Sumatra Utara

15 Tempat Wisata di Nias Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Tempat Wisata Terbaik di Nias, Sumatera Utara. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan Saat Liburan atau pun Akhir Pekan.

Musim Liburan adalah salah satu hal yang paling ditunggu- tunggu, akan selalu ada agenda untuk mengisi waktu- waktu menyenangkan tersebut. Bagi Anda yang masih bingung untuk mencari tempat wisata yang keren dan asyik sepertinya Anda patut untuk mencoba liburan ke luar kota. Liburan ke luar kota akan menjadi satu pengalaman yang menyenangkan dan akan menjadi ingatan yang susah untuk di lupakan. Hitung-hitung Anda buat moment dalam hidup anda.

Nah, kali ini coba pilih destinasi wisata yag ada di salah satu pulau Indonesia, yaitu Nias. Nias merupakan kepulauan yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera, secara administratif berada dalam wilayah provinsi Sumatra Utara.

Daerah ini menyimpan beragam keindahan alam yang dapat memanjakan mata Anda saat berkunjung. Untuk itu berikut 15 rekomendasi tempat wisata di Nias yang paling favorit dikunjungi wisatawan.

1. Pulau Asu

Pulau Asu

Image Credit: Metrorakyat.com

Jangan salah fokus ya dengan penyebutan nama pulau ini. Asu diambil dari kependekan kalimat asuh yang bermakna terakhir dalam bahasa Nias. Untuk bisa sampai di pulau ini memng memrlukan waktu pejalanan yang cukup lama. Lokasi pulau Asu sendiri terletak di sebelah barat kabupaten Nias dan berbatasan langsung dengan samudra Hindia.

Pemandangan di Pulau Asu sudah tidak peru diragukan lagi. Air laut sejauh mata memandang sangat jernih, ditabah lagi butiran pasir putih yang mebuat mata tampak betah memandang lukisan dari sang pencipta ini.

Lokasi: Bawosaloo, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

2. Pantai Karang Falaete

Pantai Karang Falaete

Image Credit: Pantai Karang Falaete

Pantai satu ini terletak di Desa Lahusa, Kecamatan Sirombu, Nias Barat. Terdapat susunan batu- batuan besar terjejer rapi di sepanjang bibir pantai, struktur batu karang seolah membuat pemandangan pantai satu ini sayang sekali untuk di lewatkan. Naiklah ke salah satu batu karang besar, Anda akan melihat pemandangan alam yang luar biasa indah. Samudra Hindia siap mempesona mata anda. Saat sunset adalah momen terbaik yang bisa Anda dapatkan disini

Ombak di pantai Karang Falaete merupakan ombak yang bagus bagi Anda yang ingin berselancar. Menjajal gulungan ombak yang tak terputus di sini akan memacu adrenalin Anda pecinta selancar sejati.

Lokasi: Lahusa, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

3. Pantai Indah Tureloto

Pantai Indah Tureloto

Image Credit: Yangrame.com

Kalau pantai yang satu ini terletak di Desa Tureloto, Balefadoro, Tuho, Lahewa Kabupaten Nias Utara. Jika ingin melihat pantai dengan pemandangan air yang tenang dan jernih sehingga bisa untuk mandi atau sekedar bermain air, pantai Indah Tureloto adalah pilihan yang tepat. Pantai ini memiliki air jernih di bibir pantainya, Anda bisa melihat kedalaman air bahkan dengan mata telanjang saja.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Padang Lawas Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Balefadoro Tuho, Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara.

4. Desa Adat Bawomataluo

Desa Adat Bawomataluo

Image Credit: Pesona.travel

Melipir sejenak ke Desa Adat yanf menjadi daya tarik utama pariwisata masyarakat Nias. Desa ini terleta di Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, saat ini Desa Bawomataluo sudah menjadi ikon wisata pulau Nias. Di desa ini Anda bisa mendapatkan wisata budaya asli Indonesia seperti Tari Fataele atau yang sering disebut dengan tarian perang.

Tentunya tidak ketinggalan pertunjukan Homo Batu. Pertunjukan ini sudah merupakan bagian dari Desa Bawomaluo dan telah dilakukan selama beberapa generasi penerus. Tes lompat batu ini adalah untuk menentukan tingkat kematangan seorag lelaki asli Nias.

Lokasi: Bawomataluo, Kec. Fanayama, Kab. Nias Selatan.

5. Air Terjun Humogo

Air Terjun Humogo

Image Credit: by Rri.co.id

Siapa yang tidak suka dengan wisata air terjun? Pasti hampir semua orang tidak bisa menolak wisata satu ini. Di Nias sendiri ada salah satu air terjun yang siap menyuguhkan panorama menarik untuk anda. Air Terjun Humogo terletak di Jalan Tola Maera, desa Fadoro. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dan menyegarkan, sayang sekali jika kita melewatkan kesempatan untuk mandi di bawah deras air terjun.

Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, curah airnya pun juga tidak terlalu deras, cocok untuk tempat bermain air sambil bersenda gurau bersama teman ataupun keluarga.

Lokasi: Fadoro, Kec. Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli.

6. Air Terjun Mondrowe

Air Terjun Mondrowe

Image Credit: Twitter.com @lenny_diary

Nah masih seputar air terjun yang ada di Nias. Air Terjun Mondrowe memiliki bukit yang penuh dngan batu karang. Anda bisa melompat dari ketinggian untuk menceburkan diri dalam kolam yang berada di bawah air terjun. Curah air di air terjun juga tidak terlalu deras, pas sekali jika dijadikan tempat bermain dan bersenda gurau melepas lelah.

Air terjun ini berada di Desa Mondrowe, Nias Selatan. Jikaingin ke sini jangan lupa untuk datang di saat curah air tidak kering alias musim kemarau. Sayang sekali jika kesini dalam keadaan air terjun sedang kering.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Simalungun yang Murah & Enak

Lokasi: Mondrowe, Kec. Lahusa, Kab. Nias Selatan.

7. Pantai Sifahandro

Pantai Sifahandro

Image Credit: Gifarigraphy.blogspot.com

Mendengar namanya yang unik pasti sudah membuat Anda semakin penasaran dengan wisata alam satu ini. Wisata alam seperti pantai bagi beberapa orang memang tidak pernah membosankan. Pantai Sifahandro atau pantai berbisik salah satunya. Ciri khas dari pantai ini adalah setiap Anda berjalan akan terdengar suara angin yang sama-samar seolah seperti berbisik.

Lokasi: Sifahandro, Kec. Sawo, Kab. Nias Utara.

8. Perkampungan Adat Pulau Tello

Perkampungan Adat Pulau Tello

Image Credit: Georgeputrasahan.blogspot.com

Nias memang memiliki banyak wisata alam yang mampu membuat kita berdecak kagum. Salah satunya adalah perkampungan Adat Pulau Tello. Tempat ini berada di Desa Baruyu, Pulau Batu Nias Selatan. Di sini Anda bisa menemukan berbagai wisata pantai indah dengan pasir putih dan laut yang jernih.

Jangan lupakan saat-saat terindah memandang sunset maupun sunrise. Eksoitisme pemandangan keduanya terlihat begitu berbeda. Ombak di wisata pantai Pulau Tello juga tak kalah menantangnya dengan pulau Bali.

Lokasi: Pulau Telo Kec. Pulau Pulau Batu, Kab. Nias Selatan.

9. Pulau Sibele

Pulau Sibele

Image Credit: Jejaktrip.com

Pulau ini cocok untuk Anda yang sedang mencari perjalanan wisata yang sempurna. Pulau ini syarat akan kedamaian. Duduk santai di tepi pulau ditemani pasir putih dan air laut yang begitu biru rasanya sayang sekali untuk dilewatkan.

Namun sayangnya belum banyak fasilitas wisata yang ada di pulau satu ini. Karena memang pulau ini tidak seramai Pulau Tello yang sudah terkenal bahkan di pelancong luar Indonesia sekalipun.

Lokasi: Pulau Sibele, Kec. Pulau-Pulau Batu, Kab. Nias Selatan.

10. Pantai Toyolawa

Pantai Toyolawa

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Ketika Anda berkunjung ke Nias, maka Anda akan selalu bertemu dengan beragam wisata pantai yang ada di kepulauan tersebut. Karena berbatasan langsung dengan Samudra Hindia membuat pulau ini meiliki daya tarik yang luar biasa di wisata pantainya.

Alternatif wisata pantai selanjutnya adalah Pantai Toyolaya yang terkenal sebagai pantai terindah yang ada di Nias. Pantai Toyolaya juga masih terhitung sepi, jadi serasa punya pulau pribadi bukan.

Lokasi: Hili Gawolo, Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara.

11. Pantai Gawu Soyo

Pantai Gawu Soyo

Image Credit: Ksmtour.com

Belum bosan kan dengan wisata pantai di Nias. Kalau pantai yang satu ini dijamin akan bikin Anda jatuh hati. Jika pantai pasir putih atau hitam sudah terlalu mainstream maka pantai pasir merah bisa jadi alternatif liburan yang berbeda.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Nias Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Pantai Gawu Soyo adalah pantai yang punya visual sempurna dan instagramable banget alias siap diunggah di media sosialmu. Hamparan pasir merah muda dipadukan dengan warna laut yang biru membentuk sebuah gradasi warna yang langka. Sayang sekali kalau sampai pantai satu ini dilewatkan.

Lokasi: Ombolata, Kec. Afulu, Kab. Nias Utara.

12. Desa Wisata Orahili

Desa Wisata Orahili

Image Credit: Nusatrip.com

Istirahat sejenak di wisata pantai, Anda bisa mencoba berkunjung ke wisata budaya Desa Orahili. Desa ini merupakan desa tertua di Indonesia loh, bisa dilihat dari banyaknya peninggalan pada zaman megaitikum yang ada di desa Orahili.

Peninggalan-peninggalan tersebut berupa patung, tembaga, dan masih banyak lagi. Jadi jangan kaget ketika sampai di desa ini dan Anda di sambut patung-patung yang berdiri tegak.

Lokasi: Orahili, Kec. Bawolato, Kab. Nias.

13. Museum Pusaka Nias

Museum Pusaka Nias

Image Credit: Steemit.com

Berwisata ke suatu daerah sayang jika tidak mengenal kebudayaan dan warisan daerah tersebut. Di Nias ada salah satu bangunan museum yang bisa Anda kunjungi. Museum ini berisikan banyak sekali benda- benda seni dan budaya yang memiliki nilai budaya tinggi. Museum ini sering dijadikan sarana edukasi pembelajaran masyarakat lokal atau pelancong luar daerah yang ingin mempelajari kebudayaan Nias.

Lokasi: JL. Yos Sudarso, No. 134-A, P.O. Box 16, Iraonogeba, Kec. Mandrehe Barat, Kab. Nias Barat.

14. Pantai Indah Sorake

Pantai Indah Sorake

Image Credit: Pesona.Travel

Sayang sekali jika tidak berkunjung ke salah satu wisata pantai ini. Pantai Soroke adalah surganya para peselancar. Pantai yang masih berada di Nias Selatan, dan menjadi salah satu pantai dengan ombak terbaik yang ada di dunia, untuk Anda pecinta surfing nggak bakalan nyesel kalau mampir kesini.

Lokasi: Jl. Sorake, Botohilitano, Kec.  Fanayama, Kab. Nias Selatan.

15. Taman Doa Bunda Maria

Taman Doa Bunda Maria

Image Credit: Mytrip.co.id

Wisata satu ini selain bisa dijadikan wisata rohani bisa juga dijadikan wisata budaya atau destinasi alternative bagi penganut agama lain. Lintas agama di Nias tidak memicu perpecahan malah menjadikan masyarakat Nias semakin belajar tentang arti toleran satu sama lain.

Traveller yang mau melihat-lihat sekitar diperbolehkan walaupun tidak berdoa asal tetap menjaga ketenangan. Biaya tiket masuk Rp5.000 per orang yang digunakan untuk pemeliharaan.

Lokasi: Jl. Raya Pelud Binaka No.KM. 6,5, Fodo, Kec. Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli.

Sepertinya 10 rekomendasi tempat wisata diatas sudah banyak memberi gambaran betapa indahnya panorama wisata alam di Nias. Jika Anda mempunyai kesempatan berkunjung ke Nias pasti sudah tidak kebingungan lagi. Tinggal pilih saja ingin ke wisata alam yang mana, semua sama indah dan sama kerennya. Ysatu hal lagi masyarakat Nias terkenal ramah tamah ke pada para pelancong, jadi jangan sungkan bertanya daripada sesat di jalan.