Sumatra Utara

15 Tempat Wisata di Pakpak Bharat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Favorit di Pakpak Bharat, Sumatera Utara. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits yang Kaya Pesona, Wajib Anda Eksplor Saat Memilih Liburan ke Pakpak Bharat.

Seakan tak pernah ada habisnya pesona yang diberikan Tanah Air. Setelah memancing perhatian dunia lewat kepemilikan sumber daya alam super mewah. Sekarang keindahan alam kembali muncul dari daratan Sumatera Utara, tepatnya di Pakpak Bharat. Bagi pecinta alam tentu sudah tidak asing dengan daerah tersebut. Kemolekan yang ia miliki berhasil mengundang wisatawan dalam dan luar negeeri untuk berdatangan.

Apalagi sekarang pemerintah sudah menunjang akses dengan ragam pembangunan. Untuk mempermudah Anda dalam melakukan perjalanan memandangi penciptaan alam-Nya. Berikut 15 rekomendasi tempat wisata indah di Pakpak Bharat yang wajib dikunjungi:

1. Air Terjun Lae Une

Image Credit: Sopopanisioan.blogspot.com

Image Credit: Sopopanisioan.blogspot.com

Tempat pertama yang harus dikunjungi adalah Air Terjun Lae Une. Berlokasi di Desa Kecupak, Kecamtan Pergetteng-Getteng Sengkar. Nama air terjun ini menarik perhatian karena daya pikat yang ia miliki. Mulai dari pemandangan super sejuk, lingkungan sekitar masih sangat terjaga, sampai debit air deras yang membuat siapapun betah berlama-lama.

Anda bisa menikmati kejernihan air dengan berendam di kolam-kolam kecil yang berada di dekat air terjun. Sedangkan untuk akses menunju lokasi terbilang cukup strategis. Anda cukup menanyakan pada masyarakat setempat.

Lokasi: Kecupak I, Kec. Pergetteng-Getteng Sengkut, Kab. Pakpak Bharat.

2. Air Terjun Sipitu Lae Petulan

Air Terjun Sipitu Lae Petulan

Image Credit: Jalanwisata.id

Masih berkenaan dengan kemurnian air terjun. Setelah memandangi kecantikan dari Air Terjun Lae Une. Tidak ada salahnya untuk bersantai di tepian Air Terjun Siputu Petulan. Tepat, kondisi tempat wisata yang satu ini lebih tenang. Dimana air mengalir lancar dengan debit tak terlalu deras. Sehingga, wisatawan bisa langsung mandi dibawah air terjun.

Berada di Dusun Lebbuh, Desa Kuta Jungkak. Termasuk lokasi yang mudah dicapai. Anda juga tak perlu khawatir dengan kulineran yang tersedia. Sebab, banyak dari warga lokal yang menyediakan sajian khas dengan harga terjangkau.

Lokasi: Mungkur, Kec. Siempat Rube, Kab. Pakpak Bharat.

3. Air Terjun Lae Sinnggabit

Air Terjun Lae Sinnggabit

Image Credit: Daftar.co

Air terjun lain yang juga tak boleh tertinggal adalah Air Terjun Lae Singgabit yang berada di Desa Mahala, Kecamatan Tinada. Pada dasarnya disini wisatawan bisa memilih lebih dari 3 wisata alam yang semuanya air terjun. Tidak kalah dari jenis wisata lainnya. Disini Anda bisa melihat karakteristik air terjun yang memesona akan deburan air jernih.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Samosir Terbaru & Terhits Dikunjungi

Saking cantiknya, banyak dari pengunjung yang rela menempuh rute sulit. Tak bisa dibohongi bahwa Air Terjun Lae Singgabit bukan hanya sekedar tempat wisata. Namun, tempat refleksi diri untuk lebih menikmati pencipataan Tuhan.

Lokasi: Kecupak I, Kec. Pergetteng-Getteng Sengkut, Kab. Pakpak Bharat.

4. Air Terjun Simbilulu

Air Terjun Simbilulu

Image Credit: Pidii.info

Air Terjun Simbilulu menawarkan pengalaman luar biasa. Dimana Anda akan melihat bagaimana dua belah air mengalir dari ketinggian 4 meter. Tidak hanya itu karena lingkungan di sekitar air terjun juga memberikan kesan mendalam yang semuanya masih terjaga dengan baik.

Jika sudah puas bermain air. Aktivitas lain ialah menikmati semua keindahan yang ada untuk penghilang penat atas rutinitas yang telah dilalui. Tidak perlu cemas karena disini pengelola sudah memberi beberapa fasilitas pendukung lain.

Lokasi: Paronggil, Kec. Tinada, Kab. Pakpak Bharat.

5. Air Terjun Mamabu

Air Terjun Mamabu

Image Credit: Gobatak.com

Jika Anda termasuk orang yang membutuhkan liburan alam menenangkan. Air Terjun Mamabu bisa jadi referensi paling tepat. Bagaimana tidak? Selain akses menuju lokasi cukup mudah. Anda bisa melihat keindahan alam secara luas.

Pertama, pemandangan pegunungan dengan pohon-pohon terawat. Kedua, udara sejuk penghilang stres, dan terakhir menikmati kesegaran dari air terjun penuh kecantikan. Biaya masuk menuju lokasi sangat murah, dan kulineran bisa dengan mudah ditemukan.

Lokasi: Salak II, Kec. Salak, Kab. Pakpak Bharat.

6. Air Terjun Tonduhan

Air Terjun Tonduhan

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Ketika dirasa kurang dengan semua pilihan air terjun. Maka tak ada salahnya untuk menikmati pesona dari Air Terjun Tonduhan. Hampir sama dengan air terjun lain yang memenuhi diri akan deburan air nan jernih. Air Terjun Tonduhan juga memberi pengalaman berbeda saat mandi dan memandanginya. Belum lagi suasana sejuk dari lingkungan yang terjaga asri. Bukankah ini yang Anda butuhkan setelah berurusan dengan masalaha pekerjaan yang tak pernah kunjung selesai?

Lokasi: Kecupak I, Kec. Pergetteng-Getteng Sengkut, Kab. Pakpak Bharat.

7. Kebun Teh Sidanamik

Kebun Teh Sidanamik

Image Credit: Fikapratiwi.blogspot.com

Berbeda lagi jika Anda menginginkan liburan santai menikmati pemandangan. Berbaur dengan alam dan menghirup udara segar yang membuat pikiran kreatif bermunculan. Tepat, maka pergilah menuju Kebun Teh Sidanamik. Berbeda dari kebun teh pada umumnya. Sebab, disini wisatawan diperbolehkan untuk menikmati secara dekat pemandangan alam tanpa harus membayar tiket masuk.

Hamparan pengunungan terlihat jelas. Belum lagi harum wangi dari daun-daun teh yang baru dipetik. Perjalanan seperti ini yang bisa membuat Anda kembali produktif di dunia kerja. Jadi, tak salah jika Anda menyiapkan liburan dari sekarang.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Langkat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Tanjung Mulia, Kec. Sitellu Tali Urang Jehe, Kab. Pakpak Bharat.

8. Sumur Eluh Berru Tinambunen

Sumur Eluh Berru Tinambunen

Image Credit: Varaholidaytour.com

Berikutnya tempat yang juga tak kalah keren bernama Sumur Eluh Berru Tinambunen. Mempunyai pesona berbeda dan alam sekitar yang terjaga baik membuat semua kecantikan menjadi satu.

Nah, bagi Anda yang takut kelaparan ataupun kelelehan. Tidak perlu cemas karena sudah banyak penduduk lokal yang menyediakan tempat kuliner yang ramah di kantong. Pengunjung dengan mudah menikmati masakan khas ditemani pemandangan alam super indah.

Lokasi: Rumerah, Kec. Sitellu Tali Urang Julu, Kab. Pakpak Bharat.

9. Batu Tettal

Batu Tettal

Image Credit: Henryparuliansitompul.wordpress.com

Sedangkan bagi Anda yang ingin berwisata sambil belajar. Batu Tettal menjadi salah satu lokasi yang wajib dikunjungi. Bagaimana tidak? Lokasi yang berada di Desa Jambu Rae ini menyimpan sejarah peradaban manusia berupa Batu Tettal.

Tidak perlu khawatir karena peninggalan purbakala ini dilindungi bahkan kawasan dibuat sedemikian rupa hingga wisatawan bisa nyaman didalamnya. Untuk menikmati semua pengalaman luar biasa tersebut Anda cukup mengeluarkan biaya tiket masuk yang tak seberapa.

Lokasi: Jambu Rea, Kec. Siempat Rube, Kab. Pakpak Bharat.

10. Mejan Penanggaleng

Mejan Penanggaleng

Image Credit: Wisatakalakpakpak.blogspot.com

Ketika belum puas belajar mengenai sejarah Indonesia, terutama Sumatera Utara. Maka tujuan berikutnya ialah melihat keunikan Mejan Penanggeleng. Peninggalan purbakala ini terbuat dari batu dan mengambarkan kebudayaan serta kehidupan di zaman dulu.

Tak hanya itu karena sekitar kawasan budaya Anda bisa melihat bagaimana alam masih begitu asri hingga menciptakan udara sejuk. Pengunung tidak dibebani oleh harga tiket yang mahal. Penyelenggara hanya menyediakan kotak yang bisa dimasuki uang seikhlasnya.

Lokasi: Penanggalen Mbinanga Boang, Kec. Salak, Kab. Pakpak Bharat.

11. Sibande

Image Credit: Wisataterbaru.net

Sibande termasuk salah satu kecamatan dengan penataan lokasi sangat epik. Bukan hanya itu karena keindahan kecamatan yang satu ini terlingkupi oleh pemandangan alam super cantik. Bahkan biasa merasakan kenikmatan durian asli Sumatera yang tiada duanya.

Jadi, lebih baik Anda berlibur kesini saat musim durian datang. Sebab, harga buah tropis ini akan sangat murah serta bisa pesta bersama dengan penduduk sekitar. Liburan menyenangkan dengan budget yang tidak terlalu mahal. Bukankah itu menjadi pilihan menghabiskan waktu senggang?

Lokasi: Simberuna, Kec. Sibande, Kab. Pakpak Bharat.

12. Sicike-Cike

Sicike-Cike

Image Credit: Gomstm.weebly.com

Selanjutnya perjalanan bisa dilanjut menuju Sicike-Cike. Salah satu kawasan hutan wisata yang menyediakan kejutan alam super dahsyat. Bagaimana tidak? Dari luar pengunjung sudah disuguhkan pemandangan sungai jernih. Berikutnya, didalam hutan Anda mampu melihat ribuan flora dan fauna yang masih terjaga dengan sangat baik.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Labuhanbatu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bagi wisatawan yang takut kelelahan pengelola telah menyediakan fasilitas tambahan untuk berisirahat. Bahkan pilihan kuliner bisa ditemukan dengan mudah di sekitar lokasi.

Lokasi: Lae Hole II, Kec. Parbuluan, Kab. Dairi,  Kab. Pakpak Bharat.

13. Puncak Sindeka

Puncak Sindeka

Image Credit: Wisatakalakpakpak.blogspot.com

Dari namanya sudah bisa terbayangkan bagaimana Puncak Sindeka menyapa para pengunjung. Semua panorama alam menjadi satu kesatuan yang membuat wisatawan tersenyum dengan sendirinya. Puncak ini menawarkan ribuan keindahan yang bisa dinikmati secara bersamaan.

Lebih menarik karena Anda tidak perlu bersusah payah untuk mencapai lokasi. Sebab, Puncak Sindeka berada di pinggiran Kota. Sehingga pengunjung tak perlu memusingkan transpot, akomodasi, ataupun pilihan kuliner. Tepat, semua sudah tersedia lengkap. Pengunjung hanya perlu duduk dan menikmati semua panorama indah menyegar mata.

Lokasi: Salak II, Kec. Salak, Kab. Pakpak Bharat.

14. Rafting Lae Kombih

Rafting Lae Kombih

Image Credit: Hargatiket.net

Pecinta tantanggan alam? Rafting Lae Kombih bisa jadi solusi paling tepat. Semua fasilitas sudah disediakan oleh pengelola. Anda juga bisa memulai kegiatan rafting di Lae Kombih yang terkenal akan deburan air super. Bahkan pemandangan disekitar lokasi mampu membuat Anda betah untuk berlama-lama. Poin tambah yang juga tak boleh tertinggal ialah kemudahan akses sekaligus tiket masuk dengan harga terjangkau.

Lokasi: Kecupak, Kec. Sitellu Tali Urang Julu, Kab. Pakpak Bharat.

15. Delleng Simpon

Delleng Simpon

Image Credit: MedanBisnisDaily.com

Bagi Anda yang mengaku pecinta alam dan suka mendaki. Delling Simpon bisa jadi alternatif liburan paling tepat. Bahkan bagi para pemula sangat dianjurkan karena berbeda dari gunung pada umumnya. Sebab, disini wisatawan bisa merasakan pendakian yang tidak terlalu tinggi. Sehingga proses untuk mencapai puncak tak membutuhkan waktu lama.

Meskipun begitu, Anda harus tetap waspada dan berhati-hati. Bagaimanapun bukan hal mudah untuk menguasai alam. Setelah berhasil, pemandangan super cantik bisa dinikmati sampai puas.

Lokasi: Ulumerah, Kec. Sitellutali Urang Julu, Kab. Pakpak Bharat.

Berlibur menjadi kegiatan yang harus diluangkan oleh setiap orang. Terutama bagi mereka yang sudah terlalu lama terpaku pada pekerjaan. Pemandangan lama, bertemu dengan orang-orang baru, sekaligus suasana sejuk terbukti meningkatkan daya produktifitas. Tak perlu berpikir untuk menghabiskan liburan di luar negeri. Sebab, Indonesia mempunyai daya yang tak pernah ada habisnya.

Pakpak Bharat jadi contoh nyata dimana Tanah Air mempunyai sejuta panorama super mewah. Apalagi yang ditunggu? Sekarang cukup luang waktu sebentar untuk mengambil cuti dan nikmati semua pemandangan alam nan indah dari berbagai tempat wisata di Pakpak Bharat. Selamat berlibur.