Sumatra Utara

15 Tempat Wisata di Pematangsiantar Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Beragam Tempat Wisata Favorit di Pematangsiantar, Sumatera Utara. Objek Wisata Alam & Bahari Terbaru, Kekinian, Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat ingin Menghabiskan Liburan.

Pematangsiantar merupakan salah satu kota yang ada di Sumatera Utara. Kota ini memiliki luas sekitar 55.7 KM2. Meski hanya sebuah kota kecil namun kota ini cukup padat dengan jumlah penduduk sekitar 247.411 jiwa. Letaknya yang berada di Jalan Raya Lintas Sumatera, membuat kota ini tidak pernah sepi. Hampir selama 24 jam akan selalu ada aktivitas yang dilakukan oleh beberapa orang. Baik untuk bekerja, berlibur atau sekedar kuliner.

Tidak heran jika belakangan kota ini menjadi destinasi wisata banyak orang karena lokasinya yang sangat indah dan ramai. Kota ini memang memiliki panorama yang indah dan memukau. Jika tiba waktu liburan silakan sempatkan waktu untuk berkunjung ke kota ini. Berikut ini 15 tempat wisata di Pematangsiantar yang paling hits dikunjungi wisatawan.

1. Aek Manik

Aek Manik

Image Credit: Lintaspublik.com

Sebuah wisata alam yang dikemas secara modern ini tidak pernah sepi pengunjung. Setiap hari Anda akan selalu melihat orang yang datang dengan wajah sumringah. Terang saja karena tempatnya sangat asri dan sejuk.

Cocok bagi Anda yang telah penat dengan pemandangan kota yang padat dan macet seperti Jakarta. Bila ada waktu luang silakan berkunjung ke Aek Manik untuk menikmati air dan kuliner yang ada di tempat ini.

Lokasi: Ambarisan, Sidamanik, Kab. Simalungun.

2. Vihara Patung Dewi Kwan Im

Vihara Patung Dewi Kwan Im

Image Credit: Enjoytourmedan.com

Kota Pematangsiantar memiliki penduduk yang beragam, salah satunya berasal dari Bangsa China. Kita sudah tahu bahwa wilayah Sumatera terdapat keturunan tionghua yang sudah hidup lama di tempat ini selama puluhan tahun. Selama itulah, penduduk pemeluk agama konghucu mendirikan kuil atau vihara ini. Patung Dewi Kwan Im yang ada di vihara ini sangat besar dengan warna putih. Anda dapat berfoto di dekat patung agar dapat membedakan ukuran yang sebenarnya.

Lokasi: Jl. Gn. Pusuk Buhit, Kebun Sayur, Kec. Siantar Timur, Kab. Pematang Siantar

3. Air Terjun Katasa

Air Terjun Katasa

Image Credit: Detik.com

Hal menarik dari air terjun ialah adanya dua anak sungai dari air terjun yang berbeda. Kedua air terjun tersebut menyatu dalam satu kolam sehingga membentuk sebuah situasi yang indah dan memukau. Hanya saja kolamnya agak dalam sehingga jika ingin berenang atau bermain air cukup berbahaya.

Bagi Anda yang tidak dapat berenang sebaiknya jangan coba untuk menceburkan diri dalam kolam karena akan sangat berbahaya. Kemudian pada bagian atas air terjun ada sebuah jembatan putih untuk melintas para pejalan kaki yang melintas. Anda dapat memilih ingin menentukan spot mana untuk wisata.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Batu Bara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Tonduhan, Hatonduhan, Kab. Simalungun.

4. Kebun Binatang Pematangsiantar

Kebun Binatang Pematangsiantar

Image Credit: Siantarzoo.com

Setidaknya ada 25 jenis satwa yang bisa Anda lihat di kebun binatang ini. Tentu saja yang menjadi primadona satwa di kebun binatang ini ialah buaya. Ada seekor buaya putih dan besar yang sudah hidup puluhan tahun. Buaya ini dirawat dengan baik karena kulitnya dapat dijadikan bahan utama untuk pembuatan dompet atau tas yang harganya cukup mahal.

Lokasi: Jl. Gunung Simanuk Manuk No. 2, Teladan, Kec. Siantar Barat, Kab. Pematang Siantar.

5. Museum Simalungun

Museum Simalungun

Image Credit: Jayakartanews.com

Sebuah bangunan tua dan masih sangat tradisional ini menjadi museum Kota Pematangsiantar yang sangat langka dan unik. Banyak peninggalan sejarah seperti senjata, alat makan, alat masak dan beragam pusaka lain yang menjadi salah satu saksi sejarah di daerah ini.

Wilayah ini meski kecil namun memiliki wisata yang lengkap dan bagus. Anda tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan alam yang sejuk namun juga beragam situs sejarah yang akan membuat Anda tertarik mempelajari sejarah.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman P, Proklamasi, Kec. Siantar Barat, Kab. Pematang Siantar.

6. Lapangan Merdeka Pematangsiantar

Lapangan Merdeka Pematangsiantar

Image Credit: Portalwisata.co.id

Meski hanya sebuah lapangan biasa, namun suasana yang ada di tempat ini mirip dengan alun-alun diberbagai daerah. Hanya saja memiliki atmosfer yang berbeda karena terletak di Kota Pematangsiantar.

Selain bisa berolahraga, Anda juga dapat menikmati sajian kuliner sehat yang ada di sekitar lapangan seperti soto, gado-gado atau mie ayam. Beragam sajian tersebut dapat Anda peroleh dengan harga murah dan terjangkau.

Lokasi: Jl. W. R. Supratman, Proklamasi, Kec. Siantar Barat, Kab. Pematang Siantar.

7. Pemandian Alam Sejuk Pas

Pemandian Alam Sejuk Pas

Image Credit: Gedangsari.com

Sesuai dengan nama lokasi, konsep yang di usung pemandian ini juga juga sangat bagus dan menarik. Meski dengan harga yang terjangkau namun fasilitas yang diberikan juga tidak buruk. Hanya saja ada beberapa fasilitas umum seperti toilet atau ruang ganti yang kadang membuat bulu kuduk berdiri. Namun semua itu dapat tertutupi oleh indahnya kolam pemandian alam yang memang pas dan sejuk ini. Cobalah datang bersama keluarga, terutama balita yang suka bermain air. Tentu akan sangat menarik.

Lokasi: Dolok Hataran, Kec. Siantar, Kab. Simalungun.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Nias Terbaru & Terhits Dikunjungi

8. Manigom Nauli

Manigom Nauli

Image Credit: Instagram.com @dzh_hrp

Berikutnya masih ada lagi konsep yang sama dengan Pemandian Alam Sejuk Pas. Meski dengan konsep yang sama namun panorama yang diharikan jelas sangat berbeda. Cobalah datang ke tempat ini dengan membawa kamera, karena ada beberapa spot menarik yang sangat instable sekali. Beberapa spot seperti, gazebo mini, rumah jamur dan kapal imitasi menjadi pemandangan lain yang dapat membuat Anda betah berada di tempat ini.

Lokasi: Buntu Bartong, Tiga Dolok, Dolok Panribuan, Kab. Simalungun.

9. Pemandian Pulau Batu

Pemandian Pulau Batu

Image Credit: Lassernewstoday.com

Destinasi wisata yang satu ini agak berbeda dari kolam pemandian lainnya. Karena air mancur yang disalurkan melalui bambu mirip sebuah pipa. Saluran pipa bambu itu memberikan warna dan nuansa yang berbeda, agar Anda merasa betah dan ingin berlama di tempat maka cobalah untuk menceburkan diri.

Kemudian Anda bisa manjakan diri dengan sajian kuliner yang ada di tempat ini. Sangat enak dan nikmat plus dengan bumbu yang pas. Sajian tersebut sangat lengkap dan beragam, mulai dari ikan bakar, ragam penyetan dan sop.

Lokasi: Jl. Sibatu-Batu, Bah Sorma, Siantar Sitalasari, Kab. Pematang Siantar.

10. Martoba Water Park

Martoba Water Park

Image Credit: Disiantar.blogspot.com

Wahana permainan air yang satu ini cocok bagi Anda yang suka dengan air. Ada banyak permainan yang bisa Anda mainkan seperti perosotan, tangga berantai dan jaring air. Semua permainan tersebut sangat bagus dan menantang. Hanya saja untuk masuk ke tempat ini butuh biaya yang agak besar yakni sekitar Rp. 45.000,- hingga Rp. 70.000,- Namun Anda tidak usah kecewa, karena biaya yang Anda berikan akan sesuai dengan fasilitasnya.

Lokasi: Komplek Perumahan Besatu Maju, Jl. Pendeta J. Wismar Saragih, Tj. Pinggir, Kec. Siantar Martoba, Kab. Pematang Siantar.

11. Tugu Becak

Tugu Becak

Image Credit: Motorisblog.com

Konon, dulunya kota ini menjadi pusat transportasi becak dan sebagai kota pelopo. Karena itulah dibangun tugu becak guna menghargai jerih payah penduduk yang mengabdikan diri sebagai pengayuh sepeda roda tiga ini. Hingga kini keberadaan becak ini masih ada namun tinggal sedikit karena sudah bergeser pada becak motor.

Meski demikian tugu ini tetap memberikan spot yang menarik bagi mereka pecinta fotografer karena memiliki view yang bagus. Jika datang ke Kota Pematangsiantar jangan lupa sempatkan diri berfoto di depan tugu becak ini.

Lokasi: Jl. W. R. Supratman No. 11, Dwikora, Kec. Siantar Barat, Kab. Pematang Siantar.

12. Kebun Teh Bahbutong

Kebun Teh Bahbutong

Image Credit: Kompasiana.com

Tidak hanya Bogor saja yang memiliki kebun teh, Kota Pematangsiantar ini juga memiliki kebuh teh di daerah Sidamanik. Anda cukup berjalan selama 45 menit menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi karena rutenya cukup sulit dilalui kendaraan umum. Kemudian saat kembali Anda juga akan kesulitan mencari transportasi lagi karena jaringan ojek online belum tersedia banyak. Sejuknya kebun ini tidak kalah dengan sejuknya kebun teh yang ada di Bogor, jadi jangan sampai ketinggalan untuk menikmati kebun teh yang satu ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Binjai Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Sidamanik, Kab. Simalungun.

13. Pemandian Swimbath

Pemandian Swimbath

Image Credit: Kongkrit.com

Hal yang paling menarik mandi di tempat ini ialah tempatnya yang penuh dengan pohon salak yang besar dan tinggi. Entah pohon apa sebenarnya namun pohon tersebut mirip sekali dengan pohon salak, hanya saja ukurannya 3 kali lebih tinggi dibanding ukuran pohon salak pada umumnya. Tidak heran jika kota ini memiliki hasil salak yang besar dan enak, pohonnya saja sebesar itu. Cobalah datang sendiri untuk membuktikan sebesar apa pohon salak tersebut. Anda pasti tercengang.

Lokasi: Naga Soppa, Bandar Huluan, Kab. Simalungun.

14. Air Terjun Mamabu

Air Terjun Mamabu

Image Credit: Tempatwisataunik.com

Masih ada lagi sebuah air terjun yang indah dan sejuk, penuh dengan geemricik air yang memukau. Debit airnya cukup deras jadi jika Anda langsung mandi di bawah air terjun tentu akan langsung pusing kepala. Namun akan berbeda jika Anda berada di pinggir air terjun kemudian rasakan pijatan alami di atas pundak atau kepala Anda tentu akan terasa lebih segar. Mandi di bawah air mengalir konon dapat melancarkan peredaran darah karena tubuh akan merasakan rileks.

Lokasi: Desa Aek Komangin, Hatonduan, Tanah Jawa, Kab. Simalungun.

15. Masjid Raya Pematangsiantar

Masjid Raya Pematangsiantar

Image Credit: Trisuci.com

Di tengah kota ada sebuah masjid raya yang sangat besar dan luas. Masjid ini sudah berdiri cukup lama dan memiliki jamaah yang cukup banyak. Penduduk lokal sering menggunakan masjid untuk kegiatan religi maupun umum. Sesuai fungsinya, masjid ini dikelola dengan cukup baik sehingga hingga kini masih bagus dan kokoh.

Lokasi: Jl. Masjid No. 2, Timbang Galung, Kec. Siantar Barat, Kab. Pematang Siantar.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata di Kota Pematangsiantar yang bisa Anda kunjungi saat liburan. Menghabiskan waktu libur bersama orang tercinta akan membuat hati menjadi senang. Rasa senang itu akan membuat tubuh tidak lagi merasakan jenuh atau lelah. Jika Anda sering melakukan olahraga atau wisata tentu tubuh akan bebas dari segala macam penyakit. Konon, sumber penyakit itu berasal dari 3 hal yakni makanan, pikiran dan keturunan. Jika Anda memiliki keturunan yang baik, maka pola makan dan aneka pikiran yang tenang harus dijaga agar kesehatan terus membaik. Semoga liburan Anda menyenangkan.