatan I, Kota Lubuklinggau.

14. Kampung Warna-Warni

Kampung Warna-Warni

Image Credit: Horesurabaya.co.id

Destinasi terbaru dari kota Lubuklinggau serta bisa menambah referensi tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah adanya kampung warna-warni. Kampung warna-warni ini sebenarnya merupakan gagasan yang diprakarsai oleh para ibu-ibu PKK kelurahan Lubuklinggau Ulu. Atas dukungan penuh dari pemerintah setempat membuat kampung warna-warni ini berhasil dibangun. Setidaknya ada ratusan rumah yang direnovasi dengan dicat warna-warni serta dihias dengan mural yang sangat kreatif. Tak pelak banyak orang yang terpikat dengan kreativitas yang ditunjukkan.

Lokasi: Jl. Depati Said, Lubaklinggau Ulu, Kec. Lubuk Linggau Barat II, Kota Lubuklinggau.

15. Masjid Agung As-Salam

Masjid Agung As-Salam

Image Credit: Priority2013.blogspot.com

Tidak hanya penuh dengan tempat wisata yang berbau alam dan bersejarah, Lubuklinggau juga memiliki tempat wisata religi berupa masjid agung as salam. Masjid ini selain merupakan masjid terbesar yang ada di Lubuklinggau, juga merupakan masjid dengan desain arsitektur yang sangat indah. Hal ini terlihat dari perpaduan warna antara warna kuning dan warna biru yang sangat apik sehingga sangat indah dipandang mata. Lubuklinggau yang hingga kini terus menggencarkan promosi wisata juga memasukkan masjid agung as salam sebagai salah satu tempat wisata andalan yang wajib dikunjungi.

Disekitar masjid terdapat taman kurma yang mana pohon kurmanya didatangkan langsung dari Arab. Tidak hanya itu, masjid ini juga dilengkapi dengan air mancur dan meara kapsul. Dengan Anda berkunjung ke masjid yang berada di Jalan Garuda, Ps. Permiri ini selain bisa beribadah, juga bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar masjid.

Lokasi: Jl. Garuda, Pasar Permiri, Kec.Lubuk Linggau Barat II, Kota Lubuklinggau.

Nah, itulah beberapa referensi tempat wisata di kabupaten Lubuklinggau menarik untuk Anda kunjungi. Bagaimana sudah menentukan kemana Anda akan pergi berwisata tatkala liburan tiba? Tak perlu jauh-jauh dan menghabiskan banyak dana, destinasi wisata terhits di Lubuklinggau ini bisa menjadi pilihan yang tentunya dijamin liburan Anda akan semakin seru dan menyenangkan. Jadi, tunggu apalagi siapkan waktu Anda dan yuk berkunjung ke Lubuklinggau. Selamat berlibur dan semoga bermanfaat.