30 Tempat Wisata di Padang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata Padang

Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Padang, Sumatera Barat. Destinasi Wisata Alam Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Patut Anda Kunjungi Saat Liburan.

Jika mendengar nama Padang, rendang, legenda Malin Kundang, dan cerita Siti Nurbaya pasti menjadi hal pertama yang terlintas di pikiran. Padang memang tidak akan jauh dari kuliner ternamanya yakni rendang. Namun, Padang juga memiliki sejuta pesona wisata yang indah dan menakjubkan. Mulai dari wisata alam hingga wisata buatan, tersedia lengkap di Padang.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alamnya yang memesona, berikut diulas 30 rekomendasi tempat wisata di Padang yang wajib Anda kunjungi.

1. Pantai Pasumpahan

Pantai Pasumpahan
Image Credit: Google Maps (Gito Pramagista)

Kekayaan alam di Indonesia memang tidak ada habisnya. Salah satu yang akan dibicarakan adalah Pantai Pasumpahan. Wisata bahari ini digadang gadang sebagai Pulau Maldives Indonesia. Bagaimana tidak, jernihnya warna air laut bersandingan dengan pasir putih yang begitu bersih. Kedua unsur tersebut berhasil menjadi perpaduan sempurna Pantai Pasumpahan.

Di sekitaran wisata Pasumpahan ini, Anda bisa melihat rumah rumah penduduk lokal yang mayoritasnya bermata pencaharian sebagai nelayan. Wisata Bahari Pasumpahan sangat cocok dikunjungi untuk Anda yang ingin mengasingkan diri dari hiruk pikuk kota. Saking indahnya, pantai yang terletak di Padang, Sumatera Barat ini cocok dinaikkan level menjadi wisata dunia terapik.

Pantai ini sendiri terletak di Kecamatan Bungus, Teluk Kabung, Padang. Bagi Anda yang pernah mendengar nama wisata Pulau Sikui, maka letaknya berdekatan dengan Pantai Pasumpahan ini. Untuk bisa mengunjungi wisata bahari ini, Anda bisa menempuh perjalanan dengan menaiki perahu yang ada di Dermaga Teluk Bungus dan Dermaga Sungai Pisang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sungai Pisang, Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

2. Jam Gadang

Jam Gadang
Image Credit: Reservasi.com

Siapa yang tidak mengenal nama tempat wisata yang satu ini? Jam Gadang adalah salah satu ikon dari Padang yang terletak di Bukittinggi. Jam Gadang adalah ikon wisata yang merupakan peninggalan pada saat penjajahan Belanda.

Ikon Sumatera Barat ini memiliki catatan sejarah yang panjang dan menarik untuk diulas. Tempat wisata ini memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya terkenal di kalangan wisatawan. Angka yang ada di Jam Gadang ditulis dengan menggunakan huruf romawi. Namun, angka 4 ditulis dengan III. Jika pengunjung berkunjung kesini, ada beberapa tempat wisata di seputar Jam Gadang yang juga cocok untuk dikunjungi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Bukittinggi – Payakumbuh, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

3. Banto Royo

Banto Royo
Image Credit: Kaba12.com

Di Banto Rayo, pengunjung bisa menikmati suasana berjalan di atas papan yang mengelilingi perairan dan hutan bakau. Suasana asri dan sejuk berhasil memikat para wisatawan untuk berkunjung ke Banto Rayo.

Hamparan tanaman bakau dan perairan yang indah, membuat pengunjung betah berlama – lama disini. Sembari berjalan di atas papan, Anda bisa mengambil foto yang keren dan instagramable. Meski terbilang cukup baru, pengunjung Banto Rayo membludak saat akhir pekan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaluang Tapi, Koto Tangah, Kec. Tilatang Kamang, Kab. Agam, Sumatera Barat.

4. Air Terjun Sarasah

Air Terjun Sarasah
Image Credit: Instagram.com @__apriliyalita

Wisata alam yang satu ini lebih dikenal dengan nama Sarasah Barasok. Sarasah dalam bahasa Padang memiliki arti air terjun, sedangkan Barasok berarti berasap. Sesuai dengan namanya, wisata alam Air Terjun Sarasah ini tampak seperti asap yang mengepul jika dari kejauhan. Hal ini dikarenakan debit aliran air yang mengucur begitu keras dan setinggi 20 meter.

Air Terjun yang terletak di daerah Banja Loweh, Kabupaten Lima Puluh Kota, menawarkan begitu banyak pesona alam yang sayang jika dilewatkan. Bisa dikatakan, wisata yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai wisata petualangan. Pasalnya, untuk bisa menuju ke lokasi air terjun Anda diharuskan untuk menempuh perjalanan dengan medan yang cukup terjal.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Koto Baru, Indarung, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

5. Pantai Padang

Pantai Padang
Image Credit: Pariwisata.padang.go.id

Bagi orang minang, nama Pantai Padang terdengar sedikit asing. Hal ini dikarenakan orang Minang menyebutnya dengan sebutan TapLau. TapLau adalah salah satu pantai yang terletak di Padang dengan hamparan pasir putih yang indah dan aneka bunga cantik yang berada di sekitarnya.

Letak Pantai Padang berdekatan dengan Ramayana Plaza Andalas, Pasar Raya Padang, dan juga Jembatan Siti Nurbaya. Di area sekitar pantai, pengunjung bisa menikmati lezatnya kuliner seafood yang diolah dengan rempah khas Padang. Kepopuleran Pantai Padang sudah menyebar hingga ke seluruh negeri. Jadi jika Anda berkunjung ke Padang, Pantai Padang patut untuk Anda kunjungi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purus, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat.

6. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya
Image Credit: Plesirankotatua.blogspot.com

Bagi orang Indonesia, nama Siti Nurbaya tentu sudah tidak asing lagi. Kisahnya yang begitu fenomenal dan menyebar hingga ke seluruh tanah air, membuat namanya diabadikan sebagai nama sebuah jembatan. Jika di malam hari, Jembatan Siti Nurbaya akan penuh dengan orang – orang yang berkunjung sembari menikmati kuliner yang ada di sekitarnya.

Di sepanjang jembatan, pengunjung bisa menemukan berbagai penjual yang menjajakan aneka macam makanan. Jika Anda datang kesini, roti bakar yang berada di lokasi jembatan wajib banget untuk dicoba. Jembatan Siti Nurbaya yang populer ini terletak di dekat Pantai Padang dan Pasar Raya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kp. Batu, Batang Arau, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat.

7. Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam
Image Credit: Instagram.com @ridhonovlizar

Satu lagi wisata alam air terjun di Padang yang patut Anda kunjungi, yakni Lubuk Hitam Waterfall. Berbeda dengan wisata air terjun pada umumnya, Lubuk Hitam Waterfall merupakan air terjun bertingkat dengan aliran airnya yang jernih. Ketika mengunjungi wisata ini, Anda akan menjumpai keberadaan air terjun dalam tiga tingkat yang sangat unik.

Saking uniknya, tiga tingkatan air terjun ini masing masing memiliki karakteristik yang berbeda beda. Dua tingkatan pertama ketinggiannya mencapai 2 meter. Tingkatan kedua air terjun ini memiliki ketinggian 10 meter. Kedua tingkatan ini sangat mudah dijangkau karena memiliki jalur yang rendah dan tidak terlalu menanjak. Pesonanya pun sangat indah dan eksotis.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tebing Tinggi Terbaru & Terhits Dikunjungi
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

8. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Pasir Jambak juga tidak kalah indahnya dari Pantai Padang. Terletak di Tabing, Pantai Pasir Jambak cocok banget dikunjungi saat akhir pekan tiba. Lokasinya pun hanya sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Padang. Pesona Pantai Pasir Jambak terletak pada pasir putihnya, tempat yang cukup landau, dan pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati disini antara lain rumah makan, homestay, gazebo, hingga area parkir yang luas dan aman. Jika Anda ingin kesini, disarankan pada waktu senja agar bisa melihat keindahan matahari yang sedang terbenam.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Teratai, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

9. Masjid Tuo Kayu Jao

Masjid Tuo Kayu Jao
Image Credit: Wikipedia.org

Ingin melihat bukti sejarah perkembangan Islam di Padang? Masjid ini bisa menjadi tujuan yang paling tepat. Sebagai informasi, Masjid Tuo Kayu Jao adalah masjid tertua yang ada di Minangkabau. Usia masjid ini sudah mencapai 400 tahun bahkan lebih.

Terletak di lokasi yang eksotis dan strategis, Masjid Tuo Kayu Jao memiliki bentuk bangunan yang unik. Jika Anda berkunjung ke Padang, tempat ini layak untuk dikunjungi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun 3, Kayu jao, Kec. Gunung Talang, Kab. Solok, Sumatera Barat.

10. Lubuk Paraku

Lubuak Paraku
Image Credit: Instagram.com @beyubaystory

Selagi menapakkan kaki di Kota Padang, sempatkanlah untuk mengunjungi kolam Lubuak Paraku. Lokasi ini berupa kolam dengan air yang berwarna biru dan sangat jernih. Suasana semakin teduh tatkala rerimbunan pohon di sekeliling lokasi bergoyang diterpa angin. Wisata yang satu ini masih belum banyak dilakukan perubahan, sehingga suasananya masih sangat asri.

Kolam yang sudah ada sejak zaman kolonial ini telah ditetapkan sebagai destinasi wisata alam primadona pada tahun 80an. Tak heran suasana asri yang masih perawan begitu kental terasa. Bahkan, keindahan dan pesona dari Lubuak Paraku ini pamornya seakan tidak tinggal kenangan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan luar kota yang datang ke Lubuak Paraku.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Indarung, Kec. Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat.

11. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
Image Credit: Commons.wikimedia.org

Pantai yang ada di Padang memang terkenal dengan keindahannya. Tempat wisata ini sangat cocok untuk didatangi bersama dengan keluarga. Ombaknya tidak terlalu besar ditambah dengan hamparan pasir putih yang indah dan menakjubkan.

Pengunjung diizinkan untuk bermain air dan berenang disini, namun tidak boleh melebihi garis batas yang dapat membahayakan nyawa. Jika sudah selesai dengan aktifitas airnya, pengunjung bisa langsung menikmati beragam sajian kuliner yang enak dan lezat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Padang – Painan, Teluk Bayur, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

12. Pasar Atas Bukittinggi

Pasar Atas Bukittinggi
Image Credit: Wikipedia.org

Pasar ini sudah menjadi incaran wisatawan sejak dulu. Di Pasar Atas Bukittinggi, Anda bisa menemukan beragam makanan lokal khas Padang yang bisa dicicipi atau dibawa pulang untuk oleh – oleh.

Banyak wisatawan domestic dan mancanegara yang pergi ke Pasar Atas Bukittinggi untuk membeli oleh – oleh khas Padang. Mulai dari makanan tradisional hingga modern dijual dengan harga yang relative terjangkau. Jadi jika Anda sedang berlibur dengan sistem low budget, Pasar Atas Bukittinggi bisa menjadi pilihan yang tepat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cindua Mato No.116, Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

13. Bukit Nobita

Bukit Nobita
Image Credit: Instagram.com @erwinmayunda

Kota Padang dihebohkan dengan keberadaan destinasi wisata baru yang patut untuk dikunjungi. Wisata yang baru dibuka ini dikatakan memiliki kemiripan dengan bukit yang ada di latar belakang sekolah tokoh kartun Nobita Doraemon. Dari atas bukit, Anda akan melihat pemandangan seantero kota Padang yang begitu memukau.

Meski terbilang wisata baru, penduduk sekitar tidak ingin kelewatan untuk menikmati pesona Kota Padang di malam hari. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Bukit Nobita adalah di malam hari, di mana kelap kelip lampu kota menyala begitu meriahnya. Meskipun perjalanan menuju ke Bukit Nobita cukup terjal, namun rasa lelah akan dibayar seketika dengan pesona view menarik.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kp. Jua Nan XX, Kec. Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat.

14. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis
Image Credit: Pariwisata.padang.go.id

Masih ingat cerita legenda Malin Kundang yang populer itu? Meski cerita yang berkembang di masyarakat ini hanyalah mitos belaka, namun pelajaran dan hikmah yang baik dapat diambil dari cerita masyarakat ini.

Batu Malin Kundang yang terkenal ada di Pantai Air Manis ini. Lokasi pantai yang dekat dengan Pelabuhan Teluk Bayur, membuat pengunjung sering kemari karena akses jalannya yang mudah untuk dilalui. Aktifitas yang biasa dilakukan disini adalah bermain air, berenang, hingga berfoto di dekat batu Malin Kundang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Malin Kundang, Air Manis, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat.

15. Goa Batu Kapal

Goa Batu Kapal
Image Credit: Sumbar.antaranews.com

Tempat wisata yang terdiri dari gugusan stalaktit dan stalagmite cantik ini juga patut untuk Anda kunjungi. Lokasinya berada di area perkebunan sawit terbesar di Solok Selatan. Goa Batu Kapal adalah salah satu tempat wisata andalan yang hits banget di daerah Sumatera Barat.

Hiasan stalagmit dan stalagtit yang menakjubkan juga terpancar dengan jelas di dalam Goa Batu Kapal. Meski untuk mencapai goa ini dibutuhkan waktu dan kerja keras, pemandangan yang ada di goa membuat pengunjung kagum dan takjub.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Kunyit Barat, Kec. Sangir Balai Janggo, Kab. Solok Selatan, Sumatera Barat.

16. Danau Cimpago

Danau Cimpago
Image Credit: Instagram.com @charlie_ch_legi

Teruntuk Anda yang sedang mencari wisata alternatif keluarga, Danau Cimpago dapat menjadi destinasi yang sangat tepat. Danau seluas 2 hektar ini awalnya dipergunakan untuk saluran drainase pengendali banjir Kota Padang, namun dengan penataan yang apik Danau Cimpago berubah menjadi destinasi wisata keluarga yang patut dikunjungi.

BACA JUGA:  Masjid Raya Sumatera Barat, Masjid Megah & Unik yang Dirancang Tahan Gempa

Saat musim liburan datang, Danau Cimpago akan ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah yang sekedar ingin mengisi waktu luangnya. Selain menikmati pemandangan danau, para pengunjung bisa mencoba beberapa wahana air yang seru. Adapun wahana yang ditawarkan mulai dari sepeda air, sepeda bebek, perahu, dan masih banyak lagi.

Selain wahana air, ada pula beberapa spot foto unik yang bisa dijadikan latar belakang bidikan gambar. Pesona dari Danau Cimpago ini semakin lengkap dengan adanya beberapa warung kecil yang menjajakan kuliner Padang. Untuk anak anak, ada beberapa fasilitas ramah anak seperti mobil mobilan yang bisa disewa.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kel. Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

17. Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan
Image Credit: Wisatapulausumaterabarat.com

Hamparan pulau yang menakjubkan dengan dikelilingi perairan yang indah cocok banget untuk Anda kunjungi. Meski hanya berupa pulau kecil, pesona yang ditawarkan oleh Pulau Pamutusan memang patut diacungi jempol.

Tidak hanya bisa menikmati pemandangan daratnya saja, pengunjung juga bisa melakukan snorkeling ria dan melihat keindahan bawah laut yang mengagumkan. Terumbu karang yang ada di Pulau Pamutusan memang rugi jika tidak dilihat secara langsung. Keanekaragaaman biota laut yang beragam dan indah juga memanjakan mata para pengunjung.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Pinang, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

18. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak
Image Credit: Booking.com

Satu lagi pulau yang cantik banget di Padang adalah Pulau Cubadak. Kepopuleran Pulau Cubadak sudah terkenal hingga ke mancanegara. Keasrian lingkungan sekitar dan hamparan pasir putih juga menambah keindahan dari Pulau Cubadak.

Beragam aktifitas bisa dilakukan disini, mulai dari memancing, snorkeling, hingga naik perahu bisa dilakukan disini. Untuk biaya masuknya, pengunjung tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Jadi, liburan hemat dan menyenangkan bisa terwujud dengan mengunjungi Pulau Cubadak.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Cubadak, Ampang Pulai, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

19. Manasik Haji di Miniatur Makkah

Manasik Haji di Miniatur Makkah
Image Credit: Instagram.com @nikolascestuje

Padang tak henti hentinya memberi kejutan berupa wisata alamnya yang memukau. Salah satunya adalah Miniatur Kota Makkah. Masyarakat setempat mengenal wisata ini sebagai Miniatur Mekah Mini di Lubuk Minturun Padang. Sesuai dengan namanya, destinasi yang satu ini menyuguhkan gambaran tanah suci Mekah dalam versi mini.

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, Miniatur Kota Mekah ini juga sering digunakan sebagai lahan manasik haji. Berbagai koleksi satwa seperti unta, aneka jenis ikan, dan ular piton juga semakin menambah daya tarik tersendiri. Inilah alasan mengapa wisata Manasik Haji Di Miniatur Makkah ini patut dikunjungi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

20. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman
Image Credit: Wikipedia.org

Museum Adityawarman adalah jawaban yang paling tepat bagi para pengunjung yang ingin belajar dan mengetahui budaya Minangkabau. Tempat wisata yang kental dengan sejarahnya ini didirikan pada tahun 1977.

Nama Adityawarman sendiri diambil dari salah satu raja Malayapura yang menjabat pada abad ke – 14. Sebagai infomasi, Museum Adityawarman dijuluki sebagai Taman Mini Sumatera Barat. Fasilitas dan keunikan yang ditawarkan pada museum ini pun kurang lebih sama dengan yang ada di Taman Mini Indonesia Indah. Di museum ini, pengunjung bisa menikmati dan mempelajari sejarah, kebudayaan, dan tradisi suku Minangkabau.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Diponegoro No.10, Belakang Tangsi, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

21. Pantai Caroline

Pantai Caroline
Image Credit: Inspirock.com

Jika Anda singgah ke Padang, Pantai Caroline wajib banget untuk masuk ke bucketlist anda. Berada sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Padang, Pantai Caroline dapat dijangkau dengan menggunakan angkutan yang menuju ke arah Bungus.

Beragam fasilitas yang ada di Pantai Caroline antara lain cottage, penginapan, restoran, panggung kesenian, hingga taman bermain khusus anak – anak. Bagi wisatawan yang ingin melihat pantai lebih dekat, bisa menyewa motor boat atau perahu milik para nelayan. Jika beruntung, saat cuaca cerah pengunjung bisa melihat hamparan awan biru di langit yang seakan bercengkerama dengan pantai Caroline. Ombak yang memecah pantai bergeser ke tepi hingga menyisakan buih – buih diatas pasir pantai yang kecoklatan.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah rindangnya pohon dan kawasan landau yang indah. Pada dasarnya, Pantai Caroline menyimpan sejuta potensi laut yang terbilang cukup baik jika dibandingkan dengan pantai lainnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

22. Pemandian Lubuk Minturun

Pemandian Lubuk Minturun
Image Credit: Facebook.com (Feni Efendi)

Daerah Lubuk Minturun, Padang mempunyai ragam objek wisata yang patut dikunjungi, salah satunya adalah pemandian alamnya. Di lokasi ini Anda akan menjumpai beragam vegetasi tumbuhan yang sengaja ditanam untuk menambahkan suasana yang asri. Tanaman hias yang berwarna warni dan bibit buah buahan juga bisa Anda temukan di sana.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Minturun, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

23. Danau Biru

Danau Biru
Image Credit: Raunsumatra.com

Danau yang terletak di Sawahlunto ini juga wajib banget buat Anda kunjungi. Bekas galian tambang yang berhasil berubah menjadi salah satu destinasi wisata yang paling hits di Kota Padang.

Danau buatan ini berhasil menampung air yang berwarna biru indah dan luas. Banyak wisatawan domestic maupun mancanegara yang datang kesini untuk menikmati pemandangan alam yang indah. Dengan hamparan dedaunan hijau dan panorama yang keren banget, dijamin para pengunjung akan sangat menyukai tempat wisata ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tumpuak Tangah, Kec. Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

24. Pulau Sikuai

Pulau Sikuai
Image Credit: Skyscanner.co.id

Sama halnya dengan pulau-pulau lainnya yang ada di Padang, Pulau Sikuai juga layak untuk dikunjungi saat berkunjung ke Padang. Suasana sekitar yang indah dengan hamparan pasir pantai yang menakubkan, tidak heran jika banyak pengunjung yang menghabiskan waktu berliburnya untuk mengunjungi pulau ini.

BACA JUGA:  Indahnya Lembah Harau, Bentang Alam Dikelilingi Tebing Megah di Lima Puluh Kota

Pulau Sikuai terkenal menjadi salah satu destinasi honeymoon bagi para pasangan yang baru menikah. Untuk sampai ke lokasi ini, pengunjung harus menempuh perjalanan selama 35 menit dengan menggunakan perahu. Keunikan dari Pulau Sikuai adalah banyaknya ikan yang berenang ke tepian. Dengan begitu, pengunjung bisa memancing dengan nyaman.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Sikuai, Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

25. Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik
Image Credit: Instagram.com @dedey_supriyadi

Banyak wisatawan yang mengunjungi Sitinjau Lauik untuk menikmati pemandangan gradasi langit yang terlihat jelas indahnya. Sitinjau Lauik merupakan wisata alam di Padang berupa bukit hijau yang begitu memesona. Mengunjungi Sitinjau Lauik, Anda bisa melihat keindahan Kota Padang yang berhias langit biru putih yang begitu eksotis.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Selayo – Padang, Indarung, Kec. Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat.

26. Danau Maninjau

Danau Maninjau
Image Credit: Infofotografi.com

Sumatera Barat memang menyimpan banyak pesona wisata alam yang indah dan menakjubkan. Danau Maninjau adalah salah satu bukti keindahan wisata alam yang ada di Padang. Meski harus menempuh perjalanan yang cukup panjang untuk bisa sampai disini, rasa penat pengunjung saat perjalanan akan terbayar lunas saat sudah sampai ke Danau Maninjau.

Pada dasarnya, Danau Maninjau terbentuk akibat aktifitas letusan gunung Sitinjau yang menggelegar. Di danau ini, pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan hamparan bukit yang indah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Danau Maninjau, Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam, Sumatera Barat.

27. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat
Image Credit: Flickr.com @Jonny Yandri Guci

Wisata religi yang satu ini selalu penuh dengan pengunjung yang berasal dai berbagai daerah. Bangunan masjid yang unik dan tradisional khas Minangkabau, membuat para pengunjung takjub saat pertama kali menginjakkan kaki di Masjid Raya Sumatera Barat.

Dengan keunikan dan pesonanya, Masjid Raya Sumatera Barat juga menjadi salah satu saksi kejayaan agama Islam di daerah Sumatera Barat. Pada bulan ramadhan, Masjid Raya Sumatera Barat menjadi salah satu destinasi wisata di Padang yang paling banyak dikunjungi. Terlebih jika Anda datang pada saat ngabuburit, ratusan bahkan ribuan pengunjung akan datang untuk menikmati keindahan dan keagungan dari Masjid Raya Sumatera Barat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

28. Pulau Sirandah

Pulau Sirandah
Image Credit: Google Maps (FDLN)

Pulau Sirandah merupakan surga bagi mereka pencinta diving dan snorkelling. Bukan tanpa alasan, air laut yang begitu jernih menampilkan pesona alam bawah laut yang begitu ciamik. Tak heran, Pulau Sirandah dijadikan sebagai salah satu wisata unggulan Kota Padang. Daya tarik Pulau Sirandah semakin bertambah dengan adanya potensi Pulau Ular dan Pulau pandan yang berdekatan.

Pulau tropis ini sangat bersahabat bagi para traveller yang hendak berkemah di pesisir pantai. Untuk bisa mengunjungi Pulau Sirandah, Anda bisa memulai perjalanan dari Dermaga Bungus atau dari Dermaga Sei Pisang dengan menggunakan perahu. Kira kira waktu yang dibutuhkan untuk bisa mencapai Pulau Sirandah sekitar 60 menit saja.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

29. Air Terjun Tiga Tingkat

Air Terjun Tiga Tingkat
Image Credit: Ttnotes.com

Air terjun yang terletak di Desa Koto ini sangat cocok untuk dikunjungi para wisatawan saat berkunjung ke daerah Padang. Meski belum setenar wisata lainnya, Air Terjun Tiga Tingkat wajib banget dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin melepas penat dari aktifitas sehari – hari yang melelahkan.

Wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh orang – orang yang suka berpetualang. Meski untuk mencapai ke titik air terjun harus melalui jalanan yang terjal dan licin, pengunjung akan dibuat puas setelah melihat keindahannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Kabung Utara, Kec.Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

30. Lembah Anai dan Lembah Harau

Lembah Anai dan Lembah Harau
Image Credit: Beritagar.id

Nama Lembah Anai sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Letaknya yang cukup strategis yakni di tepi Jalan Raya Padang, pengunjung bisa menemukan Lembah Anai bisa mudah ditemukan oleh para pengunjung.

Karena aksesnya yang mudah ditemukan, Lembah Anai sering dijadikan tujuan para wisatawan yang hanya berlibur sebentar di Padang. Jika Anda berkunjung ke Padang, Lembah Anai wajib banget buat Anda kunjungi.

Selain Lembah Anai, lembah lain yang tidak kalah populer adalah Lembah Harau. Lembah Harau sudah sejak lama menjadi salah satu objek wisata paling populer se-antero Padang. Tempatnya yang fotogenic, membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung ke Lembah Harau. Selain menjadi tempat wisata, Lembah Harau sudah menjadi cagar alam yang populer sejak tahun 1993.

Lembah Harau menjadi rumah bagi para tumbuhan hutan hujan tropis yang keberadaannya sudah semakin langka.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tarantang, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Destinasi wisata favorit di Padang tersebut menyimpan sejuta pesona yang indah dan menakjubkan. Dimulai dari wisata alamnya, hingga wisata buatan yang mengangumkan. Terlepas dari wisatanya, Padang juga menyimpan beraga cerita bersejarah yang patut untuk diulas. Sejarah, budaya, dan tradisi Minangkabau bisa dilihat di museum – museum yang ada di Padang.

Tidak hanya menonjol pada wisata alam dan sejarahnya saja, Padang juga kental terhadap wisata kulinernya. Beragam kuliner lezat dan nikmat tersaji lengkap di Padang. Mulai dari kuliner tradisional hingga modern, pengunjung bisa dengan mudah menikmatinya. Salah satu kuliner khas Padang yang kepopulerannya hingga ke luar negeri adalah rendang. Bahkan, kuliner rendang telah banyak diinovasikan menjadi beraga kuliner lain.

Itukalah daftar rekomendasi tempat wisata di Padang yang wajib banget buat Anda kunjungi. Meski tidak sepopuler Bali, wisata yang ada di Padang patut diacungi jempol. Padang juga menjadi pilihan para traveller backpacker yang ingin berkeliling Kota Padang dengan mengandalkan low budget. Padang menjadi salah satu bukti keindahan dan kekayaan alam Indonesia.