Jambi

10 Tempat Wisata di Muaro Jambi Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Ingin Liburan di Jambi? Periksa Pilihan Tempat Wisata Menarik di Muaro Jambi. Destinasi Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Sedang Hits Disambangi Wisatawan.

Muaro Jambi merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jambi yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Batanghari. Daerah ini memiliki beragam objek wisata menarik dari mulai wisata buatan, sejarah, dan tentu saja wisata alam.

Jika memiliki kesempatan mengunjungi Muaro Jambi, berikut 10 rekomendasi tempat wisata yang favorit dikujungi wisatawan untuk berlibur.

1. Wisata Candi Muaro Jambi

Wisata Candi Muaro Jambi

Image Caredit: Yopiefranz.com

Kabupaten Muaro Jambi memang terkenal memiliki kompeks percandian yang menjadi lokasi wisata sejarah favorit. Salah satu yang populer adalah wisata Candi Muaro Jambi yang terletak di desa Muaro Jambi Maro Sebo.

Di sini Anda dapat menemukan candi situr pubakala agama Budha-Hindu yang disebut sebagai candi terluas se Asia Tenggara. Kompleks Candi Muaro Jambi memiliki luas area 3981 hektar dengan candi yang di duga merupakan peninggalan kerajaan Melayu dan Kerajaan Sriwijaya.

Anda tak hanya akan menemukan candi, tapi juga jejak-jejak kehidupan zaman dahulu dari mulai kanal-kanal untuk proses mobilisasi batu candi yang terhubung ke Sungai Batang Hari. Konon candi ini ditinggalkan sebab adanya banjir bandang di abad 12 dan penyaki kolera, hingga akhirnya terkubur selama ratusan tahun.

Lokasi: Muaro Jambi, Kec. Maro Sebo, Kab. Muaro Jambi.

2. Wisata Tugu Keris Siginjai

Wisata Tugu Keris Siginjai

Image Caredit: Jambilink.com

Tugu Keris Siginjai adalah salah satu tempat wisata yang lokasi di bundaran kompleks pemkot Jambi. Tugu ini menjadi salah satu ikon pemkot dengan bentuk Keris Siginjai, senjata tradisional daerah yang dulu digunakan di masa perebutan kemerdekaan.

Saat pagi Anda bisa bersantai dengan menikmati pemandangan dan olahraga di sekitar kawasan Tugu. Saat malam hari pun tak kalah menarik, banyak keramaian yang diadakan dengan pemandangan tugu yang cantik ditambah lampu-lampu berkelip. Setiap Sabtu malam kawasan Tugu mengadakan Car Free nigh dengan banyak atraksi budaya, musik, dan pedagang.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Jambi yang Murah & Enak

Anda juga dapat mempelajari tentang keris siginjai dengan detail yang tecantum di dinding tugu bagian bawah, awal berdirinya kota, perjuangan tokoh-tokoh, dan kesultanan Jambi. Pilihan wisata yang menyenangkan sekaligus mengedukasi.

Lokasi: Paal Lima, Kec. Kota Baru, Kota Jambi.

3. Wisata Sungai Simpur

Wisata Sungai Simpur

Image Caredit: Facebook.com @Taman Wisata Alam Dan-Budaya Sungai Simpur

Sunge Simpur adalah salah satu tempat wisata budaya sekaligus alam yang menarik yang terletak di Desa Baru Kecamatan Muaro Sebo. Anda dapat menikmati pemandangan alam yang cantik dengan spot-spot foto yang instagramable, foto dengan gorila dari ijuk, dan menikmati naik perahu kecil di rawa.

Lokasi: Desa Baru, Kec. Muaro Sebo, Kab., Muarojambi.

4. Wisata Candi Gumpung

Wisata Candi Gumpung

Image Caredit: Gpswisataindonesia.info

Candi Gumpung adalah salah satu candi yang terletak di kawasan cagar budaya Muara Jambi. Berdasarkan data penelitian, candi Gumpung dibangun pada abad 9 sampai abad 10. Hal ini berdasarkan dari temuan keramik China dari Dinasti Sung.

Lokasi: Desa Muaro Jambi, Kec. Maro Sebo, Kab. Muaro Jambi.

5. Danau Tangkas

Danau Tangkas

Image Caredit: Inakoran.com

Danau Tangkas adalah wisata air yang berlokasi di Desa Tanjung Lanjut Muaro Jambi. Tempat wisata ini selain memberikan keindahan danau yang cantik dengan penawaran beberapa permainan air seperti kapal-kapalan, juga menawarkan kesempatan untuk melihat Bunga Liontin Merah.

Bunga Liontin Merah adalah bunga langka yang tumbuh alami di kawasan danau Tangkas. Biasanya berbunga di pergantian musim hujan dan kemarau. Anda dapat mengunjungi lokasi ini untuk menyaksikan bunga yang bermekaran dan berguguran cantik di danau.

Lokasi: Desa Tanjung Lanjut, Kec. Sekernan, Kab. Muaro Jambi.

6. Wisata Lubuk Penyengat

Wisata Lubuk Penyengat

Image Caredit: Tribunnews.com

Lubuk Penyengat terletak sekitar 15 km dari pusat kota, dekat dengan Komplek Candi Muaro Jambi. Destinasi wisata ini termasuk baru, awalnya hanya berupa sungai dan semak liar yang kemudian disulap menjadi sebuah tempat wisata unik yang bisa Anda kunjungi untuk liburan.

BACA JUGA:  12 Oleh-Oleh Khas Jambi yang Paling Populer

Lubuk Penyengat ini menawarkan pemandangan alam dengan spot-spot foto menarik. Arena bermain juga disediakan dengan bahan-bahan dari sabut kelapa membentuk patung-patung dinosaurus dan sponge bob, tokoh kartun populer saat ini.

Anda dapat menikmati suasana asri, pemukiman dan rumah adat melayu yang masih khas dan terjaga, serta melihat langsung budaya warga daerah. Jika Anda berkunjung saat musim durian, Anda juga dapat menikmati langsung di lokasi ini durian Muaro Jambi yang nikmat.

Lokasi: Baru, Kec. Maro Sebo, Kab. Muaro Jambi.

7. Pondok Durian Mestong

Pondok Durian Mestong

Image Caredit: Jektv.co.id

Di Pondok Durian Mestong, berlokasi di daerah Mestong Anda dapat menikmati keseruan Ngadang Durian atau mencari durian di malam hari. Kegiatan ini merupakan tradisi warga yang terus dilakukan dari malam hari hingga subuh. Berbekal senter dan api unggun, warga dan pengunjung menunggu durian jatuh untuk dinikmati. Bagi pencinta buah durian pasti tahu bagaimana nikmatnya buah durian segar yang matang di pohon dan jatuh.

Anda dapat mengunjungi lokasi ini pada hari libur dan tentu saja saat musim durian. Lalu rasakan sendiri nikmatnya makan durian langsung matang dari pohon bersama hangatnya kopi atau teh sambil begadang bersama warga.

Lokasi: Desa Suka Maju, Kec. Mestong, Kab. Muaro Jambi.

8. Gelam Oasis

Gelam Oasis

Image Caredit: Tribunnews.com

Gelam oasis merupakan tempat wisata yang cocok untuk rekreasi keluarga. Berada di Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, Anda akan menemukan banyak sekali wahana permainan menarik di sini. Dari mulai flying fox, wisata dan permaianan air, hingga kolam renang.

Salah satu keunggulan yang dimiliki Gelam Oasis adalah lingkungan dan pemandangan yang asri. Dengan luas area sekitar 5 hektar, Anda dapat menemui banyak pilihan wisata air dengan keasrian alami yang membuat nyaman dan makin menikmati liburan bersama keluarga.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Sungai Penuh Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Untuk tiket masuk ke Galam Oasis, Anda perlu merogoh kantong untuk tiket sekitar Rp. 25.000 – Rp. 30.000 per orang. Untuk wahana permainan mulai dari Rp. 10.000.

Lokasi: Sungai Gelam, Kec. Sungai Gelam, Kab. Muaro Jambi.

9. Wisata Alam Sebapo

Wisata Alam Sebapo

Image Caredit: Puan.co

Anda dapat menikmati sisi lain dan menarik dari Muaro Jambi dengan mengunjungi Alam Sebapo. Tempat wisata ini menghadirkan nuansa alam yang mengusung tema We Learn, We Share, sebuah tempat yang sangat cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga.

Wisata Alam Sebapo menawarkan pemandangan alam yang cantik dengan beberapa pilihan objek wahana yang bisa digunakan pengunjung, yaitu seluncuran air, area jembatan tali seutas, gazebo, dan permainan halang rintang. Selain itu tersedia pula fasilitas penginapan di rumah pohon yang bisa disewa selama beberapa jam atau semalaman. Alamat wisata Alam Sebapo ada di Jalan Lintas Jambi Palembang Lorong Panjang Kecamatan Mestong Muaro Jambi.

Lokasi: Dusun Kenangan, Kec. Mestong, Kab. Muarojambi.

10. Wisata Jambi Paradise

Wisata Jambi Paradise

Image Caredit: Detik.com

Destinasi ini adalah salah satu tempat menyenangkan dan kekinian sebagai pilihan wisata di Muaro Jambi. Anda dapat menemukan bermacam permainan dengan pemandangan keindahan alam yang cantik layaknya namanya seperti surga di Jambi. Anda dapat bermain zona labirin, memberi makan ikan, bermain flying fox, bermain perahu di sini.

Wisata Jambi Paradise berlokasi di Sungai Gelam Kota Jambi, tepatnya di simpang Acai. Anda hanya perlu membayarkan tiket sekitar Rp. 30.000 untuk dapat masuk di lokasi ini. Untuk berkeliling menikmati keindahan alamnya, tersedia sepeda untuk digunakan. Terdapat danau buatan dengan bangkai kapal pesiar mini, lorong cantik dengan hiasan tanaman dan suara kicau burung indah, saung di pinggir danau, ,salah satu lokasi wisata yang wajib di kunjungi!

Lokasi: Simpang Acai, Kebon. IX, Kec. Sungai Gelam, Kab. Muaro Jambi.

Itulah 10 tempat wisata di Kabupaten Muaro Jambi yang menarik dan dapat dijadikan tujuan liburan Anda selanjutnya. Selamat Berlibur!