Riau

25 Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Pekanbaru, Riau. Destinasi Wisata Alam, Bahari dan Buatan Terbaru, Kekinian Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan atau Akhir Pekan.

Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan alam dan wisatanya. Banyak wisatawan yang datang dari luar negeri untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Salah satu daerah yag memiliki potensi wisata tinggi adalah Pekanbaru. Meski tidak sepopuler Medan dan Palembang, pariwisata dan keindahan alam di Pekanbaru tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Ada banyak destinasi wisata di kota ini yang populer dikunjungi oleh Wisatawan. Bagi Anda yang akan berkunjung, berikut 25 rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru yang menakjubkan.

1. Rainbow Hills Rumbai

Rainbow Hills Rumbai

Lokasi: Jl. Kemping, Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru. – Image Credit by Marischkaprudence.blogspot.com

Rainbow Hills Rumbai terletak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Pekanbaru. Nama lain dari tempat wisata ini adalah Bukit Pelangi. Tempat wisata Bukit Pelangi pertama kali muncul ke permukaan melalui campur tangan seorang blogger terkemuka yang bernama Marischka Prudence.

Salah satu fenomena unik yang timbul dari bukit ini adalah kontur warnya yang berubah – ubah pada setiap waktu. Rainbow Hills Rumbai terletak tidak jauh dari Danau Khayangan. Meski sangat cantik, mengunjungi Bukit Pelangi saat musim hujan kurang disarankan.

2. Riau Fantasi

Riau Fantasi

Lokasi: Jl. Labersa, Simpang Tiga, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar. – Image Credit by Riaupos.co

Kepopuleran tempat wisata ini sudah tersebar hingga ke seluruh penjuru negeri. Riau Fantasi adalah salah satu tempat wisata wahana terbesar dan terlengkap di daerah Sumatera. Dengan banyaknya wahana disini, Riau Fantasi sering dijadikan tempat berlibur favorit para keluarga.

Riau Fantasi menempati tanah seluas 6,5 Ha yang diisi dengan beberapa area kolam renang, wahana uji adrenalin hingga wahana keluarga. Tempat wisata ini terletak sekitar 45 menit dari pusat Kota Pekanbaru. Untuk tiket masuknya, Anda cukup membayar Rp. 60.000 saat weekdays dan Rp. 70.000 saat weekend.

3. Alam Mayang Pekanbaru

Alam Mayang Pekanbaru

Lokasi: Jl. Alam Mayang, Tengkerang Timur, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru. – Image Credit by Brosispku.com

Letak wisata Alam Mayang Pekanbaru tidak jauh dari pusat kota. Sekitar kurang lebih 8 kilometer saja, Anda sudah bisa menemui tempat wisata ini. keunggulan dari tempat wisata ini adalah keindahan alam dan wahana yang beragam.

Beberapa wahana di Alam Mayang Pekanbaru antara lain banana boat, flying fox, sepeda air, safary train dan masih banyak lagi. Alam Mayang Pekanbaru terletak di Tenkerang Timur, Tenayan Raya, Pekanbaru.

4. Bukit Kapur Air Hitam

Bukit Kapur Air Hitam

Lokasi: Air Hitam, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru. – Image Credit by Superadventure.co.id

Tempat wisata Bukit Kapur Air Hitam selalu berhasil menarik perhatian para wisatawan yang datang ke Pekanbaru. Pesona yang indah dari hamparan bukit kapur megah dengan warna putih yang mempesona membuatnya mendapat rating tinggi dari wisatawan.

Baru – baru ini, Bukit Kapur Air Hitam sedang trend menjadi tempat pre-wedding bagi para pasangan yang mau menikah. Selain pesonanya yang indah dan mengagumkan, pemotretan pre-wedding yang diadakan disini terlihat lebih romantis dan menarik.

5. Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun Binatang Sang Kulim

Lokasi: Kubang Jaya, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar. – Image Credit by Tempatwisataunik.com

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Berdiri diatas tanah seluas 10 Ha, Kebun Binatang Sang Kulim memiliki beragam koleksi hewan baik jinak maupun liar.

Kebun Binatang Sang Kulim tidak hanya menampilkan beragam binatang saja, ada berbagai wahana lain yang bisa dinikmati. Pengunjung juga bisa naik gajah selama 10 menit dengan membayar Rp. 10.000. Untuk harga tiket masuknya, dewasa dikenakan harga Rp. 20.000 sedangkan anak – anak dikenakan biaya Rp. 10.000 saja. Kebun Binatang Sang Kulim bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari pusat kota.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Dumai Terbaru & Terhits Dikunjungi

6. Hutan Kota Pekanbaru

Hutan Kota Pekanbaru

Lokasi: Jl. Diponegoro, Suka Mulia, Kec. Sail, Kota Pekanbaru. – Image Credit by Ipehthepooh.blogspot.com

Kawasan hutan yang sejuk nan asri cocok banget menjadi tempat tujuan bagi yang penat dengan aktifitas sehari – hari. Meski tidak ada wahana permainan, Hutan Kota Pekanbaru banyak dikunjungi wisatawan pada akhir pekan.

Suasana yang nyaman dan sejuk sangat cocok untuk digunakan bersantai sembari berbincang dan bercAnda ria bersama. Tempat wisata yang terletak di Sail, Pekanbaru, Riau ini cukup recommended untuk merefresh pikiran yang sedang lelah.

7. Danau Lembah Sari

Danau Lembah Sari

Lokasi: Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Meski Pekanbaru adalah salah satu kota paling maju di daerah Sumatera, keasrian dan kesejukan alamnya masih tetap terjaga dengan baik. Danau Lembah Asri adalah salah satu danau buatan yang terletak di tengah kota.

Suasana danau yang sejuk dan asri, sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Pemandangan yang disajikan pun sangat indah, terlebih pada saat senja. Jika pengunjung ingin berwisata kuliner, di sekitar danau terdapat warung – warung yang menyajikan beragam menu baik tradisional maupun modern. Bagi yang sedang mengalami stress dan penat, danau ini bisa menghilangkannya.

8. Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura

Lokasi: Sri indrapura, Kp. Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak. – Image Credit by Wikipedia.org

Pekanbaru memiliki sebuah istana yang megah dan mewah bernama Istana Siak Sri Indrapura. Istana ini menjadi pusat pemerintahan kesultanan Siak pada era lampau. Tidak hanya menyajikan pesona bangunan yang megah dan menawan, Istana Siak menjadi saksi bisu perkembangan Islam di Riau.

Istana Siak dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifudin. Dengan menampakkan arsitektur bergaya Eropa, Arab, dan Melayu, istanaberlantai dua ini masih tetap kokoh dan megah meski sudah berdiri lebih dari 100 tahun lamanya. Untuk masuk kedalam istana, pengunjung hanya perlu membayar Rp. 3000 saja.

9. Danau Bandar Kayangan

Danau Bandar Kayangan

Lokasi: Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru. – Image Credit by Ksmtour.com

Danau yang memiliki luas 150 Ha ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai tempat wisata alam saja namun juga sebagai bendungan irigasi yang bermanfaat untuk masyarakat. Pengunjung bisa menikmati pemandangan dan keindahan danau dengan menggunakan sampan atau speedboat.

Jika ingin melihat danau dengan lebih jelas, pengunjung bisa naik ke bukit yang berada di area danau. Danau yang berada di Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau ini sangat cocok untuk dikunjungi pada waktu senja. Menikmati keindahan senja dan pemandangan alam yang menakjubkan memang patut untuk dikunjungi.

10. Desa Wisata Okura

Desa Wisata Okura

Lokasi: Jl. Raja Panjang Okura, Tebing Tinggi Okura, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru. – Image Credit by Berwisata.org

Desa Okura sudah diresmikan sebagai desa wisata pada tahun 2010 lalu. Suku asli Melayu – Riau yang tinggal disini masih tetap mempertahankan kesan tradisional dengan tinggal di rumah panggung yang terletak di sepanjang Sungai Siak.

Yang unik dari desa ini adalah lokasinya dapat dicapai dengan melalui jalur darat maupun jalur sungai. Untuk jalur sungai, pengunjung bisa lewat Pelabuhan Sungai Duku. Di Desa Okura, pengunjung bisa menikmati keasrian desa yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Aktifitas yang bisa dilakukan disini antara lain bersepeda, berkeliling di rimbunan pohon sagu, hingga berkuda.

11. Masjid Agung An-Nur

Masjid Agung An-Nur

Lokasi: Jl. Hang Tuah, Sumahilang, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru. – Image Credit by Liandamarta.com

Wisata religi kebanggaan Pekanbaru ini cocok banget untuk dikunjungi. Dengan arsitektur perpaduan antara Arab, Melayu, Turki, dan India, kemegahan dan kemewahan masjid ini terpancar sangat jelas.

BACA JUGA:  8 Tempat Wisata di Rokan Hilir Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Bangunan yang menjadi ikon wisata religi Pekanbaru ini terkenal dengan sebutan Taj Mahal-nya Pekanbaru. Keindahan Masjid Agung An-Nur semakin terpencar dengan tambahan kolam yang terletak di depan masjid. Masjid yang terdiri dari 3 lantai dan mampu menampung sekitar 4500 jamaah ini menonjolkan warna hijau sebagai warna dasarnya. Ada lima kubah dan empat menara yang terletak di bagian atas masjid. Pada saat bulan ramadhan, Masjid Agung An-Nur penuh dengan pengunjung.

12. Anjungan Seni Idrus Tintin

Anjungan Seni Idrus Tintin

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru. – Image Credit by Vennynovriani3.blogspot.com

Tempat wisata berupa gedung kesenian yang menjadi ikon kota Pekanbaru ini memiliki aksen bangunan khas Melayu Riau. Anjungan Seni Idrus Tintin menjadi tempat wisata yang kental akan budaya dan edukasinya.

Nama tempat bangunan ini diambil dari sang seniman yang mendirikannya yakni Idrus Tintin. Idrus Tintin adalah seorang seniman besar yang berasal di Riau. Anjungan Seni Idrus Tintin terletak di Bukit Raya, Pekanbaru, Riau.

13. Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan Soeman H.S

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.462, Jadirejo, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru. – Image Credit by Riauberbagi.blogspot.com

Jika mendengar nama perpustakaan di era sekarang, pasti banyak yang kurang tertarik untuk mengunjunginya. Namun, Perpustakaan Soeman H.S jauh dari kesan membosankan. Desainnya yang modern dan futuristik akan langsung terpancar saat pengunjung menapakkan kakinya di area perpustakaan.

Ada berbagai macam koleksi buku dan arsip yang tersedia di Perpustakaan Soeman H.S. jika pengunjung naik ke lantai atas, pengunjung bisa memandang Kota Pekanbaru yang begitu indah dari ketinggian. Jadi selain bisa menambah ilmu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan.

14. Masjid Senapelan Pekanbaru

Masjid Senapelan Pekanbaru

Lokasi: Jl. Riau No.73a, Padang Terubuk, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru. – Image Credit by Kontraktorkubahmasjid.com

Satu lagi wisata religi yang populer di Pekanbaru yakni Masjid Senapelan Pekanbaru. Masjid Senapelan Pekanbaru adalah salah satu masjid yang menjadi peninggalan Kesultanan Siak di masa lalu.

Dibangun pada tahun 1762, Masjid Senapelan Pekanbaru menjadi salah satu masjid tertua yang ada di Riau. Pada awal pendiriannya, Masjid Senapelan Pekanbaru ini hanya berukuran kecil dan terbuat dari kayu. Dengan seiring berjalannya waktu, dekorasi masjid semakin megah dan mewah. Berdasarkan kepercayaan masyarakat sekitar, masjid ini memiliki sumur tua yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

15. Museum Sang Nila Utama

Museum Sang Nila Utama

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.194, Tengkerang Tengah, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru. – Image Credit by Riauonline.co.id

Ingin berkunjung ke wisata edukasi, budaya, dan sejarah? Museum Sang Nila Utama adalah tempat yang tepat. Di museum ini, pengunjung dapat melihat beragam kekayaan budaya dan tradisi yang ada di Riau.

Benda – benda yang ditampilkan disini antara lain baju adat, miniatur rumah adat, hingga batu raksasa atau Batu Siput. Tidak hanya itu saja, masih banyak koleksi bersejarah lain yang bisa disaksikan di Museum Sang Nila Utama. Museum yang terletak di Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau ini sering dikunjungi oleh para pelajar.

16. Bono – Sungai Kampar

Bono – Sungai Kampar

Lokasi: Teluk Meranti, Kec. Teluk Meranti, Kab. Pelalawan. – Image Credit by Suarasindo.com

Sudah kenalan dengan Bono? Bono adalah ombak fenomenal yang terletak di Sungai Kampar. Nama Bono Si Ombak sudah tidak asing lagi ditelinga para wisatawan. Kepopulerannya sudah menyebar hingga ke seluruh penjuru negeri.

Untuk bertemu dengan Bono, pengunjung bisa pergi ke sungai yang dekat dengan muaranya. Seorang peselancar Steve King pernah mencetak rekor Guiness World Record di tempat ini. saat musim penghujan seperti ini, pengunjung bisa berselancar pada bulan November hingga Desember. Jika kemari diluar bulan tersebut, pengunjung bisa menikmati ketenangan aliran Sungai Kampar sembari berkayaking dan menikmati keindahan alam di sekitarnya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kepulauan Meranti Terbaru & Terhits Dikunjungi

17. Pasar Bawah

Pasar Bawah

Lokasi: Kampung Dalam, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru. – Image Credit by Travelingyuk.com

Bagi yang ingin bersenang – senang di Pekanbaru dengan berbelanja, Pasar Bawah bisa menjadi tempat yang tepat. Jika berkunjung ke Pekanbaru, Pasar Bawah menjadi tempat wisata yang tidak boleh terlewatkan.

Meski termasuk dalam pasar tradisional, Pasar Bawah menawarkan beragam barang dan oleh – oleh yang cukup lengkap. Bangunan yang terdiri dari empat lantai ini pun terlihat sangat megah. Dekorasi dan desain bangunan ala Melayu Tionghoa dan letaknya yang dekat dengan pelabuhan membuat Pasar Bawah banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

18. Citraland Waterpark

Citraland Water

Lokasi: Tengkerang Barat, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru. – Image Credit by Facebook.com @Perumahan CitraLand Pekanbaru

Citraland Waterpark adalah salah satu wahana rekreasi air yang siap memanjakan pengunjung dengan beragam wahana yang menyenangkan. Mengusung tema “Everytime is Fun”, taman rekreasi ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan keluarga maupun teman.

Fasilitas lengkap dan wahana yang seru, Citraland Waterpark menjadi pilihan yang sangat tepat bagi para pengunjung. Setiap akhir pekan, ribuan pengunjung datang ke Citraland untuk menikmati setiap wahananya. Terletak di Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau, tempat ini mudah dijangkau oleh para wisatawan.

19. Air Terjun Batu Dinding

Air Terjun Batu Dinding

Lokasi: Tanjung Belit, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar. – Image Credit by Share-afriadi.blogspot.com

Air Terjun Batu Dinding terletak tidak jauh dari pusat kota. Kurang lebih dua jam dari pusat kota, pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun dan wisata alam yang indah nan asri. Meski Air Terjun Batu Dinding tidak terlalu tinggi, kolam air terjunnya tergolong luas dan lebar.

Pengunjung diperbolehkan berenang dan bermain air di area air terjun. Namun saat musim penghujan, sebaiknya hindari mandi atau berenang di air terjun. Pastikan untuk membawa perbekalan yang cukup saat pergi ke Air Terjun Batu Dinding. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada kawasan hutan larangan sehingga sulit menemukan warung atau kedai yang terletak di sekitar kawasan air terjun.

20. Sup Tunjang Tribuana

Sup Tunjang Tribuana

Lokasi: Suka Mulia, Kec. Sail, Kota Pekanbaru. – Image Credit by Bayuwinata.wordpress.com

Bagi yang suka dengan wisata kuliner, Sup Tunjang Tribuana cocok untuk Anda kunjungi. Nama Sup Tunjang tentu sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan. Jika Anda berkunjung ke Pekanbaru, tempat ini wajib banget Anda kunjungi.

Berada di kawan Gor Tri Buana, porsi makanan disini bisa dibilang super besar alias jumbo. Sebagai informasi, Sup Tunjang hanya buka pada siang hari tepatnya pada saat jam makan siang. Sup Tunjang yang berada disini sangat terkenal dan paling enak se Pekanbaru.

21. Kuantan Regency Waterpark

Kuantan Regency Waterpark

Lokasi: Perumahan Kuantan Regency No. 1, Jl. Satria, Rejosari, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru. – Image Credit by Youtube.com (Rafa Kevin)

Ingin berlibur dengan sistem backpacker? Kuantan Regency Waterpark sangat cocok Anda kunjungi. Paket wisata yang murah dan seru sangat cocok bagi yang ingin berlibur dengan sistem low budget.

Ada beragam wahana yang bisa Anda nikmati disini, mulai dari twin slide, kolam ombak, kolam arus lazy river, hingga laguna. Pengunjung bisa bermain air dan seru – seruan bareng orang tercinta di Kuantan Regency Waterpark. Terletak di Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau, tempat wisata ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.

22. Teluk Jering

Teluk Jering

Lokasi: Teluk Kenidai, Kec. Tambang, Kab. Kampar. – Image Credit by Gagasanriau.com

Pada dasarnya, Teluk Jering adalah nama sebuah desa yang terletak di Kabupaten Kampar. Di desa ini, pengunjung bisa melihat keindahan sungai pasir putih. Lokasi Teluk Jering bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 45 menit dari pusat kota.

Tidak hanya terkenal dengan warna tanah sungainya saja, pemandangan alam yang hijau dan menakjubkan juga terpancar dengan jelas di Teluk Jering. Pengunjung bisa bersantai di tepi sungai atau melakukan aktifitas olahraga air yang menyenangkan.

23. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus

Lokasi: Muara Takus, Kec. XIII Koto, Kab. Kampar. – Image Credit by Airport.id

Candi Muara Takus adalah satu – satunya candi yang ada di Riau. Tempat wisata ini merupakan candi Budha yang menjadi peninggalan masa lampau. Ornamen dan bahan yang digunakan untuk membuat candi ini sedikit berbeda dengan candi – candi di Pulau Jawa.

Candi Muara Takus terbuat dari batu pasir, batu bata, dan batu sungai. Biasanya, Candi Muara Takus menjadi tempat tujuan para pemilik hobi fotografer.

24. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas

Lokasi: Batu Sasak, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar. – Image Credit by Riau.go.id

Terletak di Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Air Terjun Batang Kapas menawarkan keindahan air jatuh dari ketinggian dan pemandangan alam yang mengagumkan. Jarak Air Terjun Batang Kapas dari pusat Kota Pekanbaru sekitar 135 kilometer.

Bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke air terjun ini, dibutuhkan perjuangan ekstra yang cukup menguras tenaga. Meski begitu, pengunjung dijamin akan merasa puas setelah sampai ke lokasi Air Terjun Batang Kapas.

25. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Minas Jaya, Kec. Minas, Kab. Siak. – Image Credit by Pesonasiak.id

Untuk memecah teriknya sinar matahari di Pekanbaru, pemerintah menghadirkan tempat wisata Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim. Di tempat wisata ini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam dan hijaunya dedaunan yang sejuk dan asri.

Taman Hutan Raya atau Tahura ini pada dasarnya adalah tempat pelatihan Gajah Sumatera. Di taman ini, pengunjung bisa bebas berkeliling dengan sepeda atau berjalan kaki.

Itulah 25 rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru yang wajib Anda kunjungi. Meski terletak cukup jauh dari Ibukota Indonesia, Pekanbaru menyimpan beragam pesona wisata yang indah dan menakjubkan. Jika berkunjung ke Sumatera, Pekanbaru tidak boleh dilewatkan begitu saja.