Sumatra Utara

30 Tempat Wisata di Medan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Tempat Wisata Favorit di Medan, Sumatra Utara. Objek Wisata Alam & Bahari Terbaru, Kekinian, Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat ingin Menghabiskan Liburan Bersama Keluarga.

Berlibur merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan dan sangat ditunggu – tunggu. Terlebih jika dilakukan bersama dengan orang – orang tersayang. Berlibur sering kali dijadikan sebagai momen bagi orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan di kantor untuk semakin mendekatkan diri dengan anak – anak. Salah satu tempat tujuan liburan yang dapat dikunjungi di negara Indonesia adalah kota Medan.

Kota Medan merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatera Indonesia yang merupakan salah satu kota terbesar di urutan ketiga setelah Jakarta dan Surabaya. Perlu diketahui bahwa kota Medan dikatakan sebagai pintu gerbang di wilayah negara Indonesia pada bagian barat dengan adanya Bandar Udara Internasional Kuala Namu dan Pelabuhan Belawan. Untuk dapat melakukan liburan di kota Medan, biasa dilakukan dengan menggunakan pesawat. Banyaknya tempat wisata yang dimiliki oleh kota Medan, tak jarang para wisatawan asing pun berdatangan untuk menikmatinya.

Di daerah dengan julukan Kota Sejarah ini tak sedikit tempat wisata yang dapat anda kunjungi bersama keluarga yang tentunya akan memberi makna dan kesan yang berbeda saat mengunjunginya dibanding dengan kota – kota lain. Beberapa rekomendasi tempat wisata di kota Medan yang dapat dikunjungi diantaranya :

1. Danau Toba

Danau Toba

Lokasi: Parbaba Dolok, Kec. Pangururan, Kab. Samosir. – Image Credit by Wikipedia.org

Siapa sih yang tidak kenal dengan wisata Danau Toba ini? Tentunya wisata Danau Toba ini telah banyak dikenal di berbagai kalangan dan daerah. Danau Toba adalah salah satu destinasi wisata di kota Medan yang wajib anda kunjungi bersama dengan keluarga tercinta. Tak sedikit buku yang telah bercerita mengenai Danau Toba, yang merupakan danau terbesar di negara Indonesia.

Hampir setiap hari, wisata Danau Toba ini selalu ramai dipadati oleh pengunjung baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Lokasi wisata Danau Toba yang bertempat di pegunungan bukit barisan membuat anda bersama dengan keluarga juga dapat menikmati keindahan alam dari pegunungan Bukit Barisan tersebut.

2. Menara Pandang Tele

Menara Pandang Tele

Lokasi: Turpuk Limbong, Kec. Harian, Kab. Samosir. – Image Credit by Bobo.grid.id

Ketika berlibur di Kota Medan, anda bersama dengan keluarga tercinta tak hanya akan disuguhkan dengan keindahan wisata Danau Toba secara langsung yang dapat disaksikan dari bawah, namun anda dapat menikmati keindahan dan pemandangan dari wisata Danau Toba melalui menara Pandang Tele.

Menara Pandang Tele tidak kalah ramainya dengan wisata Danau Toba karena melalui wisata Menara ini anda juga dapat menyaksikan keindahan dari Danau Toba yang begitu mempesona. Beberapa wisatawan biasa datang di menara ketika menjelang malam guna menyaksikan terbenamnya matahari yang indah.

3. Sipinsur

Sipinsur

Lokasi: Parulohan, Kec. Paranginan, Kab. Humbang Hasundutan. – Image Credit by Pesona.travel

Destinasi wisata di kota Medan yang juga dapat anda kunjungi saat berlibur adalah wisata Sipinsur. Wisata yang letaknya tak jauh dari wisata Danau Toba ini pun juga tidak pernah sepi oleh pengunjung karena keindahan dan pemandangan yang tak kalah mempesonanya dengan wisata lain.

Dari tempat wisata Sipinsur ini anda dapat menikmati berbagai pemandangan berupa hutan, bukit dan bahkan danau Toba. Keberadaan Sipinsur yang sangat sejuk dan damai dikelilingi sebuah hutan pinus yang sangat luas dengan pemandangan cantik.

4. Istana Maimun

Istana Maimun

Lokasi: Jl. Sultan Ma’moen Al Rasyid No.66, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan. – Image Credit by Pesona.travel

Istana Maimun merupakan salah satu objek wisata ikonik di kota Medan. Tempat wisata ini terletak di kota Medan dan menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tempat wisata Istana Maimun sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat berada di kota Medan. Tak hanya mendapat kesenangan, namun anda juga dapat sekaligus belajar di tempat wisata ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Humbang Hasundutan Terbaru & Terhits Dikunjungi

5. Danau Siombak

Danau Siombak

Lokasi: Jl.pasar nippon ujung kel, Paya Pasir, Kec. Medan Marelan. – Image Credit by Tribunnews.com

Danau Siombak termasuk dalam salah satu tempat wisata di kota Medan yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi. Tempat wisata ini memiliki keindahan alam yang tak kalah menariknya dengan tempat wisata lainnya. Danau Siombak terletak di Paya Pasir, Medan Marelan.

Perlu diketahui bahwa danau Siombak ini merupakan salah satu danau buatan yang terletak diantara sungai Deli dan Sungai Terjun. Ketika anda berkunjung di danau Siombak anda akan menyaksikan beberapa keindahan dari ketiga wisata sekaligus.

6. Maha Vihara Adhi Maitreya

Maha Vihara Adhi Maitreya

Lokasi: Jl. Cemara Asri Boulevard Raya No.Utara, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang. – Image Credit by Wikipedia.org

Tak hanya terkenal dengan wisata alamnya, kota Medan juga memiliki wisata religi yang dapat anda kunjungi. Salah satunya adalah Maha Vihara Adhi Maitreya. Bagi anda yang berkunjung di tempat ini, anda akan benar – benar merasakan suasana religi yang sangat khas. Vihara ini terletak di sebuah kompleks perumahan Cemara Asri. Untuk dapat masuk di tempat wisata ini anda tak perlu mengeluarkan biaya.

7. Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion

Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani No.105, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan. – Image Credit by Travel.tempo.co

Tempat wisata ini telah populer di kota Medan dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik asing maupun lokal. Mansion termasuk dalam salah satu tempat wisata di kota Medan yang sangat unik, di tempat ini anda juga dapat berfoto dengan spot – spot objek menarik. Dengan bangunan bergaya Eropa dan Chinesse membuatnya semakin ramai didatangi dan tak pernah sepi setiap harinya oleh para wisatawan.

8. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja No.61, Mesjid, Kec. Medan Kota, Kota Medan. – Image Credit by Arifsetiawan.com

Wisata religi tak hanya dimiliki kota Medan di vihara, namun juga terdapat masjid raya yang sangat besar di kota ini. Masjid raya yang sangat besar ini telah lama dibangun sejak tahun 1990 dan masih berdiri kokoh sampai saat ini. Maka tak heran jika sampai saat ini masjid Raya Medan yang merupakan salah satu masjid terbesar ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing.

9. Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni

Lokasi: Jl. Sakura III No.7-10, Tj. Selamat, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan. – Image Credit by Pegipegi.com

Kota Medan ternyata sangat kaya dengan wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Selain vihara dan masjid, terdapat Graha Maria yang dapat dikunjungi sebagai wisata religi. Tempat wisata ini sangatlah ramai dikunjungi oleh wisatawan. Desain tempat wisata religi Graha Maria ini dapat membuat para wisatawan selalu tertarik untuk berfoto karena desain gedung yang begitu indah.

10. Rahmat Internasional Wildlife Museum & Gallery

Rahmat Internasional Wildlife Museum & Gallery

Lokasi: Jl. S. Parman No.309, Petisah Hulu, Kec. Medan Baru, Kota Medan. – Image Credit by Tribunnews.com

Berkunjung di kota Medan tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi museum yang sangat menawan ini. Di dalam museum ini anda dapat menikmati banyak karya seni yang sangat mengagumkan. Selain itu, anda juga dapat menikmati suasana di sekitar museum yang sangat menyenangkan. museum ini sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik di kota Medan.

11. Taman Labirin

Taman Labirin

Lokasi: Jalan Raya Merek, Kodon-kodon, Kec. Merek, Kab. Karo. – Image Credit by Pegipegi.com

Jangan lupa berkunjung di taman Labirin saat anda berada di kota Medan. Kota Labirin adalah salah satu tempat wisata yang dapat dikunjungi di kota Medan. Di dalamnya anda akan menikmati pemandangan taman yang sangat cantik dengan beberapa kafe yang menyediakan berbagai macam camilan.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Langkat yang Paling Populer

12. Funland Mikie Holiday

Funland Mikie Holiday

Lokasi: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo. – Image Credit by Twitter.com @Mikieholiday

Dibutuhkan waktu yang lama untuk dapat menuju tempat wisata yang satu ini. Funland juga termasuk dalam salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di kota Medan. Meskipun perjalanan tempuh harus dilalui dengan sangat lama, namun semua akan sebanding dengan seluruh fasilitas yang disediakan ditempat ini.

13. Gedung London Sumatera

Gedung London Sumatera

Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani No.2, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan. – Image Credit by Destinasian.co.id

Jangan lupa mampir di Gedung London Sumatera saat berkunjung di kota Medan. Gedung yang terletak di jalan Kesawen kota Medan ini merupakan salah satu gedung dengan spot – spot objek foto yang sangat unik dan indah. Saat berada di tempat ini, seolah – olah anda akan merasa sedang berada di London.

14. Savana Afrika

Savana Afrika

Lokasi: Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo. – Image Credit by Adira.co.id

Untuk dapat menikmati suasana keindahan dari savana tak perlu jauh – jauh, karena di kota Medan anda dapat mengunjungi savanna Afrika yang memiliki keindahan yang tak kalah dengan aslinya. Di tempat ini anda akan merasakan suasana seperti sedang di savanna yang segar dan udara yang bebas dari polusi. Di tempat ini juga banyak keindahan alam berupa gunung dan pepohonan.

15. Sipisopiso

Sipisopiso

Lokasi: Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo. – Image Credit by Nativeindonesia.com

Destinasi menarik di kota Medan yang masih sangat alami adalah Sipisopiso. Tempat wisata alam ini tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung di kota Medan. Sipisopiso adalah sebuah air terjun dengan ketinggian 120 meter yang dikelilingi oleh pepohonan dan bukit – bukit yang begitu sejuk dan asri. Destinasi wisata alam yang satu ini akan memberi keindahan alam yang begitu menakjubkan, terlebih keberadaannya yang tak jauh dari danau Toba anda dapat menikmati pemandangan dari danau Toba.

16. Kebun Binatang Medan

Kebun Binatang Medan

Lokasi: Jl. Bunga Rampe IV, Simalingkar B, Kec. Ujung labuhan, Kab. Deli Serdang. – Image Credit by Okezone.com

Kebun binatang adalah salah satu tempat wisata yang sering kali dikunjungi, terlebih oleh keluarga muda yang masih memiliki anak kecil. Saat berkunjung di kota Medan anda juga dapat mengunjungi kebun binatang sebagai salah satu wisata edukasi. Di dalam kebun binatang kota Medan ini terdapat banyak jenis hewan mulai dari reptile hingga hewan – hewan buas. Jadikan kebun binatang sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di kota Medan.

17. Gedung Balai Kota Lama

Gedung Balai Kota Lama

Lokasi: Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan. – Image Credit by Lupadaratan.com

Tak hanya wisata alam, kota Medan juga menyimpan tak sedikit tempat – tempat bersejarah. Salah satunya adalah gedung balai kota ini. Gedung balai kota ini sangatlah unik sehingga dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata bagi beberapa wisatawan di kota Medan. Tak sedikit wisatawan lokal dan asing yang mengunjungi tempat bersejarah ini karena gaya bangunan yang sangatlah unik dan menarik.

18. Hairos Water Park

Hairos Water Park

Lokasi: Jl. Jamin Ginting No.Km. 14, RW.5, Namo Simpur, Kec. Pancur Batu, Kab. Deli Serdang. – Image Credit by Wisataidn.com

Di kota Medan anda juga akan menemui sebuah tempat wisata yaitu waterpark. Disini anda dapat melakukan berbagai kegiatan dengan fasilitas yang disediakan oleh pihak waterpark. Perlu diketahui bahwa di tempat ini terdapat beberapa wahana yang menarik seperti kolam seluncur, kolam arus dan kolam anak. Tak hanya itu, masih banyak fasilitas lain yang disediakan.

19. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Lokasi: Jl. Bunga Raya II, Asam Kumbang, Kec. Medan Selayang, Kota Medan. – Image Credit by Indonesia-Tourism.com

Tempat wisata yang satu ini tak kalah menariknya dengan kebun binatang di kota Medan. Tempat wisata penangkaran buaya ini sangat menarik untuk dikunjungi, di dalamnya anda dapat melihat berbagai spesies dari buaya yang dirawat dengan baik sampai saat ini. Di tempat penangkara buaya ini anda dapat menikmati semua hal yang ada di dalamnya. Selain itu, untuk dapat menikmatinya pun tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Samosir Terbaru & Terhits Dikunjungi

20. Arung Jeram Sungai Bingei

Arung Jeram Sungai Bingei

Lokasi: Jl. Setia Budi No.132, Tj. Sari, Kec. Medan Selayang, Kota Medan. – Image Credit by Gobatak.com

Tak kalah dengan tempat wisata di kota lain, Medan juga memiliki tempat wisata berupa arung jeram. Arung Jeram di sungai Bingei ini termasuk salah satu wisata adrenalin yang menantang dan bisa menjadi tujuan wisata terbaik untuk memberi pengalaman berkesan saat ke Medan.

21. Wonders Water World

Wonders Water World

Lokasi: Jl. Padang Golf CBD Polonia, Suka Damai, Kec. Medan Polonia, Kota Medan. – Image Credit Jejakpiknik.com

Untuk dapat menikmati wahana air, anda dapat mengunjungi tempat wisata ini di kota Medan, tak kalah menariknya dengan waterpark yang diatas anda juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan ditempat ini. Di tempat wahana air ini anda tidak hanya dapat melakukan kegiatan berenang, namun juga terdapat beberapa fasilitas yang menarik seperti super loop, pipe line, bullet bowl dan topsy turvy.

22. The Le Hu Garden

The Le Hu Garden

Lokasi: Jl. Pendidikan, Deli Tua Bar., Kec. Deli Tua, Kab. Deli Serdang. – Image Credit by Tempatwisata.pro

Tempat wisata menarik lainnya yang dapat anda kunjungi saat berada di kota Medan adalah The Le Hu Garden yang merupakan sebuah taman kekinian. Di taman ini anda dapat menikmati keindahan alam dan The Le Hu Garden juga sering disebut sebagai salah satu tempat paling kekinian di jaman modern ini. Tempat ini dapat dijadikan sebagai tempat untuk sekedar berkumpul bersama dengan orang – orang terdekat atau sering pula digunakan sebagai tempat berfoto karena latar yang begitu indah dan menakjubkan.

23. Pantai Mangrove

Pantai Mangrove

Lokasi: Sei Naga Lawan, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai. – Image Credit by Deliserdangmall.com

Medan memiliki sebuah pantai yang sangat ramai dikunjungi. Di pantai ini terdapat berbagai tanaman mangrove yang sangat indah sesuai dengan namanya. Pantai Mangrove berlokasi di desa Maimbai. Sangat menarik karena di pantai ini anda juga dapat menyewa boat. Selain itu, terdapat fasilitas untuk berkeliling dengan menggunakan boat bersama dengan orang tersayang. Jika berkunjung di kota Medan, jangan lupa untuk mengunjungi pantai Mangrove ini.

24. Merci Barn

Merci Barn

Lokasi: Jl. Pahlawan Deli Tua- Medan, Suka Makmur, Kec. Deli Tua, Kab. Deli Serdang. – Image Credit by Medanbunghoras.blogspot.com

Destinasi wisata ini dapat dikunjungi terutama bagi anda yang senang dengan kegiatan berfoto ria. Merci Barn adalah salah satu kantor yang digunakan untuk pemasarah perumahan dan sangat ramai didatangi oleh wisatawan guna mendapatkan hasil jepretan terbaik. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung karena kantor pemasaran ini hadir dengan gaya banguna Eropa yang begitu menawan. Anda dapat menjadikan Merci Barn sebagai salah satu destinasi wisata wajib dikunjungi.

25. Kampung Ladang Outbuond

Kampung Ladang Outbuond

Lokasi: Jl. Tuntungan, Namorih, Pancur Batu, Namorih, Kec. Pancur Batu, Kab. Deli Serdang. – Image Credit by Instanbooking.id

Kampung Ladang dapat anda kunjungi saat berada di kota Medan. Kampung ini terletak di daerah Tanjung Anom. Kampung ini dapat dijadikan sebagai tempat outbond dan telah banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan asing.

Untuk dapat sampai di kampung Ladang ini, anda memerlukan waktu selama satu jam jika ditempuh dari pusat kota. Tempat ini sangatlah unik karena memiliki sebuah candi book di dalamnya yang kerap juga dijadikan sebagai spot foto bagi para wisatawan.

26. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna

Lokasi: Bandar Baru, Sibolangit, Kab. Deli Serdang. – Image Credit by Bisniswisata.co.id

Di kota Medan ternyata terdapat wisata alam berupa air terjun yang tak kalah menariknya dengan tempat wisata lainnya. Air terjun ini sering kali menjadi perhatian banyak wisatawan karena memiliki dua warna di dalamnya yaitu biru dan hijau atau putih keabu-abuan. Setiap warna air terjun tersebut memiliki hawa yang berbeda – beda, air terjun biru dengan hawa yang dingin sedangkan air terjun hijau dengan hawa hangat. Perlu diketahui bahwa perbedaan warna yang dihasilkan tersebut adalah karena kandungan belerang dan fosfor di dalamnya. Menariknya lagi, air terjun dua warna ini dikelilingi oleh beberapa batuan yang semakin menambah kesan eksotis.

27. The Garden Café

The Garden Café

Lokasi: Jl. Multatuli Blok AA No.1-5, Hamdan, Kec. Medan Maimun, Kota Medan. – Image Credit by Makanmana.net

Tak hanya tempat wisata, kota Medan juga memiliki café terkenal yang dapat anda kunjungi. Café ini sangat populer dengan berbagai menu makanan yang sangat lezat. Anda dapat menikmati beberapa menu yang ada ditempat ini sembari bercengkerama dengan keluarga atau teman terdekat. Konsep tenang dan romantic yang dimiliki oleh the Garden Café ini semakin membuat suasana terasa nyaman.

28. Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit

Lokasi: Jl. Letjend Jamin Ginting No.Km. 45.3, Suka Makmur, Sikeben, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang. – Image Credit by Travelingyuk.com

Tempat wisata ini telah banyak dikenal di kota Medan. Hillpark Sibolangit ini merupakan tempat yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata saat berada di kota Medan. Tentunya dengan berbagai fasilitas yang dapat anda nikmati di tempat ini. Berlokasi di Jln. Letjen Jamin Ginting, kota Medan, membuat Hillpark Sibolangit semakin ramai dikunjungi terlebih letaknya yang tak jauh dari air terjun dua warna.

29. Resep Nenek Moyangku

Resep Nenek Moyangku

Lokasi: Jl. Teuku Umar No.3e, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan. – Image Credit by Facebook.com @Resepnenekmoyangku

Tak perlu khawatir kelaparan saat berkunjung di kota Medan karena ada warung Resep Nenek Moyangku yang dapat anda kunjungi. Tempat ini menyediakan berbagai macam makanan yang sangat lezat khas dari kota Medan. Terkhusus bagi anda yang hobi berkuliner anda dapat mengunjungi Resep Nenek Moyang dan menikmati beberapa hidangan yang disajikan dengan sangat sederhana dan citarasa yang mantap.

30. Royal Sumatera

Royal Sumatera

Lokasi: Mangga, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan. – Image Credit by Enjoytourmedan.com

Selain tempat wisata alam, anda juga dapat berkunjung ke perumahan yang memiliki pemandangan indah dan suasana sekitar yang sangat asri di kota Medan. Meskipun tempat ini hanyalah sebuah pemukiman, namun di dalamnya anda dapat menikmati kesejukan sekitar pemukiman. Selain itu, di Royal Sumatera anda juga dapat menikmati berbagai spot untuk berfoto dan dapat dijadikan sebagai koleksi foto yang instragammable.

Melihat banyaknya tempat wisata hits di kota Medan, dapat anda jadikan sebagai salah satu destinasi terbaik untuk mendapatkan liburan yang berkualitas. Tunggu apalagi? Segera buat jadwal untuk berlibur bersama dengan keluarga atau teman-teman.