Sumatra Selatan

25 Tempat Wisata di Palembang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan di Palembang? Periksa Pilihan Tempat Wisata Menarik di Palembang, Sumatera Selatan. Objek Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Sedang Hits Disambangi Wisatawan.

Salah satu kegiatan menyenangkan yang selalu dinantikan oleh anak – anak adalah berlibur. Memang tak dapat dipungkiri liburan bersama orang – orang terkasih merupakan salah satu kegiatan yang sangatlah seru dan menyenangkan. Indonesia sangatlah kaya dengan budaya dan kekayaan alam yang dapat dijadikan tempat wisata. Salah satu tempat yang dapat dijadikan sebagai destinasi pariwisata keluarga adalah kota Palembang.

Ibu kota provinsi Sumatera Selatan ini merupakan kota dengan urutan kedua terbesar yang ada di Sumatera setelah kota Medan. Di kota Palembang terdapat banyak tempat wisata yang dapat dinikmati oleh wisatawan, mulai dari tempat wisata alam hingga wisata buatan yang pastinya mempesona dan memberi kesan unik.

Berikut ini diulas beberapa rekomendasi tempat wisata hits di Kota Palembang yang dapat Anda kunjungi saat berlibur:

1. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro

Lokasi: 1 Ilir, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang. – Image Credit by Southsumatratourism.com

Destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di kota Palembang adalah pulau Kemaro. Pulau yang terletak di tengah sungai Musi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Untuk dapat sampai di pulau Kemaro Anda perlu menempuh perjalanan kurang lebih 6 km jika dari Jembatan Ampera.

Keberadaan pulau Kemaro di kota Palembang ini sangatlah unik karena terdapat sebuah vihara kuno yang terletak di tengah – tengah pulau. Keberadaan vihara ditengah pulau Kemaro tersebut pun sering kali masih digunakan oleh orang – orang setempat dan para wisatawan untuk berdoa dan berziarah.

2. Gunung Dempo

Gunung Dempo

Lokasi: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kab. Kota Pagar Alam. – Image Credit by Travelingyuk.com

Tempat wisata lain yang dapat Anda kunjungi jika berlibur di kota Palembang adalah gunung Dempo. Gunung Dempo merupakan salah satu gunung di kota Palembang dengan ketinggian 3,195.  Untuk dapat sampai di gunung Dempo Anda harus menempuh perjalanan melewati kota kecil pagar alam dengan jarak kurang lebih 7 km jika dari pusat kota.

Tak hanya itu, tempat wisata gunung Dempo juga memiliki beberapa kekayaan rimba gunung yang terlihat masih sangat alami. Secara geografis, gunung ini terletak di antara Sumatera Selatan dan Bengkulu. Bagi Anda yang akan berkunjung ke gunung Dempo, sebaiknya Anda mengunjunginya saat musim kemarau tiba.

3. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah

Lokasi: Prahu Dipo, Kec. Dempo Selatan, Kota Pagar Alam. – Image Credit by Pesona.travel

Selain gunung, kota Palembang juga memiliki tempat wisata lain berupa air terjun. Salah satu air terjun yang terkenal di kota ini adalah air terjun Lematang Indah. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 40 meter. Tempat wisata air terjun ini sangatlah ramai dikunjungi oleh wisatawan asing dan lokal. Air terjun Lematang Indah ini berlokasi di kota Pagar Alam.

Wisata alam berupa air terjun sangat cocok Anda kunjungi karena pemandangan yang begitu indah dan menawan. Untuk dapat menikmati objek wisata di air terjun Anda tak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena harga tiket masuk hanya Rp 4000 per orang.

4. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari

Lokasi: Karang Dalam, Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat. – Image Credit by Panduanwisata.id

Dekat kota Palembang tak hanya terdapat satu air terjun. Wisata air terjun lain yang dapat Anda kunjungi adalah air terjun bidadari. Tempat wisata ini sangatlah ramai oleh wisatawan dan Anda dapat menikmati keindahan dari wisata air terjun ini. Air terjun Bidadari terletak di kabupaten Lahat. Anda dapat mengunjungi air terjun Bidadari ini bersama dengan keluarga tercinta saat liburan dan menikmati pemandangan eksotis air terjun, juga suasana disekitarnya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lubuklinggau Terbaru & Terhits Dikunjungi

5. Arung Jeram Sungai Manna

Arung Jeram Sungai Manna

Lokasi: Manna, Kec. Tanjung Sakti, Kab. Pagar Alam. – Image Credit by Teropongpublik.com

Tempat wisata arung jeram ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu tujuan wisata saat berlibur di kota Palembang. Arung jeram Sungai Manna ini terletak di kecamatan Tanjungsakti, Palembang. Tempat wisata ini menyediakan paket arung jeram yang dapat Anda pilih sesuai dengan kemampuan Anda berdasarkan tingkat kesulitan. Arung jeram ini termasuk dalam salah satu wisata adrenalin di kota Palembang, maka tak heran jika banyak wisatawan yang terus berdatangan setiap harinya.

6. Air Terjun Curup Maung

Air Terjun Curup Maung

Lokasi: Atung Bungsu, Kec. Dempo Selatan, Kota Pagar Alam. – Image Credit by Infoanekawisata.blogspot.com

Keberadaan air terjun ini masih belum banyak diketahui oleh wisatawan namun memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Anda dapat menjadikan wisata air terjun ini sebagai salah satu tempat wisata saat berkunjung di kota Palembang.

Perlu diketahui bahwa tempat wisata air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan tak kalah dengan tempat wisata air terjun populer lainnya. Anda perlu menempuh perjalanan yang cukup sulit untuk mengunjungi tempat wisata ini, namun semua akan terbayarkan dengan keindahan alam yang begitu cantik dan menarik.

7. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang

Lokasi: Bukit Lama, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang. – Image Credit by Tamanpurbakala.blogspot.com

Bukit Siguntang adalah tempat wisata lain yang dapat Anda kunjungi selain air terjun. Bukit ini merupakan salah satu tempat bersejarah di Palembang yang letaknya berada di Bukit Lama Ilir. Perlu diketahui bahwa bukit ini termasuk dalam salah satu bukit yang paling tinggi di kota Palembang.

8. Wisata Danau Ranau

Wisata Danau Ranau

Lokasi: Surabaya Timur, Kec. Banding Agung, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan. – Image Credit by Katalogwisata.com

Kota Palembang memiliki wisata alam berupa danau yang dapat Anda kunjungi. Letak danau ini berada di Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat. Selain pemandangannya yang sangat indah, danau ini sangat jauh dari polusi sehingga Anda benar – benar dapat menikmati keindahan alam yang ada di danau tersebut.

Danau Ranau yang menawarkan pemandangan yang begitu menarik membuat para wisatawan yang datang merasa senang dan puas berkunjung. Perlu diketahui bahwa danau Ranau ini berlokasi di kecamatan Sukau, Lampung Barat.

9. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak

Lokasi: Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. – Image Credit by Traverse.id

Kota Palembang juga terkenal dengan tempat wisata berupa benteng yang dapat Anda kunjungi. Salah satunya adalah Benteng Kuto Besak. Benteng ini merupakan salah satu warisan dari peninggalan kerajaan di kota Palembang. Benteng Kuto memiliki lebar sekitar 183, 75 meter dan ketinggian 9,9 meter. Tempat wisata benteng Kuto ini terletak di Bukit Kecil, Palembang. Anda dapat menjadikan benteng ini sebagai salah satu destinasi wisata saat berkunjung di kota Palembang.

10. Goa Putri

Goa Putri

Lokasi: Padang Bindu, Kec. Semindang Aji, Kab. Ogan Komering Ulu. – Image Credit by Rischaandriani.wordpress.com

Tempat wisata lainnya yang dapat Anda kunjungi saat berlibur di kota Palembang adalah Goa Putri. Goa ini berlokasi di desa Padang Bindu dengan jarak tempuh sekitar 6 jam jika dari pusat kota. Goa Putri sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang memiliki hobi caving. Namun tak jarang beberapa wisatawan yang hadir hanya untuk menikmati keindahan dari goa ini. Tak heran jika banyak wisatawan yang terus berdatangan setiap harinya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Musi Rawas Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

11. Hutan Wisata Punti Kayu

Hutan Wisata Punti Kayu

Lokasi: Jl. Kol. Burlian Km. 6,5, Karya Baru, Alang Alang Lebar, Karya Baru, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang. – Image Credit by Travelspromo.com

Kota Palembang sangat kaya dengan tempat wisatanya, Anda dapat mengunjungi hutan wisata Punti Kayu sebagai salah satu destinasi pariwisata. Tempat wisata ini sangatlah asyik dengan tempat yang sangat luas. Selain itu, banyak spot – spot foto yang bagus untuk diabadikan.

Hutan wisata yang terletak di daerah Jl. Kolonel H. Burlian ini telah lama menjadi sebuah hutan lindung sejak tahun 1998. Tempat wisata yang selalu ramai ini memiliki luas kurang lebih 50 hektar. Menariknya, di tempat wisata hutan ini juga terdapat kera lokal dan beberapa wahana lain seperti kebun binatang mini.

12. Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak

Lokasi: Jl. Tasik, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Ketika berkunjung di kota Palembang dijamin Anda tidak akan merasa bosan karena sangat banyak objek wisata yang dapat dikunjungi. Anda dapat menjadikan taman Kambang Iwak sebagai salah satu tempat wisata untuk dikunjungi saat berada di kota Palembang. Di taman ini Anda akan menjumpai beberapa wahana lain seperti kolam dengan ukuran yang cukup luas. Selain itu, di tempat wisata ini Anda dapat mengunjungi beberapa tempat untuk berkuliner dan berbagai fasilitas umum yang sangat bervarian.

13. Candi Bumi Ayu

Candi Bumi Ayu

Lokasi: Bumi Ayu, Kec. Tanah Abang, Kab. Muara Enim. – Image Credit by Koransn.com

Sangat menarik, ternyata di kota Palembang Anda juga dapat mengunjungi sebuah candi. Candi Bumi Ayu ini terletak di desa Bumiayu, kabupatern Muara Enim. Candi ini merupakan candi yang paling besar di pulau Jawa. Tempat wisata candi ini merupakan candi peninggalan umat Hindu. Meskipun demikian, candi Bumi Ayu ini selalu ramai oleh pengunjung dari berbagai wilayah baik dalam maupun luar negeri sekalipun.

14. Taman Purbakala Sriwijaya

Taman Purbakala Sriwijaya

Lokasi: Jl. Syakyakirti, Karang Anyar, Kec. Gandus, Kota Palembang. – Image Credit by Wikipedia.org

Selain berlibur, Anda juga dapat belajar tentang sejarah karena berbagai tempat wisata yang ada di kota Palembang sangat kental dengan sejarahnya. Taman Purbakala Sriwijaya ini terletak di desa Karang Anyar. Tempat wisata ini dapat Anda kunjungi bersama dengan keluarga tercinta.

Perlu diketahui bahwa taman purbakala ini sering disebut dengan nama Karanganyar oleh warga setempat. Anda dapat menjadikan taman ini sebagai salah satu jadwal perjalanan wisata yang akan dikunjungi saat berada di kota Palembang.

15. Monumen Perjuangan Rakyat

Monumen Perjuangan Rakyat

Lokasi: 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. – Image Credit by Indephedia.com

Destinasi wisata yang sekaligus dapat dijadikan tempat pembelajaran bagi anak adalah monument Perjuangan Rakyat. Monument ini terletak di Bukit Kecil kota Palembang. Bagi keluarga yang berkunjung di tempat ini dapat melihat berbagai jenis peninggalan dari perjuangan rakyat Palembang semasa perang kemerdekaan. Tempat monument ini terletak di Bukit Kecil, kota Palembang. Selain bersenang – senang, Anda juga dapat menjadikan tempat wisata ini sebagai salah satu wisata edukasi.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Muara Enim yang Paling Populer

16. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Lokasi: Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. – Image Credit by Wikipedia.org

Tempat wisata sebagai edukasi lainnya yang dapat Anda kunjungi di kota Palembang adalah museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Tempat bersejarah ini terletak di tepi sungai Musi, sehingga Anda dapat menikmati dua wisata sekaligus saat berkunjung di museum ini. Museum menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi untuk mengetahui sejarah daerah tersebut, termasuk ketika Anda melakukan perjalanan liburan bersama keluarga tercinta.

17. Museum Negeri Balaputradewa

Museum Negeri Balaputradewa

Lokasi: Jl. Srijaya No.I, RW.5, Srijaya, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang. – Image Credit by Palembang-tourism.com

Kota Palembang tak hanya memiliki satu museum sebagai tujuan wisata edukasi, terdapat museum lain yang dapat Anda kunjungi bersama dengan keluarga tercinta yaitu Museum Negeri Balaputradewa. Tempat bersejarah ini telah lama didirikan sejak tahun 1978 dan sampai saat ini masih sangat dirawat oleh pengelola museum. Maka tak heran jika hingga saat ini masih sangat ramai dengan para wisatawan lokal dan asing.

18. Sungai Musi

Sungai Musi

Lokasi: 9 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang. – Image Credit by Pegipegi.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan sungai Musi? Tentunya sungai yang sudah sangat terkenal ini dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata saat berkunjung di kota Palembang. Saat malam hari, sungai Musi memiliki banyak tempat hiburan yang sangat menarik dan dapat Anda kunjungi. Anda harus menjadikan sungai Musi sebagai salah satu tempat wisata wajib dikunjungi saat berada di kota Palembang.

19. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, 9 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang. – Image Credit by Wikipedia.org

Sama hal nya dengan Sungai Musi, jembatan Ampera merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikenal orang. Jembatan Ampera terletak di Jalan Lintas Timur Sumatera, kota Palembang. Anda dapat menikmati pemandangan indah yang telah disediakan oleh jembatan Ampera terutama saat sore menjelang Anda dapat menikmati keindahan dari matahari terbenam.

20. Rumah Limas

Rumah Limas

Lokasi: Jl. Demang Lebar Daun No.51, Demang Lebar Daun, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang. – Image Credit by Pesona.travel

Kota Palembang memiliki tempat wisata yang sangat eksotis yaitu Rumah Limas, Rumah Limas ini merupakan sebuah rumah besar yang dibuat dari kayu yang memiliki tingkat dan di setiap tingkat tersebut memiliki filosofi masing – masing.

Rumah Limas yang merupakan salah satu rumah hunian dari kota Palembang, Sumatera Selatan ini memiliki luas sekitar 400 sampai 1000 meter persegi. Meskipun hanya tempat hunian, namun rumah limas khas Palembang ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

21. Sungai Gerong

Sungai Gerong

Lokasi: Sungai Gerong, Kec. Banyuasin I, Kota Palembang. – Image Credit by Adipurarent.com

Destinasi wisata alam di Palembang yang sangat terkenal dan terletak di sekitar sungai Musi adalah Sungai Gerong. Sungai Gerong tak kalah indahnya dengan pemandangan di sungai Musi. Saat mengunjungi sungai Gerong Anda akan mendapati berbagai pemandangan kilang minyak milik perusahaan pertamina. Sungai Gerong merupakan salah satu sungai yang sangat menarik untuk dikunjungi saat berada di kota Palembang.

22. Kampung Kapitan

Kampung Kapitan

Lokasi: Jl. KH. Azhari, 7 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang. – Image Credit by Wego.co.id

Objek wisata di kota ini memang sangatlah banyak. Bahkan tak jarang para wisatawan yang berkunjung menjadi bingung untuk memilih tempat wisata yang dikunjungi. Tak perlu khawatir karena Anda dapat mengunjungi kampung Kapitan sebagai salah satu destinasi wisata di kota Palembang. Selain itu, di tempat wisata kampung Kapitan juga terdapat sebuah restoran yang menyajikan berbagai makanan lezat yang dimasak oleh koki berpengalaman, sehingga Anda tak perlu takut kelaparan saat berlibur.

23. Museum Tekstil

Museum Tekstil

Lokasi: Jl. Merdeka No.9, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. – Image Credit by Flickr.com @Balaputradewa

Berlibur sekaligus belajar akan semakin lengkap dengan mengunjungi museum tekstil di kota Palembang. Museum tekstil yang berada di kota Palembang ini terletak di desa Talang Semut, kota Palembang. Di museum ini Anda dapat melihat sejarah – sejarah dari tekstil di Sumatera Selatan dan Palembang. Kurang lebih terdapat 500 jenis barang yang dijadikan sebagai koleksi bersejarah di dalam museum tekstil ini. Museum tekstil berada di pertengahan kota Palembang sehingga sangatlah mudah untuk dijangkau dari berbagai tempat.

24. Kerajinan Tenun Songket

Kerajinan Tenun Songket

Lokasi: JL. KH. Azhari Lorong Kamasan, No. 1387 RT. 21, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang. – Image Credit by Gomuslim.co.id

Berlibur di kota Palembang Anda juga dapat mengunjungi tempat kerajinan tenun songket. Tempat tenun songket ini juga memiliki keindahan alam yang tak kalah menariknya dengan tempat wisata lainnya. Di sentra kerajinan tenun ini Anda akan diajarkan cara menenun kain yang benar. Kota Palembang memiliki kain khas yang sering disebut dengan “Wong Kito”. Selain belajar cara menenun kain, Anda juga dapat membawanya pulang sebagai oleh – oleh.

25. Kawah Tengkurep

Kawah Tengkurep

Lokasi: 3 Ilir, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Tempat wisata terakhir yang dapat Anda kunjungi saat berlibur di kota Palembang adalah kawah Tengkurep. Kawah Tengkurep termasuk dalam salah satu wisata yang wajib untuk dikunjungi di kota Palembang. Keberadaan Kawah Tengkurep ini terletak di desa 3 Ilir, Kota Palembang. Perlu diketahui bahwa kawah Tengkurep ini merupakan salah satu tempat pemakaman dari keluarga Sultan Palembang.

Sungguh menarik bukan? Sangat banyak tempat wisata di kota Palembang yang dapat Anda kunjungi ketika berlibur atapun melakukan perjalanan bisnis. Tunggu apalagi? Segera jadwalkan kegiatan liburan bersama dengan keluarga di kota Palembang. Liburan tak perlu jauh – jauh ke luar negeri, jika di dalam negeri sendiri saja dapat dilakukan, seperti di kota Palembang ini. Nikmati setiap tempat wisata yang ada di kota Palembang bersama dengan keluarga tercinta.