Sumatra Utara

15 Tempat Wisata di Nias Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Nias Barat? Temukan Beragam Tempat Wisata Favorit di Nias Barat, Sumatera Utara. Destinasi Wisata Menarik Terbaru, Kekinian & Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Nias barat adalah salah satu kota yang ada di wilayah Sumatera Utara. Wilayah ini memiliki daerah yang sangat indah dan memukau. Tidak hanya dari segi daratan saja, namun juga keindahan pantai dan pulau kecil yang ada di sekitarnya sangat memukau. Meski luas wilayah hanya sekitar 473 km2 namun keindahan alamnya tidak akan habis dibahas hanya dalam waktu sehari saja.

Banyak tempat asik dan menarik sekaligus dikemas dalam nuansa modern sehingga tidak akan membuat mati kutu meski seharian berada di tempat ini. Berikut ini ada 15 tempat wisata di Nias Barat yang bisa Anda kunjungi saat liburan nanti.

1. Pulau Hamatula

Pulau Hamatula

Image Credit: Negerikuindah.com

Sebuah pulau tak berpenghuni yang sangat indah dan memikat. Keindahan tersebut tidak hanya ada pada pantai yang memiliki pasir putih namun pengelolaannya sudah cukup modern sehingga Anda dapat memanfaatkan pulau untuk liburan atau honeymoon.

Pulau Hamatula ini tidak hanya menawarkan ketenangan namun juga kesejukan yang mendalam dengan adanya pohonan hijau yang ada di sekitar pulau. Meski sudah mengalami pembangunan resorts namun keasliannya tetap terjaga dengan sangat baik. Sayang jika melewatkan pulau indah ini begitu saja.

Lokasi: Bawosaloo, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

2. Pulau Bogi

Pulau Bogi

Image Credit: Mytrip.co.id

Pulau ini menjadi surganya para pecinta diving dan snorkeling. Pasalnya, panorama bawah laut berupa ikan dan terumbu karang sangat beragam. Anda tidak hanya melihat ikan nemo atau ikan warna lainnya, beberapa rumput laut dan alga yang ada di dekat terumbu karang menari sangat indah. Belum lagi jika Anda menemukan hewan melata seperti ular laut atau belut laut, tentu akan lebih menyenangkan.

Lokasi: Pulau Bogi, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

3. Pulau Hinako

Pulau Hinako

Image Credit: Liburku.com

Sesuai namanya yang mirip dengan nama Jepang, rupanya pemandangan yang ada di tempat ini juga mirip dengan nuansa di Jepang saat musim panas. Laut Jepang saat musim panas memiliki panorama yang indah dan luar biasa, begitu juga dengan panorama Pulau Hinako ini.

Sangat pas jika Anda mengajak orang terdekat untuk mengunjungi pulau ini kemudian bermalam beberapa hari karena sangat sayang melewatkan waktu hanya dalam sehari. Ada sebuah jembatan kecil yang bisa mengantarkan kita ke tengah laut, jika Anda melihat matahari tenggelam di jembatan ini tentu akan sangat menarik sekali.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Serdang Bedagai Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Lahawa, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

4. Pulau Asu

Pulau Asu

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Meski namanya agak sedikit jorok, namun bagi orang Nias nama ini sangat indah. Bagi Anda yang berasal dari Jawa tentu akan memaknai nama pulau ini dengan makna yang kotor atau jorok karena artinya adalah anjing. Kurang sopan tentunya jika menamai sebuah tempat dengan nama ini karena biasanya orang Jawa menggunakan sebagai kata umpatan.

Pulau ini memiliki penduduk dengan jumlah yang terbatas karena pasca tsunami, banyak penduduk yang meninggal sehingga populasinya tidak banyak lagi. Meski demikian, perekonomian di pulau ini cukup baik dan banyak fasilitas yang sudah tersedia dengan baik seperti listrik, rumah makan dan penginapan.

Lokasi: Bawosaloo, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

5. Pulau Sirombu

Pulau Sirombu

Image Credit: Mediaaceh.com

Pulau ini disebut sebagai salah satu surga dunia karena memiliki pesona alam yang sangat luar biasa. Meski telah mengalami bencana pada tahun 2004 lalu, namun perkembangan yang ada di pulau ini tetap baik dan terkendali. Fasilitas umum berupa jalan, listrik dan penginapan sudah tersedia dengan sangat baik.

Dapat dikatakan perkembangan yang ada di pulau Sirombu ini sangat cepat karena penduduk lokal mau belajar dan berusaha. Mereka juga tidak takut dengan adanya perubahan sehingga pembangunan dalam berbagai sektor dapat berkembang dengan baik. Cobalah datang ke lokasi ini bersama orang tersayang tentu akan menambah kedekatan yang bernilai positif.

Lokasi: Kapokapo, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

6. Pantai Ture

Pantai Ture

Image Credit: Metrorakyat.com

Keindahan pantai ini sangat luar biasa, berbeda dari pantai yang ada di Sumatera karena airnya tidak terlalu dalam. Dapat dikatakan bahwa pantai ini memiliki air yang cukup dangkal. Sangat pas jika Anda mengajak anak kecil atau balita karena ombaknya sangat tenang dan cukup bersahabat.

Bagi Anda yang suka diving maka tempat ini adalah surganya. Banyak spot menarik yang bisa Anda jadikan tempat diving atau snorkeling karena biota laut yang ada di bawah dapat terlihat dengan jelas. Belum lagi airnya yang jernih dan bersih akan membuat Anda betah berendam seharian.

Lokasi: Tugalagawu, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

7. Pantai Fari’i

Pantai Fari'i

Image Credit: Facebook.com @Imanjayh

Bagi Anda yang suka memancing, cobalah datang ke pantai ini karena banyak spot menarik untuk memancing ikan. Ombak yang ada di pantai ini juga cukup tenang sehingga banyak ikan yang berenang di sekitar pantai. Beberapa batu tebing yang tinggi dan curam menjadi spot tersendiri yang ingin menghabiskan waktu bersama bersama pasangan sambil menikmati sunset. Jangan lupa abadikan moment tersebut dengan mengambil foto atau merekam sebuah video.

BACA JUGA:  20 Oleh-Oleh Khas Medan yang Paling Populer

Lokasi: Hilimberua, Kec. Na’a, Kab. Nias Barat.

8. Pantai Fadaya

Pantai Fadaya

Image Credit: Metrorakyat.com

Sebuah pantai yang unik dengan hamparan batu karang disepanjang pantai. Pada saat pasang beberapa batu karang tersebut akan tenggelam, sedangkan pada saat surut maka batu karang yang berderet itu akan nampak. Meski tidak terlalu besar namun batu karang tersebut sangat indah dan memukau.

Kemudian di sepanjang bibir pantai Fadaya terdapat rumput liar yang bewarna hijau. Pasir yang ada di pantai ini memang cukup subur, tidak heran jika banyak tumbuhan yang mampu berjuang untuk hidup di sekitar pantai.

Lokasi: Sirombu, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

9. Pantai Gu’u

Pantai Gu'u

Image Credit: Suaranusantara.com

Hal yang paling dicari dari pantai ini ialah panorama sunset yang sangat indah. Mirip dengan lukisan yang biasa terpajang di dinding rumah. Tidak heran jika banyak pasangan muda yang datang khusus ke pantai ini untuk mengabadikan moment berharga di tepi pantai. Dengan pemandangan laut yang biru kemudian disambut dengan warna orange dari sinar matahari tentu menjadi sangat romantis.

Biasanya di sekitar pantai Gu’u nampak aktivitas para nelayan yang hendak berlayar, atau pada saat pagi hari mereka akan datang dari arah laut. Ombaknya sangat bagus sehingga cocok untuk berselancar.

Lokasi: Sirombu, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

10. Pantai Wazi

Pantai Wazi

Image Credit: Phinemo.com

Tidak jauh berbeda dengan pantai Gu’u, pantai ini juga cukup asik dan menarik. Ombaknya sangat bagus dan deburannya cukup bersahabat. Bagi Anda yang baru belajar berselancar tentu akan cocok berada di tempat ini.

Garis pantai yang lembut juga menambah suasana tersendiri yang membuat Anda berdecak kagum melihat lukisan tuhan. Sungguh tidak ada bandingannya. Untuk ke pantai ini rutenya cukup mudah yakni terletak di Desa Tetehosi.

Lokasi: Tetehosi, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

11. Pantai Valaete

Pantai Valaete

Image Credit: Imageworldoftourism.blogspot.com

Sebuah pantai yang cukup dekat dengan pusat kota karena hanya butuh waktu 45 menit saja untuk sampai ke pantai ini. Hadiahnya tentu saja pemandangan laut yang sejuk dan menakjubkan. Pantai ini memiliki garis yang indah sehingga cocok dijadikan background untuk prewedding.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Simalungun yang Murah & Enak

Jaraknya yang tidak jauh dari kota juga sangat memungkinkan melakukan perjalanan hanya dalam sekali waktu. Anda hanya perlu menggunakan kendaraan pribadi saja karena jalan untuk ke Pantai Valaete sudah cukup baik.

Lokasi: Lahusa, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

12. Desa Bawomataluo

Desa Bawomataluo

Image Credit: Yukpigi.com

Desa wisata yang satu ini memiliki nuansa yang unik dan menarik. Anda bukan hanya disuguhkan dengan pemandangan budaya dan tradisi dari suku ini namun juga beberapa peninggalan sejarah yang hingga kini masih terawat dengan cukup baik.

Salah satu yang cukup terkenal ialah batu lompatnya, karena pernah ada di mata uang pada zaman dahulu. Desa ini memang memiliki khasnya tersediri yang tentu saja berbeda dari desa wisata lainnya.

Lokasi: Bawomataluo, Kec. Fanayama, Kab. Nias Selatan.

13. Desa Lolozirugi

Desa Lolozirugi

Image Credit: Mytrip.co.id

Desa wisata berikutnya ada Desa Lolozirugi, panorama yang ada di desa ini cukup berbeda dari desa wisata sebelumnya karena memiliki karakter kuat pada sisi religi. Penduduk lokal memiliki kepercayaan yang kuat pada agama nenek moyang sehingga mereka sangat baik pada semua orang namun agak tertutup untuk sebuah kepercayaan.

Lokasi: Lolozirugi, Kec. Mandrehe, Kab. Nias Barat.

14. Air Terjun Luaha Ndroi

Air Terjun Luaha Ndroi

Image Credit: Linkterkini.com

Berikutnya ada wisata air terjun yang sangat sayang untuk dilewatkan. Pesona air terjun ini sangat unik karena penuh dengan gemericik yang asik. Dengan tinggi sekitar 4 meter, air terjun ini memiliki debit air yang cukup deras meski juga bersahabat. Kolam yang ada dibawahnya juga bisa digunakan untuk mandi atau berenang. Memiliki lebar sekitar 6 meter dan kedalaman sekitar 0,5 meter ini bisa untuk berenang siapa saja. Terutama bagi yang tidak bisa berenang sekalipun tetap saja aman asal tidak mencari tempat yang dalam.

Lokasi: Fulolo, Kec. Alasa, Kab. Nias Barat.

15. Museum Pusaka Nias

Museum Pusaka Nias

Image Credit: Gpswisataindonesia.info

Masih ada lagi wisata bersejarah yang sarat akan makna. Bagi Anda yang suka dengan sejarah tentu akan tertarik dengan museum yang satu ini karena menyimpan beberapa benda pusaka seperti pedang dan beberapa batu yang digunakan untuk senjata. Dapat dikatakan museum ini memiliki koleksi yang lengkap karena terawat cukup baik. Sejak berdiri beberapa puluh tahun yang lalu, museum ini selalu menjadi tempat rujukan bagi mereka yang ingin belajar sejarah.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, No. 134-A, P.O. Box 16, Iraonogeba, Kec. Mandrehe Barat, Gunungsitoli, Kab. Nias Barat.

Itulah 15 tempat wisata di Nias Barat yang bisa menjadi referensi terbaik saat liburan nanti. Mengunjungi Nias tentu saja dapat memberi pengalaman berbeda saat berwisata, terlebih ketika berkunjung bersama keluarga atau teman dekat. Selamat liburan.