Sumatra Utara

15 Tempat Wisata di Padang Sidempuan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Kota Padang Sidempuan adalah salah satu kota madya di daerah Sumatera Utara. Nama Padang Sidempuan ini diambil dari kata “padang na dimpu” yang artinya “padang” itu luas, “na” itu yang, kemudian “dimpu” itu tinggi, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Padang Sidempuan ini tempat yang luas dan tinggi. Tidak heran jika destinasi wisata di kota ini memberikan warna dan panorama yang berbeda.

Tentu saja tidak hanya air terjun dan danau saja, namun ada juga wisata modern yang akan membuat mata Anda terpukau. Cobalah kunjungi pada beberapa tempat wisata di Kota Padang Sidempuan berikut ini.

1. Air Terjun Silima-lima

Air Terjun Silima-lima

Image Credit: Okezone.com

Ada sebuah air terjun berlapis yang akan membuat Anda merasa nyaman dan betah di hutan yang penuh sensasi ini. Namun Anda jangan khawatir karena lokasinya sudah lebih memudahkan karena ada anak tangga yang akan mengantar Anda sampai ke air terjun. Setidaknya ada 1000 rute berkelok yang akan membuat olahraga tubuh lebih bagus.

Meskipun berada di tengah hutan namun destinasi wisata ini cocok untuk anak kecil karena rutenya cukup mudah. Hanya saja Anda juga harus siapkan stamina jika harus menggendong hingga ke lokasi. Dari parkiran hingga ke air terjun kurang lebih butuh waktu 45 menit, kalikan saja dengan pulang pergi, setidaknya Anda akan menghabiskan waktu sekitar 3 jam berada di tempat wisata ini.

Lokasi: Maju Mambe, Marancar, Kab. Tapanuli Selatan.

2. Air Terjun Napa

Air Terjun Napa

Image Credit: Winnymarlina.com

Berikutnya ada air terjun kolam yang sangat indah dan memukau. Meski sama sebuah air terjun namun view yang dihadirkan jelas sangat berbeda. Air terjun ini hanya satu tingkat dan berada kecil di sudut kolam. Meski demikian, debit airnya cukup membuat Anda berdecak kagum karena suaranya sangat indah. Belum lagi tambahan udara sejuk yang ada di sekitar lokasi.

Hanya saja kolam airnya agak sedikit dalam, bagi Anda yang membawa anak kecil sebaiknya cari lokasi alam agar kondisi tetap terkendali. Destinasi wisata yang satu ini juga menjadi kegemaran para turis asing yang datang ke Indonesia.

Lokasi: Desa Napa, Kab. Tapanuli Selatan.

3. Danau Siais Batangtoru

Danau Siais Batangtoru

Image Credit: Rentalmedansumut.wordpress.com

Pemandangan yang ada di danau ini juga tidak kalah menarik dengan pemandangan yang ada di air terjun. Meski jalan akses untuk sampai ke lokasi ada beberapa yang rusak dan kurang baik namun suasananya akan membuat Anda merasa hanyut. Mirip dengan suasana asing yang ada di negri barat sana. Syahdu dan menghanyutkan.

Tiket masuk hanya Rp. 5.000,- saja, sangat aman di kantong bukan? Bila Anda membutiuhkan beberapa kudapan juga sudah ada di sekitar lokasi. Hanya saja harga agak mahal, sebaiknya Anda bawa camilan sendiri agar tidak boros.

Lokasi: Rianiate, Kec. Angkola Sangkunur, Kab. Tapanuli Selatan.

4. Istana Raja Najunggal

Istana Raja Najunggal

Image Credit: Winnymarlina.com

Sebuah istana yang besar dan megah, peninggalan Raja Najunggal yang pernah ada di daerah ini sekitar puluhan tahun yang lalu. Sebenarnya, istana ini hanyalah sebuah rumah besar atau rumah godang. Hanya saja, rumah bagi raja tentu luasnya berbeda dari rumah rakyak jelata seperti kita.

Ibaratnya, luasnya macam rumah artis saja dan bukan penduduk biasa yang hanya ngontrak. Di dalam istana ini terdapat banyak tempat menarik yang bisa digunakan untuk bersantai, seperti ruang utama dan taman. Semua disusun seperti istana yang ada pada zaman dahulu.

Lokasi: Kab. Tapanuli Selatan.

5. Aek Sijorni

Aek Sijorni

Image Credit: Kumparan.com

Ini adalah sebuah air terjun bertingkat yang sudah mengalami perubahan modern. Selintas mirip dengan pemandian modern layaknya kolam renang atau wahana water park yang memakan biaya ratusan juta dalam pembuatan. Meski mirip, namun 70% air terjun yang ada di sini alami. Lainnya hanya berupa pemanis saja yang artinya tidak begitu banyak mengeluarkan biaya tambahan.

Destinasi wisata ini cukup ditempuh selama 30 menit dari arah kota. Biasanya, ada biaya Rp. 5.000,- tiap memasuki wilayah baru karena merupakan air terjun bertingkat. Jadi sebaiknya atur waktu dengan baik agar tidak menghabiskan biaya yang cukup banyak hanya untuk menikmati semua wahana air.

Lokasi: Jl. Trans Sumatera Bukittinggi – Padang Sidempuan, Aek Libung, Sayur Matinggi, Kab. Tapanuli Selatan.

6. Danau Tao

Danau Tao

Image Credit: Kompasiana.com

Destinasi wisata yang satu ini dekat dengan pemukiman penduduk sehingga Anda akan melihat binatang ternak yang bebas berkeliaran seperti biri-biri atau domba. Jika Anda suka dengan pemandangan asri semacam ini tentu akan membuat hati merasa tenang dan damai. Hanya saja, masih banyak sampah di sekitar lokasi. Jika Anda merasa kurang nyaman sebaiknya alihkan pandangan pada bukit atau air yang bening kehijauan. Warna hijau itu memantul dari rimbunnya pohon yang ada di sekitarnya.

Lokasi: Batang Onang, Batang Onang Baru, Kab. Padang Lawas Utara.

7. Barumun Sanctuary Wild Life

Barumun Sanctuary Wild Life

Image Credit: Pinangsoritravel.blogspot.com

Berikutnya ada sebuah penangkaran satwa liar yang langka di Indonesia. Beberapa satwa liar tersebut antara lain gajah, siamang dan harimau. Semua hidup liar di alam, hanya saja penuh dengan pantauan agar populasinya tidak punah.

Meski disebut liar dan bebas, ada beberapa pagar besar dan tinggi yang akan memudahkan Anda melihat atau memberi makan satwa tersebut. Jadi meskipun bebas dan liar, satwa tersebut tidak akan menyerang karena sudah diberi pagar keamanan.

Lokasi: Batu Nanggar, Batang Onang, Kab. Padang Lawas Utara.

8. Kebun Bunga Matahari Batang Bahal

Kebun Bunga Matahari Batang Bahal

Image Credit: Winnymarlina.com

Anda suka dengan kuaci? Cemilan yang kecil dan gurih ini salah satunya berasal dari wisata ini loh. Bagi Anda yang suka dengan bunga matahari maka datang ke tempat ini sangat pas dan sesuai. Selain bisa menikmati taman yang indah dan luas, Anda juga dapat mengambil spot penting untuk selfie atau membuat video.

Bunga matahari yang ada di sini sangat cantik dan terawat dengan baik. Bunganya besar dan memukau. Hal unik dari bunga matahari ialah selalu mengikuti sinar matahari, jadi jika pagi menghadap timur sedangkan jika sore menghadap ke barat. Cukup unik bukan?

Lokasi: Padangsidimpuan Batunadua, Kab. Padang Sidempuan.

9. Sampuraga

Sampuraga

Image Credit: Winnymarlina.com

Berikutnya ada sebuah kolam air panas yang berasal dari bumi. Konon, menurut cerita kolam ini berasal dari mata air anak yang durhaka pada ibunya. Entah cerita itu benar atau tidak yang jelas Sampuraga ini belum resmi menjadi tempat wisata. Hanya saja, banyak orang yang datang untuk menyaksikan kolam air panas ini karena penasaran.

Kolam air panas ini milik pribadi sehingga agak kurang terawat dan kotor. Ada beberapa penduduk yang memanfaatkan air kolam ini untuk memasak, misalnya memasak kacang rebus atau jagung rebus. Cukup unik bukan?

Lokasi: Jl. Aek Godang No. 16, Saba Jior, Sirambas, Panyabungan Barat, Kab. Mandailing Natal.

10. Jalan Baru Padang Sidempuan

Jalan Baru Padang Sidempuan

Image Credit: Medanbisnisdaily.com

Hadirnya media sosial membuat beragam tempat mendadak menjadi sebuah tempat wisata. Tidak ketinggalan dengan tempat yang satu ini. Sebuah jalan baru, dengan view persawahan yang sangat indah dan memukau. Cobalah lewat ke daerah Jalan Baru Padang Sidempuan. Ditempat ini Anda bisa kuliner sekaligus menikmati indahnya panorama sawah. Jika bosan, Anda bisa karaoke di dekat area ini, karena cukup dekat dengan kota.

Lokasi: Kec. Batunadua, Kab. Padang Sidempuan.

11. Rumah Kaca Panyabungan

Rumah Kaca Panyabungan

Image Credit: Instagram.com @misrahnurilah15

Ada sebuah rumah kaca yang akan membuat mata Anda terpukau. Bagi yang takut ketinggian sebaiknya melihat dari jauh saja karena berada di rumah kaca ini terasa sangat tinggi dan bisa melihat bawah secara langsung. Tempat ini sangat instable sekali sehingga bagi pecinta fotografer tentu akan sangat menantang. Sebaiknya siapkan kamera dengan batre maksimal agar Anda bisa puas memotret dari segala sudut.

Lokasi: Jl. Willem Iskandar, Parbangunan, Panyabungan, Kab. Mandailing Natal.

12. Sibio-bio

Sibio-bio

Image Credit: Pesonawisataindonesia.com

Sebuah wisata buatan yang sangat instable sekali. Bagi Anda pecinta fotografer tentu sangat suka dengan tempat yang satu ini karena sangat indah. Anda dapat puas foto dengan beragam spot menarik yang sudah disediakan. Kuliner yang ada di tempat ini juga cukup mengenyangkan jadi tidak akan merasa rugi masuk ke wisata ini meski dengan biaya Rp. 15.000,- per kepala. Selain itu, Anda juga dapat menikmati kolam dengan ikan yang sangat cantik.

Lokasi: Desa Sibio-bio, Angkola Timu, Kab. Tapanuli Selatan.

13. Simarsayang

Simarsayang

Image Credit: Lassernewstoday.com

Destinasi wisata yang satu ini menghadirkan pesona yang tidak kalah menarik dengan wisata sebelumnya. Meski hanya sebuah hutan rindang, namun Anda dapat melakukan kegiatan menarik yang memacu adrenalin seperti naik sepeda di atas tali. Tentu saja tali yang ada di sepeda tersebut aman.

Sebelum naik speda, Anda juga harus menggunakan perlengkapan khusus agar tetap aman saat bersepeda. Bagi yang takut akan ketinggian sebaiknya mundur dahulu, atau cukup duduk manis sambil menikmati sajian menu yang ada di sekitar lokasi. View yang ada di Simarsayang sangat indah dan menarik. Anda akan merasa tenang dan damai berada di tempat ini.

Lokasi: Jl. Simarsayang, Kab. Padang Sidempuan.

14. Tugu Salak

Tugu Salak

Image Credit: Instagram.com @explorebangsel

Berkeliling di Kota Padang Sidempuan tentu Anda tidak dapat meninggalkan Tugu Salak begitu saja. Sesuai dengan namanya, kota ini memang memiliki hasil bumi yang cukup bagus terutama untuk buah salak. Sesuai dengan iklim dan cuaca yang ada di kota ini, buah salak pondoh dapat tumbuh subur. Tentu saja harus dengan perawatan khusus dan baik.

Lokasi: Kantin, Padangsidimpuan Utara, Kab. Padang Sidempuan.

15. Perkebunan Buah Naga

Perkebunan Buah Naga

Image Credit: Sipayo.com

Selain buah salak, rupanya, Kota Padang Sidempuan juga memiliki kebuh buah naga yang sangat luas dan banyak. Jika Anda beruntung, maka saat berkunjung dapat mencicip buah naga secara bebas.

Lokasi: Pudun Jae, Padangsidimpuan Batunadua, Kab. Padang Sidempuan.

Itulah 15 tempat wisata di Padang Sidempuan yang akan membuat Anda terpukau dan patut Anda masukkan ke dalam daftar liburan Anda.