Aceh

15 Tempat Wisata di Pidie Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Pidie, Provinsi Aceh. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits yang Kaya Pesona, Wajib Anda Eksplor Saat Memilih Liburan ke Pidie.

Apa yang pertama kali terbesit dipikiranmu saat mendengar Kabupaten Pidie? Kebanyakan pasti akan menyebut kerupuk melinjo (mulieng). Ya, Kabupaten yang beribukota di Sigli ini memang dikenal sebagai daerah penghasil kerupuk melinjo yang kini sudah menjadi komoditas yang mendunia.

Tapi tahukah Anda, selain memiliki banyak perkebunan melinjo, Kabupaten Pidie juga memiliki banyak spot wisata yang patut dikunjungi. Simak 15 tempat wisata berikut ini agar liburanmu ke Pidie tidak membosankan dan tentunya dapat memanjakan mata.

1. Alun-Alun Kota Sigli

Alun-Alun Kota Sigli

Image Credit: Unsyiah.ac.id

Sigli atau Kecamatan Kota Sigli merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Pidie, alun-alun kota ini yang letaknya di tepi pantai membuat banyak masyarakat lokal ataupun wisatawan terpikat oleh indahnya pantai selat malaka sembari menikmati suara deburan ombak untuk melengkapi suasana bersantai anda.

Kemudahan akses ke alun-alun kota Sigli membuat tempat ini ramai dikunjungi setiap hari, serta cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong untuk menikmati pemandangan sunset. Di sekeliling alun-alun Kota Sigli juga terdapat banyak tempat wisata kuliner yang sayang jika Anda lewatkan.

Lokasi: Kramat Luar, Kec. Kota Sigli, Kab. Pidie.

2. Museum Tsunami Kota Sigli

Museum Tsunami Kota Sigli

Image Credit: Wisato.id

Tidak jauh dari alun-alun Kota Sigli dan pendopo Bupati Pidie, terdapat Museum Tsunami Kota Sigli yang buka 24 jam. Selain berwisata, Anda juga dapat menambah wawasan seputar peristiwa tsunami Aceh 2004 lalu. Di Museum ini, terdapat lorong berisi daftar nama korban jiwa akibat gempa dan tsunami di Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya.

Selain daftar nama korban, di Museum ini juga terdapat foto-foto yang menunjukkan keadaan di Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya seusai diterjang ganasnya tsunami yang dapat membuat Anda mengenang kembali peristiwa tsunami 2004 silam.

Lokasi: Kuala Pidie, Kec. Kota Sigli, Kab. Pidie.

3. Pantai Kota Sigli

Pantai Kota Sigli

Image Credit: Vymaps.com

Masih berada di sekitar alun-alun, Anda dapat mengunjungi pantai Kota Sigli. Pantai ini merupakan satu diantara ruang terbuka yang disediakan oleh pemerintah setempat sebagai sarana untuk berekreasi dan berlibur. Disini, Anda dapat menikmati indahnya suasana pesisir pantai sembari berfoto ria di objek foto instagrammable bernuansa warna-warni yang banyak terdapat di pantai ini.

Lokasi: Tanjong Harapan, Kec. Kota Sigli, Kab. Pidie.

4. Pantai Pelangi

Pantai Kota Sigli

Image Credit: Vymaps.com

Selain Pantai Sigli, terdapat pula Pantai Pelangi yang letaknya tepat di depan pendopo Bupati Pidie dan juga dekat dengan alun-alun kota Sigli. Disini tersedia beragam kuliner serta area bermain bagi anak-anak. Pantai Pelangi cocok sebagai tempat Anda bersantai bersama keluarga dan teman-teman sembari menikmati pemandangan pantai yang identik dengan sunset.

Banyaknya spot foto yang instagrammable membuat Pantai Pelangi digandrungi berbagai macam kalangan usia untuk dijadikan sebagai tempat tongkrongan terfavorit.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Gayo Lues Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Kuala Pidie, Kec. Kota Sigli, Kab. Pidie.

5. Air Terjun Tangse

Air Terjun Tangse

Image Credit: Limakaki.com

Sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Sigli, terdapat air terjun mini Tangse. Letaknya yang di pinggir jalan membuat air terjun ini mudah dijangkau oleh pengunjung. Untuk menikmati keindahan yang ditawarkan air terjun ini, Anda tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Air terjun ini terletak di sekitar hamparan sawah dan perkebunan sehingga pemandangan dan suasananya masih asri, cocok untuk Anda yang ingin refreshing sejenak dari suasana perkotaan yang riuh.

Lokasi: Jl. Tangse – Geumpang, Kec. Tangse, Kab. Pidie.

6. Air Terjun Lhok Jok

Air Terjun Lhok Jok

Image Credit: Beulangeungtanoh.blogspot.com

Air terjun Lhok Jok atau yang bisa juga disebut Teuraceu Lhok Jok ini berlokasi di kecamatan Mane. Untuk menuju kesini, waktu yang ditempuh sekitar 1,5 jam dari Kota Beureunun, Kabupaten Pidie. Tinggi air terjun ini sekitar 10 meter, sehingga dapat digolongkan sebagai air terjun mini atau air terjun yang tidak terlalu tinggi.

Letaknya tak begitu jauh dari jalan raya, sehingga Anda hanya perlu berjalan sekitar 15-20 menit untuk sampai ke air terjun. Pemandangan di sepanjang jalan menuju air terjun masih asri dan cantik, sehingga sangat cocok bagi Anda yang suntuk dengan suasana perkotaan.

Lokasi: Jl. Tangse – Geumpang, Kec. Mane, Kab. Pidie.

7. Teuraceu Angen Beungga

Teuraceu Angen Beungga

Image Credit: Wisatakita.com

Beungga merupakan pemukiman yang berjarak sekitar 50km dari Kota Sigli, Kabupaten Pidie. Masyarakat setempat menamai air terjun ini Teuraceu Angen atau Air Terjun Angin, Dikarenakan kuatnya angin disekitar lokasi air terjun ini.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, yang diselimuti oleh hutan tropis yang masih asri. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang mencintai petualangan dan alam.

Lokasi: Krueng Seukeuk, Kec. Tangse, Kab. Pidie.

8. Kolam Air Panas Alami Beungga

Kolam Air Panas Alami Beungga

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Kolam air panas ini terletak di bawah kaki Bukit Seribu, Desa Blang Ubue, Beungga. Jaraknya kurang lebih 62 km dari Sigli, Ibukota Kabupaten Pidie. Beruntung bagi anda, karena belum ada pemungutan biaya sepeserpun jika Anda ingin menikmati mandi dan bermain di kolam air panas ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Singkil Terbaru & Terhits Dikunjungi

Pemandian air panas alami ini hanya berjarak 50 km dari jalan utama. Anda juga harus menyebrangi sungai untuk tiba di pemandian ini. Disekeliling kolam air panas ini masih sangat asri, sehingga Anda dapat menikmati pemandangan perbukitan sambil berendam.

Lokasi: Desa Jijiem, Kec. Keumala, Kab. Pidie.

9. Guha Tujoh

Image Credit: Acehtourismagency.blogspot.com

Image Credit: Acehtourismagency.blogspot.com

Guha Tujoh atau bisa juga disebut Gua Tujuh merupakan satu diantara objek wisata alam yang terletak di Kabupaten Pidie. Terletak di kawasan perbukitan desa Laweung, Kecamatan Muara Tiga. Dinamakan Gua Tujuh karena dipercaya bahwa dahulu gua ini merupakan tempat bertapanya tujuh orang wali.

Gua Tujuh yang memiliki sejarah-sejarah yang berkaitan dengan agama Islam dapat dijadikan sebagai wisata religi bagi anda, dan juga sangat cocok untuk para petualang yang suka mengeskplor tempat wisata unik.

Lokasi: Desa Laweung, Kec. Muara Tiga, Kab. Pidie.

10. Gunung Taleuk

Gunung Taleuk

Image Credit: Steemit.com

Gunung Taleuk terletak di kaki gunung Halimon, Kecamatan Tiro, Kabupaten Pidie. Kira-kira ketinggian gunung ini dari permukaan laut adalah 500mdpl. Sehingga butuh waktu sekitar 3 jam untuk mencapai puncak gunung ini.

Namun jangan khawatir, sebab rasa lelah setelah mendaki akan setimpal dengan pemandangan yang disuguhkan oleh puncak gunung ini. Lokasi yang cocok bagi Anda yang merupakan seorang pendaki atau hanya sekedar ingin punya pengalaman baru.

Lokasi: Blang Keudah, Kec. Tiro, Kab. Pidie.

11. Gunung Peuet Sagoe

Gunung Peuet Sagoe adalah sebuah gunung berapi yang paling aktif di Aceh. Letaknya di wilayah Meureudu. Gunung ini memiliki 4 buah puncak dan ketinggiannya mencapai 2.801 m. Panorama yang ditawarkan sangat indah, dan memesona meskipun dikategorikan sebagai gunung berapi aktif.

Namun, jangan lupa untuk berhati-hati apabila Anda mendaki gunung ini, sebab gunung ini berpotensi mengeluarkan gas beracun dan usahan bawa pemandu agar lebih aman.

Lokasi: Gn. Peuet Sagoe, Kec. Geumpang, Kab. Pidie.

12. Wisata Alue Landong Pidie

Wisata Alue Landong Pidie

Image Credit: Pidiekab.go.id

Terletak dalam kawasan hutan lindung Pidie, Alue Landong dan debur airnya sangat memanjakan Anda yang mencintai kedamaian. Panorama alur sungai dan ekosistem disekelilingnya sangat indah untuk Anda nikmati sekaligus sangat cocok apabila Anda seorang peneliti yang ingin membuat riset mengenai flora dan fauna yang hidup disekitar Alue Landong ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Aceh Besar Terbaru & Terhits Dikunjung

Anda butuh waktu sekitar 50 menit hingga 1 jam untuk mengakses objek wisata Alue Landong dari desa terdekat yaitu Gampong Mane, Kecamatan Mane.

Lokasi: Alue Landong, Kec. Mane, Kab. Pidie.

13. Krueng Rhoep Waterfall

Krueng Rhoep Waterfall

Image Credit: Travelenses.com

Krueng Rhoep atau Sungai Rhoep adalah satu diantara sungai yang ada di Kemukiman Bengga, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie. Jaraknya kurang lebih 40km dari Kota Sigli, membuat wisata ini mudah untuk kita jangkau. Ketinggian air terjunnya mencapai sekitar 20 meter, dan terdapat tebing disebelah kanan dan kirinya.

Di sekitar air terjun juga terdapat padang ilalang, pepohonan pinus, serta suasana yang masih asri dijamin dapat membuat Anda betah berlama-lama disini. Tempat ini sangat direkomendasikan teruntuk Anda yang menyukai keadaan alam yang asri. Jangan lupa abadikan moment Anda disini ya!

Lokasi: Bengga, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie

14. Taman Bunga Tangse

Image Credit: Wasatha.com

Nah, berbeda dengan objek wisata yang sudah-sudah, kali ini kami merekomendasikan Taman Bunga Tangse yang berlokasi di Blang Bugong, Tangse, Kabupaten Pidie kepada Anda yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau teman. Mengusung tema taman bunga, objek wisata buatan ini cocok sebagai spot foto yang Instagrammable banget.

Taman ini buka setiap hari pada jam 08.00-18.30 WIB dengan tiket masuk seharga Rp10.000 per orang dan biaya parkir Rp5.000 untuk mobil serta Rp2.000 untuk sepeda motor.

Lokasi: Geunie, Desa Lhok Keutapang, Kec. Tangse, Kab. Pidie.

15. Benteng Kuta Asan

Benteng Kuta Asan

Image Credit: Beulangeungtanoh.blogspot.com

Banyak yang tidak tahu bahwa di Pidie terdapat sebuah benteng pertahanan terbesar pada masanya. Itu adalah Benteng Kuta Asan, bangunan tua berbentuk benteng pertahanan yang terletak di Gampong Lapoh, Kecamatan Pidie. Bangunan yang merupakan peninggalan Bangsa Portugis kini kondisinya tidak sebagus dulu. Sekelilingnya terdapat banyak semak belukar.

Diatasnya telah didirikan rumah yang dijadikan sebagai mess dengan nama Kupaleh. Bagi Anda yang tertarik dengan peninggalan Portugis di Pidie, Anda dapat melihat-lihat Benteng ini yang kini telah beralih fungsi menjadi sebuah Stadion.

Lokasi: Gampong Asan, Kec. Kota Sigli, Kab. Pidie.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata di Pidie yang tidak boleh Anda lewatkan. Tidak hanya sebagai tempat refreshing, destinasi menarik yang ada di Pidie juga akan menambah wawasan anda. Jadikan momen liburan bersama keluarga atau orang terdekat semakin istimewa dan mengedukasi dengan mengunjungi Kabupaten Pidie.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan objek wisata yang Anda kunjungi, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Semoga informasi diatas berguna untuk Anda yang butuh refreshing atau petualangan baru. Selamat berlibur!