Sumatra Selatan

10 Tempat Wisata di Musi Banyuasin Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Destinasi Wisata Alam Bahari Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Musi Banyuasin.

Kabupaten Musi Banyuasin tak hanya terkenal karena kaya akan sumber daya alamnya seperti minyak bumi, gas bumi, batubara dan mineral tapi juga dikenal karena memiliki banyak objek atau tempat wisata yang wajib untuk Anda kunjungi. Bahkan, di Banyuasin, masih ada beberapa tempat wisata yang belum dikelola dengan baik sehingga belum banyak dikunjungi oleh orang-orang.

Diantara banyaknya destinasi menarik di kabupaten ini, berikut ada 10 tempat wisata di Musi Banyuasin yang mempesona dan patut Anda kunjungi saat liburan.

1. Danau Air Batu

Danau Air Batu

Image Credit: Wisatazainal.wordpress.com

Danau Air Batu merupakan tempat wisata di Musi Banyuasin tepatnya di Desa Air Batu. Sebenarnya, danau ini hanyalah tanah hasil dari galian tambang yang kemudian digenangi air. Karena keindangannya yang mempesona, danau ini masuk kedalam 7 danau paling indah di Indonesia yang tentunya tidak pernah sepi pengunjung. Tanah bekas tambang ini yang dulunya terbengkalai dimanfaatkan masyarakat untuk menjadi tempat wisata dengan tariff hanya 5 ribu rupiah saja.

Danau air batu memiliki penampakan yang mempesona karena adanya perpaduan air yang jernih dengan warna biru dengan tanah serta bebatuan di sekeliling danau yang merupakan bekas dari kerukan alat berat dan membentuk relief yang menakjubkan. Banyak orang yang datang ke tempat ini untuk foto pre-wedding.

Lokasi: Air Batu, Kec. Talang Kelapa, Kab. Banyuasin.

2. Taman Permata

Taman Permata

Image Credit: Wisato.id

Taman Permata letaknya di Jalan Kolonel Wahid Udin, Sekayu. Taman ini memiliki area yang luas yakni 1 hektar yang dibangun Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dan diberikan fasilitas rekreasi yang murah untuk masyarakat di sekitarnya. Jadi tak heran jika taman satu ini selalu ramai pengunjung, baik itu anak-anak remaja ataupun yang datang yang datang membawa keluarga.

Buat Anda yang suka selfie, pastinya akan sangat terpuaskan pergi ke taman ini karena ada banyak sekali spot cantik yang instagramable. Anda bisa berfoto dengan latar belakang tokoh transformer, patung Optimus Prime, Kincir Angin, Tugu Monas, Libertu, Menara Eiffel, Piramid dan masih banyak lagi spot menarik lain yang cocok untuk jadi latar belakang saat Anda berfoto nanti.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Palembang yang Paling Hits

Lokasi: Jl. Kol. Wahid Udin No. 16, Serasan Jaya, Sekayu, Kab. Musi Banyuasin.

3. Hutan Mangrove Lalan

Hutan Mangrove Lalan

Image Credit: Wisato.id

Di Kabupaten Musi Banyuasin, ada yang namanya Hutan Mangrove Lalan yang merupakan Hutan Mangrove terbesar di Bagian Barat Indonesia. Lokasinya terletak di Kecamatan Lalan yang menjadi bagian dari Taman Nasional Sembilang. Ada banyak fauna yang menempati kawasan hutan Mangrove terutama berbagai jenis burung pun hidup didalamnya.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan jika ingin berwisata ke tempat ini misalnya memancing atau juga menyusuri hutan menggunakan perahu motor. Buat Anda yang ingin berfoto ria pun bisa karena pepohonan yang ada di hutan ini sangat menarik utuk jadi background foto Anda.

Lokasi: Desa Karangsari, Kec. Lalan, Kab. Musi Banyuasin.

4. Pantai Bongen

Pantai Bongen

Image Credit: Extranews.id

Pantai Bongen bukanlah diartikan sebagai tempat di pinggir laut tapi sebutan untuk Sungai Musi pada saat musim kemarau. Sebutan ini diberikan oleh masyarakat yang ada di Sungai Musi karena melihat sungainya yang mengering dan muncul hamparan pasir di permukaan dikelilingi aliran airnya yang kecil. Saat air Sungai Musi surut, banyak masyarakat di sekitar memanfaatkannya untuk Bongen atau mandi Pasir. Mandi Pasir disini bukan mandi menggunakan pasir teapi mandi di sekitar aliran Sungai Musi yang surut.

Fenomena ini hanya berlangsung setahun sekali saja dan dimanfaatkan oleh remaja dan orang dewasa untuk beraktifitas di hamparan Sungai Musi seperti main bola atau bisa juga swa foto karena memang pemandangannya akan lebih indah disbanding hari biasa.

Lokasi: Sekayu, Kab. Musi Banyuasin.

5. Cha-Cha Water Fun

Cha-Cha Water Fun

Image Credit: Facebook.com (Wahana Air Chacha Waterfun Sekayu)

Cha-Cha Water Fun menjadi pelengkap objek wisata yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin. Dibuka pada bulan Desember 2016, pemandian buatan ini langsung banyak didatangi oleh orang-orang baik itu penduduk lokal maupun wisatawan dari luar daerah. Letaknya di Jl. Kolonel Wahid Udin, Kota Sekayu satu ini punya banyak jenis kolam, dimulai dari kolam untuk bayi, kolam anak, ada juga kolam dewasa, kolam arus serta water boom.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Lahat yang Murah & Enak

Buat Anda yang ingin menikmati air kolam yang segar hanya dikenakan tarif 20 ribu rupiah saja di hari biasa dan 30 ribu rupiah di hari Sabtu-Minggu.Tidak hanya kolam, disini juga ada tempat parkir, kamar mandi sampai kantin yang menawarkan berbagai jenis minuman dan makanan yang enak dan lezat.

Lokasi: Jl. Kol. Wahid Udin, Soak Baru, Sekayu, Kab. Musi Banyuasin.

6. Danau Konger

Danau Konger

Image Credit: Klikampera.com

Nama Danau Konger merupakan nama dari pengusaha asal Amerika Serikat yang sangat berjasa dalam pembangunan jalan dan pengeboran minyak. Danau ini memiliki area yang sangat luas yakni 10 hektar. Banyak orang yang berkunjung ke tempat ini untuk melihat airnya yang jernih dan berwarna kebiru-biruan.

Lokasinya sendiri terletak di Desa Sungai 2 atau di Kecamatan Sungai Keruh. Jadi, jika Anda datangnya dari Sekayu, Anda harus menempuh 45 km lewat perjalanan darat. Tapi tenang, perjalanan Anda akan terbayarkan saat tiba di lokasi karena memang keindahan yang ada di danau ini akan membuat tubuh yang lelah akan hilang seketika.

Lokasi: Desa Sungai Dua, Kec. Sungai Keruh, Kab. Musi Banyuasin.

7. Taman Pertanian Sekayu

Taman Pertanian Sekayu

Image Credit: Facebook.com @TamanPertanianNegeriTerengganu

Taman Pertanian Sekayu memiliki konsep agrowisata. Dengan area seluas 93 hektar dan dibagi ke dalam 4 area yakni Taman Buah-Buahan atau Taman Eksotika, Taman Orkid yang didalamnya terdapat tanaman bunga lain di Indonesia, Taman Rekreasi dan juga Taman untuk Permainan Anak-Anak.

Karena konsepnya sendiri agrowisata, Anda bisa kesini tak hanya untuk menikmati pemandangannya tapi juga bisa memetik buah langsung dari pohon untuk kemudian dimakan langsung atau bisa juga dibawa pulang. Untuk Anda yang ingin bawa pulang buah-buahan yang sudah dipetik, Anda harus bayar sejumlah uang terlebih dahulu tentunya.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Palembang yang Paling Enak

Lokasi: Jl. Praja Mukti, Serasan Jaya, Sekayu, Kab. Musi Banyuasin.

8. Sekayu Waterfront dan Taman Kirab

Sekayu Waterfront

Image Credit: Twitter.com @pesonasriwijaya

Tempat wisata satu ini bisa dibilang murah karena dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin untuk warga sekitarnya. Letak kedua tempat ini bersebelahan yang dihubungkan jembatan yang melengkung ditengahnya. Kedua taman ini terletak di jantungnya kota Sekayu. Anda bisa mengunjungi tempat ini kapanpun yang Anda mau karena gratis.

Konsep tempat ini sendiri sangat modern dan estetis jadi siapapun akan betah berkunjung ke taman ini. Terlebih lagi fasilitas seperti bangku taman, area bermain dan juga jogging track yang semakin membuat para pengunjung ingin berlama-lama di taman ini.

Lokasi: Serasan Jaya, Sekayu, Kab. Musi Banyuasin.

9. Suku Kubu Kandang

Suku Kubu Kandang

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Tak hanya wisata alam dan buatan, di Kabupaten Musi Banyuasin juga terdapat wisata budaya yang menarik yakni Suku Kubu Kandang. Suku ini ada di beberapa tempat seperti Teluk Beringin, Desa Muara Bahar yang sudah menggunakan pakaian modern.

Di perkampungan ini bisa Anda kunjungi dengan menyewa speedboat untuk menyusuri sungai dan melewati hutan. Meskipun Suku Kubu Kandang masih mempertahankan pola hidup nenek moyangnya, namun mereka sudah terbuka dan sangat menyambut kehadiran wisatawan ke daerah mereka.

Lokasi: Desa Muara Bahar, Kec. Bayung Lencir, Kab. Musi Banyuasin.

10. Sungai Musi

Sungai Musi

Image Credit: Srivijaya.id

Berwisata ke Sungai Musi memang jadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. Cukup dengan menggunakan perahu yang disewakan di pesisir sungai dan bayar uang sewa yang sangat murah, Anda bisa berkeliling di sepanjang Sungai Musi ini. Buat Anda yang suka memancing, tempat ini bisa jadi kesempatan yang sangat menarik karena banyak tempat di Sungai Musi yang banyak dijadikan tempat pemancingan.

Panorama di sekitar sungai pun juga menarik jadi Anda bisa menikmatinya sambil menyusuri sungai dengan menggunakan perahu tradisional.

Lokasi: Muara Sungsang, Kab. Banyuasin.