Sumatra Barat

10 Tempat Wisata di Pasaman Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Periksa Rekomendasi Tempat Wisata Terindah dan Terbaik di Pasaman, Sumatera Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Pasaman termasuk kawasan yang juga menarik perhatian publik dunia karena keindahan alam yang dimilikinya. Kondisi ini semakin mempertajam bahwa Indonesia menduduki eksistensi luar biasa untuk urusan sumber daya alam. Bisa dibayangkan bagaimana Tanah Air memiliki ribuan pulau dengan 5 pulau besar didalamnya. Dimana setiap pulau memiliki pesona tersendiri yang tak bisa dihindari.

Kali ini pembahasan tertuju pada Kabupaten Pasaman. Kawasan yang berada di Sumatera Barat yang menyuguhkan seribu satu pesona melalui lukisan alamnya. Kenyataan tersebut semakin membuat citra Sumatera terpandang di mata internasional.

Seperti yang sudah diketahui bahwa Pasaman menjadi daerah cantik yang dipenuhi oleh gugusan pegunungan. Lingkungan alam juga masih terjaga hingga pohon-pohon tumbuh subur. Kondisi itu yang membuatnya memiliki udara sejuk yang bisa membuat siapapun betah untuk berlama-lama. Bagi Anda yang ingin berkunjung, berikut 10 tempat wisata di Pasaman yang perlu Anda ketahui.

1. Air Terjun Batang Nango

Air Terjun Batang Nango

Image Credit: Escapeswithandrew.com

Lokasi pertama yang langsung jadi acuan di Pasaman adalah Air Terjun Batang Nango. Lokasi strategis yaitu tak jauh dari Pasaman Barat. Jarak dari pusat kota hanya 10 km. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi ataupun pilihan transportasi yang banyak menawarkan jasa. Tak jauh berbeda dari air terjun memesona lainnya. Air Terjun Batang Nango mempunyai titik menawan yang membuat ia cantik apa adanya. Belum lagi lingkungan sekitar terjaga dengan baik.

Sehingga suasana nyaman sekaligus tenang langsung terasa saat Anda menikmatinya. Air terjun memiliki debit air cukup deras. Meluncur memecah bebatuan dan mengisi kolam-kolam kecil yang berada di sekelilinginya. Mempermudah pengunjung untuk bermain air tanpa harus masuk ke dalam pusaran air terjun jatuh. Semakin betah karena fasilitas umum yang tersedia dengan standar ketat.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Payakumbuh yang Murah & Enak

Lokasi: Nagari Kajai, Sekitar 10 KM dari Simpang Ampek, Kab. Pasaman Barat.

2. Gunung Talamau

Gunung Talamau

Image Credit: Superadventure.co.id

Masih berada di sekitar Pasaman Barat. Wisatawan bisa melihat lukisan alam tak kalah cantik dari Gunung Talamau. Pemandangan super cantik ini terbungkus rapi oleh pepohonan yang masih tersusun rapi. Bila belum cukup Anda bisa melakukan pendakian untuk melihatnya dalam jarak dekat. Berada di puncak pengunjung akan dibawa pada konsep destinasi atas angin. Meskipun tak setinggi Gunung Bromo. Namun, Gunung Talamau tak kalah keren untuk ukuran gunung berkharisma ini.

Berada di lokasi strategis mempermudah Anda untuk menjangkaunya. Tetapi, tetap saja ketika Anda memutuskan untuk melakukan pendakian. Lakukan persiapan lebih matang. Pasalnya, bagaimanapun keselamatan diri jadi bagian paling krusial dalam perjalanan traveling. Sedangkan bagi Anda hanya ingin menikmati semuanya dengan tenang. Cukup perhatikan lukisan alam ini sudah dijamin rasa stres serta tekanan hilang seketika.

Lokasi: Desa Pinaga, Kab. Pasaman Barat.

3. Pantai Sasak

Pantai Sasak

Image Credit: Flickr.com @elfitra

Berikutnya bagi para pecinta pantai dan segala mengenai ketenangan yang dibawanya. Rekomendasi paling utama adalah Pantai Sasak. Pemandangan alam, pasir putih, sekaligus pepohonan yang masih terjaga membuatnya sangat keren. Pengunjung tak perlu bersusah payah untuk melihat terumbu karang. Sebab, kejernihan air sudah mendukung Anda untuk menikati semua yang ada padanya.

Sedangkan bagi yang ingin bermain air beberapa fasilitas sengaja disediakan penyelenggara. Tak perlu khawatir karena hampir semua fasilitas ditawarkan dengan harga terjangkau.

Lokasi: Sasak, Sasak Ranah Pasisie, Kab. Pasaman Barat.

4. Museum Tuanku Imam Bonjol

Museum Tuanku Imam Bonjol

Image Credit: Mediadakwah.id

Destinasi yang selanjutnya adalah Museum Tuanku Imam Bonjol. Dari namanya sudah bisa dilihat bagaimana peninggalan salah satu pahlawan Indonesia ini terjaga. Berada di kawasan strategis membuat museum sering kali dijadikan tempat belajar. Selama memasuki museum wisatawan akan dibawa pada zaman dimana Indonesia berada dalam tekanan. Bahkan sesekali Anda bisa merasakan betapa gaharnya para pahlawan mempertahankan Tanah Air. Desain museum menarik dengan tetap mempertahankan panorama Pasaman membuatnya beerada di zona nyaman serta udara sejuk.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Payakumbuh yang Paling Populer

Museum Imam Bonjol bukan satu-satunya peninggalan sejarah di Pasaman. Masih banyak latar belakang pahlawan yang juga terjaga dengan baik. berada di Jl. Lintas Tengah Sumatera. Termasuk destinasi wajib bagi Anda yang ingin traveling sekaligus belajar mengenai masa lalu yang tak boleh terlupakan. Ketakjuban akan mengiringi Anda pada rasa syukur akan semua alur hidup yang sekarang dijalani.

Lokasi: Jl. Lintas Tengah Sumatera, Ganggo Hilia, Bonjol, Kab. Pasaman.

5. Monumen Equator

Monumen Equator

Image Credit: Pesona.travel

Berikutnya terdapat Monumen Equator yang juga berguna sebagai edukasi. Untuk mengunjungi kawasan ini terbilang cukup mudah. Sebab, semua mengenainya tercatat rapi dalam prasasti. Belum lagi letak monumen yang berada di kawasan asri membantu Anda untuk menikmati Sumatera dalam waktu singkat.

Meskipun begitu tetap penting melakukan jelajah secara keseluruhan Tanah Air tercinta. Jadi, luangkan waktu sibuk Anda untuk melihat semua keindahan yang telah tersedia.

Lokasi: Jl. Lintas Tengah Sumatera, Ganggo Hilia, Bonjol, Kab. Pasaman.

6. Air Terjun Caracai

Air Terjun Caracai

Image Credit: Infosumbar.net

Setelah belajar mengenai sejarah dan kepahlawan tanpa henti. Berikutnya lajukan kendaraan ke arah Air Terjun Caracai yang berada di Kecamatan Lubuak Sikapiang. Salah satu destinasi terpopuler disini. Dimana pengunjung akan dibuat terpukau oleh visualisasi air terjun yang memiliki 7 tingkatan.

Debit deras yang dimiliki membuat bulir berhamburan membuat lingkungan sekitar sejuk. Pohon-pohon juga tumbuh subur sekaligus terawat. Tidak heran jika banyak warga manca negara yang jauh-jauh datang kesini untuk menikmati sensasinya.

Lokasi: Talu, Kec. Talamau, Kab. Pasaman Barat.

7. Ikan Banyak Lubuak Bonta

Ikan Banyak Lubuak Bonta

Image Credit: Dinnysrikandi.blogspot.com

Ikan Banyak Lubuak Bonta bukan hanya destinasi alam yang menarik untuk dikunjungi. Melaikan kawasan rekreasi yang penuh akan cerita turun-temurun. Hal ini berkaitan dengan penamaan tempat yaitu Ikan Banyak Lubuak Bontak. Anda akan dibuat terkagum oleh bendungan air jernih yang berisi ikan dalam jumlah banyak.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tebing Tinggi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bukan hanya itu karena ikan juga berukuran besar. Ikan-ikan ini hidup nikmat dengan suasana lingkungan yang sejuk. Mitos yang masih dipercayai adalah ikan itu tidak boleh dimakan oleh alasan apapun.

Lokasi: Korong Tarok, Kenagarian Kapalo Hilalang, Kec. 2 X 11 Kayu Tanam, Kab. Padang Pariaman.

8. Puncak Tonang

Puncak Tonang

Image Credit: Raunholic.com

Puncak Tonang adalah rekreasi buatan yang penuh oleh tanaman super cantik. Dimana jenis bunga tumbuh subur membentang dalam lahan luas. Lokasi ini sangat cocok bagi Anda yang gemar foto ataupun pre wedding.

Harga tiket murah dengan fasilitas umum terjamin membuatnya ramai oleh wisatawan lokal dan manca negara. Belum lagi letak destinasi yang terbilang cukup strategis sehingga kendaraan pribadi bisa langsung digunakan untuk menjangkaunya.

Lokasi: Sundata, Kec. Lubuk Sikaping, Kab. Pasaman.

9. Bukik Tujuah

Bukik Tujuah

Image Credit: Pasamankab.blogspot.com

Selanjutnya terdapat Bukik Tujuah yang mengesankan karena konsep yang ia miliki. Dimana kawasan ini dipenuhi oleh bukit-bukit berbentuk bulat. Tepat, hal tersebut menjadikannya seperti Bukit Teletubis yang mengemaskan. Berada di Kecamatan Rao Selatan membuat Bukik Tujuah sering jadi destinasi wajib.

Lokasi: Kec. Rao Selatan, Kab. Pasaman.

10. Taman Wisata Alam Rimbo Panti

Taman Wisata Alam Rimbo Panti

Image Credit: Sumbarfokus.com

Sedangkan untuk Taman Wisata Alam Rimbo Panti bakal membuat Anda betah oleh koleksi tanaman dan hewan langka. Selain itu, disempurnakan oleh pemandian air panas dan dekorasi kawasan sangat cantik membuat siapapun betah berlama-lama.

Taman wisata tersebut berada di Kecamatan Panti yang jaraknya tak telalu jauh dari pusat perkotaan. Bukan hanya tepat untuk traveling, destinasi ini juga berguna dalam proses edukasi.

Lokasi: Kec. Panti, Kab. Pasaman.

Itulah 10 tempat wisata menarik di Pasaman yang patut Anda kunjungi Ketika liburan tiba. Destinasi yang didominasi dengan wisata alam menjadi tempat terbaik untuk Refreshing.