Sumatra Selatan

15 Tempat Wisata di Pagar Alam Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika Berencana Liburan ke Pagar Alam, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Pagar Alam, Sumatera Selatan. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Indonesia memiliki banyak objek wisata yang menyajikan pesona keindahan alam serta kebudayaan yang seakan tidak pernah habis untuk di explore. Salah satu destinasi yang wajib anda kunjungi pada saat traveling adalah Kota Pagar Alam. Kota yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Selatan ini dapat menjadi salah satu opsi untuk menghabiskan waktu liburan.

Kota ini diapit oleh pegunungan barisan dan Gunung Dempo, sehingga membuat Kota Pagar Alam memiliki keindahan alam yang menawan, sehingga tersedia berbagai tempat wisata alam yang tentunya akan sangat menyenangkan untuk dikunjungi bersama orang-orang tercinta.

Kota dengan sebutan “Seribu Air Terjun” ini tidak hanya menawarkan destinasi wisata air, tetapi pilihan wisatanya cukup beragam, mulai dari pegunungan, wisata prasejarah sampai dengan wisata kuliner. Berikut 15 pilihan tempat wisata di Pagar Alam yang wajib dikunjungi saat liburan:

1. Dempo Park

Dempo Park

Image Credit: Ourtraveling.id

Tempat wisata ini menyajikan keindahan alam Gunung Dempo lengkap dengan taman bermain anak-anak serta memiliki spot foto yang instagramable bagi anda pecinta selfie. Dengan tiket yang sangat terjangkau sebesar lima ribu rupiah, anda bisa menghirup udara segar pegunungan lengkap dengan pemandangan taman bunga yang dapat memanjakan mata.

Objek wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00. Lokasi wisata ini juga cukup mudah dijangkau karena hanya berjarak 8 kilometer dari pusat kota Pagar Alam. Dengan berbagai fasilitas umum yang disediakan seperti tempat parkir kendaraan yang luas serta toilet umum, menjadikan tempat wisata Dempo Park ini nyaman dikunjungi bersama keluarga.

Lokasi: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam.

2. Green Paradise Pagar Alam

Green Paradise Pagar Alam

Image Credit: Sengpaku.blogspot.com

Green Paradise berlokasi di Dusun Sukarame, Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara ini memiliki pesona alam yang sangat berbeda dengan objek wisata lain yang ada di kota Pagar Alam. Objek wisata ini menawarkan berbagai kegiatan yang dapat anda lakukan selama berada disana bersama teman ataupun keluarga. Pilihan aktivitas seperti berkuda, memanen selada dan juga memberi makan ikan dapat anda lakukan.

Terdapat sebuah air terjun sedang yang berada didalam lokasi green paradise. Telinga kita akan dimanjakan dengan suara gemericik air yang dapat menyegarkan pikiran. Dengan tiket masuk sebesar lima ribu rupiah untuk orang dewasa dan dua ribu lima ratus rupiah untuk anak-anak, menjadikan tempat ini wajib anda kunjungi jika singgah di Kota Pagar Alam.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Prabumulih Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Bumi Agung, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam.

3. Jalur Pendakian Gunung Dempo

Jalur Pendakian Gunung Dempo

Image Credit: Nyero.id

Bagi anda yang gemar mendaki gunung, tidak perlu khawatir. Di Kota Pagar Alam terdapat jalur pendakian Gunung Dempo yang dapat anda jajal bersama teman-teman. Sepanjang jalur pendakian, anda akan disuguhi pemandangan berupa hamparan kebun teh dan perkebunan kopi. Waktu yang diperlukan untuk mencapai puncak gunung sekitar 3-4 jam perjalanan.

Lokasi: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam.

4. Wisata Paralayang Pagar Alam

Wisata Paralayang Pagar Alam

Image Credit: Wisatazainal.wordpress.com

Paralayang Pagar Alam menjadi salah satu spot paralayang yang tersohor di Indonesia dengan fasilitas berstandar internasional. Tempat ini pernah menjadi venue dalam gelaran PON XVI pada tahun 2004. Tempat ini dapat ditempuh dengan perjalanan selama 30 menit dari pusat kota. Take off paralayang berada pada ketinggian 1900 meter diatas permukaan air laut dan merupakan yang terbesar di Indonesia dan dapat menampung 40 orang penerjun.

Lokasi: Tugu Rimau, Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

5. Gunung Dempo Street

Gunung Dempo Street

Image Credit: Detik.com

Wisata yang populer dikalangan remaja ini menyajikan pemandangan alam Gunung Dempo berupa hamparan luas kebun teh di jalan khas pegunungan yang berkelok. Perkebunan teh di Pagar Alam merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. Tempat ini cocok sekali untuk para traveler yang ingin beristirahat sejenak dari perjalanan, sambil ber swafoto di jalan berkelok yang instagramable. Selain itu, pengunjung juga dapat menikamati udara segar pegunungan tanpa dipungut biaya.

Lokasi: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam.

6. Tangga Seribu Pagar Alam

Tangga Seribu Pagar Alam

Image Credit: Pesonakotapagaralam.blogspot.com

Salah satu ikon wisata baru di kota Pagar Alam adalah tangga seribu yang terletak di kawasan kantor pemerintah daerah Kota Pagar Alam. Lokasi ini dapat dijangkau menggunakan transportasi umum seperti angkot maupun becak motor. Bentuk tangga di Tangga Seribu Pagar Alam ini terbilang unik, memiliki lebar sekitar lima meter dan anak tangga yang berundak–undak memanjang dari tempat rendah menuju ke tempat yang lebih tinggi. Di mana pada setiap anak tangganya terdapat sebuah lampu yang akan menyala berkedip–kedip ketika dilewati.

Tiket masuk wisata ini hanya sebesar lima ribu rupiah. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan kebun teh yang menyegarkan mata. Wisata ini cocok dikunjungi bagi anda pecinta fotografi.

Lokasi: Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Ogan Komering Ilir Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

7. Tugu Pagar Alam Kota Bunga

Tugu Pagar Alam Kota Bunga

Image Credit: Adrian10fajri.wordpress.com

Tidak jauh dari lokasi tangga seribu, terdapat ikon lain Kota Pagar Alam yaitu Tugu Pagar Alam Kota Bunga. Tugu itu dibangun untuk menandakan bahwa Kota Pagar Alam merupakan salah satu daerah penghasil bunga hias terbesar di Sumatera Selatan.

Lokasi: Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

8. Danau Tebat Gheban

Danau Tebat Gheban

Image Credit: Ksmtour.com

Keindahan lain dari eksotika Kota Pagar Alam adalah Danau Tebat Gheban. Danau ini memiliki luas kurang lebih empat hektar dengan kedalaman mencapai 12 meter. Pada pinggir-pinggir danau dibangun gazebo-gazebo kecil yang dapat digunakan untuk tempat duduk-duduk dan bercengkerama bersama keluarga menikmati udara yang sejuk dan pemandangan pepohonan yang menyelimuti sekitar danau. Bagi anda yang gemar memancing, danau ini merupakan lokasi yang tepat untuk anda.

Lokasi: Alun Dua, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam.

9. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah

Image Credit: Wisatazainal.wordpress.com

Salah satu objek wisata yang ditawarkan di kawasan Gunung Dempo adalah Air Terjun Lematang Indah. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah karena lokasinya yang berada di tepi jalan lintas. Untuk dapat menikmati gemericik air terjun, pengunjung hanya perlu membayar dua ribu rupiah untuk anak-anak dan empat ribu rupiah untuk orang dewasa.

Selain menawarkan keindahan air terjun, pengunjung juga dapat menguji adrenalin dengan wahana arung jeram yang disediakan oleh pihak pengelola kawasan wisata tersebut dengan membayar tiket sebesar dua ribu rupiah perorang.

Lokasi: Prahu Dipo, Kec. Dempo Selatan, Kota Pagar Alam.

10. Air Terjun Curup Embun

Air Terjun Curup Embun

Image Credit: Indonesiakaya.com

Curup Embun merupakan air terjun dengan pancuran air tertinggi di Pagar Alam. Tinggi pancurannya mencapai 100 meter dengan volume air yang tidak terlalu besar, sehingga air yang terjun dari puncak ketinggian ketika sampai bawah akan berubah menjadi embun. Itulah sebabnya air terjun ini disebut Curup Embun. Tiket masuk wisata ini sangat murah, yaitu sebesar dua ribu rupiah perorang. Dengan keunikan Air Terjun Curup Embun ini, tidak heran jika setiap liburan wisata ini selalu ramai kunjungi wisatawan.

Lokasi: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam.

11. Air Terjun Curup Mangkok

Air Terjun Curup Mangkok

Image Credit: Southsumatratravel.blogspot.com

Kawasan Gunung Dempo memiliki banyak sekali wisata air terjun, salah satunya adalah air terjun Curup Mangkok. Air terjun ini mengalir dari bebatuan yang besar dan dikanan kirinya terdapat pepohonan. Lokasi wisata ini tidak jauh dari Curup Embun.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Ogan Ilir Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Dempio Makmur, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam.

12. Air Terjun Pintu Langit

Air Terjun Pintu Langit

Image Credit: Wisatalengkap.com

Wisata yang tergolong baru di Kota Pagar Alam ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Berada pada jajaran bukit barisan membuat air terjun ini memiliki keindahan alam yang dapat memanjakan mata pengunjung. Sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun ini, wisatawan akan melewati perkebunan sayur milik warga sekitar dan juga perkebunan kopi yang semakin menambah sejuk kawasan wisata air terjun pintu langit tersebut. Untuk dapat mencapai lokasi air terjun, pengunjung terlebih dahulu harus menuruni anak tangga. Ketika sampai dibawah pengunjung dapat langsung mandi dibawah guyuran air terjun dan menikmati kesejukan air pegunungan sehingga rasa lelah akan terbayarkan.

Lokasi: Burung Dinang, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam.

13. Situs Megalitikum Batu Beghibu

Situs Megalitikum Batu Beghibu

Image Credit: Suarakarya.id

Selain wisata alam, Kota Pagar Alam juga menawarkan wisata prasejarah berupa situs Megalithik. Salah satu situs yang cukup terkenal adalah Batu Beghibu yang terdapat di Desa Tegur Wangi. Di tempat ini, selain disuguhi pemandangan yang indah, pengun jung juga dapat menambah pengetahuan warisan budaya masa lalu.

Lokasi: Pagar Wangi, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam.

14. Rumah Makan Lembur Kuring Karjak

Rumah Makan Lembur Kuring Karjak

Image Credit: Dikbee.com

Saat berwisata di suatu daerah, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut. Salah satu yang terkenal di Kota Pagar Alam adalah Rumah Makan Lembur Kuring Karjak yang menyajikan menu istimewa olahan gurame dan pindang kerupuk. Gurame yang diolah di rumah makan ini adalah gurame segar hasil budidaya rumah makan tersebut sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kesegaran gurame yang dimasak. Pindang kerupuk adalah adonan kerupuk yang tidak dijemur melainkan langsung direbus lalu dimasukkan ke dalam kuah Pindang. Dalam varian Pagar Alam, kuah pindang disajikan lebih pedas dan lebih terasa terasinya dari kuah Pindang di tempat lain. Menu pindang kerupuk ini menjadi salah satu favorit pengunjung rumah makan Lembur Kuring Karjak.

Lokasi: Tanjung Agung, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

15. Resto 88

Resto 88

Image Credit: Tribunnews.com

Pilihan wisata kuliner lain di Kota Pagar Alam adalah Resto 88. Rumah makan ini menyajikan beragam masakan andalan seperi ayam kampung, baik yang digoreng maupun bakar. Selain itu, juga tersedia Bebek Tauco Cabe Rawit, dan Pindang Patin Khas Resto 88.

Lokasi: Ulu Rurah, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

Itulah 15 tempat wisata di Pagar Alam yang dapat dijadikan referensi tujuan liburan terbarik Anda. Semoga informasi ini dapat membantu anda mendapatkan pilihan liburan yang berkualitas ketika anda mengunjungi Kota Pagar Alam, kota kecil dengan sejuta pesona alam. Selamat liburan!