Bengkulu

15 Tempat Wisata di Mukomuko Terbaru & Terhits Dikunjungi

Periksa Rekomendasi Tempat Wisata Terindah dan Populer di Mukomuko, Bengkulu. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Mukomuko adalah salah satu kabupaten yang ada di wilayah Bengkulu dan salah satu dari pemekaran Bengkulu Utara. Sebagai kota yang belum lama ada, bentuk administratifnya sudah cukup lengkap, dan kuat. Tidak heran jika perkembangan teknologi dan budaya membuat kota ini tetap ada.

Banyak orang yang suka datang ke Mukomuko karena memiliki pesona alam yang luar biasa. Tempat yang memiliki destinasi wisata yang menarik dan memukau. Anda pasti akan dibuat kagum jika berkunjung ke daerah ini. Penasaran? Berikut ulasan 15 tempat wisata di Kabupaten Mukomuko yang bisa Anda kunjungi saat liburan.

1. Benteng Anna

Benteng Anna

Image Credit: Correcto.id

Sebuah saksi bisu yang menjadi adanya perang di Indonesia. Benteng ini dibangun pada masa Kolonial Belanda, tepatnya di tahun 1798. Sesuai dengan usianya, sudah banyak beberapa kerusakan yang cukup fatal. Setidaknya beberapa meriam kecil yang dulu digunakan masih ada utuh di beberapa titik lokasi.

Ada yang menduga dulunya benteng ini berbentuk limas dengan banyak lorong di dalamnya. Karena sekarang tinggal puing-puing saja dan bagian tengah hanya berupa tanah maka hal tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya. Yang jelas, pemandangan di tempat ini sangat indah karena dekat dengan laut dan Sungai Selagan.

Lokasi: Koto Jaya, Kec. Kota Mukomuko, Kab. Mukomuko.

2. Pantai Batung Badoro

Pantai Batung Badoro

Image Credit: Amristj.blogspot.com

Nama pantai ini disesuaikan dengan keindahan dan pesona yang ada di sekitar pantai. Kata batung diartikan kerikil kecil, sedangkan kata badoro memiliki arti deburan ombak yang indah. Memang di sekitar bibir pantai terdapat beberapa batu kerikil yang memiliki warna cukup menawan. Beragam kerikil tersebut memiliki makna dan arti tersendiri bagi pecintanya. Ada yang warna orange, warna merah dan hijau.

Entah dari mana kerikil tersebut mulanya ada. Yang jelas, para pengunjung yang datang sering sekali mengambil beberapa batu, namun tidak pernah habis. Penarasan? Silakan saja datang ke pantai ini, letaknya hanya 10 Km saja dari arah pusat kota.

Lokasi: Koto Jaya, Kec. Kota Mukomuko, Kab. Mukomuko.

3. Pantai Batu Kumbang

Pantai Batu Kumbang

Image Credit: Ariecsrc002.blogspot.com

Disebut sebagai batu kumbang karena dulunya, di pantai ini ada 3 batu besar yang bentuknya mirip sekali dengan tungku. Konon, batu tungku tersebut sering didatangi kumbang pada malam hari, guna singgah sebentar. Sekarang, batu tersebut sudah hampir hilang akibat adanya abrasi. Bagi yang datang mungkin masih bisa melihat sedikit dengan ukuran agak kecil di tengah laut.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Seluma Terbaru & Terhits Dikunjungi

Hal unik lainnya dari pantai ini ialah banyaknya penyu yang bertelur di sekitar pantai. Jika Anda beruntung maka bisa bertemu dengan penyu saat mereka sudah menetas dan berjalan menuju arah laut. Sangat indah dan memukau.

Lokasi: Pulau Baru, Kec. Ipuh, Kab. Mukomuko.

4. Pantai Air Punggur

Pantai Air Punggur

Image Credit: Ariecsrc002.blogspot.com

Hal unik dari pantai ini ialah, bibir pantai yang dekat sekali dengan air laut. Di sekitar pantai terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai. Kemudian ada beberapa tameng berundak agar air laut tidak naik ke permukaan. Bagi sebagian orang, pantai ini sangat cocok untuk bersantai karena banyak tempat duduk yang bisa digunakan untuk makan atau ngobrol santai bersama orang tersayang.

Destinasi wisata ini terletak di Desa Air Dikit. Meski namanya air dikit namun air bersih yang ada di pantai tetap banyak dan melimpah. Datang ke pantai ini akan mengajak imajinasi Anda untuk berdiskusi dengan alam. Betapa pesona alam ini sangat luar biasa.

Lokasi: Koto Jaya, Kec. Kota Mukomuko, Kab. Mukomuko

5. Pantai Abrasi Mukomuko

Pantai Abrasi Mukomuko

Image Credit: Flickr.com

Mungkin awalnya dibangun sebuah tameng berundak guna mencegah adanya abrasi di sekitar bibir pantai. Namun siapa sangka bahwa usaha tersebut membuahkan hasil yang ajabi. Banyak pengunjung yang suka datang ke pantai ini karena memiliki pesona indah dan memukau.

Pemandangannya tidak jauh berbeda dengan Pantai Air Punggur, hanya saja tidak begitu banyak gazebo. Meski demikian, pantai ini tetap nyaman untuk duduk santai sambil menikmati ombak dan sejuknya angin. Kini di sekitar pantai tidak banyak jalan yang rusak namun juga bisa menjadi destinasi wisata tambahan yang sempurna.

Lokasi: Jl. Lintas Barat Sumatera, Koto Jaya, Kec. Kota Mukomuko, Kab. Mukomuko.

6. Muara Lima Sungai

Image Credit: Ariecsrc002.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, muara ini memang merupakan pertemuan lima sungai yang berbeda. Tidak heran jika ikan yang ada di muara ini cukup banyak. Cocok bagi Anda yang suka memancing karena ukurannya juga cukup sesuai dengan ikan air payau lainnya. Letaknya yang dekat dengan laut tentu udara dan iklimnya juga sama, panas.

Meski demikian, Anda akan betah karena banyak tiupan angin kencang layaknya di pantai. Ditambah dengan adanya pohon cemara di sekitar sungai dan beberapa pohon hijau lainnya. Bagi Anda yang tidak suka panas tentu akan kepayahan berada di muara lima sungai ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bengkulu Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Kota Jaya, Desa Pasar Sebelah, Kec. Kota Mukomuko, Kab. Mukomuko.

7. Muara Mukomuko

Muara Mukomuko

Image Credit: Putramanjunto.blogspot.com

Wisata berikut ini hampir sama dengan muara lima sungai, hanya saja luas dan areanya berbeda. Tempat ini merupakan spot terbaik untuk menghabiskan senja bersama orang tercinta. Pasalnya, banyak spot menarik yang cocok untuk selfie atau duduk santai sambil menikmati matahari terbenam. Beragam pesona lain tentunya berkaitan dengan air dan ikan. Jika Anda suka memancing maka tempat ini juga cocok dijadikan spot menarik.

Lokasi: Pasar Ipuh, Kec. Mukomuko Selatan, Kab. Mukomuko.

8. Bendungan Air Manjunto

Bendungan Air Manjunto

Image Credit: Nikmatiwisata.blogspot.com

Usia bendungan ini sudah cukup lama yakni sekitar 32 tahun. Sejak dibangun pada tahun 1989 bendungan ini memiliki arti penting untuk pertanian dan perkebunan di daerah Mokomoko. Wilayah ini memang cukup subur dan damai. Tidak heran jika tiap tahun jumlah penduduk selalu bertambah secara signifikan.

Hasil bumi yang ada di daerah ini tetap dapat memenuhi kebutuhan pangan. Jelas, bendungan ini memiliki makna yang dalam bagi mereka yang berprofesi sebagai petani, terutama untuk kesejahteraan penduduknya.

Lokasi: Desa Lalang Luas, Kec. V Koto, Kab. Mukomuko.

9. Bendungan Sungai Selagan

Bendungan Sungai Selagan

Image Credit: Sda.pu.go.id

Sesuai dengan namanya, bendungan ini memang berada di aliran Sungai Selagan. Pesona yang ada di bendungan ini tidak dapat diremehkan begitu saja. Banyak pemandangan hijau nan sejuk yang bisa Anda abadikan dalam rekam digital. Tidak hanya itu saja, pada sore hari biasanya ada beberapa pedagang yang menjajakan makanan ringan di sekitar bendungan. Namun hal itu jika Anda beruntung saja. Destinasi wisata ini terletak sekitar 2 Km dari Desa Lubuk Bangko.

Lokasi: Jl. R.A. Kartini No.8, Pondok Batu, Kec. Kota Mukomuko, Kab. Mukomuko.

10. Sungai Air Berau

Sungai Air Berau

Image Credit: Tempatwisata.pro

Lebar sungai ini cukup mengesankan, yakni sekitar 10-15 meter. Dengan lebar yang demikian hebat tidak heran jika debit air yang ada di sungai ini cukup banyak. Belum lagi beragam aktivitas yang ada di sekitar sungai. Sungai ini dekat dengan hutan yang di dalamnya ada air terjun.

Destinasi wisata ini terletak sekitar 30 Km dari arah pusat kota. Cukup jauh jika hanya menggunakan kendaraan umum karena Anda akan berjalan kaki dengan jarak yang sangat panjang. Akan lebih baik jika Anda datang dengan kendaraan pribadi saja.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kaur Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Desa Air Berau, Kec. Pondok Suguh, Kab. Mukomuko.

11. Sungai Desa Tunggang

Sungai Desa Tunggang

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Berikut ini adalah sebuah sungai yang sudah dikelola dengan cukup baik. Mengapa disebut dengan cukup baik? Karena di sekitar sungai sudah ditata batu dan semen sehingga pengunjung yang datang tidak usah khawatir jika berada di pinggis sungai.

Selain itu, di tengah sungai juga ada tumbuhan hijau berupa tanaman air. Sangat sejuk dan asri, belum lagi beragam ikan yang ada di dalam sungai. Beberapa pengunjung biasanya memancing di sepanjang sungai.

Lokasi: Tunggang, Kec. Pondok Suguh, Kab. Mukomuko.

12. Danau Nibung

Danau Nibung

Pesona danau ini cukup unik dan luar biasa. Fasilitas yang ada di sekitar danau juga cukup lengkap. Ada toilet, mushola dan wahana air berupa kapal dan bebek air. Jika beruntung maka Anda akan mendapat ikan yang besar saat memancing. Danau ini juga memiliki air jernih yang agak kebiruan. Warna biru tersebut berasal dari pantulan cahaya dari langit.

Lokasi: Bandar Ratu, Kec. Kota Mukomuko, Kab. Mukomuko.

13. Danau Lebar

Image Credit: Infopublik.id

Meski namanya danau lebar namun danau ini memiliki lebar yang hampir sama dengan danau lainnya. Hanya saja, tempatnya yang masih perawan memang mengesankan luas yang sangat lebar. Banyak tumbuhan hijau yang ada di sekitar danau sehingga para pengunjung tidak akan merasa kepanasan jika berada di dekat danau.

Lokasi: Setia Budi, Kec. Teras Terunjam, Kab. Mukomuko.

14. Danau Bai

Danau Bai

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Pengelolaan danau bai ini jauh lebih modern sehingga wajar jika danau ini cukup populer bagi para pecinta wisata. Beragam wahana tersebut antara lain kapal, sepeda bebek dan beragam kuliner. Sesuai dengan populernya tempat ini maka banyak juga rumah makan lezat yang ada di sekitar wisata. Anda bisa memilih mulai dari makan ringan hingga makan berat. Lengkap seperti ikan bakar, bakso, atau soto.

Lokasi: Desa Talang Arah, Kec. Malin Deman, Kab. Mukomuko.

15. Lubuk Mehang

Lubuk Mehang

Image Credit: Bengkulu.antaranews.com

Destinasi yang satu ini memang hanya berupa sungai saja. Namun bebatuan yang ada di sekitar lubuk sangat indah dan memukau. Banyak batu tinggi dengan aliran air yang bagus, mirip dengan air terjun mini. Jika Anda berendam atau berenang di sini tentu akan sangat menyenangkan. Kedalaman lubuk ini diperkirakan hanya 0,5-1 meter saja.

Lokasi: Bumi Mulya, Kec. Lubuk Pinang, Kab. Mukomuko.

Itulah 15 tempat wisata di Mukomuko yang favorit dikunjungi wisatawan ketika musim liburan. Meski baru terbentuk, Kabupaten Mukomuko tetap menawarkan keindahan alam yang dapat memanjakan mata. Semoga bermanfaat!