39 Tempat Wisata di Palembang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata Palembang

Ingin Liburan di Palembang? Periksa Pilihan Tempat Wisata Menarik di Palembang, Sumatera Selatan. Objek Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Sedang Hits Disambangi Wisatawan.

Salah satu kegiatan menyenangkan yang selalu dinantikan oleh anak – anak adalah berlibur. Memang tak dapat dipungkiri liburan bersama orang – orang terkasih merupakan salah satu kegiatan yang sangatlah seru dan menyenangkan. Indonesia sangatlah kaya dengan budaya dan kekayaan alam yang dapat dijadikan tempat wisata. Salah satu tempat yang dapat dijadikan sebagai destinasi pariwisata keluarga adalah kota Palembang.

Ibu kota provinsi Sumatera Selatan ini merupakan kota dengan urutan kedua terbesar yang ada di Sumatera setelah kota Medan. Di kota Palembang terdapat banyak tempat wisata yang dapat dinikmati oleh wisatawan, mulai dari tempat wisata alam hingga wisata buatan yang pastinya mempesona dan memberi kesan unik.

Berikut ini diulas beberapa rekomendasi tempat wisata hits di Kota Palembang yang dapat Anda kunjungi saat berlibur:

1. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang
Image Credit: Google Maps (Muhammad Ilyas)

Palembang memiliki destinasi wisata religi yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Yang pertama adalah masjid Agung Palembang yang memang memiliki tampilan bak namanya. Masjid yang ada di kompleks sebesar 15.400 m2 yang satu ini dikagumi karena kemegahan, desain arsitektur menarik, dan lokasi tempat cagar budaya di sekelilingnya.

Begitu menginjakkan kaki di lokasi masjid Agung Palembang, Anda akan disuguhi dengan gaya arsitektur bangunan yang unik. Secara sekilas, bangunan tua dengan daya tampung 1.200 jamaah ini tampak bak perpaduan Eropa, Tiongkok dan Indonesia. Sentuhan Tionghoa hadir dari sentuhan atap kelenteng, namun bagian dalamnya tampak bagaikan bangunan Eropa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jend. Sudirman, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

2. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro
Image Credit: Southsumatratourism.com

Destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di kota Palembang adalah pulau Kemaro. Pulau yang terletak di tengah sungai Musi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Untuk dapat sampai di pulau Kemaro Anda perlu menempuh perjalanan kurang lebih 6 km jika dari Jembatan Ampera.

Keberadaan pulau Kemaro di kota Palembang ini sangatlah unik karena terdapat sebuah vihara kuno yang terletak di tengah – tengah pulau. Keberadaan vihara ditengah pulau Kemaro tersebut pun sering kali masih digunakan oleh orang – orang setempat dan para wisatawan untuk berdoa dan berziarah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Kemaro, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

3. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho
Image Credit: Google Maps (Indera Gunawan)

Seperti namanya, Masjid Cheng Ho memancarkan suasana Tionghoa yang sangat kental. Perpaduan warna merah, hijau, putih, dan pink melengkapi arsitektur masjid yang memiliki dua bangunan seperti pagoda berkubah islami. Bagi para muslim, Anda bisa datang untuk ikut sholat berjamaah. Berkunjung untuk menikmati keindahan dan berfoto pun bisa dilakukan asalkan tidak mengganggu ibadah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: 15 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

4. Gunung Dempo

Gunung Dempo
Image Credit: Travelingyuk.com

Tempat wisata lain yang dapat Anda kunjungi jika berlibur di kota Palembang adalah gunung Dempo. Gunung Dempo merupakan salah satu gunung di kota Palembang dengan ketinggian 3,195.  Untuk dapat sampai di gunung Dempo Anda harus menempuh perjalanan melewati kota kecil pagar alam dengan jarak kurang lebih 7 km jika dari pusat kota.

Tak hanya itu, tempat wisata gunung Dempo juga memiliki beberapa kekayaan rimba gunung yang terlihat masih sangat alami. Secara geografis, gunung ini terletak di antara Sumatera Selatan dan Bengkulu. Bagi Anda yang akan berkunjung ke gunung Dempo, sebaiknya Anda mengunjunginya saat musim kemarau tiba.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kab. Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

5. Masjid Lawang Kidul

Masjid Lawang Kidul
Image Credit: Google Maps (Arini Safitri)

Masjid yang berada di dekat Sungai Musi ini memiliki sejarah besar di Palembang. Memiliki nama asli Masagus Haji Abdul Hamid, di sini para pelancong dapat menyaksikan dengan mata kepala sendiri keindahan dari masjid ini. Menara dengan tiga undakan berbahan batu kapur, pasir, dan telur kerap menarik wisatawan yang penasaran dengan daya tahan arsitektur bangunan ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lorong Masjid Lawang Kidul, Lawang Kidul, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

6. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah
Image Credit: Pesona.travel

Selain gunung, kota Palembang juga memiliki tempat wisata lain berupa air terjun. Salah satu air terjun yang terkenal di kota ini adalah air terjun Lematang Indah. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 40 meter. Tempat wisata air terjun ini sangatlah ramai dikunjungi oleh wisatawan asing dan lokal. Air terjun Lematang Indah ini berlokasi di kota Pagar Alam.

Wisata alam berupa air terjun sangat cocok Anda kunjungi karena pemandangan yang begitu indah dan menawan. Untuk dapat menikmati objek wisata di air terjun Anda tak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena harga tiket masuk hanya Rp 4000 per orang.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Prahu Dipo, Kec. Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

7. Museum Al-Quran Palembang

Museum Al-Quran Palembang
Image Credit: Google Maps (Hidayatullah Ismail)

Seakan ingin memamerkan pengaruh islam yang begitu besar, Palembang juga memiliki museum Al-Quran. Yang menjadi magnet utama dari lokasi ini adalah Alquran raksasa yang merupakan terbesar di Dunia. Bukan hanya Alquran biasa, namun semua lembaran dari Kitab suci ini diukir dengan cantiknya di lembaran kayu tembesu di museum ini.

Lebaran tersebut bahkan dipasang bak jendela yang bisa dibuka dari sisi dalam. Setiap bilik dari jendela lembaran alquran tersebut berukuran 1.77 x 1.4 meter. Tebalnya pun mencapai 2.5 cm. Saat berada di sini, Anda bisa dengan bebas berpose dan mengabadikan keindahan ayat suci dari alquran tersebut. Berswafoto bersama 30 juz Alquran pasti menjadi pencapaian tersendiri.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Moh. Amin, Gandus, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

8. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari
Image Credit: Panduanwisata.id

Dekat kota Palembang tak hanya terdapat satu air terjun. Wisata air terjun lain yang dapat Anda kunjungi adalah air terjun bidadari. Tempat wisata ini sangatlah ramai oleh wisatawan dan Anda dapat menikmati keindahan dari wisata air terjun ini. Air terjun Bidadari terletak di kabupaten Lahat. Anda dapat mengunjungi air terjun Bidadari ini bersama dengan keluarga tercinta saat liburan dan menikmati pemandangan eksotis air terjun, juga suasana disekitarnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Dalam, Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

9. Kampung Arab Palembang

Kampung Arab Palembang
Image Credit: Google Maps (Reza Maha)

Bangunan tua bertema klasik dengan penataan rapi kerap dijadikan area swafoto bagi pengunjung kampung arab Palembang. Kampung yang juga dikenal dengan nama Al munawar ini menawarkan deretan budaya dan tradisi arab yang sangat kental. Anda bisa menyaksikan kesenian gambus, menikmati wisata kuliner khas negeri arab, hingga berinteraksi dengan warganya yang ramah.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Lahat yang Populer
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Munawar, Lrg. Al Haddad No.13, 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

10. Arung Jeram Sungai Manna

Arung Jeram Sungai Manna
Image Credit: Teropongpublik.com

Tempat wisata arung jeram ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu tujuan wisata saat berlibur di kota Palembang. Arung jeram Sungai Manna ini terletak di kecamatan Tanjungsakti, Palembang. Tempat wisata ini menyediakan paket arung jeram yang dapat Anda pilih sesuai dengan kemampuan Anda berdasarkan tingkat kesulitan. Arung jeram ini termasuk dalam salah satu wisata adrenalin di kota Palembang, maka tak heran jika banyak wisatawan yang terus berdatangan setiap harinya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Manna, Kec. Tanjung Sakti, Kab. Pagar Alam, Sumatera Selatan.

11. Hutan Punti Kayu

Hutan Punti Kayu
Image Credit: Google Maps (G.N. Habibah)

Liburan di tanah hijau segar masih menjadi favorit warga Palembang. Terbukti dari hutan Punti kayu yang berupa area hutan yang telah disulap menjadi destinasi liburan modern. Tidak hanya tampil sebagai destinasi hijau, namun Anda pun bisa menikmati deretan aktivitas seru dan menegangkan melalui wahana yang tersedia.

Anda bisa menantang diri dengan bermain outbound training, flying fox, mencoba kanopi bridge, bersantai menaiki perahu bebek, atau menikmati segarnya atmosfer hutan. Pohon pohon tinggi dengan area yang terawat juga menjadi rumah bagi flora dan fauna lokal. Buka mata Anda dan dapatkan kesempatan untuk menyaksikan sekawanan burung langka atau primata endemik.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl Kol. Burlian Km. 6,5, Karya Baru, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

12. Air Terjun Curup Maung

Air Terjun Curup Maung
Image Credit: Infoanekawisata.blogspot.com

Keberadaan air terjun ini masih belum banyak diketahui oleh wisatawan namun memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Anda dapat menjadikan wisata air terjun ini sebagai salah satu tempat wisata saat berkunjung di kota Palembang.

Perlu diketahui bahwa tempat wisata air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan tak kalah dengan tempat wisata air terjun populer lainnya. Anda perlu menempuh perjalanan yang cukup sulit untuk mengunjungi tempat wisata ini, namun semua akan terbayarkan dengan keindahan alam yang begitu cantik dan menarik.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Atung Bungsu, Dempo Selatan, Trans SP II Padang Muara Dua, Gumay Ulu, Trans SP II Padang Muara Dua, Kec. Gumay Ulu, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

13. Tangga 2001

Tangga 2001
Image Credit: Google Maps (Dharman Photography)

Bagi para penggiat alam dan penggemar fotografi, tangga 2001 adalah lokasi yang tidak boleh dilewatkan. Daerah pegunungan ini berada di perkebunan teh yang dihiasi panorama alam memukau. Pamor dari lokasi ini adalah jalur tangga yang tidak mencapai 2001, namun hanya 200 anak tangga. Sepanjang jalan, Anda bisa mengabadikan view alamnya, berfoto, atau sekedar bersantai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

14. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang
Image Credit: Tamanpurbakala.blogspot.com

Bukit Siguntang adalah tempat wisata lain yang dapat Anda kunjungi selain air terjun. Bukit ini merupakan salah satu tempat bersejarah di Palembang yang letaknya berada di Bukit Lama Ilir. Perlu diketahui bahwa bukit ini termasuk dalam salah satu bukit yang paling tinggi di kota Palembang.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bukit Lama, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

15. Tugu Belido

Tugu Belido
Image Credit: Instagram.com @palembang.sumsel.inframe

Dianggap sebagai Ikon wisata terbaru di kota Palembang, tugu dengan patung ikan Belido perak ini mulai banyak dikunjungi warga. Selain berfoto dengan maskot ikan tersebut, Anda juga bisa menyaksikan panorama indah Sungai Musi. Di saat malam menjelang, lokasi ini pun semakin asyik dengan hiasan lampu LED berwarna yang menghiasi patung ikan dan jembatan Ampera.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

16. Wisata Danau Ranau

Wisata Danau Ranau
Image Credit: Katalogwisata.com

Kota Palembang memiliki wisata alam berupa danau yang dapat Anda kunjungi. Letak danau ini berada di Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat. Selain pemandangannya yang sangat indah, danau ini sangat jauh dari polusi sehingga Anda benar – benar dapat menikmati keindahan alam yang ada di danau tersebut.

Danau Ranau yang menawarkan pemandangan yang begitu menarik membuat para wisatawan yang datang merasa senang dan puas berkunjung. Perlu diketahui bahwa danau Ranau ini berlokasi di kecamatan Sukau, Lampung Barat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Surabaya Timur, Kec. Banding Agung, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan.

17. Air Terjun Maung

Air Terjun Maung
Image Credit: Instagram.com @seputarkotapalembang

Setelah menyusuri pusat kota, lokasi Air terjun maung menjadi lokasi pelepas penat berpanorama memikat. Lokasinya masih cukup tersembunyi, sehingga Curug yang satu ini cenderung sepi dari pelancong. Dengan demikian, Anda akan memiliki kesempatan lebih besar untuk sepenuhnya menikmati keindahan panorama pancaran air dari ketinggian 80 meter.

Batu batu besar di bagian dasar air terjun memberikan efek bak air yang terpecah. Tinggi dari pancaran juga semakin sempurna dengan perpaduan vegetasi hijau yang tumbuh di permukaan tebingnya. Menariknya, air terjun ini memiliki tampilan yang melebar. Tebing dan vegetasinya memecah aliran air terjun, sehingga curug ini tampil berbeda dari pada air terjun pada umumnya.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Atung Bungsu, Dempo Selatan, Trans SP II Padang Muara Dua, Gumay Ulu, Trans SP II Padang Muara Dua, Kec. Gumay Ulu, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

18. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak
Image Credit: Traverse.id

Kota Palembang juga terkenal dengan tempat wisata berupa benteng yang dapat Anda kunjungi. Salah satunya adalah Benteng Kuto Besak. Benteng ini merupakan salah satu warisan dari peninggalan kerajaan di kota Palembang. Benteng Kuto memiliki lebar sekitar 183, 75 meter dan ketinggian 9,9 meter. Tempat wisata benteng Kuto ini terletak di Bukit Kecil, Palembang. Anda dapat menjadikan benteng ini sebagai salah satu destinasi wisata saat berkunjung di kota Palembang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

19. Rumah Rakit Sungai Musi

Rumah Rakit Sungai Musi
Image Credit: Instagram.com @pariwisata.palembang

Destinasi wisata yang satu ini adalah warisan budaya yang menarik. Mencerminkan tingginya ketergantungan warga dengan sungai Musi, rumah ini menjadi jujukan warga untuk berswafoto dan belajar sejarah kota. Arsitektur dari bangunan ini sendiri menarik perhatian warga, yang mana tampak kokoh meski terus diterpa dengan arus Musi yang tidak ada hentinya.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Lahat yang Murah & Enak
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Perairan Sungai Musi, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

20. Goa Putri

Goa Putri
Image Credit: Rischaandriani.wordpress.com

Tempat wisata lainnya yang dapat Anda kunjungi saat berlibur di kota Palembang adalah Goa Putri. Goa ini berlokasi di desa Padang Bindu dengan jarak tempuh sekitar 6 jam jika dari pusat kota. Goa Putri sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang memiliki hobi caving. Namun tak jarang beberapa wisatawan yang hadir hanya untuk menikmati keindahan dari goa ini. Tak heran jika banyak wisatawan yang terus berdatangan setiap harinya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padang Bindu, Suka Merindu, Kec. Semidang Aji, Kab. Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

21. Amanzi Waterpark

Amanzi Waterpark
Image Credit: Google Maps (Novia Anggraini)

Bagi pelancong yang ingin menikmati rekreasi seru dan modern, wahana air Amanzi waterpark adalah salah satu yang terbaik di Palembang. Di sini Anda akan disuguhi wahana air dengan tema alam liar hutan afrika yang menyegarkan mata. Permainan dan fasilitas pun lengkap dan beragam. Aktivitas air seperti kolam renang, river nile, hingga area bermain anak pun tersedia.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Komp. CitraGrand City Copacabana Lifestyle Center Blok D No.38, Jl. Bypass Alang-Alang Lebar No.KM12, Talang Klp., Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

22. Hutan Wisata Punti Kayu

Hutan Wisata Punti Kayu
Image Credit: Travelspromo.com

Kota Palembang sangat kaya dengan tempat wisatanya, Anda dapat mengunjungi hutan wisata Punti Kayu sebagai salah satu destinasi pariwisata. Tempat wisata ini sangatlah asyik dengan tempat yang sangat luas. Selain itu, banyak spot – spot foto yang bagus untuk diabadikan.

Hutan wisata yang terletak di daerah Jl. Kolonel H. Burlian ini telah lama menjadi sebuah hutan lindung sejak tahun 1998. Tempat wisata yang selalu ramai ini memiliki luas kurang lebih 50 hektar. Menariknya, di tempat wisata hutan ini juga terdapat kera lokal dan beberapa wahana lain seperti kebun binatang mini.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kol. Burlian Km. 6,5, Karya Baru, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

23. Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak
Image Credit: Indonesiakaya.com

Ketika berkunjung di kota Palembang dijamin Anda tidak akan merasa bosan karena sangat banyak objek wisata yang dapat dikunjungi. Anda dapat menjadikan taman Kambang Iwak sebagai salah satu tempat wisata untuk dikunjungi saat berada di kota Palembang. Di taman ini Anda akan menjumpai beberapa wahana lain seperti kolam dengan ukuran yang cukup luas. Selain itu, di tempat wisata ini Anda dapat mengunjungi beberapa tempat untuk berkuliner dan berbagai fasilitas umum yang sangat bervarian.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tasik, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

24. Candi Bumi Ayu

Candi Bumi Ayu
Image Credit: Koransn.com

Sangat menarik, ternyata di kota Palembang Anda juga dapat mengunjungi sebuah candi. Candi Bumi Ayu ini terletak di desa Bumiayu, kabupatern Muara Enim. Candi ini merupakan candi yang paling besar di pulau Jawa. Tempat wisata candi ini merupakan candi peninggalan umat Hindu. Meskipun demikian, candi Bumi Ayu ini selalu ramai oleh pengunjung dari berbagai wilayah baik dalam maupun luar negeri sekalipun.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bumi Ayu, Kec. Tanah Abang, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

25. Taman Purbakala Sriwijaya

Taman Purbakala Sriwijaya
Image Credit: Wikipedia.org

Selain berlibur, Anda juga dapat belajar tentang sejarah karena berbagai tempat wisata yang ada di kota Palembang sangat kental dengan sejarahnya. Taman Purbakala Sriwijaya ini terletak di desa Karang Anyar. Tempat wisata ini dapat Anda kunjungi bersama dengan keluarga tercinta.

Perlu diketahui bahwa taman purbakala ini sering disebut dengan nama Karanganyar oleh warga setempat. Anda dapat menjadikan taman ini sebagai salah satu jadwal perjalanan wisata yang akan dikunjungi saat berada di kota Palembang.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Syakyakirti, Karang Anyar, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

26. Waterboom OPI Jakabaring

Waterboom OPI Jakabaring
Image Credit: Google Maps (Thyo Hyo)

Masih dengan tema wahana air, lokasi ini memiliki deretan wahana yang lengkap. Mulai dari fasilitas bermain anak, wahana air seru, memacu adrenalin, hingga untuk keluarga dan teman. Salah satu yang menarik adalah waterboom dengan panjang 150 m dan ketinggian 12 meter. Wahana lain seperti marsh down pun kerap menjadi magnet pelancong kota Palembang.

Berlokasikan di Jl. Ga Bastari, Waterboom Opi ini cukup mudah untuk dijangkau oleh pelancong. Tidak hanya itu, menurut Trapedia.com, harga tiket masuknya pun ramah kantong. Hanya dengan membayar 40 – 60 ribuan saja, Anda bisa bebas menikmati segala fasilitas seru, bermain di kolam renang segar, berfoto ria di spot yang tersedia, atau berwisata kuliner di waterboom OPI.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Komplek OPI Mall, JL. Gubernur HA. Bastari Jakabaring, Sungai Kedukan, Kec. Rambutan, Kab. Banyu Asin, Sumatera Selatan.

27. Monumen Perjuangan Rakyat

Monumen Perjuangan Rakyat
Image Credit: Indephedia.com

Destinasi wisata yang sekaligus dapat dijadikan tempat pembelajaran bagi anak adalah monument Perjuangan Rakyat. Monument ini terletak di Bukit Kecil kota Palembang. Bagi keluarga yang berkunjung di tempat ini dapat melihat berbagai jenis peninggalan dari perjuangan rakyat Palembang semasa perang kemerdekaan. Tempat monument ini terletak di Bukit Kecil, kota Palembang. Selain bersenang – senang, Anda juga dapat menjadikan tempat wisata ini sebagai salah satu wisata edukasi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

28. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II
Image Credit: Wikipedia.org

Tempat wisata sebagai edukasi lainnya yang dapat Anda kunjungi di kota Palembang adalah museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Tempat bersejarah ini terletak di tepi sungai Musi, sehingga Anda dapat menikmati dua wisata sekaligus saat berkunjung di museum ini. Museum menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi untuk mengetahui sejarah daerah tersebut, termasuk ketika Anda melakukan perjalanan liburan bersama keluarga tercinta.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

29. Museum Negeri Balaputradewa

Museum Negeri Balaputradewa
Image Credit: Palembang-tourism.com

Kota Palembang tak hanya memiliki satu museum sebagai tujuan wisata edukasi, terdapat museum lain yang dapat Anda kunjungi bersama dengan keluarga tercinta yaitu Museum Negeri Balaputradewa. Tempat bersejarah ini telah lama didirikan sejak tahun 1978 dan sampai saat ini masih sangat dirawat oleh pengelola museum. Maka tak heran jika hingga saat ini masih sangat ramai dengan para wisatawan lokal dan asing.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Empat Lawang Terbaru & Terhits Dikunjungi
Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Srijaya No.I, RW.5, Srijaya, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

30. Sungai Musi

Sungai Musi
Image Credit: Pegipegi.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan sungai Musi? Tentunya sungai yang sudah sangat terkenal ini dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata saat berkunjung di kota Palembang. Saat malam hari, sungai Musi memiliki banyak tempat hiburan yang sangat menarik dan dapat Anda kunjungi. Anda harus menjadikan sungai Musi sebagai salah satu tempat wisata wajib dikunjungi saat berada di kota Palembang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Perairan Sungai Musi, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

31. Fantasy Island

Fantasy Island
Image Credit: Facebook.com (Fantasy Island Palembang)

Bertema pulau fantasy, lokasi ini memiliki serangkaian wahana yang tidak kalah asyik. Kegiatan permainan air, fasilitas menantang seperti motor ATV, Gokart, Kolam arus, dan seluncuran pun bisa Anda coba. Layaknya wisata air dan waterpark lainnya, jangan ragu dengan Fantasy island. Anda bisa bersantai menghilangkan penat atau bermain dengan segala aktivitas outdoor yang tersedia.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Prameswara, Karya Jaya, Kec. Kertapati, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

32. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera
Image Credit: Wikipedia.org

Sama hal nya dengan Sungai Musi, jembatan Ampera merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikenal orang. Jembatan Ampera terletak di Jalan Lintas Timur Sumatera, kota Palembang. Anda dapat menikmati pemandangan indah yang telah disediakan oleh jembatan Ampera terutama saat sore menjelang Anda dapat menikmati keindahan dari matahari terbenam.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Sumatera, 9 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

33. Rumah Limas

Rumah Limas
Image Credit: Pesona.travel

Kota Palembang memiliki tempat wisata yang sangat eksotis yaitu Rumah Limas, Rumah Limas ini merupakan sebuah rumah besar yang dibuat dari kayu yang memiliki tingkat dan di setiap tingkat tersebut memiliki filosofi masing – masing.

Rumah Limas yang merupakan salah satu rumah hunian dari kota Palembang, Sumatera Selatan ini memiliki luas sekitar 400 sampai 1000 meter persegi. Meskipun hanya tempat hunian, namun rumah limas khas Palembang ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Demang Lebar Daun No.51, Demang Lebar Daun, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera selatan.

34. Sungai Gerong

Sungai Gerong
Image Credit: Adipurarent.com

Destinasi wisata alam di Palembang yang sangat terkenal dan terletak di sekitar sungai Musi adalah Sungai Gerong. Sungai Gerong tak kalah indahnya dengan pemandangan di sungai Musi. Saat mengunjungi sungai Gerong Anda akan mendapati berbagai pemandangan kilang minyak milik perusahaan pertamina. Sungai Gerong merupakan salah satu sungai yang sangat menarik untuk dikunjungi saat berada di kota Palembang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Gerong, Kec. Banyuasin I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

35. Kampung Kapitan

Kampung Kapitan
Image Credit: Wego.co.id

Objek wisata di kota ini memang sangatlah banyak. Bahkan tak jarang para wisatawan yang berkunjung menjadi bingung untuk memilih tempat wisata yang dikunjungi. Tak perlu khawatir karena Anda dapat mengunjungi kampung Kapitan sebagai salah satu destinasi wisata di kota Palembang. Selain itu, di tempat wisata kampung Kapitan juga terdapat sebuah restoran yang menyajikan berbagai makanan lezat yang dimasak oleh koki berpengalaman, sehingga Anda tak perlu takut kelaparan saat berlibur.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. KH. Azhari, 7 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

36. Museum Tekstil

Museum Tekstil
Image Credit: Flickr.com @Balaputradewa

Berlibur sekaligus belajar akan semakin lengkap dengan mengunjungi museum tekstil di kota Palembang. Museum tekstil yang berada di kota Palembang ini terletak di desa Talang Semut, kota Palembang. Di museum ini Anda dapat melihat sejarah – sejarah dari tekstil di Sumatera Selatan dan Palembang. Kurang lebih terdapat 500 jenis barang yang dijadikan sebagai koleksi bersejarah di dalam museum tekstil ini. Museum tekstil berada di pertengahan kota Palembang sehingga sangatlah mudah untuk dijangkau dari berbagai tempat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Merdeka No.9, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

37. Danau OPI

Danau OPI
Image Credit: Google Maps (Muhamad Afandi)

Menikmati keindahan alam di tengah panasnya kota Palembang juga bisa Anda lakukan di Danau Opi. Terletak di Jakabaring, danau alami ini memiliki area segar yang masih hijau. Air danaunya yang jernih juga memberikan suasana segar. Berkunjung ke area sekitar Danau OPI akan memberikan situasi yang tentram, meski sayangnya tidak banyak yang bisa dilakukan di danau OPI ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Kedukan, Kec. Rambutan, Kab. Banyu Asin, Sumatera Selatan.

38. Kerajinan Tenun Songket

Kerajinan Tenun Songket
Image Credit: Gomuslim.co.id

Berlibur di kota Palembang Anda juga dapat mengunjungi tempat kerajinan tenun songket. Tempat tenun songket ini juga memiliki keindahan alam yang tak kalah menariknya dengan tempat wisata lainnya. Di sentra kerajinan tenun ini Anda akan diajarkan cara menenun kain yang benar. Kota Palembang memiliki kain khas yang sering disebut dengan “Wong Kito”. Selain belajar cara menenun kain, Anda juga dapat membawanya pulang sebagai oleh – oleh.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: JL. KH. Azhari Lorong Kamasan, No. 1387 RT. 21, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

39. Kawah Tengkurep

Kawah Tengkurep
Image Credit: Indonesiakaya.com

Tempat wisata terakhir yang dapat Anda kunjungi saat berlibur di kota Palembang adalah kawah Tengkurep. Kawah Tengkurep termasuk dalam salah satu wisata yang wajib untuk dikunjungi di kota Palembang. Keberadaan Kawah Tengkurep ini terletak di desa 3 Ilir, Kota Palembang. Perlu diketahui bahwa kawah Tengkurep ini merupakan salah satu tempat pemakaman dari keluarga Sultan Palembang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: 3 Ilir, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Sungguh menarik bukan? Sangat banyak tempat wisata di kota Palembang yang dapat Anda kunjungi ketika berlibur atapun melakukan perjalanan bisnis. Tunggu apalagi? Segera jadwalkan kegiatan liburan bersama dengan keluarga di kota Palembang. Liburan tak perlu jauh – jauh ke luar negeri, jika di dalam negeri sendiri saja dapat dilakukan, seperti di kota Palembang ini. Nikmati setiap tempat wisata yang ada di kota Palembang bersama dengan keluarga tercinta.