Jambi

15 Tempat Wisata di Merangin Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Temukan Tempat Wisata Terbaik di Merangin, Jambi. Destinasi Wisata Alam & Bahari Terbaru, Kekinian, Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat ingin Menghabiskan Liburan.

Provinsi Jambi memang cukup familiar dengan sektor pariwisatanya. Provinsi ini memiliki beberapa kabupaten yang memiliki potensi wisata dengan ciri khasnya masing-masing, salah satunya yang perlu di eksplor adalah Kabupaten Merangin.

Sebagai salah satu kabupaten dengan luas wilayah yang besar, Merangin menyimpan banyak potensi kekayaan alam. Selain itu, keindahan alam yang dimiliki oleh Merangin menjadikan kabupaten ini memiliki potensi pariwisata yang besar. Berikut ulasan 15 tempat wisata di Merangin yang menarik Anda kunjungi ketika liburan.

1. Goa Sengayau

Goa Sengayau

Image Credit: Wisatakita.com

Goa ini masih berada di daerah Taman Nasional Kerinci Seblat. Goa ini merupakan kompleks goa yang memiliki bentuk dan keindahan yang berbeda, serta menjadikan goa ini unik. Kompleks goa ini menyajikan keindahan stalagmit dan stalaktit yang sangat menarik. Menurut masyarakat sekitar, kompleks goa tersebut memiliki setidaknya 100 buah goa yang semuanya belum terjamah manusia.

Alhasil, kondisi alam di sekitar dan di dalam goa masih sangat terjaga. Selain pemandangan stalakmit dan stalaktit, Anda juga bisa melihat sekumpulan kelelawar yang membentuk sarang di dalam goa. Datanglah ke sini pada malam hari jika Anda berminat melihat sekumpulan kelelawar yang sedang mencari makan dan terbang di sekitar mulut goa.

Lokasi: Sungai Pinang, Kec. Manau River, Kab. Merangin.

2. Air Terjun Sigerincing

Air Terjun Sigerincing

Image Credit: Waterwaterfall.blogspot.com

Air terjun ini terletak di daerah Lembah Masurai. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter. Perpaduan antara derasnya air terjun dengan rimbunnya pepohonan di sekitarnya membuat suasana sangat asri dan menenangkan. Jika Anda beruntung, Anda akan melihat fenomena pelangi.

Air terjun ini masih belum terlalu dikenal sehingga belum banyak wisatawan yang datang. Hal ini menjadi nilai tambah sehingga Anda dapat menikmati air terjun ini tanpa terganggu dengan wisatawan yang datang.

Lokasi: Tuo, Kec. Lembah Masurai, Kab. Merangin.

3. Danau Depati Empat

Danau Depati Empat

Image Credit: Yukpigi.com

Danau Depati Empat merupakan salah satu wisata danau favorit yang ada di Merangin. Airnya yang jernih ditambah sejuknya udara pegunungan membuat wisatawan menjadikan danau ini sebagai tempat berlibur. Keberadaan dua buah gunung di sekitar danau membuat pemandangan danau yang terletak di Rantau Kermas ini tampak lebih indah. Anda bisa menikmati berbagai jenis ikan yang terkadang muncul di permukaan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tebo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Masyarakat sekitar danau sangat mencintai alam sehingga kebersihan alam masih sangat terjaga. Jika Anda pergi ke sana, jangan lupa membawa kantung plastik sendiri untuk menampung sampah dan jangan lupa membuangnya ke pembuangan sampah terdekat.

Lokasi: Rantau Kermas, Kec. Jangkat, Kab. Merangin.

4. Dam Betuk

Dam Betuk

Image Credit: Jambi-independent.co.id

Dulunya, tempat ini merupakan sebuah waduk yang kemudian beralih fungsi menjadi sebuah tempat wisata air. Hal yang menjadi daya tarik bendungan ini adalah pemandangannya yang menakjubkan. Bendungan yang terletak di daerah Tambang Baru, Tabir Lintas ini menawarkan pemandangan yang indah.

Anda bisa menikmati luasnya permukaan air ditambah dengan rindangnya pepohonab. Aingin sepoy-sepoy membuat tempat ini pas untuk melepas rasa penat setelah bekerja.

Lokasi: Tambang Baru, Kec. Tabir Lintas, Kab. Merangin.

5. Merangin Geopark

Merangin Geopark

Image Credit: Geopark.meranginkab.go.id

Merangin Geopark merupakan sebuah situs bersejarah yang menyimpan peninggalan zaman prasejarah seperti bebatuan, fosil, kerang-kerang dan ukiran batu di dinding goa. peninggalan benda-benda prasejarah tersebut diperkirakan berasal dari peninggalan kehidupan di sepanjang Sungai Batang Merangin dan Sungai Mengkarang.

Selain wisata sejarah, Anda bisa menikmati wisata alam yang ditawarkan oleh geopark ini. Objek wisata ini sangat pas untuk Anda yang memiliki kecintaan terhadap benda peninggalan purbakala sembari menikmati pemandangan yang indah.

Lokasi: Dusun Tuo, Kec. Lembah Masurai, Kab. Merangin.

6. Teluk Wang Sakti

Teluk Wang Sakti

Image Credit: Merahputih.com

Tempat wisata ini dipercaya sebagai tempat pertarungan Kelompok Komring yang bertepi untuk meditasi guna menyerang dusun setempat. Legenda tersebut terus disebar secara turun temurun sehingga cerita tersebut dipercaya sebagai asla mulai Teluk Wang Sakti.

Objek wisata yang terletak di Tanjung Bangko ini bisa menjadi pilihan alternatif saat Anda berkunjung ke Kabupaten Merangin.

Lokasi: Biuku Tanjung, Kec. Bangko Barat, Kab. Merangin.

7. Pulau Karam Kungkai

Image Credit: Sangkoeno.com

Di pualu ini, alamnya masih sangat terjaga. pulau ini menyajikan pemandangan hutan yang indah. Bagi Anda yang menyukai hobi fotografi, Pulau Karam sangat pas sebagai destinasi wisata saat Anda berkunjung ke Pulau Karam.

Selain itu, di Pulau Karam terdapat sebuah aliran sungai yang lebar namun dengan kedalaman yang sangat rendah. Biasanya, atraksi bermain sepak bola di tengah sungai menjadi atraksi andalan wisatawan saat berkunjung ke pulau ini.

Lokasi: Desa Kungkai, Kec. Bangko, Kab. Merangin.

8. Bukit Tiung

Bukit Tiung

Image Credit: Trepelin.com

Jika kota New York memiliki Central Park sebagai area hijaunya, maka Meriung memiliki Bukit Tiung sebagai area hijaunya. Bukit Tiung terletak di pusat kota. Di dalamnya, Anda akan menemukan berbagai tempat menarik seperti taman burung, kebun binatang mini, dan lainnya. Anda juga bisa datang ke Bukti Tiung untuk sekadar duduk bersantai menikmati rimbunnya hutan buatan di tengah kota ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kerinci Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Jika Anda datang bersama keluarga, ajaklah ke dalam kebun binatang mini. Meskipun jumlah faunanya terbatas, namun kebun binatang mini tetap bisa menjadi objek wisata yang menawarkan ilmu pengetahuan, khususnya untuk sang buah hati mengenai berbagai jenis binatang.

Lokasi: Pasar Bawah, Pasar Atas Bangko, Kec. Bangko, Kab. Merangin.

9. Telaga Biru

Telaga Biru

Image Credit: Wisatameranginblog.wordpress.com

Telaga Biru terletak di sebuah kawasan hutan yang berbatasan dengan Taman Nasional Kerinci Seblat. Untuk mencapai ke lokasi di mana Telaga berada, dibutuhkan usaha yang cukup keras karena lokasi yang terpencil. Jika Anda ke sana dengan berjalan kaki, Anda membutuhkan setidaknya waktu tempu selama 7 jam perjalanan. Namun, akses ke sana sudah mulai dibangun yang hanya diperuntukan untuk kendaraan roda dua.

Keberadaan akses untuk kendaraan roda dua menuju lokasi sangat dapat memangkas waktu tempuh. Perjalanan menjadi 3 jam saja jika menggunakan kendaraan roda dua. Kondisi alam di sekitar Telaga Biru masih sangat terjaga karena tidak banyak wisatawan yang datang. Keindahan dan jernihnya air di Telaga Biru membuat julukan ‘surga tersembunyi’ layak disematkan untuk telaga unik ini.

Lokasi: Tanjung Alam, Kec. Tenang River, Kab. Merangin.

10. Goa Tiangko

Goa Tiangko

Image Credit: Detik.com

Destinasi wisata selanjutnya yang dapat Anda kunjungi di Merangin adalah Goa Tiangko. Goa ini menjadi salah satu lokasi favorit wisatawan lokal. Di dalam goa, terdapat banyak peninggalan prasejarah. Hal ini membuat banyak peneliti yang datang untuk melakukan penelitian di dalam dan di sekitar goa.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok tim peneliti, goa ini menjadi tempat peradaban manusia pertama di Jambi sehingga goa ini menjadi peninggalan prasejarah tertua di Jambi. Selain menikmati wisata alam, Anda juga bisa menikmati wisata sejarah.

Lokasi: Gelanggang, Kec. Manau River, Kab. Merangin.

11. Menara Jam Gento

Menara Jam Gento

Image Credit: TripTrus.com

Menara jam ini terletak di ibukota Kabupaten Merangin, yaitu Bangko. Menara jam ini sangat unik sehingga menjadi ikon kota Bangko. Keberadaan jam ini menambah keindahan pemandangan pusat kota Bangko dari ketinggian. Menara jam ini biasanya menjadi latar ketika wisatawan mengambil foto bersama saat berlibur di Merangin. Anda bisa naik ke atas menara untuk melihat pemandangan kota Bango.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Batanghari Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Pasar Bangko, Kec. Bangko, Kab. Merangin.

12. Air Terjun Dukun Bertuah

Image Credit: Wisatalengkap.com

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 m. Nama air terjun ini memberikan kesan mistis. Memang, penduduk sekitar air terjun Dukun Bertuah ini memiliki berbagai cerita mistis mengenai keberadaan air terjun ini.

Meskipun banyak cerita miskin namun hal tersebut tidak menyurutkan para wisatawan untuk berkunjung dan menikmati rimbunnya hutan serta sejuknya suasana di air terjun.

Lokasi: Rantau Suli, Kec. Sungai Tenang, Kab. Merangin.

13. Air Terjun 7 Bertingkat Bukit Batu

Air Terjun 7 Bertingkat Bukit Batu

Image Credit: Detik.com

Air terjun ini merupakan salah satu air terjun terunik. Bagaimana tidak, air terjun ini memiliki rangkaian batu yang membuatnya terlihat seperti bertingkat 7. Dengan ketinggian 40 meter, air terjun ini memiliki arus air yang tidak terllau deras. Selain itu, air terjun ini memiliki permukaan deras air yang landai, sehingga Anda bisa melakukan seluncur mengikuti arus air.

Lokasi: Jl. Raya Bangko-Kerinci, Bukit Batu, Kec. Sungai Manau, Kab. Merangin.

14. Hesti’s Garden

Image Credit: Wartawisata.id

Taman bunga ini merupakan wisata buatan yang didesain sedemikian rupa sehingga tampak cantik dengan keberadaan berbagai jenis bunga yang ada di dalam taman tersebut. Taman yang berada di Muara Menderas ini menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi pasangan muda untuk menghabiskan waktu bersama.

Jika Anda berkunjung ke taman ini, Anda akan melihat berbagai jenis bunga yang tersusun rapi, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Hesti’s garden menjadi salah satu objek wisata wajib disambangi di Merangin.

Lokasi: Muara Manderas, Kec. Jangkat, Kab. Merangin.

15. Merangin Garden

Merangin Garden

Image Credit: Travelblog.id

Merangin Garden juga merupakan taman bunga yang memiliki koleksi bunga yang lebih lengkap. Hal lainnya yang menjadikan taman bunga ini menarik adalah letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Bangko. Taman ini menawarkan keindahan gugusan bunga dan kembang yang membentuk pola khusus. Kumpulan bunga tersusun rapi dan berwarna-warni membuat Merangin Garden menjadi salah satu objek wisata wajib saat Anda berkunjung ke Merangin.

Jika Anda ingin berkunjung ke Merangin Garden, Anda bisa mencapai lokasi dengan naik kendaraan selama 10 menit. Lokasi yang tidak terlalu jauh membuat Merangin Garden selalu didatangi wisatawan, baik dalam negeri maupun wisatawan mancanegara.

Lokasi: Pematang Kandis, Kec. Bangko, Kab. Merangin.

Itulah 15 tempat wisata favorit di Kabupaten Merangin yang dapat dijadikan referensi untuk liburan Anda selanjutnya di Provinsi Jambi. Semoga bermanfaat!.