Riau

10 Tempat Wisata di Pelalawan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Terbaik di Pelalawan, Provinsi Riau. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits untuk Anda Kunjungi Ketika Memiliki Rencana Liburan.

Bagi sebagian orang, nama Kabupaten Pelalawan masih asing di telinga. Kabupaten Pelalawan merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau dengan ibu kota Pangkalan Kerinci. Kabupaten ini adalah hasil dari pemekaran Kabupaten Kampar dengan jumlah penduduk lebih dari 460 ribu jiwa. Meski tergolong baru, Kabupaten Pelalawan menyimpan sejuta keindahan alam yang patut Anda kunjungi.

Bukan hanya wisata alamnya saja, Kabupaten Pelalawan juga kaya dengan wisata sejarah yang tak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Provinsi Riau. Nama Kabupaten Pelalawan diambil dari nama Kerajaan Pelalawan yang berada di Sungai Kampar. Kerajaan tersebut lahir pada tahun 1761 dan mulai dikenal banyak orang ketika masa pemerintahan Sultan Syed Abdurrahman Fachrudin di tahun 1811 hingga 1822.

Untuk mengobati rasa penasaranmu, berikut ulasan 10 tempat wisata di Kabupaten Pelalawan yang paling hits dikunjungi wisatawan.

1. Danau Wisata Betung

Danau Wisata Betung

Image Credit: Dutamedan.com

Sesuai namanya, Danau Wisata Betung ini berlokasi di Desa Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras. Danau Wisata Betung ini berada di sentral budaya melayu. Keunggulan dari objek wisata Danau ini adalah adanya bangunan bersejarah di tengah danau, sehingga Danau Wisata Betung dinobatkan sebagai Pusat Budaya Petalangan.

Di Danau Wisata Betung ini, Anda bisa menemui beragam seni dan budaya asli masyarakat Kabupaten Pelalawan yang dijaga apik oleh masyarakat setempat.

Lokasi: Betung, Kec. Pangkalan Kuras, Kab. Pelalawan.

2. Danau Kajuit

Danau Kajuit

Image Credit: Facebook.com @Infopkc

Destinasi selanjutnya ialah Danau Kajuit. Objek wisata Danau Kajuit ini berada di Kecamatan Langgam, dekat dengan Masjid Raya Langgam. Danau ini populer dengan sebutan Danau Kaduik atau Danau Tajwid. Ketika Anda menapakkan kaki di Danau Kajuit, Anda akan langsung dibuat takjub dengan keindahan alam yang ditawarkan. Karena, Danau Kajuit berada di tengah hutan yang dikelilingi oleh pohon-pohon menjulang tinggi dan rindang yang berusia puluhan tahun.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kepulauan Meranti Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jadi, Anda bisa terbayang bagaimana sejuknya udara di Danau Kajuit. Danau ini baru saja dibuka untuk umum dan kini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Pelalawan. Di Danau Kajuit, Anda bisa menikmati fasilitas bermain seperti perahu, bebek-bebekan, perahu karet. Di saat musim libur sekolah Danau Kajuit menjadi destinasi wisata favorit oleh masyarakat sekitar.

Lokasi: Langgam, Kec. Langgam, Kab. Pelalawan.

3. Istana Sayap Pelalawan

Istana Sayap Pelalawan

Image Credit: Baak.htp.ac.id

Jika Anda menyukai wisata sejarah, ada baiknya untuk berkunjung ke Istana Sayap Pelalawan. Ini merupakan salah satu bangunan bersejarah peninggalan Kerajaan Pelalawan yang berlokasi di Desa Pelalawan, Kecamatan Pelalawan. Bangunan istana ini terdiri dari Bangunan utama, dan dua bangunan lainnya berada di sebelah kiri dan kanan sehingga berbentuk menyerupai sebuah sayap.

Dahulu, Istana Sayap Pelalawan merupakan pusat Kerajaan Pelalawan di tengah Sungai Rasau. Kemudian, Istana ini dipindahkan ke pinggir Sungai Kampar atau di muara Sungai Rasau.

Lokasi: Pelalawan, Kec. Pelalawan, Kab. Pelalawan.

4. Ombak Bono

Ombak Bono

Image Credit: Okeline.com

Fenomena alam berupa gelombang tinggi di Sungai Kampar dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pelalawan. Ombak Bono kerap digunakan sebagai tempat berselancar dan untuk perlombaan selancar favorit, bahkan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pariwisata sebagai salah satu destinasi berselancar terbaik. Ombak Bono ini terletak di Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

Lokasi: Teluk Meranti, Kec. Teluk Meranti, Kab. Pelalawan.

5. Taman Publik Kreatif

Taman Publik Kreatif

Image Credit: Wisatasia.com

Objek wisata di Kabupaten Pelalawan selanjutnya ialah Taman Publik Kreatif. Taman ini terletak di depan kantor bupati Pelalawan. Taman Publik Kreatif digunakan sebagai ruang terbuka hijau untuk masyarakat Kabupaten Pelalawan yang ingin bersantai atau bermain bersama keluarga di pusat kota.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Indragiri Hulu Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Taman Publik Kreatif ini memiliki beberapa fasilitas sederhana seperti gazebo hingga taman yang dipenuhi bunga-bunga. Taman cantik untuk spot berswafoto!

Lokasi: Jl. Lintas Timur Jambi – Riau, Pangkalan Kerinci Barat, Kec. Pangkalan Kerinci, Kab. Pelalawan.

6. Suaka Margasatwa Kerumutan

Suaka Margasatwa Kerumutan

Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Setelah Suaka Marga Satwa Sungai Kerumutan diekspos oleh salah satu stasiun televisi swasta, kepopuleran destinasi wisata ini mendadak dikunjungi banyak orang. Suaka Marga Satwa ini merupakan salah satu objek wisata yang memiliki kearifan lokal yang dijaga dengan apik oleh masyarakat sekitar hingga sekarang.

Di Suaka Marga Satwa Kerumutan, Anda bisa melihat hewan-hewan khas Kabupaten Pelalawan dan melakukan wisata susur sungai. Lokasi pengamatan merupakan titik yang aman dengan akses yang relatif mudah.

Lokasi: Kerumutan, Kec. Kerumutan, Kab. Pelalawan.

7. Taman Nasional Tesso Nilo

Taman Nasional Tesso Nilo

Image Credit: Wikipedia.org

Taman Nasional Tesso Nilo ini juga menjadi tempat yang pas untuk menghabiskan akhir pekan. Di TN ini, Anda bisa menyaksikan flora hingga fauna khas Kabupaten Pelalawan. Taman Nasional Tesso Nilo memiliki 218 jenis tumbuhan vaskular di setiap 200 meter. Selain itu, Taman Tesso Nilo memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang tertinggi dibandingkan hutan dataran rendah lainnya yang ada di dunia.

Penelitian LIPI pada tahun 2003 menyebutkan bahwa Taman Nasional Tesso Nilo memiliki sedikitnya 114 jenis burung, 3 jenis primata, 15 jenis reptil, 50 ikan, hingga 82 tumbuhan berupa tanaman herbal dan obat-obatan lainnya. Taman Nasional Tesso Nilo juga menjadi benteng bagi para Gajah Sumatera yang kini hanya tersisa 200 ekor gajah, dan habitat bagi harimau Sumatera yang sudah mulai langka.

Lokasi: Indragiri Hulu, Segati, Kec. Pelalawan, Kab. Pelalawan.

8. Masjid Agung Pelalawan

Image Credit: Riausky.com

Bagi Anda pecinta Wisata Religi, ada baiknya untuk mengunjungi Masjid Agung Pelalawan yang berada di Kecamatan Pangkalan Kerinci. Desain masjid ini sungguh memukau dengan perpaduan modern, klasik, dan budaya Pelalawan.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Siak yang Paling Populer

Masjid Agung ini dijadikan sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Pelalawan karena keunikannya, utamanya masjid diapik 4 menara yang menjulang tinggi. Mesjid Agung Pelalawan ini berlokasi tak jauh dari Kantor Bupati Pelalawan. Sehingga aksesnya mudah dijangkau.

Lokasi: Pangkalan Kerinci Barat, Kec. Pangkalan Kerinci, Kab. Pelalawan.

9. Tugu Equator Pelalawan

Tugu Equator Pelalawan

Image Credit: Wisatasia.com

Tugu Equator ini terletak di Dusun Tua, Jalan Lintas Timur Sumatera atau sekitar 56 km dari Pangkalan Kerinci, Ibu Kota Pelalawan. Saat Indonesia dijajah oleh Belanda, Tugu Equator dibangun menggunakan besi melingkar sekaligus sebagai tempat penghubung antara Desa Tua menuju ke Desa Pangkalan Lesung. Kemudian, sesaat setelah besi tersebut runtuh, pemerintah setempat lantas membangun Tugu Equator sekaligus sebagai bukti tempat perlintasan garis khatulistiwa.

Apabila Anda menyukai wisata sejarah, maka Anda wajib berkunjung ke Tugu Equator. Di tempat ini, Anda juga mencicipi segarnya madu asli Pelalawan.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, Sangkalan, Kec. Pangkalan Lesung, Kab. Pelalawan.

10. Makam Sultan Mahmud Syah I

Makam Sultan Mahmud Syah I

Image Credit: Disdukcapildaldukkb.riau.go.id

Berziarah ke Makam Sultan Mahmud Syah I di Dusun Pakantua, Kecamatan Pelalawan, merupakan salah satu destinasi wisata favorit warga setempat bahkan banyak juga warga dari kota lain yang berkunjung. Hal ini tidak lepas dari nilai sejarah yang terkandung pada makam Makam Sultan Mahmud Syah I tersebut.

Diketahui, Makam Sultan Mahmud Syah I ini merupakan makan dari salah satu keturunan Raja Malak yang terakhir sehingga sangat membekas di hati masyarakat setempat. Makam Sultan Mahmud Syah I ini memiliki ornamen khas melayu yang sangat indah. Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi dan berziarah ke Makam Sultan Mahmud Syah I ini, tidak dipungut biaya. Namun diminta untuk tetap menjaga kebersihan dari Makam ini.

Lokasi: Pakantua, Kec. Pelalawan, Kab. Pelalawan.

Itulah 10 tempat wisata di Pelalawan yang dapat dimasukan dalam daftar tujuan wisata Anda selanjutnya. Selamat berlibur!