Sumatra Utara

15 Tempat Wisata di Nias Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Nias Utara, Sumatera Utara. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Memiliki Pesona Wisata Menarik yang Pas Dijadikan Tujuan Liburan Anda.

Nias Utara adalah salah satu kabupaten yang ada di Pulau Nias, Sumatera Utara. Kota ini mengalami pemekaran pada tahun 2008 sehingga bentuk administratifnya pun juga berbeda. Luas wilayah Nias Utara ini mencapai 1.203 Km2 dengan jumlah penduduk sekitar 132.593 jiwa. Objek wisata yang ada di kota ini sangat indah dan menarik. Ciri khas utama dari wilayah ini ialah terdapat banyak pantai, dan air terjun.

Sesuai dengan wilayahnya yang masih sangat asri dan subur, tidak heran jika kota ini memiliki pemasukan besar dari sektor wisata. Banyak tempat indah dan menarik yang dikelola menjadi objek wisata sehingga penduduk lokal memiliki banyak aktivitas menguntungkan. Pengunjung yang datang juga tidak hanya dari dalam negri saja, namun juga dari mancanegara. Berikut ini ada 15 tempat wisata di Nias Utara yang sayang untuk dilewatkan ketika liburan.

1. Pantai Pasir Berbisik

Pantai Pasir Berbisik

Image Credit: Northniastourism.com

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki debur ombak yang sangat indah sehingga orang menyebutnya dengan Pantai Pasir Berbisik. Tidak hanya itu saja, pasirnya yang putih dan penuh dengan cerita ini seolah bercerita bahwa telah lama terjadi hal bersejarah di tempat ini.

Mereka yang datang tentu dengan cerita dan pengalaman berbeda, demikian juga dengan kondisi pantai ini juga berbeda dengan pantai lainnya karena memiliki panorama alam eksotis tersendiri.

Lokasi: Sifahandro, Kec. Sawo, Kab. Nias Utara.

2. Pantai Nela

Pantai Nela

Image Credit: Pidii.info

Tidak seperti Pantai Pasir Berbisik, pantai Nela ini memiliki batu karang yang indah plus dengan air yang jernih. Ombaknya memang tidak seindah yang ada di Pasir Berbisik namun pemandangan hijau yang ada di sekitarnya akan membuat Anda merasa tenang.

Bagi Anda yang suka berenang maka pantai ini cukup pas karena memiliki ombak yang tenang. Bagi yang berkunjung dengan membawa anak kecil juga cukup aman. Hanya saja butuh pengawasan agar keselamatan tetap dapat terjaga dengan baik.

Lokasi: Iraone Lase, Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara.

3. Pantai Indah Fofola

Pantai Indah Fofola

Image Credit: Paapaajalah.blogspot.com

Sebuah pantai yang namanya mirip dengan permen candy ini memang sesuai dengan penamaannya, manis dan cantik. Tidak hanya panorama alamnya saja yang indah, namun juga fasilitas yang ada di pantai cukup lengkap dan terawat. Sebut saja toilet, ruang ganti atau kamar mandi cukup bersih meski sudah ada kerusakan sedikit pada bagian tertentu. Jika Anda mandi di pantai, tidak usah khawatir cara berganti pakaian dan sebagainya.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Batu Bara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Banuagea, Kec. Tuhemberua, Kab. Nias Utara.

 4. Pantai Toyolawa

Pantai Toyolawa

Image Credit: Travel.detik.com

Berikutnya ada sebuah pantai indah yang masih perawan. Disebut perawan karena memang masih sangat sepi dan belum ada pengunjung yang banyak. Karena masih perawan, tidak heran jika fasilitas yang ada di tempat ini juga tidak begitu lengkap seperti toilet, kamar mandi atau wahana permainan tertentu. Cocok bagi Anda yang ingin menghindar dari keramaian kota. Pasirnya yang coklat kemerahan juga memberikan nuansa alam yang cukup berbeda dari pantai indah yang ada di Sumatera.

Lokasi: Toyolawa, Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara.

5. Pantai Gawu Soyo

Pantai Gawu Soyo

Image Credit: Tempatwisata.pro

Hal paling menarik dari pantai ini ialah warna pasirnya yang agak pink alias merah muda. Sedangkan nama Gawu Soyo ini dalam bahasa daerah artinya pasir merah. Tidak heran jika banyak pengunjung yang penasaran dengan pantai ini untuk menyaksikan keindahan dari pasir pantai ini.

Selain itu, ombaknya yang khas sangat cocok bagi Anda yang suka surfing. Perlu membawa papan sendiri agar gaya surfing kalian menjadi lebih menggoda. Konon katanya, papan surfing sendiri itu jauh lebih nyaman karena sudah terbiasa memakai.

Lokasi: Ombolata, Kec. Afulu, Kab. Nias Utara.

6. Pantai Tureloto

Pantai Tureloto

Image Credit: Pinouva.com

Sebuah pantai indah yang mirip dengan pantai di negri dongeng. Pasalnya, di sekitar pantai terdapat batu karang cantik bewarna kuning. Kemudian ada pohon yang tumbuh di sekitar bibir pantai, bahkan cukup dekat dengan bibir pantai. Sangat unik dan menarik.

Apabila Anda mengambil foto dari spot tertentu maka akan mendapati gambar yang sangat instagramable. Untuk menikmati alam yang indah ini Anda cukup berjalan kaki atau duduk sejenak di sekitar pantai sambil ngobrol dengan orang terdekat. Tentu akan menjadi moment indah yang berharga.

Lokasi: Balefadoro Tuho, Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara.

7. Pulau Wunga Laguna

Pulau Wunga Laguna

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Keindahan pulau yang ada di Pulau Wunga Laguna tidak dapat diremehkan begitu saja. Sebuah pulau yang terbentuk akibat gempa yang terjadi 2005 ini menjadi sangat indah dan cantik. Pulau Wunga yang besar terbelah membentuk pulau kecil kemudian pulau yang terbelah tersebut diberi nama Pulau Wunga Laguna.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Labuhanbatu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tidak heran jika di sekitar pulau ini terdapat beberapa batu kecil seperti sebuah serpihan. Bisa jadi, batu tersebut memang dari serpihan retakan tersebut. Meski demikian, bentuk dan warnanya menjadi sangat cantik. Mungkin akibat dari iklim dan cuaca yang ada di Indonesia membuat batu tersebut memiliki warna yang sangat menarik.

Lokasi: Lauru I Afulu, Kec. Afulu, Kab. Nias Utara.

8. Pulau Panjang

Pulau Panjang

Image Credit: Northniastourism.com

Masih ada lagi sebuah pulau yang indah dan menarik, yakni Pulau Panjang. Panorama yang ada di pantai ini sangat indah dan menawan. Dataran yang subur penuh dengan pohon hijau yang membuat mata terasa sejuk.

Ditambah dengan jernihnya air yang ada di sekitar pulau menjadi sebuah pemandangan yang sangat eksotis. Gradasi warnanya sangat cantik dan menarik. Cobalah datang ke pulau ini bersama orang tersayang kemudian mengarungi perahu dayung. Tentu akan menjadi moment berharga yang tidak akan pernah terlupa.

Lokasi: Pasar Lahewa, Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara.

9. Air Terjun Enoo

Air Terjun Enoo

Image Credit: Tagar.id

Destinasi wisata berikutnya ada air terjun enoo yang sangat indah dan menarik. Panorama air terjun ini sangat asri, penuh dengan pohon hijau yang memanjakan mata. Cobalah duduk di dekat air terjun kemudian rasakan suara yang mengalir. Tentu akan sangat menenangkan dan melegakan karena cukup dekat dengan alam.

Lokasi: Lauru Fadoro, Kec. Losu, Kab. Nias Utara.

10. Air Terjun Tuna

Air Terjun Tuna

Image Credit: Instagram.com @mtma_sumut

Meski namanya adalah air terjun tuna namun di sungai ini tidak ada ikan tuna sama sekali. Panorama yang ada di air terjun ini sangat indah dan menarik. Airnya jernih dan bersih, mungkin karena berkunjung pada saat musim kemarau sehingga warna air tetap dapat terjaga dengan baik.

Lokasi: Lauru Fadoro, Kec. Losu, Kab. Nias Utara.

11. Teluk Siabang

Teluk Siabang

Image Credit: Mapio.net

Masih ada teluk lagi yang sangat indah dan memukau. Biasanya, di dekat teluk ini terdapat pasar ikan atau hasil laut lainnya seperti udang, kepiting dan tripang. Meski bukan penghasil terbesar namun hasil tangkapan di teluk ini cukup banyak. Jika ingin mencicip masakan khas Pulau Nias maka bisa mencoba kuliner yang ada di teluk ini, tentu akan sangat menantang.

Lokasi: Sisarahili Teluk Siabang, Kec. Sawo, Kab. Nias Utara.

12. Puncak Hili Maziaya

Puncak Hili Maziaya

Image Credit: Northniastourism.com

Sebuah bukit yang indah dengan trek yang asik dan menantang. Berkunjung ke puncak ini akan mengundang adrenalin untuk terus berpacu dengan alam. Jalannya yang sulit dan berliku akan sangat menggoda bagi para pecinta alam yang sudah sering menaklukan bukit.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Langkat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika datang ke bukit ini sebaiknya jangan lupa membawa bekal berupa makan dan minum yang cukup agar tidak kelaparan. Karena Puncak Hili Maziaya belum banyak pedagang yang menjajakan makanan baik berupa menu siap makan atau masih mentah. Mungkin jika Anda sudah terbiasa menelan cacing bisa tahan lapar hingga 3 hari.

Lokasi: Hilisaloo, Kec. Sitolu Ori, Kab. Nias Utara.

13. Danau Megoto

Danau Megoto

Image Credit: Niaspulauwisata.blogspot.com

Nias Utara tidak hanya memiliki pantai dan pulau yang indah saja, namun juga memiliki danau indah dengan warna yang sejuk. Meski panorama tidak seindah Danau Toba namun nuansa yang dihadirkan sangat menawan. Mirip seperti danau yang ada di sebuah lukisan, sangat cantik dan menarik.

Belum lagi jika ada matahari yang sedang tenggelam, tentu akan lebih menyenangkan. Cobalah ajak sahabat yang suka dengan hal baru untuk berkunjung ke danau Megoto ini karena belum populer seperti danau lainnya.

Lokasi: Sayang, Kec. Tugala Oyo, Kab. Nias Utara.

14. Kuburan Keramat Pulau Maose

Kuburan Keramat Pulau Maose

Image Credit: Pidii.info

Berikutnya ada sebuah pulau unik dengan kuburan keramatnya. Disebut kuburan kermat sebab banyak penduduk yang datang ke pulau ini hanya untuk ziarah saja. Konon, orang yang dimakam di pulau ini memiliki kekuatan gaib yang tinggi saat masih hidup, dan hingga sekarang kuburannya masih dianggap keramat.

Sedangkan bagi orang modern lebih memandang tempat ini sebagai objek wisata unik yang patut untuk dikunjungi. Tidak heran jika para pengunjung yang datang ke pulau ini akan berfoto dengan latar makam keramat.

Lokasi: Iraonolase, Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara.

15. Kara Sangadulo

Kara Sangadulo

Image Credit: Anoverlis.weebly.com

Sebagai tujuan wisata terakhir, berikut ini ada Kara Sangadulo yang memiliki arti batu bertelur. Mengapa dikatakan sebagai batu bertelur? Karena, di tempat ini terdapat batu besar yang konon dipercaya sebagai induk dari batu telur ini. Adapun batu telur ini bewarna hijau dan ukurannya seperti bola sepak. Proses pembuatan batu ini juga cukup alami, karena tanpa campur tangan manusia. Hampir setiap hari, batu besar akan mengeluarkan tonjolan yang terus bertambah.

Memang prosesnya lama namun dari hari ke hari selalu saja jumlah batu telur itu selalu bertambah. Inilah yang membuat Kara Sangadulo menjadi cukup populer sehingga banyak orang yang ingin melihat keajaiban tersebut.

Lokasi: Jl. Kara Sangadulo RT 01, Lolana’a, Kec. Alasa, Kab. Nias Utara.

Itulah 15 tempat wisata di Nias Utara yang paling hits dikunjungi wisatawan. Selamat berlibur dan nikmati ragam pilihan yang ada untuk menemukan destinasi wisata terbaik Anda.