Sumatra Barat

10 Tempat Wisata di Pasaman Barat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Sumatera Barat? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Menarik & Populer di Pasaman Barat Terbaru, Kekinian dan Paling Hits untuk Liburan Anda yang Lebih Berkesan.

Pasaman Barat, sebuah daerah di sebelah utara wilayah Sumatra Barat ini memang belum terlalu dikenal. Umumnya, wisatawan ketika datang ke Sumatra Barat akan berkunjung ke kota Padang yang memang sudah populer.

Meskipun tidak terlalu dikenal, Pasaman Barat memiliki sejumlah objek wisata menarik yang layak Anda kunjungi. Berikut 10 tempat wisata di Pasaman Barat yang bisa menjadi tempat alternatif kunjunganmu di Sumatra Barat.

1. Air Terjun Sipagogo

Air Terjun Sipagogo

Image Credit: Wisato.id

Destinasi wisata pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Air Terjun Sipagogo. Air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata andalan Pasaran Barat. Lanskap air terjun yang menakjubkan ditambah jernihnya air serta rimbunnya pohon menambah daya tarik tempat wisata ini.

Lokasi air terjun ini terletak di daerah Situak Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Pasaman, Sumatra Barat. Air tejun Sipagogo sangat direkomendasikan ketika Anda berkunjung ke daerah Pasaman Barat.

Lokasi: Jl. Situak, Ujung Gading, Lembah Malintang, Kab. Pasaman Barat.

2. Gunung Talamau

Gunung Talamau

Image Credit: Superadventure.co.id

Bagi Anda yang memiliki kecintaan terhadap hobi mendaki, Pasaman Barat menawarkan tempat yang pas untuk Anda. Gunung Talamau merupakan tempat mendaki favorit di Pasaman Barat. Gunung yang memiliki ketinggian 2.982 mdpl ini mempunyai trek mendaki yang meliku dan menanjak cukup ekstrem. Sangat pas untuk menguji adrenalinmu.

Uniknya, Gunung Talamau memiliki 13 telaga yang menambah kecantikan pemandangan ketika dilihat dari jarak jauh. Setelah lelah mendaki, Anda bisa menggunakan air di telaga untuk sekadar membasuh muka agar lebih segar setelah lelah mendaki.

Lokasi: Desa Pinaga, Kab. Pasaman Barat.

3. Bukit Puti Gonjoli

Bukit Puti Gonjoli

Image Credit: Pasamanbaratkab.sicantik.layanan.go.id

Bukit ini tidak hanya menarik perhatian wisatawan lokal, lho. Wisatawan mancanegara pun tertarik untuk mnedatangi bukit ini. Di bukit ini, Anda bisa melakukan swafoto atau bersama teman-teman atau pasanganmu dengan latar belakang pemandangan Pasaman barat dari kejauhan. Selain bisa menikmati pemandangan, Anda juga bisa mencoba olahraga ekstrem paralayang. Bentang alam yang pas membuat lokasi ini sangat cocok dijadikan spot bermain paralayang.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tanah Datar Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Umumnya, wisatawan yang datang ke Bukit Puti Gonjoli adalah kelompok wisatawan. Anda bisa berkemah bersama teman-temanmu di bukit ini. Jangan khawatir jika Anda tidak membawa tenda sendir, pasalnya terdapat tempat penyewaan tenda di bukit tersebut.

Lokasi: Nagari Persiapan Pinaga, Nagari Aua Kuniang (Nagari induk), Kec. Pasaman, Kab. Pasaman Barat.

4. Air Terjun Sampuran Botung

Air Terjun Sampuran Botung

Image Credit: Instagram.com @viasyahfitri

Air terjun lain yang menjadi tempat rekomendasi ketika berkunjung ke Pasaman Barat adalah Air Terjun Sampuran Botung. Hal menarik dari Air Terjun ini meskipun ketinggian air terjunnya tidak terlalu tinggi, yaitu hanya sekitar 1 sampa 3 meter, namun luas kolam sungai aliran air terjun ini sangat luas, yaitu sekitar 15 meter.

Selain itu, lokasi air terjun yang terletak di hutan memberikan kesan menenangkan. Tempat ini menjadi salah satu lokasi alternatif ketika Anda ingin melepas kepenatan bersama keluarga ataupun teman-teman.

Lokasi: Sungai Aua, Kec. Sungai Aur, Kab. Pasaman Barat.

5. Pulau Pigago

Image Credit: Instagram.com @rifkadejavu

Objek wisata unik lainnya adalah Pulau Pigago. Pulau kecil yang berada di Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, selain memiliki pantai yang eksotis, juga memiliki pasir pantai yang sangat putih dan air yang jernih. Yang menjadi daya tarik utama pulai ini adalah tempat wisata ini belum terlalu dikenal oleh wisatawan sehingga jumlah wisatawan yang datang masih sedikit.

Hal ini membuat pulau ini menjadi sangat menenangkan. Anda bisa menikmati luasnya pantai bersama putihnya pasir ditemani jejeran pohon kelapa. Sangat pas untuk Anda yang berencana berlibur untuk bulan madu.

Lokasi: Aia Bangih, Kec. Sungai Beremas, Kab. Pasaman Barat.

6. Pantai Sasak

Pantai Sasak

Image Credit: Flickr.com @elfitra

Satu lagi pantai yang menjadi andalan Pasaman Barat. Hal yang membedakan Pantai Sasak dengan pantai lainnya adalah di pantai ini terdapat hamparan pasir putih yang memiliki bebatuan. Ukuran batu-batunya beragam, mulai dari yang besar hingga yang kecil, jejeran pohon kelapa dan resort di pinggir pantai menambah daya tarik pantai ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tebing Tinggi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Selain itu, lokasi pantai ini juga tidak terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, sehingga pemandangannya jauh lebih menenangkan dibanding pantai lainnya. Waktu yang pas untuk berlibur ke pantai ini adalah antara bulan Maret hingga September saat musim kemarau karena daerah ini memiliki curah hujan yang cukup tinggi saat musim hujan.

Lokasi: Sasak, Sasak Ranah Pasisie, Kab. Pasaman Barat.

7. Goa Alami Paraman Ampalu

Goa Alami Paraman Ampalu

Image Credit: Wonderfullpasbar.blogspot.com

Goa ini terletak sekitar 15 km dari ibukota Pasaman Barat. Goa ini terletak berdekatan dengan sebuah desa yang dihuni oleh masyarakat Paraman Ampalu. Yang menjadi daya tarik goa ini adalah ukuran goa yang tidak terlalu sempit.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai goa alami ini adalah sekitar 40 menit dari Pasar Pasaman. Kedalaman goa yang cukup dalam mengharuskan Anda membawa alat penerang yang tahan lama. Konon, goa ini dulu digunakan oleh seorang raja untuk berdiam diri dan bertapa untuk melawan raksasa jahat.

Lokasi: Kec. Gunung Tuleh, Kab. Pasaman Barat.

8. Waterboom Padang Tujuh

Waterboom Padang Tujuh

Image Credit: Rangkiangnagari.com

Selain objek wisata alam, Pasaman Barat juga memiliki tujuan rekreasi menarik, yaitu waterboom Padang Tujuh. Lokasi waterboom ini terletak sekitar 20 menit dari pusat ibukota Pasaman Barat. Sebagian besar wahana yang terdapat di waterboom ini adalah wahana air. Anda bisa bermain air, meluncur menggunakan seluncuran atau perosotan serta mencoba berbagai wahana air lainnya yang ditawarkan waterboom ini.

Pemerintah Pasaman Barat dewasa ini sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur, salah satunya akses kendaraan menuju waterboom ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk menuju lokasi waterboom karena cukup banyak angkutan umum yang beroprasi menuju lokasi waterboom.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Padang Panjang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Aua Kuniang, Kec. Pasaman, Kab. Pasaman Barat.

9. Air Terjun Siburai-Burai

Air Terjun Siburai-Burai

Image Credit: Instagram.com @irfannupati

Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus memasuki kawasan hutan lebat yang sudah termasuk wilayah Gunung Talamau. Lebatnya hutan dan jalur yang cukup ekstrem untuk dilalui terbayar ketika Anda mencapai lokasi. Air Terjun Siburai-Buari memiliki lanskap yang menakjubkan karena dikelilingi tebing batu yang tinggi nan cantik.

Selain itu, lebatnya hutan membuat kawasan ini sepi dikunjungi sehingga membuat suasana menjadi jauh lebih menenangkan. Ketinggian air tejun yang cukup tinggi memberi efek menakjubkan saat air yang jatuh diterpa sinar matahari dan aingin sore. Untuk mencapai lokasi ini, selain menyiapkan perbekalan selama melalui jalur akses, persiapkan juga stamina yang cukup sehingga Anda tidak kehilangan tenaga selama perjalanan.

Lokasi: Lubuk Landur, Kec. Kinali, Kab. Pasaman Barat.

10. Danau Laut Tinggal

Danau Laut Tinggal

Image Credit: Blog.reservasi.com

Satu lagi tempat wisata yang dapat Anda kunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Pasaman Barat. Danau ini terletak di ketinggian 1900 mdpl. Pemandangan yang eksotis ditambah dengan jernihnya air dan alam yang masih sangat asri menambah kesan magis di tempat ini. Keasrian alam masih sangat terjaga karena sebagian besar masyarakat yang tinggal di sekitar danau masih menggunakan perumahan tradisional.

Lokasi danau ini juga menyimpan berbagai stus bersejarah. Beberapa kali telah dikunjungi tim ahli dari luar negeri untuk melakukan penelitian di sekitar lokasi danau. Danau Laut Tinggal sangat pas jika Anda menginginkan objek wisata yang menenangkan.

Lokasi: Ujung Gading, Kec. Gunung Tuleh, Kab. Pasaman Barat.

Itulah 10 referensi tempat wisata di Pasaman Barat yang dapat dimasukkan ke dalam daftar liburan Anda selanjutnya.