Sumatra Utara

15 Tempat Wisata di Mandailing Natal Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Sumatera Utara? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Terbaik di Mandailing Natal Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits untuk Mendapatkan Liburan yang Lebih Berkesan.

Mandailing Natal adalah salah satu wilayah yang ada di Sumatera Utara. Banyak orang yang lebih suka menyebut tempat ini sebagai Madina karena lebih mudah diucapkan. Meskipun wilayahnya tergolong maju namun masih banyak objek wisata alam yang sangat memukau.

Bukan hanya pantai dan pulau saja, wilayah ini juga memiliki air panas yang menyehatkan. Berkunjung ke wilayah ini rasanya tidak akan pernah habis. Berikut ini 15 tempat wisata di Mandailing Natal yang eksotis patut Anda kunjungi saat liburan.

1. Air Panas Sibanggor

Air Panas Sibanggor

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Destinasi wisata ini menawarkan objek wisata yang sangat indah sekaligus unik. Karena air panasnya memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Banyak orang yang datang ke tempat ini hanya untuk berendam air panas saja. Konon, air panas ini dapat menyembuhkan segala macam penyakit.

Tiket masuk air panas Sibanggor masih tergolong murah, yakni hanya sekitar 5.000 saja sudah mendapat fasilitas lengkap seperti toilet, ruang ganti dan mushola.

Lokasi: Sibanggor Tonga, Kec. Sorik Marapi, Kab. Mandailing Natal.

2. Pantai Natal

Pantai Natal

Image Credit: Flickr.com @Khatulistiwa info

Berikutnya ada sebuah pantai indah dengan hamparan pasir putih yang sangat indah. Pantai ini menjadi tempat favorit penduduk lokal karena suasananya sangat indah. Deburan ombak yang syahdu, dan angin pantai yang semilir membuat liburan di pantai menjadi lebih menyenangkan.

Tidak hanya itu saja, pantai ini sudah dikelola dengan baik sehingga memiliki fasilitas yang memadai seperti ruang ganti, toilet dan mushola. Beberapa wahana permainan juga ada di pantai ini. Anda tinggal pilih ingin memainkan yang mana.

Lokasi: Pasar V Natal, Kec. Natal, Kab. Mandailing Natal.

3. Payabulan

Payabulan

Image Credit: Wisato.id

Sebuah dataran tinggi dan lembah yang ada di Kaki Gunung Sorik Marapi. Daya tarik utama dari wisata ini ialah landscape itu sendiri. Pesona yang ada di Payabulan ini sangat eksotis, mirip dengan lukisan alam yang dipigura. Tidak heran jika hampir setiap hari tidak pernah sepi pengunjung. Bagi Anda yang sedang mencari lokasi prewedding maka tempat ini sangat cocok sekali.

Lokasi: Maga Lombang, Kec. Lembah Sorik Marapi, Kab. Mandailing Natal.

4. Gunung Sorik Marapi

Gunung Sorik Marapi

Image Credit: Pendaki.id

Petualangan menarik berikutnya Anda bisa melakukan pendakian ke Gunung Sorik Marapi. Tempat ini menawarkan jalur pendakian yang sangat sulit. Bagi Anda yang pemula sebaiknya siapkan air minum dan makanan berat yang banyak agar tidak kelaparan. Gunung ini memiliki tinggi 2.145 mdpl. Apabila Anda sudah sampai di puncak maka bisa melihat kawah biru yang sangat indah. Secara otomatis tangan akan langsung mencari kamera untuk memotret. Lokasinya memang sangat indah dan memukau.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Langkat yang Murah & Enak

Lokasi: Sibanggor Julu, Kec. Puncak Sorik Marapi, Kab. Mandailing Natal.

5. Desa Tradisional Sibanggor

Desa Tradisional Sibanggor

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Masih di daerah Desa Sibanggor, tempat ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong karena memiliki destinasi wisata yang sangat menarik. Belum puas dengan air panasnya, Anda sudah disuguhkan pesona lain berupa desa tradisional.

Desa ini memiliki ciri khas tersendiri karena memang masih tradisional. Mereka belum mengenal produk modern karena tidak mau dengan adanya perubahan. Inilah yang menjadikan budaya yang ada di desa ini tetap kuat dan lestari.

Lokasi: Sibanggor, Kec. Puncak Sorik Marapi, Kab. Mandailing Natal.

6. Sopotinjak

Sopotinjak

Image Credit: Steemit.com

Destinasi wisata yang satu ini menawarkan pesona alam yang sangat luar biasa. Anda tidak hanya melihat lembah dan bukit saja dari kejauhan, namun juga Taman Nasional Batang Gadis nampak jelas meski dari kejauhan.

Fasilitas yang ada di tempat ini cukup lengkap seperti toilet, mushola dan taman. Tersedia juga camping ground bagi Anda yang ingin berkemah. Lokasinya sangat indah dan menyenangkan, Anda pasti puas datang ke tempat ini bersama keluarga.

Lokasi: Sopotinjak, Kec. Batang Natal, Kab. Mandailing Natal.

7. Bukit Sikara-Kara

Bukit Sikara-Kara

Image Credit: Medaninside.com

Pemandangan alam yang ada di bukit ini sangat indah nan eksotis. Anda dapat melihat laut biru dan bukit hijau dari kejauhan. Tidak heran jika banyak muda mudi yang datang ke tempat ini hanya untuk menghabiskan waktu bersama. Suasana yang dihadirkan memang cukup berbeda. Cobalah datang ke Bukit Sikara-kara ini bersama orang tersayang tentu akan menghadirkan moment liburan indah dan lebih seru.

Lokasi: Sikara Kara, Kec. Natal Kabupaten, Kab. Mandailing Natal.

8. Air Terjun Sigala-Gala

Air Terjun Sigala-Gala

Image Credit: Lifestyle.okezone.com

Berikutnya ada sebuah air terjun unik dengan batuan besar yang terbelah. Apabila di foto dari jarak tertentu maka air terjunnya seolah turun dari langit. Tidak heran jika air terjun ini menjadi sangat indah dan menawan. Cobalah datang bersama sahabat atau keluarga agar moment liburan semakin seru. Bersama keluarga menghabiskan waktu tentu akan lebih menyenangkan. Hanya saja, trek menuju lokasi ini cukup sulit sehingga Anda harus menyiapkan tenaga agar bisa sampai ke lokasi dengan aman.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Nias Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Lintas Natal, Tano Bato, Kec. Panyabungan Selatan, Kab. Mandailing Natal.

9. Pulau Unggeh

Pulau Unggeh

Image Credit: Madina.go.id

Pemandangan yang ada di pulau ini sangat indah nan eksotis. Banyak turis asing yang sengaja datang untuk dapat menikmati nuansa yang ada di pulau ini. Sebuah pulau kecil dengan pantai pasir putih nampak seperti pulau dalam negri dongeng. Ditambah dengan latar hutan kecil yang asri dan rindang, tentu menjadi salah satu pulau tak berpenghuni yang paling banyak dicari.

Lokasi: Pulau Unggeh, Kec. Natal, Kab. Mandailing Natal.

10. Pantai Batu Rusa

Pantai Batu Rusa

Image Credit: Wonderfulmbg.blogspot.com

Keindahan yang ada di pantai ini berbeda dari kebanyakan pantai di Sumatera. Meski pasir yang ada di pantai ini berupa pasir putih namun pesona yang dihadirkan sangat menggoda. Di sekitar pantai masih sangat asri dan hijau, penuh dengan pohon kelapa, belum lagi bebatuan yang ada menambah keindahan tersendiri.

Banyak orang yang berkunjung ke pantai ini untuk mengabadikan moment bersama orang tersayang. Beberapa pasangan yang hendak menikah juga sering melakukan prawedding di pantai cantik ini.

Lokasi: Tabuyung, Kec. Muara Batang Gadis, Kab. Mandailing Natal.

11. Bukit Muhasabah

Bukit Muhasabah

Image Credit: Syaidlian.tumblr.com

Sebuah bukit indah dengan batuan putih yang sangat cantik. Belum lagi pemandangan yang dapat dilihat dari arah bukit sungguh sangat menarik. Banyak orang berkunjung ke tempat ini untuk bermuhasabah. Sesuai dengan namanya, tempat ini sering dijadikan lokasi untuk merenung dan bertafakur alam.

Tersedia tempat duduk unik yang terbuat dari batu putih di bukit ini. Wisata religi sekaligus wisata alam yang sangat menyenangkan. Tidak heran jika pengunjung yang datang biasa secara berkelompok menggunakan bus. Beberapa diantaranya lebih memilih untuk menyaksikan matahari tenggelam karena cahayanya sangat indah saat berada di bukit ini.

Lokasi: Sipaga – Paga, Kec. Panyabungan, Kab. Mandailing Natal.

12. Danau Pondok Limo

Danau Pondok Limo

Image Credit: Facebook.com @Mandailingexplore

Objek wisata yang satu ini memberikan pesona tersendiri tentang alam dan air. Meski hanya berupa danau, namun nuansa yang dimunculkan sangat kuat dan pekat. Seolah ada atmosfer tersendiri agar kita tetap betah berada di tempat ini dalam waktu yang cukup lama. Dilihat dari segi manapun, danau ini tetap saja indah dan menarik. Cobalah gunakan kamera terbaik untuk menangkap gambar yang ada di tempat ini. Beberapa pengunjung yang datang juga sering meluangkan waktu untuk selfie atau merekam video. Pemandangan langit sore juga sangat indah terutama saat matahari hendak tenggelam.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Binjai yang Paling Populer

Lokasi: Pondok Limo, Kec. Muara Batang Gadis, Kab. Mandailing Natal.

13. Taman Nasional Batang Gadis

Taman Nasional Batang Gadis

Image Credit: Flickr.com @perbatakusuma

Di taman nasional ini terdapat banyak flora dan fauna yang akan membuat Anda terpukau. Beragam fauna tersebut antara lain macan sumatera, kijang, beruang dan monyet. Beragam hewan tersebut hidup liar dengan lingkungan ekosistem yang mendukung. Kemudian untuk tumbuhannya setidaknya ada 240 macam tumbuhan mulai dari yang kecil hingga besar sangat lengkap dan beragam.

Alamnya yang hijau dan beragam pohon besar menjadi pemandangan tersendiri bagi para pecinta tumbuhan hijau. Konon, dengan banyak melihat tumbuhan hijau maka mata yang lelah karena sering bekerja di depan layar bisa hilang perlahan. Karena tubuh tidak memiliki warna hijau, itulah mengapa ketika manusia melihat tumbuhan hijau maka tubuhnya akan kembali segar.

Lokasi: Jl. Willem Iskandar No.Kel, Pidoli Dolok, Kec. Panyabungan, Kab. Mandailing Natal.

14. Pulau Tamang

Pulau Tamang

Image Credit: Ondosidimpuan.blogspot.com

Sebuah pulau indah dengan pasir putih yang memikat. Ada banyak biota laut yang bisa Anda lihat saat diving di pulau ini. Lautnya yang bersih dan airnya yang jernih membuat kegiatan diving akan lebih menyenangkan. Belum lagi pemandangan alam yang ada di sekitar pulau tentu akan menambah nilai seni lukisan tuhan yang tidak ada bandingannya.

Dengan sering melakukan kegiatan di alam maka tubuh akan kembali bereaksi positif karena lelah dapat hilang seketika. Gunakan waktu libur untuk berkunjung ke Pulau Tamang ini bersama orang terdekat, tentu akan lebih menyenangkan.

Lokasi: Pulau Tamang, Kec. Batahan, Kab. Mandailing Natal.

15. Taman Raja Batu

Taman Raja Batu

Image Credit: Malintangpos.co.id

Objek wisata yang satu ini tergolong baru karena belum lama diresmikan sebagai salah satu tempat wisata. Sejak dibuka beberapa tahun lalu tempat wisata ini selalu ramai dan tidak pernah sepi pengunjung. Pemerintah setempat memang membuat objek wisata ini sesuai dengan keinginan rakyat sehingga hampir tiap hari mereka selalu saja datang berkunjung. Peminatnya tidak hanya penduduk lokal saja bahkan para pelancong juga sering menyempatkan diri untuk mampir sejenak di tempat ini.

Lokasi: Jl. Willem Iskandar Panyabungan, Parbangunan, Kec. Panyabungan, Kab. Mandailing Natal.

Itulah 15 tempat wisata di Mandailing Natal yang wajib Anda kunjungi saat liburan tiba. Gunakan waktu liburan Anda untuk berkunjung ke objek wisata yang bagus dan menarik. Tubuh yang lelah bekerja seharian akan lebih rileks ketika berkunjung ke sebuah objek wisata yang bagus dan menarik karena tubuh dapat merespon secara positif. Apabila tubuh lelah dan jenuh sebaiknya hindari tempat belanja karena akan lebih melelahkan, cobalah luangkan waktu untuk berkunjung ke wisata alam agar tubuh kembali segar.