Sumatra Barat

10 Tempat Wisata di Padang Panjang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Temukan Tempat Wisata Favorit di Padang Panjang, Sumatera Barat. Objek Wisata Alam & Bahari Terbaru, Kekinian, Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat ingin Menghabiskan Liburan.

Padang Panjang meupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Kota ini juga memilki wilayah yang cukup luas serta dijuluki sebagai Egypte Van Andalas yang pernah menjadi pusat pemerintahan Sumatera Barat pada masa kependudukan Belanda. Padang Panjang terletak sejauh 97,7 km dari kota Padang, yang meruapakan ibu kota dari Provinsi Sumatera Barat.

Padang Panjang mungkin terlihat seperti kota kecil bagi beberapa orang, namun jangan salah sangka jika di kota ini memiliki potensi yang besar untuk menjadi destinasi wisata terfavorit yang mungkin menarik banyak wisatawan. Dibawah ini 10 tempat wisata populer yang ada di Padang Panjang.

1. Air Terjun Lembah Anai

Image Credit: Indonesiakaya.com

Air Terjun Lembah Anai merupakan tempat wisata populer yang ada di Padang Panjang. Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini kamu harus melakukan perjalanan sejauh kurang lebih 66, 4 km dari kota Padang melalui jalan raya Padang-Bukittinggi. Air Terjun Lembah Anai juga menawarkan pemandangan yang indah serta menyejukkan, karena berada di Lembah Anai, yang juga menjadi kawasan hutan lindung di kota Padang Panjang.

Objek wisata ini sangat cocok untuk pengunjung yang senang melihat air terjun serta mengamati alam secara lebih terbuka. Bahkan tempat wisata ini memiliki julukan “Anugerah Sang Maha Agung” yang membuatnya menjadi makin populer dengan sebutannya.

Lokasi: Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kab. Tanah Datar.

2. Wisata Lubuk Kucing

Wisata Lubuk Kucing

Image Credit: Wisato.id

Destinasi Wisata yang kedua ini telah menjadi ikon di kota Padang Panjang. Wisata Lubuk Kucing terletak di Kelurahan Pasar Usang, Kecamatan Padang Panjang Barat. Destinasi wisata ini juga menawarkan keindahan alam yang sangat asri sehingga mampu memikat pengunjungnya.

Lubuk Mata Kucing ini mungkin bisa menjadi tempat terapi bagi seseorang yang sedang dilanda frustasi yang membutuhkan ketenangan. Para pengunjung bisa mengunjungi Wisata Lubuk Kucing dengan melalui jalur darat yaitu menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Untuk harga tiketnya cukup terjangkau yaitu hanya Rp 2.000 per orang.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Pesisir Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Pasar Usang, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

3. Goa Batu Batirai

Goa Batu Batirai

Image Credit: Pituluik.com

Tempat wisata yang ketiga ini terletak di Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat. Nama “Batirai” diambil karena di dalam goa itu terdapat banyak susunan stalagmit dan stalaktit yang menyerupai bentuk seperti tirai. Oleh karena itulah berkunjung di Goa Batu Tirai menjadi sebuah kewajiban bagi traveller ketika menginjakkan kaki di kota Padang Panjang.

Goa Batu Batirai sudah menjadi mahakarya dari Tuhan yang mampu membuat banyak orang terkesan. Pengunjung bisa berkunjung di Goa Batu Batirai dengan menggunakan jalur darat. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini hanyalah sebesar Rp 4.000 per orang.

Lokasi: Kampung Manggis, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

4. Air Terjun Tujuh Tingkat

Air Terjun Tujuh Tingkat

Image Credit: Sumbar.travel

Tempat wisata yang keempat ini berlokasi di Silaing Bawah, kecamatan Padang Panjang Barat. Air Terjun Tujuh Tingkat menawarkan pemandangan air terjun yang tak kalah bagus dengan air trejun di Lembah Anai, karena memilki air yang sangat jernih serta suasana alam yang asri di sekitarnya. Dan tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang menyukai wisata alam bebas.

Biasanya di tempat ini banyak sekali komunitas pecinta alam yang berkunjung untuk merasakan pengalaman ekstrem dari kawasan air terjun yang terjal. Pengunjung bisa berkunjung ke tempat wisata ini dengan menggunakan jalur darat. Untuk bisa memasuki kawasan wisata ini diperlukan biaya sebesar Rp 2.000 per orang.

Lokasi: Silaing Bawah, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

5. Desa Wisata Kubu Gadang

Desa Wisata Kubu Gadang

Image Credit: Harianhaluan.com

Objek wisata yang kelima adalah Desa Wisata Kubu Gadang yang berlokasi di JL. H. Miskin, Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur. Desa Wisata Kubu Gadang juga memiliki julukan “Primadona Baru” yang membuatnya menjadi mudah dikenali dengan sebutan seperti ini.

Uniknya tempat wisata ini memiliki pasar digital yang menggunakan koin kayu sebagai alat pembayaran untuk membeli suatu barang tertentu.Untuk satu koin kayu dihargai sebesar seribu rupiah, jadi pengunjung hanya perlu menukar uang mereka dengan koin kayu untuk membeli barang di pasar digital.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Padang Lawas Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Di tempat wisata ini juga pengunjung juga bisa berfoto di spot foto sekitarnya. Pengunjung yang ingin berkunjung ke Desa Wisata Kubu Gadang dapat menggunakan akses dari jalur darat. Harga tiket untuk masuk ke tempat wisata ini akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang.

Lokasi: Jl. H. Miskin, Ekor Lubuk, Kec. Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang.

6. Minang Fantasi

Minang Fantasi

Image Credit: Pituluik.com

Tempat wisata yang keenam adalah Minang Fantasi yang berlokasi di Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat. Minang Fantasi merupakan tempat wisata yang menyuguhkan 18 taman bermain untuk water park dan dry park. Tempat wisata ini bisa dijadikan alternatif tempat tujuan untuk liburan karena disini pengunjung bisa menikmati taman sekaligus bermain di water park sehingga menjadikan Minang Fantasi tempat wisata yang populer di kota Padang Panjang.

Minang Fantasi berdekatan dengan kawasan di Bukit Barisan yang juga menyajikan pemandangan hijau nan indah. Pengunjung yang ingin berjunjung ke Minang Fantasi bisa menggunakan jalur darat. Harga tiket masuk yang akan dikenakan ke pengunjung sebesar Rp 4.000 per orang.

Lokasi: Jl. Sutan Syahrir No.252, Silaing Bawah, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

7. Museum Kebudayaan Minangkabau

Museum Kebudayaan Minangkabau

Image Credit: Wikipedia.org

Tempat wisata yang ketujuh adalah Museum Kebudayaan Minangkabau yang berlokasi di Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat. Museum ini menyediakan wisata budaya dan edukasi yang ada di Padang Panjang. Di museum ini pengunjung bisa mempelajari sejarah Suku Minang serta menikmati pemandangan struktur bangunan yang cukup mirip dengan rumah gadang tempat tinggal tradisional Suku Minang.

Bahkan pengunjung juga bisa melihat beberapa referensi mengenai sejarah kebudayaan Minangkabau. Harga tiket masuk yang akan dikenakan ke pengunjung sebesar Rp 3.000 per orang. Pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini bisa menggunakan jalur darat.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Solok Terbaru & Terhits Dikujungi

Lokasi: Komplek PDIKM, Silaing Bawah, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

8. Masjid Asasi Sigando

Masjid Asasi Sigando

Image Credit: Wikipedia.org

Tempat wisata kedelapan adalah Masjid Asasi Sigando yang berlokasi di Silaing Atas, Kecamatan Padang Panjang Barat. Masjid Asasi Sigando tdak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah namun juga untuk tempat wisata yang dijadikan menjadi cagar budaya. Di masjid ini akan dijumpai banyak ukiran-ukiran khas Minangkabau yang berada dibagian luar.

Objek wisata ini merupakan salah satu wisata religi yang ada di kota Padang Panjang. Pengunjung yang ingin berkunjung ke Masjid Asasi Sigando dapat menggunakan akses jalur darat. Untuk dapat masuk ke lokasi tempat wisata ini pengunjung tidak perlu membayar karena tidak akan dikenakan biaya sama sekali.

Lokasi: Jl. Syech Ibrahim Musa No.40, Sigando, Kec. Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang.

9. Stasiun Kereta Api Padang Panjang

Stasiun Kereta Api Padang Panjang

Image Credit: Cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Tempat wisata kesembilan adalah Stasiun Kereta Api Padang Panjang yang berlokasi di Silaing Atas, Kecamatan Padang Panjang Barat. Tempat wisata ini menyuguhkan wisata sejarah yang dibangun oleh Pemerintah Belanda tahun 1989. Bagi pengunjung yang menyukai wisata sejarah, tempat ini bisa menjadi tujuan utama untuk berkunjung.

Untuk bisa mencoba menaiki kereta di stasiun ini pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 per orang. Pengunjung yang ingin berkunjung ke stasiun ini bisa menggunakan jalur darat.

Lokasi: Pasar Usang, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

10. Kampung Budaya Religi

Image Credit: Duakotopas.com

Tempat wisata terakhir adalah Kampung Budaya Religi yang berlokasi di Sigando, Kecamatan, Padang Panjang Timur. Tempat wisata ini menawarkan wisata budaya dan religi dalam satu tempat. Mulanya kampung ini berawal dari peradaban Suku Minang.

Pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket untuk memasuki lokasi tempat wisata ini. Untuk bisa berkunjung ke tempat lokasi ini pengunjung bisa menggunakan akses jalur darat dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Lokasi: Sigando, Kec. Padang Panjang Timur, kota Padang Panjang.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Padang Panjang yang paling populer dan paling hits dikunjungi oleh wisatawan. Untuk itu, sebelum menentukan tempat wisata yang ingin dikunjungi di Padang Panjang pastikan budget yang akan dikeluarkan telah dipertimbangkan sebelumnya.