Sumatra Selatan

10 Tempat Wisata di Ogan Ilir Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Sumatera Selatan? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Terbaik di Ogan Ilir Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits untuk Mendapatkan Liburan yang Lebih Berkesan.

Ogan Ilir adalah salah satu kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Daerahnya yang indah dan penuh dengan bukit dan sungai membuat wilayah ini tidak sepi tempat wisata. Beragam tempat tersebut dikelola dan dikembangkan menjadi wisata agar penduduk lokal dapat mengembangkan perekonomian menjadi lebih baik. Tak ayal hal tersebut terwujud meski pertumbuhannya agak sedikit melambat.

Berikut ini ada 10 tempat wisata di Ogan Ilir yang bisa Anda kunjungi saat liburan.

1. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh

Image Credit: Bintama.com

Disebut dengan pantai jodoh karena konon suasana yang ada di pantai ini cocok untuk para pasangan yang berjodoh. Dan pasangan yang datang ke pantai ini akan memiliki hubungan langgeng hingga ke pernikahan nanti. Tidak heran jika pantai ini sering dijadikan lokasi yang strategis untuk foto perwedding. Banyak pasangan yang mengabadikan foto mereka dengan latar indah dari pantai ini. Destinasi wisata ini terletak di Serijabo, Sungai Pinang.

Lokasi: Serijabo, Sungai Pinang, Kab. Ogan Ilir.

2. Danau Teluk Putih

Danau Teluk Putih

Image Credit: Bgoganilir.com

Meski fasilitas di danau ini hanya berupa perahu dayung saja namun banyak orang yang tertarik datang ke lokasi karena tempatnya cukup nyaman dan indah. Danau ini bukan sebuah teluk, namun memang sebuah danau. Tentu saja air yang ada di danau ini merupakan air tawar dengan ikan yang hidup di air tawar juga. Banyak pengunjung yang memancing di sekitar danau atau sekedar berkeliling dengan menyewa perahu dayung.

Hanya saja wisata ini agak kurang terawat sehingga fasilitas yang ada masih sangat kurang. Meski demikian, Anda tidak akan kecewa akan indahnya panorama yang ada di sekitar danau karena cukup indah dan menawan.

Lokasi: Sakatiga, Indralaya, Kab. Ogan Ilir.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Penukal Abab Lematang Ilir Terbaru & Terhits Dikunjungi

3. Danau Teluk Seruo

Danau Teluk Seruo

Image Credit: Wartawisata.id

Kondisi danau ini lebih terawat dan lebih rapi. Tidak heran jika banyak pengunjung yang selfie dengan latar danau ini. Lingkungannya yang bersih dan terawat membuat danau ini tidak pernah sepi pengunjung. Fasilitas umum seperti toilet, lahan parkir dan beragam kuliner cukup lengkap jika dibanding wisata yang ada di Danau Teluk Putih.

Selain berfungsi sebagai taman, tempat ini juga sering dijadikan tempat yang nyaman untuk jogging karena udaranya cukup bersih dan sejuk.

Lokasi: Sakatiga Seberang, Kec. Indralaya, Kab. Ogan Ilir.

4. Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya

Image Credit: Mamikos.com

Kampus ini memiliki lahan yang luas dan asri, terutama pada bagian tepi jalan dalam dan tamannya. Mirip dengan lokasi lembah UGM yang ada di Jogja. Meski sebuah kampus, namun tempat ini juga sering dijadikan tempat wisata bagi beberapa pengunjung. Karena lokasinya yang bersih dan nyaman, banyak penjual kaki lima memanfaatkan keadaan tersebut.

Anda tidak hanya menikmati sajian kuliner namun juga beragam buku yang tersaji di deret pinggir jalan dapat memuaskan mata. Karena Anda diperbolehkan membaca sambil duduk di tempat. Pada pagi atau sore hari juga ada beberapa orang yang jogging di sekitar taman kampus.

Lokasi: Jl. Raya Palembang-unsri KM 32, Kec. Indralaya, Kab. Ogan Ilir.

5. Danau Lebung Karangan

Danau Lebung Karangan

Image Credit: Novriadi.com

Lokasi danau yang luas dan penuh dengan tanaman air nan hijau membuat danau ini mirip dengan laut. Hanya saja, panorama yang muncul tentu saja agak berbeda. Danau ini memiliki atmosfer tersendiri bagi Anda yang suka memancing atau suka dengan kedamaian. Karena letaknya yang jauh dari kota membuat suasana di sekitar danau menjadi lebih tenang dan damai.

Pengunjung yang datang biasanya lebih memilih untuk berfoto atau selfie dengan latar danau biru yang kehijauan. Warna hijau berasal dari tanaman air sehingga airnya yang bersih nampak agak biru, berasal dari pantulan warna langit cerah.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pagar Alam Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Desa Sejaro Sakti, Kec. Indralaya, Kab. Ogan Ilir.

6. Agro Techno Park

Agro Techno Park

Image Credit: Indonesia.travlr.com

Sesuai dengan namanya, wisata ini memang memiliki tujuan untuk memajukan pertanian, peternakan dan perkebunan yang ada di wilayah Ogan Ilir. Dengan adanya taman ini merupakan salah satu bukti bahwa pemerintah setempat memang benar serius mengelola kemajuan teknologi. Dengan adanya taman ini diharapkan penduduk lokal makin maju dan berkembang terutama untuk kemajuan ekonominya. Harapan untuk menjadi masyarakat yang adil dan makmur bisa terwujud.

Meski demikian, pemerintah juga memberikan kelonggaran pada para pengunjung untuk belajar dan memahami kemajuan teknologi tersebut sambil menerapkan pada pengelolaan yang nyata. Tak ayal, pendapatan dari beragam sektor juga membuat kota Ogan Ilir menjadi lebih dikenal luas. Agro Techno Park ini memang cukup menarik dan berharga. Silakan saja datang sendiri untuk membuktikan.

Lokasi: Bakung, Kec. Indralaya Utara, Kab. Ogan Ilir.

7. Makam Pangeran Sido Ing Rejek

Makam Pangeran Sido Ing Rejek

Image Credit: Dapobud.kemdikbud.go.id

Berikutnya ada lagi sebuah situs bersejarah yang sarat makna. Pangeran Sido Ing Rejek adalah Raja Palembang IX yang membuat wilayah ini bebas dari penjajahan Belanda. Konon, hanya raja ini yang berani melawan Koloni Belanda secara terang-terangan sehingga makamnya dijadikan tempat khusus dan keramat.

Penduduk lokal juga masih menganggap bahwa pangeran ini memang layak mendapat penghargaan. Makam ini terletak di Desa Saka Tiga, Indralaya. Silakan berkunjung ke makam ini agar nilai sejarah tersebut lebih terasa.

Lokasi: Desa Saka Tiga, Kec. Indralaya, Kab. Ogan Ilir.

8. Masjid Bajumi Wahab

Masjid Bajumi Wahab

Image Credit: Twitter.com @pesonasriwijaya

Nama masjid ini diambil dari pemiliki tanah H. Bajumi Wahab yang mewakafkan tanahnya untuk pembangunan sebuah masjid. Konon, Haji yang satu ini merupakan orang yang sangat kaya dan dermawan sehingga nama tersebut dijadikan nama sebuah masjid agar semua orang dapat mengenang dan meniru kebaikan dari Haji Bajumi ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Empat Lawang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Arsitektur bangunan masjid ini memang sangat bagus dan indah. Sesuai dengan adat Ogan Ilir namun juga ada sentuhan Timur Tengah yang sangat kuat. Tidak heran jika penganut Islam sering datang ke masjid untuk sejenak ibadah. Tempatnya yang luas dan sejuk membuat orang betah berada di masjid ini dalam waktu yang cukup lama.

Lokasi: Tanjung Sejaro, Kec. Indralaya, Kab. Ogan Ilir.

9. Monumen Perjuangan Rakyat

Monumen Perjuangan Rakyat

Image Credit: Kosim.web.id

Sebuah monumen yang dibangun guna memperingati perjuangan rakyat untuk merdeka. Di tengah monumen ada sebuah patung veteran kecil yang membawa pedang. Monumen ini dibangun di pinggir jalan raya sehingga tidak sulit menemukan tempat wisata ini.

Biasanya, monumen ini sering dijadikan tempat istirahat sejenak bagi mereka yang melakukan perjalanan jauh. Di sekitar monumen terdapat beberapa pedagang kuliner yang menjajakan makanan enak dan lezat seperti bakso, mie dan soto.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatra No. 468, Timbangan, Kec. Indralaya Utara, Kab. Ogan Ilir.

10. Pantai Supi

Pantai Supi

Image Credit: Instagram.com @oganilirupdate

Ogan Ilir tidak hanya memiliki danau dan air terjun saja, namun juga ada pantai pasir putih yang indah. Biasanya pengunjung pantai ini sering membangun istana pasir dan bermain air atau berenang. Airnya sangat bersih dan jernih sehingga membuat Anda betah bermain air.

Fasilitas yang ada di pantai ini juga cukup lengkap seperti toilet, tempat parkir dan gazebo. Jika lapar, Anda juga dapat menikmati sajian menu sehat berupa seafood seperti udang, ikan dan kerang. Beragam makanan yang ada di pantai ini sangat enak dan lezat.

Lokasi: Sungai Pinang I, Sungai Pinang, Kab. Ogan Ilir.

Itulah 10 tempat wisata di Ogan Ilir yang bisa Anda kunjungi saat liburan. Pergi berlibur ke Ogan Ilir tentu dapat memanjakan diri karena lokasinya sangat indah dan menakjubkan. Cobalah datang ke kota ini bersama keluarga atau teman dekat, tentu akan lebih menyenangkan. Selamat berlibur.