Sumatra Selatan

15 Tempat Wisata di Ogan Komering Ilir Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Sumatera Selatan? Temukan Beragam Tempat Wisata Favorit di Ogan Komering Ilir. Destinasi Wisata Menarik Terbaru, Kekinian & Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Indonesia memiliki kawasan yang menyimpan sejuta keindahan, salah satunya di Provinsi Sumatera Selatan tepatnya di Kabupaten Ogan Ilir. Dikenal dengan sebutan Ogan Komering Ilir, wilayah ini memiliki tempat wisata indah dan cocok dikunjungi untuk melepas penat.

Banyak pengunjung yang berasal dari berbagai wilayah, menempuh perjalanan jauh supaya bisa menikmati cantiknya objek wisata di daerah ini. Berikut 10 tempat wisata di Ogan Komering Ilir yang memukau.

1. Lebak Air Itam

Lebak Air Itam

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Destinasi wisata Lebak Air Itam berada di kecamatan Pedamaran dan merupakan rawa-rawa yang dilengkapi rerumputan hijau yang sejuk. Di musim hujan, rawa ini memang penuh dengan air dan dimanfaatkan untuk mencari ikan dengan pancing maupun jala.

Pemandangan rerumputan hijau yang ada di atas air ini sangat menyegarkan mata apalagi bagi Anda yang lelah dengan segala rutinitas perkotaan yang melelahkan.

Lokasi: Kec. Pedamaran, Kab. Ogan Komering Ilir.

2. Danau Teluk Rasau

Danau Teluk Rasau

Image Credit: Destinasipariwisata.com

Masih di Kecamatan Pedamaran tepatnya di desa Sukapulih, danau Teluk Rasau menyajikan pemandangan yang masih alami dengan penuh ketenangan. Di tepi danau banyak pepohonan yang membuat danau nampak semakin rindang. Objek wisata ini sangat tepat dikunjungi dikala penat karena lokasinya jauh dari keramaian kota.

Di sekitar danau Teluk Rasau ini, pengunjung juga bisa beristirahat di beberapa camp yang ada dan berwisata kuliner ikan air tawar yang ditangkap langsung dari danau Teluk Rasau ini.

Lokasi: Menang Raya, Pedamaran, Kab. Ogan Komering Ilir.

3. Pulau Maspari

Pulau Maspari

Image Credit: Tribunnews.com

Suguhan biota laut yang beragam akan membuat pengunjung rela menempuh perjalanan sangat jauh dari pusat kota. Berdekatan dengan Selat Bangka, membuat pulau Maspari menjadi salah satu tempat yang dianugrahi banyak ikan, sehingga wisatawan bisa mencoba untuk memancing dan langsung menyantapnya di tepi pantai.

Selain itu, keindahan terumbu karang yang masih alami banyak dimanfaatkan para pengunjung untuk snorkeling maupun menyelam untuk menyaksikan keindahan bawah lautnya.

Lokasi: Desa Sungai Lumpur, Kec. Tulung Selapan, Kab. Ogan Komering Ilir.

4. Danau Teloko

Danau Teloko

Image Credit: Tribunnews.com

Danau Teloko mengambil nama seperti tempatnya berada, yakni di desa Teloko Kecamatan Kota Kayu Agung. Meskipun di danau ini belum didukung dengan fasilitas yang memadahi, namun para wisatawan bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling mengitari danau Teloko.

Tidak hanya menikmati keindahan alamnya saja, pengunjung juga bisa bergaya bak nelayan yang menjala ikan dan mengabadikannya untuk di posting di media sosial.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Penukal Abab Lematang Ilir Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Desa Tanjung Serang, Kec. Kayuagung, Kab. Ogan Komering Ilir.

5. Bukit Batu

Bukit Batu

Image Credit: Morgesiwe.com

Bukit batu merupakan tujuan wisata yang menyimpan cerita cukup unik. Terdapat dua sisi cerita yang memiliki perbedaan cukup jauh. Cerita pertama yang beredar, bahwa bukit batu merupakan sebuah peradapan kuno yang sudah ada ribuan tahun lamanya. Di tempat ini ditemukan berbagai macam batu yang bentuknya sangat mirip dengan mahluk hidup khususnya manusia dan hewan. Sedangkan cerita lainnya, berkisah tentang seorang yang pahit lidah. Apapun yang diucapkan, bisa mengubah berbagai macam hal menjadi sebuah batu.

Entah mana yang benar dari kedua cerita ini, namun yang jelas bukit batu yang letaknya ada di Desa Bukit Batu Kecamatan Pangkalan Lampang ini sangat menarik untuk menjadi tujuan berwisata. Dengan pemandangan alam perbukitan yang eksotik membuat tenang pengunjung lengkap dengan banyak pohon rindang yang menjadikan udara semakin segar.

Lokasi: Bukit Batu, Kec. Air Sugihan, Kab. Ogan Komering Ilir.

6. Danau Teluk Gelam

Danau Teluk Gelam

Image Credit: Sumselprov.go.id

Destinasi wisata lainnya yang tak kalah kerennya adalah Danau Teluk Gelam yang menjadi salah satu tempat diadakannya PON serta Jambore Nasional. Di dukung dengan fasilitas yang sangat lengkap seperti permainan air, banana boat, perahu bebek, perahu karet, jetski dan lain sebagainya, membuat tempat ini sangat cocok digunakan berwisata bersama keluarga. Tidak hanya permainan air saja yang ditawarkan Danau Teluk Gelam, namun juga area camping, hotel, spa, restoran serta playground untuk anak-anak.

Maka tak heran jika setiap tanggal merah maupun akhir pekan Danau Teluk Gelam sangat ramai pengunjung. Meskipun tempatnya jauh dari pusat kota Kayu Agung, namun perjalanan 25 km yang harus ditempuh tidak akan membuat pengunjung kecewa karena tempat wisata ini sangat menawan.

Lokasi: Desa Seriguna, Serapek, Teluk Gelam, Kab. Ogan Komering Ilir.

7. Lebak Deling

Lebak Deling

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Hampir sama dengan Lebak Air Itam yang merupakan daerah rawa-rawa yang sangat luas. Lebak Deling memiliki keunikan tersendir, sehingga banyak wisatawan yang penasaran untuk berlibur disana, yaitu terdapat pasir seperti yang ada di pantai. Meskipun berada di tempat berawa dengan pemandangan rumput hijau namun Anda juga merasakan sensasi seolah sedang berada di pantai.

Di Lebak Deling ini pengunjung juga bisa berfoto bersama orang-orang terkasih dengan backround pepohonan rindang di sekitar rawa. Bagi Anda yang ingin kesana langsung saja menuju ke kecamatan Pampangan dan menikmati indahnya Lebak Deling.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Musi Rawas Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Kec. Pampangan, Kab. Ogan Komering Ilir.

8. Pantai Tanjung Menjangan

Pantai Tanjung Menjangan

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Salah satu destinasi pantai yang menyuguhkan pantai pasir putih nan bersih di Ogan Komering Ilir adalah Pantai Tanjung Menjangan. Lengkap dengan keindahan batu karang dan ikan di bawah laut menambah keseruan berlibur di Pantai Tanjung Menjangan. Belum banyak yang mengetahui lokasi Pantai yang berada di Desa Sungai Lumpur Kecamatan Cengal ini, sehingga pantainya masih sangat indah dan terjaga kebersihannya.

Memang beberapa traveler sudah pernah menikmati keindahan Pantai yang bisa digunakan untuk snorkeling ini dan memuatnya di media social sebagai cara untuk menunjukkan indahnya pantai ini.

Lokasi: Sungai Sibur, Kec. Sungai Menang, Kab. Ogan Komering Ilir.

9. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove

Image Credit: Mongabay.co.id

Memang di daerah Ogan Komering Ilir ini banyak tempat wisata berupa hutan mangrove sebagai salah satu cara untuk mengcegah erosi dan banjir akibat air laut. Beberapa diantaranya ada di Kecamatan Air Sugihan, Kecamatan Cengal, Kecamatan Tulung, Pulau Mastari dan juga di wilayah Selapan.

Salah satu cara untuk menikmati tempat wisata hutan mangrove adalah dengan mengelilinginya dengan perahu yang bisa disewa disana. Tak ketinggalan, aktifitas memancing juga bisa menjadi pilihan jika mengunjungi hutan mangrove. Pastinya juga mengabadikan setiap aktifitas berupa foto dan video.

Lokasi: Kec. Air Sugihan, Kab. Ogan Komering Ilir.

10. Rumah Adat di Kayu Agung

Rumah Adat di Kayu Agung

Image Credit: Morgesiwe.com

Ternyata di Ogan Komering Ilir tidak hanya ada tempat wisata alam saja, namun juga ada destinasi wisata sejarah dan budaya. Salah satunya adalah Rumah Adat yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota.

Rumah adat di Kayu Agung ini masih kokoh dan menampilkan keindahan budaya dari daerah Sumatra Selatan. Dilengkapi dengan ornament cantik dan menawan, tentunya rumah adat di kayu agung ini mampu menarik minat wisatawan.

Lokasi: Kab. Ogan Komering Ilir.

11. Sungai Komering

Sungai Komering

Image Credit: Globalplanet.news

Untuk menikmati keindahan pusat kota Kabupaten Ogan Komering Ilir, Anda bisa menyusuri sungai yang lokasinya ada di kecamatan kota Kayu Agung ini. Bangunan tua peninggalan jaman belanda ini bisa disaksikan saat menyusuri sungai komering sebagai salah satu cara menikmati cagar budaya.

Keindahan sungai komering ini juga bisa Anda saksikan dimalam hari lengkap dengan gemerlap lampu kota yang sangat memukau. Maka tidak heran jika ada banyak pengunjung yang tertarik mengunjungi sungai komering di malam hari.

Lokasi: Sungai Komering, Kab. Ogan Komering Ilir.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Banyuasin Terbaru & Terhits Dikunjungi

12. Rumah Limas 100 Tiang

Rumah Limas 100 Tiang

Image Credit: Tribunnews.com

Salah satu cagar budaya yang dilestarikan di Kabupaten Ogan Komering Ilir ini adalah Rumah Limas 100 Tiang. Rumah yang didirikan oleh pangeran Redjed Wiralaksana ini sudah berusia lebih dari 200 tahun. Karena tempat ini syarat dengan sejarah dan budaya maka pemerintah menjadikannya sebagai tempat yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Ada banyak ukiran khas Arab dan Cina, menambah cantiknya tempat ini.

Rumah Limas dibangun berdasarkan permintaan dari calon mertua Redjed Wiralaksana, yang menginginkan sebuah rumah dengan 100 tiang. Lokasi rumah limas berada di Desa Sugih Warah tepatnya di Kecamatan Teluk Gelam atau hanya 20 meter saja dari Sungai Komering. Bahkan di depan rumah, para wisatawan bisa langsung menikmati sejuknya sungai Komering yang mengalir tepat di depan rumah limas 100 tiang.

Lokasi: Muara Telang, Kec. Teluk Gelam, Kab. Ogan Komering Ilir.

13. Sungai Babatan

Sungai Babatan

Image Credit: Mongabay.co.id

Sungai babatan merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi bagi para pelancong yang menghabiskan waktu di Sumatra Selatan tepatnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Di sini Anda bisa menyaksikan para nelayan yang sedang mencari ikan atau mungkin Anda juga bisa berkesempatan untuk mencoba memancing di sungai babatan.

Di tepi sungai babatan biasanya banyak even yang diselenggaran oleh pemerintah maupun swasta. Tentunya hal ini semakin membuat sungai babatan banyak dikunjungi wisatawan. Dengan menyusuri sungai babatan ini Anda akan semakin merasakan betapa cantiknya kabupaten Ogan Komering Ilir di Sumatra Selatan ini.

Lokasi: Pancawarna, Kec. Pedamaran Timur, Kab. Ogan Komering Ilir.

14. Sungai Jeruju

Sungai Jeruju

Image Credit: Wiwindi.blogspot.com

Destinasi wisata sungai memang cukup banyak di kabupaten Ogan Komering Ilir, yang menjadi magnet cukup kuat adalah sungai jeruju di kecamatan Cengal. Di sekitaran sungai ini ada banyak masyarakat Desa sungai pasir yang mendiami kawasan ini. Cukup unik karena para penduduk hidup di atas rumah pangging di atas sungai.

Disini ada banyak bangunan adat yang masih dilestarikan sampai saat ini sebagai cara untuk melestarikan budaya nenek moyang. Anda bisa menyewa perahu warga untuk menikmati berbagai bangunan unik khas warga sungai pasir.

Lokasi: Kec. Cengal, Kab. Ogan Komering Ilir.

15. Suaka Margasatwa Padang Sugihan

Suaka Margasatwa Padang Sugihan

Image Credit: Kompasiana.com

Salah satu tempat konservasi gajah yang bisa Anda kunjungi di wilayah Sumatra Selatan adalah Suaka Margasatwa Padang Sugihan. Berbatasan langsung dengan kabupaten Banyuasin, Anda bisa mengunjungi langsung tempat ini sebagai salah satu cara untuk mendukung pelestarian hewan terutama gajah.

Tempatnya sangat sejuk dan alami sehingga membuat perasaan jadi lebih tenang. Beberapa aktifitas bisa Anda lakukan bersama gajah seperti memandikan gajah dan memberinya makan.

Lokasi: Kec. Muara Padang, Kab. Banyuasin.

Itulah 10 tempat wisata di Ogan Komering Ilir yang bisa dijadikan referensi liburan Anda selanjutnya.