Sumatra Selatan

10 Tempat Wisata di Penukal Abab Lematang Ilir Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Memiliki Pesona Wisata Menarik yang Pas Dijadikan Tujuan Liburan Anda.

Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan ini baru berusia 7 tahun dengan luas 1.840 km dan terdiri dari 5 kecamatan. Wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir ini tentunya terbilang sempit dibandingkan kabupaten-kabupaten lain yang ada di Sumatera Selatan. Meski memiliki wilayah yang tak terlalu luas, namun Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir menyimpan segudang keindahan wisata yang tak ada tandingannya.

Karena wilayah geografinya yang dikelilingi banyak wisata alam, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir masuk dalam Rencana Induk Pembangunan Kewisataan 2018-2028 oleh pemerintah setempat. Hal ini sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pendapatan daerah dengan wisata alam di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Berikut ini 10 tempat wisata yang bisa Anda temukan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

1. Candi Bumi Ayu

Candi Bumi Ayu

Image Credit: Srivijaya.id

Candi Bumi Ayu menjadi salah satu wisata sejarah andalan di Penukal Abab Lematang Ilir. Candi Bumi Ayu merupakan candi yang dibangun saar peradaban agama Hindu masuk ke Sumatera Selatan dengan bahan bangunan utama berupa batu bata merah. Candi Bumi Ayu ini masuk dalam kompleks candi di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dengan total luas pekarangan 75 hekatare dengan 9 candi. Namun, 4 dari 9 candi tersebut baru dipugar.

Saking populernya wisata Candi Bumi Ayu ini, tak hanya wisatawan lokal saja yang berkunjung namun juga wisatawan asing. Candi Bumi Ayu ini terletak di Sungai Lematang, Desa Bumi Ayu, Kecamatan Tanah Abang. Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, kiranya mengunjungi candi ini adalah pilihan yang tepat.

Lokasi: Desa Bumiayu, Kec. Tanah Abang, Kab. Penukal Abab Lematang Ilir.

2. Danau Lematang Putus

Danau Lematang Putus

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Meski belum banyak yang tahu tentang Danau Lematang Putus, namun danau ini memiliki keindahan alam yang bisa memanjakan mata dan menyegarkan pikiran Anda dari rutinitas yang padat. Air danaunya tenang dengan dikelilingi pepohonan dan tumbuhan hijau di pinggirnya. Pantulan cahaya langit dan pepohonan itu melukis panorama luar biasa yang akan membuat Anda betah berlama-lama menatapanya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Musi Rawas Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Danau Lematang Putus ini berlokasi di Kecamatan Tanah Abang, selain itu akses jalannya mudah dengan kondisi aspal yang sudah baik sehingga nyaman bagi Anda yang berkendara dengan motor dan ingin berkunjung ke Danau Lematang Putus.

Lokasi: Desa Bumiayu, Kec. Tanah Abang, Kab. Penukal Abab Lematang Ilir.

3. Danau Tanjung Kurung

Danau Tanjung Kurung

Image Credit: Ginewstvinvestigasi.com

Setelah Danau Lematang Putus, mari beranjak ke Danau Tanjung Kurung. Sama halnya dengan Danau Lematang Putus, wisata alam yang satu ini belum banyak diketahui banyak orang. Sehingga pemandangan alamnya begitu asri, alami dengan bentangan panorama yang cantik dan memukau. Danau Tanjung Kurung ini bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata kala di akhir pekan bersama keluarga maupun sahabat.

Sayangnya, minimnya fasilitas menjadi kendala untuk berkunjung ke Danau Tanjung Kurung. Misalnya, akses jalanan yang belum mulus hingga kebersihan yang kurang terjaga. Sehingga, keindahan Danau Tanjung Kurung jarang mendapat lirikan maupun perhatian dari masyarakat dan pemerintah. Padahal Danau Tanjung Kurung ini sangat mudah diakses dengan kendaraan bermotor maupun mobil meski medan yang ditempuh cukup terjal.

Lokasi: Tanjung Kurung, Kec. Abab, Kab. Penukal Abab Lematang Ilir.

4. Lapangan Golf Pendopo

Lapangan Golf Pendopo

Image Credit: Globalplanet.news

Wisata alam selanjutnya ialah Lapangan Golf Pendopo. Wisata alternatif yang satu ini merupakan wisata favorit warga di Penukal Abab Lematang Ilir. Hamparan perbukitan Lapangan Golf Pendopo yang luas dengan alas rumput hijau, udara yang sejuk dan dikelilingi pepohonan yang rimbun, menjadi salah satu alasan mengapa warga kerap menghabiskan waktunya untuk berlama-lama di Lapangan Golf Pendopo bersama keluarga.

Sebaiknya Anda berkunjung ke Lapangan Golf Pendopo ini ketika sore hari atau pagi hari. Karena matahari masih hangat dan tidak terlalu panas. Kalau berkunjung sore hari, Anda akan menyaksikan sunset dengan langit kemerahan yang akan menghipnotis Anda.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Prabumulih Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Handayani Mulia, Kec. Talang Ubi, Kab. Penukal Abab Lematang Ilir

5. Sungai Lematang

Sungai Lematang

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Bagi Anda yang menyukai wisata air, Sungai Lematang bisa jadi salah satu destinasi liburan yang bisa Anda kunjungi ketika bepergiann ke Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Sungai Lematang adalah salah satu destinasi wisata favorit warga Panukal Abab Lematang Ilir menghabiskan waktu akhir pekan. Aliran air yang tak begitu deras dengan kedalaman dangkal bisa dijadikan aktivitas bermain air yang menyenangkan.

Selain itu, di beberapa titik Sungai Lematang, Anda bisa bermain arum jeram hingga river tubing yang akan membawa Anda melihat indahnya pemandangan sekeliling Sungai Lematang.

Lokasi: Desa Curup, Kec. Tanah Abang, Kab. Penukal Abab Lematang Ilir.

6. Telaga Calak

Telaga Calak

Image Credit: Gelagatsumsel.com

Telaga Calak merupakan salah satu lokasi wisata yang paling ditunggu-tunggu oleh warga Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Lokasinya yang berada di pusat Kota Talang Ubi, menjadi salah satu keunggulan wisata Telaga Calak. Akses yang mudah dan bisa dilalui dengan semua jenis kendaraan menjadikan Telaga Calak sebagai salah satu destinasi favorit warga Penukal Abab Lematang Ilir.

Selain itu, kedepannya Telaga Calak diyakini akan memiliki beragam fasilitas penunjang wisata, utamanya permainan air. Air yang jernih dengan pepohonan rindang di sekelilingnya akan membuat Anda terkesan hingga enggan pulang.

Lokasi: Kec. Talang Ubi, Kab. Penukal Abab Lematang Ilir.

7. Danau Batanghari Siku

Danau Batanghari Siku

Image Credit: Radar-palembang.com

Danau Batanghari Siku terletak di Desa Karta Dewa, Kecamatan Talang Ubi, Danau Batanghari Siku. Danau seluas 40 hektar ini memilki bentang alam yang luas dengan udara sejuk dan pemandangan air yang jernih. Pastikan Anda membawa alat-alat memancing ketika mengunjungi Danau Batang Hari Siku ini. Karena banyak warga sekitar yang menghabiskan akhir pekannya untuk memancing di Danau Batanghari Siku.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Lubuklinggau yang Murah & Enak

Lumayankan, sambil beristirahat menikmati panorama Danau Batanghari Siku, sebagai bonus bisa membawa pulang ikan air tawar. Selain itu, ada juga fasilitas Danau Batanghari Siku dengan berjalan-jalan menyusuri perairan danau menggunakan perahu.

Lokasi: Karta Dewa, Kec. Talang Ubi, Kab. Penukal Abab Lematang Ilir.

8. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh

Image Credit: Tribunnews.com

Setelah danau, sungai dan telaga, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir ternyata memiliki wisata ‘pantai’ yang cantik dan dan indah. Pantai tersebut dijuluki Pantai Jodoh. Dinamakan demikian karena banyak dari mereka yang single alias jomblo kemudian menemukan cinta sejati atau kekasihnya di Pantai Jodoh. Sebenarnya, Pantai Jodoh ini merupakan bagian dari Sungai Batang Hari. Karena arusnya yang deras, sehingga warga menyebutnya sebagai ‘Pantai’ Jodoh.

Lokasi: Desa Tanjung Kurung, Kec. Abab, Kab. Penukal Abab Lematang Ilir.

9. Danau Air Itam

Danau Air Itam

Image Credit: Instagram.com @drg.fajar_alexander

Danau Air Itam ini berlokasi di Desa Air Itam, Kecamatan Penukal. Wisata yang satu sudah lama dilakukan untuk menjadi salah satu destinasi ketika berkunjung ke Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Di sekitar lokasi, banyak orang menjajakan makanan dan warung-warung untuk mengisi perut wisatawan yang kelaparan.

Lokasi: Desa Air Itam, Kec. Penukal, Kab. Penukal Abab Lematang Ilir.

10. Danau Kalimancalak

Danau Kalimancalak

Image Credit: Saysaydog.blogspot.com

Bagi Anda para traveller sejati, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Danau Kalimancalak saat bepergian ke Penukal Abab Lematang Ilir. Danau ini terletak di tengah hutan dan masih sangat alami dan mampu menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Semilir angin, pepohonan rindang, air yang jernih dan menyejukan jadi salah satu daya tarik wisata Danau Kalimancalak.

Lokasi: Desa Kalimancalak, Kel. Pasar Bhayangkara, Kec. Talang Ubi, Kab. Penukal Abab Lematang Ilir.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yang paling hits dikunjungi wisatawan, utamanya warga setempat. Semoga bermanfaat!