Aceh

15 Tempat Wisata di Pidie Jaya Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Periksa Rekomendasi Tempat Wisata Terindah dan Populer di Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Kabupaten Pidie Jaya atau yang biasa disingkat menjadi PiJay menawarkan beragam destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi saat liburan. Pidie Jaya yang sebagian daerahnya berada di sekitar pesisir pantai Aceh, membuat objek wisata disana identik dengan wisata bahariyang memukau dan dapat memanjakan mata pengunjung.

Jika berkesempatan mengunjungi daerah ini, berikut ulasan 15 rekomendasi tempat wisata populer di Pidie Jaya yang wajib Anda kunjungi untuk mengisi liburan.

1. Pantai Meurah Seutia

Pantai Meurah Seutia

Image Credit: Deviantart.com

Pantai Meurah Seutia atau yang juga dikenal dengan nama Pantai Manohara ini pernah ditutup pasca gempa bumi melanda Pidie Jaya pada 7 Desember 2016. Alasan Pantai Manohara ini ditutup ialah karena menurut warga sekitar, bencana gempa terjadi lantaran pantai Manohara menjadi ladang maksiat. Namun, seiring dengan perkembangan Pidie Jaya disektor pariwisata, pantai Meurah Seutiapun dibangun kembali dengan konsep lebih Islami. Pantai ini berlokasi di Desa Meunasah, Kecamatan Meuredu, Kabupaten Pidie Jaya.

Tak kalah dari pantai-pantai lainnya, pantai Manohara ini juga menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata dan fasilitas yang dimiliki pantai ini cukup lengkap. Anda juga dapat menikmati kuliner khas Aceh didampingi minumannya yang menyegarkan sembari menikmati angin sepoi-sepoi dan merdunya deburan ombak. Karena keindahannya, tak jarang pantai Manohara dijadikan sebagai latar foto prewedding.

Lokasi: Jl. Revolusi, Desa Meunasah Balek, Kec. Meureudu, Kab. Pidie Jaya.

2. Wisata Islami Pantai Kuthang

Wisata Islami Pantai Kuthang

Image Credit: Ajnn.net

Pantai yang dahulu dikenal sebagai Pantai Wisata Kuthang Trienggadeng kini sangat diminati oleh pengunjung, baik yang lokal maupun dari luar Pidie Jaya. Hal ini dikarenakan fasilitas yang dimiliki oleh Pantai Wisata Islami di Pidie Jaya ini sangat lengkap. Fasilitas yang terus menerus dibenahi oleh pemerintah setempat membuat pantai ini ramah dan nyaman untuk pengunjung. Sebagai buah manis dari usaha pemerintah setempat, kini jumlah pengunjung pada saat peak season dapat mencapai ribuan orang.

Meskipun pengunjung mencapai ribuan orang, pantai ini tetap bersih dan sejuk serta tetap enak dinikmati. Pantai yang berlokasi di Sagoe, Trienggadeng, Pidie Jaya ini sering dijadikan pilihan utama sebagai tempat berlibur bersama keluarga, sahabat, dan orang-orang terdekat.

Lokasi: Desa Sagoe, Kec. Trienggadeng, Kab. Pidie Jaya.

3. Pantai Kiran

Pantai Kiran

Image Credit: Steemit.com

Pantai ini terletak di Jangka Buya. Hanya berjarak sekitar 12 km dari Ibu Kota Kabupaten Pidie Jaya, Meureudu, Anda sudah dapat menikmati Pantai Kiran dan pesona laut biru, suara desir angin, serta rindangnya pepohonan di sana. Tanpa perlu membayar sepeserpun biaya masuk menjadikan Pantai ini lokasi nongkrong atau wisata favorit penduduk sekitar.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pidie Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Jangan khawatir kelaparan ketika Anda sedang mengunjungi Pantai Kiran ini, sebab di sekeliling pantai terdapat banyak café ataupun pondok makan. Dan jangan lupa bahwa Pantai Kiran maupun pantai-pantai lain di Pidie Jaya merupakan rekreasi Islami, jadi pantai-pantai di Pidie Jaya melarang pengunjungnya berduaan dengan lawan jenis yang bukan muhrimnya.

Lokasi: Desa Krueng Kiran, Kec. Trienggadeng, Kab. Pidie Jaya.

4. Pantai Pasi Aron

Pantai Pasi Aron

Image Credit: Detik.com

Pantai yang berlokasi di Jurong Binje, Jangka Buya, menawarkan panorama laut sekaligus pantai yang cantik dihiasi dengan perahu-perahu milik nelayan sekitar. Cocok sebagai tempat untuk Anda kunjungi menjelang matahari terbenam.

Kondisi geografis Pidie Jaya yang didekat pantai menjadikan sebagian warganya berprofesi sebagai nelayan. Oleh karena itu, biasanya di Pantai Pasi Aroen terjadi transaksi jual-beli hasil laut yang masih segar. Anda juga bisa membeli berbagai jenis hasil laut langsung dari nelayan lokal disini.

Lokasi: Desa Jurong Binje, Kec. Jangka Buya, Kab. Pidie Jaya.

5. Krueng Lhok Gop

Krueng Lhok Gop

Image Credit: Steemit.com

Jika Anda bosan dengan wisata pantai, Pidie Jaya juga memiliki objek wisata Krueng Lhok Gop atau Sungai Lhok Gop. Terletak di Gampong Beurasan, Bandar Dua, membuat pengunjung mau tidak mau harus menempuh jarak yang lumayan jauh untuk dapat menjangkau Krueng ini. Namun, jangan khawatir, keletihan akibat menempuh perjalanan menuju Krueng ini akan terbayar begitu Anda sampai di sana. Karena pemandangannya yang sangat asri sehingga dapat membuat Anda berdecak kagum.

Krueng Lhok Gop sangat direkomendasikan untuk Anda yang bosan dengan pantai, perlu refreshing, atau sekedar menenangkan diri sembari mendengar suara air yang melewati celah-celah batu alam.

Lokasi: Desa Kumba, Kec. Bandar Dua , Kab. Pidie Jaya.

6. Wisata Batee Iliek

Wisata Batee Iliek

Image Credit: Flickr.com @Syahrul anwar

Berlokasi di Asan Kumbang, Bandar Dua atau dijalan lintas Pidie-Biereun, Wisata Batee Iliek merupakan Sungai yang dihiasi batu-batu berbagai ukuran, dari ukuran keil hingga raksasa, yang membuat sungai ini eyecatching. Terlepas dari fungsi utamanya yaitu sebagai sumber pengairan bagi sawah-sawah sekitar, Batee Iliek juga menjadi destinasi wisata yang potensial serta menantang bagi pecinta olahraga air.

Lokasinya yang mudah dijangkau serta suasana kaki pegunungan yang sejuk menambah minat wisatawan. Batee Iliek dapat Anda kunjungi untuk rekreasi bersama keluarga atau hanya sekedar singgah sembari melepas lelah diperjalanan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Timur Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Asan Kumbang, Kec. Bandar Dua, Kab. Pidie Jaya.

7. Irigasi Jiem-Jiem

Image Credit: Jennyjalanjalan.blogspot.com

Terletak di sekitar hamparan sawah hijau yang membentang, Irigasi Jiem-Jiem ini menawarkan kedamaian bagi siapapun yang mengunjunginya. Meskipun untuk menjangkaunya diperlukan effort yang cukup menguras tenaga dan membuat penat, namun ketika bersentuhan langsung dengan sejuknya air irigasi ini, rasa segarnya dapat menghapus segala lelah dan gerah selama perjalanan.

Berkunjung ke Irigasi Jiem-Jiem sangat pas bagi Anda yang suntuk dengan suasana kota atau pekerjaan dan ingin refreshing bersama keluarga atau kerabat.

Lokasi: Desa Jijiem, Kec. Bandar Baru, Kab. Pidie Jaya.

8. Air Terjun Gunung Palang

Air Terjun Gunung Palang

Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Selanjutnya terdapat Air Terjun Gunung Palang yang berlokasi di Desa Abah Lueng, Bandar baru, Pidie Jaya. Untuk dapat menjangkau Air Terjun ini, Anda lebih dulu harus mendaki kurang lebih 3 jam perjalanan. Namun, pemandangan air terjun yang indah tidak akan pernah membuat Anda menyesal telah mendaki berjam-jam. Anda juga dapat mendirikan tenda di kawasan air terjun ini. Wah, asyik ya apabila tidur ditemani gemuruh air terjun!

Lokasi: Desa Abah Lueng, Kec. Bandar Baru, Kab. Pidie Jaya.

9. Krueng Meureudu

Krueng Meureudu

Image Credit: Harianrakyataceh.com

Krueng Meureudu atau Sungai Meureudu ini sangat cocok bagi Anda yang mencintai olahraga ekstrem seperti arung jeram atau rafting. Sungai ini juga cocok bagi pemula ataupun professional dalam arung jeram ataupun rafting. Sungai ini masih sangat alami dan ekosistemnya masih terjaga. Jadi, jangan khawatir tempat ini dipenuhi sampah yang dibuang oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab ya!

Lokasi: Desa Meuko, Kec. Meureudu, Kab. Pidie Jaya.

10. Masjid At-Taqarrub

Masjid At-Taqarrub

Image Credit: Daraidi.blogspot.com

Berlokasi di Trienggadeng, Masjid At Taqarrub ini terletak di tepi laut serta merupakan satu diantara masjid termegah di Pidie Jaya. Masjid ini bersih, luas, sejuk dan nyaman sehingga cocok bagi Anda untuk beribadah atau hanya sekedar menikmati arsitekturnya yang menawan. Disini, Anda juga dapat berwisata religi untuk belajar tentang Islam secara lebih mendalam.

Lokasi: Jl. Medan – Banda Aceh, Keude, Kec. Trienggadeng, Kab. Pidie Jaya.

11. Masjid Al-Istiqamah Ulee Gle

Masjid Al-Istiqamah Ulee Gle

Image Credit: 16Foto-foto-foto.blogspot.com

Selanjutnya ada Masjid Al-Istiqamah yang berlokasi di Gampong Ulee Gle, Bandar Dua. Masjid ini berlokasi sangat strategis, sehingga mudah dijangkau para umat ataupun para pengunjung. Masjid Al-Istiqamah ini merupakan satu diantara objek wisata religi yang menarik dikunjungi di Pidie Jaya.

Masjid kebanggaan masyarakat Bandar Dua ini sangat teduh dan bersih, sehingga sangat nyaman berada disini. Arsitekturnya yang indah pun dapat Anda nikmati sembari berwisata religi.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Langsa Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Desa Ulee Gle, Kec. Bandar Dua, Kab. Pidie Jaya.

12. Pondok Pesantren Darul Munawwarah

Pondok Pesantren Darul Munawwarah

Image Credit: Liputanaceh.com

Pondok pesantren ini didirikan oleh Tgk H Usman Ali atau sering dipanggil Abu Kuta Krueng. Pondok Pesantren Dayah Darul Munawarah ini menjadi salah satu dayah yang telah dikenal luas di pelosok negeri bahkan hingga manca negara.

Anda dapat mengunjungi Pondok Pesantren ini apabila Anda tertarik untuk berwisata religi, atau mempelajari Quran. Dapat juga sebagai tempat memperdalam ilmu agama atau hanya ingin melihat-lihat suasana dan lingkungan belajar di sana.

Lokasi: Desa Kuta Krueng, Kec. Bandar Dua, Kab. Pidie Jaya.

13. Masjid Kuta Batee Meureudu

Masjid Kuta Batee Meureudu

Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Masih merupakan tempat wisata religi, kali ini ada masjid yang berlokasi di Meureudu, Pidie Jaya. Masjid ini memiliki nilai sejarah yang panjang dibalik bangunannya. Hal ini karena pembangunan masjid ini dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda. Sehingga nama masjid inipun diubah menjadi Masjid Iskandar Muda Kuta Batee.

Masjid megah yang sudah berusia ratusan tahun ini dapat Anda jadikan sebagai tempat untuk belajar sejarah ataupun untuk beribadah.

Lokasi: Desa Krueng Beuracan, Kec. Meureudu, Kab. Pidie Jaya.

14. Benteng Kuta Batee

Benteng Kuta Batee

Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Setelah dari wisata religi, Pidie Jaya juga memiliki destinasi wisata sejarah, satu diantaranya yaitu Benteng Kuta Batee. Sama seperti Masjid Kuta Batee, banteng ini juga dibuat oleh Sultan Iskandar Muda pada 1620 Masehi.

Benteng bersejarah ini terbuat dari batu dan putih telur yang dicampur dengan tepung ketan, mengingat belum ada semen kala itu. Pemandangan benteng ini sangat indah sehingga cocok apabila dijadikan sebagai spot foto sekaligus mengenang sejarah kejayaan Sultan Iskandar Muda.

Lokasi: Desa Meunasah Manyang, Kec. Meureudu, Kab. Pidie Jaya.

15. Taman Kota Pidie Jaya

Taman Kota Pidie Jaya

Image Credit: Ajnn.net

Tidak lengkap rasanya apabila berkunjung ke suatu kota, tapi belum mengunjungi taman kotanya. Taman Kota Pidie Jaya yang dihiasi dengan kolam dan berbagai jenis bunga-bunga disekitarnya membuat pemandangan Taman Kota ini jadi lebih eksotis. Tak heran, tempat ini kerap dikunjungi dan dijadikan sebagai tempat nongkrong bagi para remaja atau sekadar tempat menyegarkan pikiran bagi warga sekitar.

Lokasi: Desa Meunasah Manyang, Kec. Meureudu, Kab. Pidie Jaya.

Itulah 15 tempat wisata populer di Kabupaten Pidie Jaya yang telah dirangkum untuk Anda. Berbagai objek wisata yang telah dijelaskan di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi memilih tujuan liburan terbaik. Anda tidak hanya dapat refreshing saja di Pidie Jaya, namun dapat juga menambah wawasan Islami serta meningkatkan kecintaan Anda terhadap alam.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan bertanggung jawab terhadap semua sampah yang Anda hasilkan kemanapun kalian berkunjung ya!