20 Tempat Wisata di Pagar Alam Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata Pagar Alam

Jika Berencana Liburan ke Pagar Alam, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Pagar Alam, Sumatera Selatan. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Indonesia memiliki banyak objek wisata yang menyajikan pesona keindahan alam serta kebudayaan yang seakan tidak pernah habis untuk di explore. Salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi pada saat traveling adalah Kota Pagar Alam. Kota yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Selatan ini dapat menjadi salah satu opsi untuk menghabiskan waktu liburan.

Kota ini diapit oleh pegunungan barisan dan Gunung Dempo, sehingga membuat Kota Pagar Alam memiliki keindahan alam yang menawan, sehingga tersedia berbagai tempat wisata alam yang tentunya akan sangat menyenangkan untuk dikunjungi bersama orang-orang tercinta.

Kota dengan sebutan “Seribu Air Terjun” ini tidak hanya menawarkan destinasi wisata air, tetapi pilihan wisatanya cukup beragam, mulai dari pegunungan, wisata prasejarah sampai dengan wisata kuliner. Berikut 20 pilihan tempat wisata di Pagar Alam yang wajib dikunjungi saat liburan:

1. Tugu Rimau

Tugu Rimau
Image Credit: Google Maps (Yosafat Dhimas)

Daerah Pagaralam yang terletak di Sumatra Selatan menyimpan berbagai destinasi yang akan membuat Anda berdecak kagum. Meskipun kawasan satu ini masih belum menjadi tempat yang banyak diketahui oleh pelancong, namun Anda akan menemukan banyak wisata menarik, diantaranya adalah Tugu Rimau.

Tempat wisata satu ini memang dikenal sebagai lokasi yang pas untuk menyaksikan keindahan kota dari ketinggian. Pemandangan alam yang sangat asri dan masih alami bisa Anda nikmati saat berada di daerah ini. Berada di ketinggian yakni sekitar 1800 mdpl, akan sangat pas bagi Anda yang ingin melakukan paralayang.

Sebab, Tugu Rimau memang menjadi salah satu destinasi tujuan wisatawan yang menyukai paralayang. Tak mengherankan tempatnya yang indah ini pernah menjadi salah satu lokasi paralayang dalam event PON yang bergengsi di tahun 2004. Akan tetapi, pelancong tak hanya kesini lantaran bisa berolahraga paralayang saja.

Melainkan, panorama alam yang hijau menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berlibur di lokasi satu ini. Di sekitar destinasi ini, Anda juga akan bisa menemukan kebun teh yang menghampar. Tentunya akan menjadi angin segar bagi Anda yang dilanda penat dan stres.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

2. Dempo Park

Dempo Park
Image Credit: Ourtraveling.id

Tempat wisata ini menyajikan keindahan alam Gunung Dempo lengkap dengan taman bermain anak-anak serta memiliki spot foto yang instagramable bagi Anda pecinta selfie. Dengan tiket yang sangat terjangkau sebesar lima ribu rupiah, Anda bisa menghirup udara segar pegunungan lengkap dengan pemandangan taman bunga yang dapat memanjakan mata.

Objek wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00. Lokasi wisata ini juga cukup mudah dijangkau karena hanya berjarak 8 kilometer dari pusat kota Pagar Alam. Dengan berbagai fasilitas umum yang disediakan seperti tempat parkir kendaraan yang luas serta toilet umum, menjadikan tempat wisata Dempo Park ini nyaman dikunjungi bersama keluarga.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

3. Green Paradise Pagar Alam

Green Paradise Pagar Alam
Image Credit: Sengpaku.blogspot.com

Green Paradise berlokasi di Dusun Sukarame, Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara ini memiliki pesona alam yang sangat berbeda dengan objek wisata lain yang ada di kota Pagar Alam. Objek wisata ini menawarkan berbagai kegiatan yang dapat Anda lakukan selama berada disana bersama teman ataupun keluarga. Pilihan aktivitas seperti berkuda, memanen selada dan juga memberi makan ikan dapat Anda lakukan.

Terdapat sebuah air terjun sedang yang berada didalam lokasi green paradise. Telinga kita akan dimanjakan dengan suara gemericik air yang dapat menyegarkan pikiran. Dengan tiket masuk sebesar lima ribu rupiah untuk orang dewasa dan dua ribu lima ratus rupiah untuk anak-anak, menjadikan tempat ini wajib Anda kunjungi jika singgah di Kota Pagar Alam.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bumi Agung, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

4. Jalur Pendakian Gunung Dempo

Jalur Pendakian Gunung Dempo
Image Credit: Nyero.id

Bagi Anda yang gemar mendaki gunung, tidak perlu khawatir. Di Kota Pagar Alam terdapat jalur pendakian Gunung Dempo yang dapat Anda jajal bersama teman-teman. Sepanjang jalur pendakian, Anda akan disuguhi pemandangan berupa hamparan kebun teh dan perkebunan kopi. Waktu yang diperlukan untuk mencapai puncak gunung sekitar 3-4 jam perjalanan.

BACA JUGA:  Pulau Kemaro, Pulau Cantik yang Melegenda di Tengah Sungai Musi
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

5. Danau Merah Rimba Candi

Danau Merah Rimba Candi
Image Credit: Bataritours.com

Salah satu wisata unik lainnya yang bisa Anda temukan disini adalah Danau Merah Rimba Candi. Dengan memiliki air yang berwarna merah akan menjadi hal yang tidak bisa Anda temui di sembarang tempat. Masyarakat setempat percaya bahwa danau ini memiliki misteri tersendiri dan di dalamnya dihuni oleh berbagai binatang yang tidak umum.

Terdapat hewan yang cukup unik yakni kelabang. Namun, disini Anda pun akan menemukan kelabang yang memiliki panjang yakni sekitar 50 cm dan lebarnya sendiri yaitu 30 cm. Tak hanya itu saja, ada pula lebah dan burung raksasa yang hidup di telinga kerbau. Hewan unik tersebut hanya bisa untuk Anda temui di tempat wisata yakni Danau Merah Rimba Candi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rimba Candi, Candi Jaya, Kec. Dempo Jaya, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

6. Wisata Paralayang Pagar Alam

Wisata Paralayang Pagar Alam
Image Credit: Wisatazainal.wordpress.com

Paralayang Pagar Alam menjadi salah satu spot paralayang yang tersohor di Indonesia dengan fasilitas berstandar internasional. Tempat ini pernah menjadi venue dalam gelaran PON XVI pada tahun 2004. Tempat ini dapat ditempuh dengan perjalanan selama 30 menit dari pusat kota. Take off paralayang berada pada ketinggian 1900 meter diatas permukaan air laut dan merupakan yang terbesar di Indonesia dan dapat menampung 40 orang penerjun.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tugu Rimau, Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

7. Gunung Dempo Street

Gunung Dempo Street
Image Credit: Detik.com

Wisata yang populer dikalangan remaja ini menyajikan pemandangan alam Gunung Dempo berupa hamparan luas kebun teh di jalan khas pegunungan yang berkelok. Perkebunan teh di Pagar Alam merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. Tempat ini cocok sekali untuk para traveler yang ingin beristirahat sejenak dari perjalanan, sambil ber swafoto di jalan berkelok yang instagramable. Selain itu, pengunjung juga dapat menikamati udara segar pegunungan tanpa dipungut biaya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

8. Tangga Seribu Pagar Alam

Tangga Seribu Pagar Alam
Image Credit: Pesonakotapagaralam.blogspot.com

Salah satu ikon wisata baru di kota Pagar Alam adalah tangga seribu yang terletak di kawasan kantor pemerintah daerah Kota Pagar Alam. Lokasi ini dapat dijangkau menggunakan transportasi umum seperti angkot maupun becak motor. Bentuk tangga di Tangga Seribu Pagar Alam ini terbilang unik, memiliki lebar sekitar lima meter dan anak tangga yang berundak–undak memanjang dari tempat rendah menuju ke tempat yang lebih tinggi. Di mana pada setiap anak tangganya terdapat sebuah lampu yang akan menyala berkedip–kedip ketika dilewati.

Tiket masuk wisata ini hanya sebesar lima ribu rupiah. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan kebun teh yang menyegarkan mata. Wisata ini cocok dikunjungi bagi Anda pecinta fotografi.

Harga Tiket: Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

9. Rumah Adat Baghi Suku Besemah

Rumah Adat Baghi Suku Besemah
Image Credit: Indonesiakaya.com

Selain menyuguhkan wisata alam dengan panorama yang memukau, di Pagaralam Anda juga bisa berkunjung ke Rumah Adat Baghi Suku Besemah. Disini, Anda akan disuguhkan dengan wisata sejarah yang cukup unik di daerah satu ini. Anda pun akan bisa melihat rumah yang telah berusia ratusan tahun dan masih kokoh berdiri hingga saat ini dalam kondisi yang sangat baik.

Bagi Anda yang tertarik mengunjunginya, maka Anda pun bisa mengunjungi Desa Tegur Wangi yang berada di kaki gunung Dempo. Rumah satu ini berdiri tepat di tengah sawah dan terdapat beberapa pohon yang mengelilinginya. Suasana yang alami dan asri akan bisa Anda rasakan ketika menginjakkan kaki di lokasi satu ini.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Lahat yang Murah & Enak

Kondisi rumah ini pun terbilang cukup unik. Lantaran rumah yang terbuat dari kayu tersebut kokoh berdiri tanpa menggunakan paku. Akan tetapi, rumah ini hanya memakai pasak yang dipasang sangat kuat. Masyarakat sekitar meyakini bahwa suku Basemah merupakan nenek moyang yang telah tinggal di Pagaralam dalam waktu yang lama.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tegurwangi, Pagarwangi, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

10. Tugu Pagar Alam Kota Bunga

Tugu Pagar Alam Kota Bunga
Image Credit: Adrian10fajri.wordpress.com

Tidak jauh dari lokasi tangga seribu, terdapat ikon lain Kota Pagar Alam yaitu Tugu Pagar Alam Kota Bunga. Tugu itu dibangun untuk menandakan bahwa Kota Pagar Alam merupakan salah satu daerah penghasil bunga hias terbesar di Sumatera Selatan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

11. Danau Tebat Gheban

Danau Tebat Gheban
Image Credit: Ksmtour.com

Keindahan lain dari eksotika Kota Pagar Alam adalah Danau Tebat Gheban. Danau ini memiliki luas kurang lebih empat hektar dengan kedalaman mencapai 12 meter. Pada pinggir-pinggir danau dibangun gazebo-gazebo kecil yang dapat digunakan untuk tempat duduk-duduk dan bercengkerama bersama keluarga menikmati udara yang sejuk dan pemandangan pepohonan yang menyelimuti sekitar danau. Bagi Anda yang gemar memancing, danau ini merupakan lokasi yang tepat untuk Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Alun Dua, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

12. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah
Image Credit: Wisatazainal.wordpress.com

Salah satu objek wisata yang ditawarkan di kawasan Gunung Dempo adalah Air Terjun Lematang Indah. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah karena lokasinya yang berada di tepi jalan lintas. Untuk dapat menikmati gemericik air terjun, pengunjung hanya perlu membayar dua ribu rupiah untuk anak-anak dan empat ribu rupiah untuk orang dewasa.

Selain menawarkan keindahan air terjun, pengunjung juga dapat menguji adrenalin dengan wahana arung jeram yang disediakan oleh pihak pengelola kawasan wisata tersebut dengan membayar tiket sebesar dua ribu rupiah perorang.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Prahu Dipo, Kec. Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

13. Tangga 2001

Tangga 2001
Image Credit: Google Maps (irfan andrea)

Ingin mengunjungi destinasi yang unik ketika berada di Pagaralam? Maka sempatkan untuk singgah sejenak ke Tangga 2001. Tempat wisata satu ini berada di kawasan Gunung Gare dan juga komplek perkantoran dari walikota Pagaralam. Saat menginjakkan kaki di area satu ini Anda pun akan langsung disambut dengan pemandangan berupa hijaunya gunung dan juga deretan rumput yang ada di sekitar.

Bagi Anda yang ingin sampai ke destinasi satu ini, maka Anda harus siap siap untuk menaiki ratusan tangga. Sebab berada disini, Anda pun harus menaiki tangga dengan bentuk undakan lebar dalam jumlah yang banyak. Untuk itu, dibutuhkan tenaga yang ekstra saat menaiki tangga ini.

Panorama yang sangat memanjakan mata tentunya akan menjadi hal yang bisa Anda saksikan ketika berjalan mengarungi tangga ini. Indahnya Gunung Dempo dan hijaunya hamparan kebun teh yang sangat indah. Meskipun dinamakan tangga 2001, bukan berarti Anda diharuskan untuk menaiki 2001 tangga. Melainkan wisata ini sebagai bentuk penanda bahwa Pagaralam mulai terbentuk di tahun 2001.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

14. Air Terjun Curup Embun

Air Terjun Curup Embun
Image Credit: Indonesiakaya.com

Curup Embun merupakan air terjun dengan pancuran air tertinggi di Pagar Alam. Tinggi pancurannya mencapai 100 meter dengan volume air yang tidak terlalu besar, sehingga air yang terjun dari puncak ketinggian ketika sampai bawah akan berubah menjadi embun. Itulah sebabnya air terjun ini disebut Curup Embun. Tiket masuk wisata ini sangat murah, yaitu sebesar dua ribu rupiah perorang. Dengan keunikan Air Terjun Curup Embun ini, tidak heran jika setiap liburan wisata ini selalu ramai kunjungi wisatawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

15. Air Terjun Curup Mangkok

Air Terjun Curup Mangkok
Image Credit: Southsumatratravel.blogspot.com

Kawasan Gunung Dempo memiliki banyak sekali wisata air terjun, salah satunya adalah air terjun Curup Mangkok. Air terjun ini mengalir dari bebatuan yang besar dan dikanan kirinya terdapat pepohonan. Lokasi wisata ini tidak jauh dari Curup Embun.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Lahat yang Paling Enak
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dempio Makmur, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

16. Air Terjun Pintu Langit

Air Terjun Pintu Langit
Image Credit: Wisatalengkap.com

Wisata yang tergolong baru di Kota Pagar Alam ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Berada pada jajaran bukit barisan membuat air terjun ini memiliki keindahan alam yang dapat memanjakan mata pengunjung. Sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun ini, wisatawan akan melewati perkebunan sayur milik warga sekitar dan juga perkebunan kopi yang semakin menambah sejuk kawasan wisata air terjun pintu langit tersebut. Untuk dapat mencapai lokasi air terjun, pengunjung terlebih dahulu harus menuruni anak tangga. Ketika sampai dibawah pengunjung dapat langsung mandi dibawah guyuran air terjun dan menikmati kesejukan air pegunungan sehingga rasa lelah akan terbayarkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Burung Dinang, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

17. Arung Jeram Sungai Manna

Arung Jeram Sungai Manna
Image Credit: Twitter.com @jalanwisata_id

Di Pagaralam, Anda pun juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang menguji adrenalin, salah satunya arung jeram di Sungai Manna. Wisata satu ini hadir bagi Anda yang ingin berlibur dengan suasana yang unik dan berbeda. Sebab, arung jeram yang ada di lokasi ini cenderung tidak sama dengan arung jeram lain yang biasanya Anda temui.

Hal ini dikarenakan ketika Anda melakukan kegiatan satu ini, maka Anda pun diharuskan untuk mengarungi sungai yang memiliki jarak sekitar 40 km hingga mencapai pusat kota. Serunya lagi, Sungai Manna tidak memiliki arus yang cukup deras sehingga akan pas untuk dicoba bagi Anda yang masih baru pertama kali mencoba melakukan arung jeram.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Tanjung Sakti, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

18. Situs Megalitikum Batu Beghibu

Situs Megalitikum Batu Beghibu
Image Credit: Suarakarya.id

Selain wisata alam, Kota Pagar Alam juga menawarkan wisata prasejarah berupa situs Megalithik. Salah satu situs yang cukup terkenal adalah Batu Beghibu yang terdapat di Desa Tegur Wangi. Di tempat ini, selain disuguhi pemandangan yang indah, pengun jung juga dapat menambah pengetahuan warisan budaya masa lalu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pagar Wangi, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

19. Rumah Makan Lembur Kuring Karjak

Rumah Makan Lembur Kuring Karjak
Image Credit: Dikbee.com

Saat berwisata di suatu daerah, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut. Salah satu yang terkenal di Kota Pagar Alam adalah Rumah Makan Lembur Kuring Karjak yang menyajikan menu istimewa olahan gurame dan pindang kerupuk. Gurame yang diolah di rumah makan ini adalah gurame segar hasil budidaya rumah makan tersebut sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kesegaran gurame yang dimasak. Pindang kerupuk adalah adonan kerupuk yang tidak dijemur melainkan langsung direbus lalu dimasukkan ke dalam kuah Pindang. Dalam varian Pagar Alam, kuah pindang disajikan lebih pedas dan lebih terasa terasinya dari kuah Pindang di tempat lain. Menu pindang kerupuk ini menjadi salah satu favorit pengunjung rumah makan Lembur Kuring Karjak.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Agung, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

20. Resto 88

Resto 88
Image Credit: Tribunnews.com

Pilihan wisata kuliner lain di Kota Pagar Alam adalah Resto 88. Rumah makan ini menyajikan beragam masakan andalan seperi ayam kampung, baik yang digoreng maupun bakar. Selain itu, juga tersedia Bebek Tauco Cabe Rawit, dan Pindang Patin Khas Resto 88.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ulu Rurah, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Itulah 20 tempat wisata di Pagar Alam yang dapat dijadikan referensi tujuan liburan terbarik Anda. Semoga informasi ini dapat membantu Anda mendapatkan pilihan liburan yang berkualitas ketika Anda mengunjungi Kota Pagar Alam, kota kecil dengan sejuta pesona alam. Selamat liburan!