Sumatra Selatan

10 Tempat Wisata di Musi Rawas Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Apa Saja Destinasi Menarik di Musi Rawas? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Kota Musi Rawas Utara adalah salah satu kota dari hasil pemekaran Musi Rawas sejak tahun 2013. Meski sebuah kota yang masih tahap perkembangan namun banyak hal positif yang sudah dilakukan oleh pemerintah kota terutama pada sektor pariwisata.

Berikut ini ada 10 tempat wisata di Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan yang sedang hits, cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga atau sahabat dekat ketika liburan.

1. Batu Ampar

Batu Ampar

Image Credit: Selamatpermono.blogspot.com

Daya tarik utama dari destinasi wisata yang satu ini memang sebuah batu yang besar. Meski hanya sebuah batu, namun panorama di sekitar batu ini cukup menarik. Terutama air sungai yang jernih dan dingin. Cocok bagi Anda yang suka mendengar suara gemericik air. Tentu menjadi sebuah alunan yang indah dan menenangkan.

Ditambah dengan rimbunnya pohon yang ada di sekitar sungai, tentu akan lebih memanjakan mata dan hidung Anda. Udaranya sejuk dan segar, penuh dengan semilir yang lembut meski tidak sekencang ketika berada di pantai. Wisata ini terletak di Desa Kuto Tanjung, Kecamatan Ulu Waras.

Lokasi: Desa Kuto Tanjung, Kec. Ulu Rawas, Kab. Musi Rawas Utara.

2. Danau Doson Lamo

Danau Doson Lamo

Image Credit: Pertanianmuratara.wordpress.com

Sebuah danau dengan hamparan air yang hijau kebiruan. Warna hijau bukan berasal dari lumut namun dari hijaunya daun yang ada di sekitar danau, sangat sejuk dan asri. Tempat ini nyaman dan cocok bagi Anda yang gemar memancing karena banyak ikan. Meski ukurannya tidak sebesar ikan yang ada di laut, namun ikan di sini juga cukup enak dan lezat jika sudah dimasak.

Lokasinya yang dekat dengan kota, yakni hanya 30 menit saja dari pusat kota memang cukup menjadi incaran banyak orang yang ingin merasakan kesejukan. Wisata ini terletak di Desa Bingin Rupit, Kecamatan Rupit.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Banyuasin Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Desa Bingin Rupit, Kec. Rupit, Kab. Musi Rawas Utara.

3. Danau Rayo

Danau Rayo

Image Credit: Linggauklik.com

Kondisi danau ini lebih besar dan lebih modern. Tidak heran jika fasilita yang diberikan juga lebih banyak dibanding Danau Doson Lamo. Beragam fasilitas tersebut antara lain toilet, dan kapal rakit. Bagi Anda yang ingin menyewa alat pancing belum bisa karena belum tersedia, jadi harus membawa alat sendiri.

Luas danau ini sekitar 100 hektar, bisa untuk menghidupi penduduk lokal yang mengandalkan hasil bumi sebagai salah satu matapencaharian. Lokasinya yang cukup dengan kota yakni 5 Km saja dari pusat kota. Mudah untuk mencapai tempat ini, bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Fasilitas parkir tersedia cukup luas dan aman.

Lokasi: Karang Anyar, Kec. Rupit, Kab. Musi Rawas Utara.

4. Air Terjun Curug Sembilan

Air Terjun Curug Sembilan

Image Credit: Wisatasia.com

Sesuai dengan namanya, air terjun ini memang memiliki tingkatan atau lapis 9 titik. Tentu saja dapat dibayangkan bahwa panorama air terjun ini sangat indah dan memesona. Tidak hanya gemericik airnya saja yang menggoda, namun pemandangan hijau dari hutan juga menjadi salah satu pengalaman tersendiri yang menarik.

Trek untuk sampai ke lokasi juga cukup menantang karena Anda harus melewati hutan sekitar 6 jam perjalanan. Belum ada akses berupa jalan setapak yang memudahkan sehingga Anda butuh pemandu jika ingin datang ke air terjun ini.

Lokasi: Tanah Hitam, Padang Jaya, Marga Sakti, Padang Jaya, Kab. Bengkulu Utara.

5. Air Terjun Ulu Tiku

Air Terjun Ulu Tiku

Image Credit: Pertanianmuratara.wordpress.com

Berikutnya ada sebuah air terjun dengan ketinggian hanya sekitar 3-4 meter saja. Meski tidak terlalu tinggi, namun panorama yang ada di air terjun ini cukup memukau. Jika dibanding air terjun curup sembilan memang jauh sekali panoramanya. Meski tidak seindah itu, namun akses ke air terjun ini cukup mudah. Sesuai dengan view yang dihadirkan, ramah dan sejuk.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Prabumulih yang Populer

Anda dapat mengunjungi air terjun ini hanya dalam waktu 30 menit saja karena cukup dekat dengan kota. Sayangnya, air terjun ini belum dikelola dengan baik sehingga meski dekat dengan kota namun belum banyak pengunjung yang datang. Fasilitas umum seperti toilet dan tempat parkir juga belum tersedia dengan baik. Semua masih ala kadarnya.

Lokasi: Desa Muara Tiku, Kec. Karang Jaya, Kab. Musi Rawas Utara.

6. Air Terjun Sosokan

Air Terjun Sosokan

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Sebuah air terjun yang masih sangat asri dan perawan. Dikelilingi pohon hijau yang sejuk dan rindang. Panorama yang ada di sekitar air terjun tidak usah Anda sanksikan lagi karena sudah pasti sangat cantik dan menarik. Belum lagi adanya batu besar yang seolah mengapit air terjun apabila dilihat dari sudut berbeda.

Meski belum banyak orang yang tahu namun beberapa pengunjung sudah mengabadikan lokasi dengan jepretan khas yang instagramable sekali. Cocok bagi Anda yang suka eksis karena viewnya sangat pas sebagai latar untuk foto di status instagram. Terlebih jika Anda memberi bumbu caption yang menarik tentu akan banyak orang like foto tersebut.

Lokasi: Desa Sosokan, Kec. Ulu Rawas, Kab. Musi Rawas Utara.

7. DAM Bukit Ulu

DAM Bukit Ulu

Image Credit: Instagram.com @kekenseptada

Dulunya, tempat ini dijadikan irigasi untuk area persawahan di sekitar Bukit Ulu. Namun sejak tahun 1998 DAM ini beralih fungsi menjadi tempat rekreasi karena salurannya sudah rusak. Banyak remaja yang memanfaatkan bendungan ini untuk duduk santai sambil ngobrol.

Meski pemandangan cukup cantik dan indah namun di sekitar lokasi belum ada wisata kuliner sehingga Anda perlu membawa bekal sendiri agar acara liburan bisa lebih menyenangkan. Ada beberapa kapal dayung yang bisa Anda sewa bersama teman atau keluarga. Sangat indah dan romantis.

Lokasi: Kec. Karang Jaya, Kab. Musi Rawas Utara.

8. Jerambah Lamo

Jerambah Lamo

Image Credit: Situsbudaya.id

Arti kata jerambah adalah jembatan, sedangkan lamo adalah lama. Jembatan ini memang memiliki makna sejarah yang sangat panjang. Dahulu, jembatan ini dibuat pada tahun 1920-1930 dengan tujuan menghambat pasukan Jepang yang sedang menyerang. Jembatan ini masih dirawat dengan baik oleh penduduk lokal meski sudah mengalami kerusakan pada beberapa tempat.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Semula jembatan ini ada 6 lengkungan, namun karena perang, ada salah satu lengkungan jembatan rusak. Kini 5 lengkungan tersebut dicat dengan warna berbeda agar nampak lebih indah dan menarik. Dengan adanya cat warna-warni menjadikan jembatan ini objek wisata murah yang banyak digemari penduduk lokal.

Lokasi: Kel. Muara Rupit, Kec. Rupit, Kab. Musi Rawas Utara.

9. Candi Lesung Batu

Candi Lesung Batu

Image Credit: Situsbudaya.id

Sesuai dengan namanya, pada bagian tengah candi ini memang ada lesung atau lengkungan kecil. Ukuran candi ini cukup kecil dengan panjang sekitar 10×10 meter. Jika Anda berkunjung di sini maka akan menemukan situs sejarah yang kurang lengkap ini. Konon candi ini dibangun pada tahun 13-14 Masehi masa Kerajaan Sriwijaya.

Dahulu memang kerajaan ini cukup jaya pada masanya, plus dengan keyakinan hindu budha yang sangat kuat. Keterangan tersebut diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh para arkeolog pada tahun 1990-1992 karena memang tidak ada prasasti tertulis yang ada di sekitar candi.

Lokasi: Desa Lesung Batu, Kec. Rawas Ulu, Kab. Musi Rawas Utara.

10. Arung Jeram Sungai Musi

Arung Jeram Sungai Musi

Image Credit: Samudra.news

Debit air yang ada di Sungai Musi memang cukup banyak dan melimpah meski pada musim kemarau sekalipun. Arusnya yang deras dan kuat sering dimanfaatkan untuk melakukan arung jeram bagi para wisatawan yang datang.

Sungai ini memang cocok untuk aktivitas arung jeram semacam ini. Selain sungainya yang menarik, panorama yuang ada di sekitar sungai juga cukup menawan. Anda tidak akan pernah menyesal melakukan kegiatan di tempat yang alami ini.

Lokasi: Sungai Musi, Kab. Musi Rawas Utara.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Musi Rawas Utara yang sedang hits dikunjungi wisatawan. Ciptakan liburan menarik dan lebih berkesan dengan mengunjungi daerah ini bersama keluarga dan sahabat.