Sumatra Selatan

10 Tempat Wisata di Prabumulih Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Prabumulih? Periksa Daftar Tempat Wisata Menarik di Prabumulih, Sumatera Selatan. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Paling Populer Dikunjungi Saat Liburan.

Menikmati wisata ke Sumatera Selatan tidak lengkap rasanya jika tidak singgah di kota Prabumulih, kota kecil yang menyimpan banyak keindahan untuk dikunjungi. Meskipun tidak setenar Palembang dan kota-kota lain di Sumatera Selatan, Kota Prabumulih memiliki banyak pariwisata yang terus dikembangkan.

Kota ini menawarkan beragam jenis pariwisata yang menarik, mulai dari wisata alam, sejarah dan budaya. Salah satu Anda lan daerah yang dijuluki sebagai kota nanas ini adalah budaya dan tradisi masyarakat yang masih terjaga sampai sekarang. Penduduk setempat juga terkenal dengan keramah-tamahannya, jadi wisatawan bisa berinteraksi secara langsung untuk menggali lebih dalam seputar adat istiadat dan juga mencicipi makanan tradisional yang ada disana.

Lantas, dimana saja tempat yang favorit dikunjungi? Berikut ulasan 10 tempat wisata di Prabumulih yang dapat menjadi referensi dalam memilih destinasi terbaik saat liburan.

1. Taman Kota Prabumulih

Taman Kota Prabumulih

Image Credit: Travelingyuk.com

Taman kota Prabumulih dulunya adalah lapangan sepak bola. Taman ini terletak di jalan Jend. A. Yani, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur. Pengunjung bisa menikmati beragam fasilitas yang disediakan, mulai dari tempat bersantai, jogging track, tempat bermain, dan juga tempat-tempat kuliner yang menyajikan makanan khas Prabumulih.

Dengan beragam jenis tanaman dan pepohonan yang rindang menjadikan taman ini cantik dan keren. Untuk dapat menikmati wisata taman kota ini, pengunjung tidak dikenakan biaya sehingga tempat ini sangat pas jika dikunjungi beramai-ramai diakhir pekan.

Lokasi: Jl. Jend. A. Yani, Gunung Ibul, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

2. Desa Sindur

Desa Sindur

Image Credit: Tribunnews.com

Destinasi wisata kebanggaan Kota Prabumulih ini sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata, disini wisatawan juga dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan masyarakat desa yang masih menjaga tradisi serta budaya daerah setempat.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Keasrian alam dan keragaman hayati Desa Sindur bisa menjadi solusi bagi Anda  yang ingin menepi sejenak dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan. Desa ini berada tidak jauh dari pusat Kota Prabumulih sehingga sangat mudah dijangkau wisatawan.

Lokasi: Sindur, Kec. Cambai, Kota Prabumulih.

3. Desa Muara Sungai

Desa Muara Sungai

Image Credit: Wartawisata.id

Selain Desa Sindur, Kota Prabumulih juga menawarkan desa wisata lain yaitu Desa Muara Sungai. Daya tarik yang ditawarkan dari desa ini adalah danau kecil dengan pemAnda ngan alam yang indah lengkap dengan jajaran hijau perkebunan karet disekitar danau yang membuat tempat ini terasa sejuk dan menentramkan hati.

Banyak wisatawan singgah di danau ini untuk mandi dan berenang menikmati kesegaran air yang masih terjaga kebersihannya. Desa ini terletak tidak jauh dari Desa Sindur, jadi untuk kalian yang lelah berkeliling di Desa Sindur bisa mampir sejenak menikmati danau di Desa Muara sungai ini.

Lokasi: Muara Sungai, Kec. Cambai, Kota Prabumulih.

4. Pantai Pasir Payuputat

Pantai Pasir Payuputat

Image Credit: Indowisata007.blogspot.com

Destinasi wisata selanjutnya adalah Pantai Pasir Payuputat. Perlu Anda  ketahui, sebenarnya tempat ini bukanlah pantai ditepi laut seperti yang kita bayangkan. Tempat ini adalah sebuah aliran sungai Lematang yang tepiannya membentuk padang pasir seperti bibir pantai. Namun jangan khawatir, keindahan alam serta beragam wahana yang disediakan membuat tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Tiket masuk wisata ini pun sangat terjangkau sebesar 15.000 rupiah per orang. Setiap weekend tempat ini selalu ramai oleh wisatawan yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama teman ataupun keluarga tercinta.

Lokasi: Payuputat, Kec. Prabumulih Barat, Kota Prabumulih.

5. Islamic Center Prabumulih

Islamic Center Prabumulih

Image Credit: Kontraktorkubahmasjid.com

Mayoritas penduduk Prabumulih adalah muslim, maka tidak heran jika di kota ini terdapat banyak sekali masjid yang megah salah satunya masjid di kawasan islamic center ini. Masjid ini merupakan salah satu masjid termegah dan terbesar di Sumatera Selatan. Daya tarik masjid ini terletak pada keunikan desain arsitekturnya, serta ornamen kubah dan menara yang begitu elok. Selain masjid, di kawasan ini juga terdapat kantor MUI Kota Prabumulih dan aula pertemuan.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Lahat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Padat Karya, Gn. Ibul, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

6. Masjid Darussalam

Masjid Darussalam

Image Credit: Flickr.com @baka_neko_baka

Bagi Anda  yang hendak berwisata religi di Kota Prabumulih, terdapat banyak tempat yang bisa Anda  kunjungi, salah satunya adalah masjid Darussalam. Bangunan masjid yang didominasi dengan warna putih lengkap dengan kubah besar yang begitu megah akan membuat Anda  terpana dengan keindahan masjid ini. Terdapat sebuah menara dengan desain yang cantik dipelataran masjid. Masjid ini selalu ramai pengunjung, terutama di momen-momen perayaan agama Islam seperti idul Fitri dan Idul Adha.

Lokasi: Muntang Tapus, Kec. Prabumulih Barat, Kota Prabumulih.

7. Danau Bujoan

Danau Bujoan

Image Credit: Sininews.com

Berikutnya tempat wisata yang sedang hits di Prabumulih adalah Danau Bujoan. Pengunjung dapat menikmati keindahan danau ini secara gratis. Biasanya danau ini buka hari senin sampai sabtu pukul 7 pagi sampai dengan 6 sore, sedangkan pada hari minggu danau ini buka 24 jam.

Selain bersantai ditepian danau menikmati beragam kuliner yang dijajakan oleh penduduk sekitar, wisatawan juga dapat menikmati beragam wahana yang disediakan seperti perahu bebek dan waterfall hanya dengan membayar tiket sebesar dua puluh ribu rupiah. Menarik bukan? Untuk itu jangan ragu untuk memasukkan Danau Bujoan dalam daftar list perjalanan Anda.

Lokasi: Jl. Raya Prabumulih – Baturaja No.desa, Karang Bindu, Kec. Rambang Kapak Tengah, Kota Prabumulih.

8. Taman Gunung Ibul

Taman Gunung Ibul

Image Credit: Prabuproperty.com

Sesuai dengan namanya, tempat wisata selanjutnya terletak di Desa Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih. Taman ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin bersantai bersama keluarga maupun teman-teman sambil menikmati keindahan kolam cinta dengan tanaman-tanaman yang tertata rapi disekitarnya. Selain itu, bagi pengunjung yang membawa anak-anak tidak perlu khawatir, karena dilokasi ini disediakan fasilitas taman bermain yang tentunya akan membuat buah hati Anda  betah berlama-lama disini. Waktu yang disaranankan untuk mengunjungi taman ini adalah pada saat weekend.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Prabumulih yang Paling Enak

Lokasi: Sungai Kelekar, Gunung Ibul, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

9. Monumen Patung Kuda

Monumen Patung Kuda

Image Credit: Daerahwisata.com

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tidak mengabadikan ikon daerah yang kita kunjungi. Kota Prabumulih memiliki monumen patung kuda yang menjadi ikon daerah dan wajib Anda  kunjungi untuk sekedar berfoto ataupun singgah menikmati kuliner disekitar lokasi. Tempat ini ramai mulai dari sore sampai malam hari karena pada saat sore sampai malam hari tersebut, monumen ini menyuguhkan pemAnda ngan yang indah dengan lampu-lampu yang begitu semarak. Pengunjung di dominasi oleh kawula muda yang menghabiskan waktunya untuk sekedar nongkrong bersama teman-teman maupun berselfie didepan monumen. Tempat ini buka setiap hari dan tidak dikenakan biaya untuk para pengunjungnya.

Lokasi: Muara Dua, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

10. Water Boom Caroline

Water Boom Caroline

Image Credit: Palembang.tribunnews.com

Water Boom Caroline merupakan pilihan tepat bagi Anda  yang ingin menikmati wisata air. Tempat ini merupakan satu-satunya wisata air yang ada di kota Prabumulih. Harga tiket masuk yang murah, dan pengunjung bebas mebawa makanan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah.

Disini tersedia kolam renang, waterboom, dan ember tumpah sehingga tempat ini bisa menjadi destinasi wisata Anda  bersama orang-orang tersayang. Pengunjung juga bisa menikmati kuliner yang dijajakan didalam lokasi Water Boom Caroline. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 17.00.

Lokasi: Jl. Raya Prabumulih – Baturaja, Tanjung Raman, Kec. Prabumulih Selatan, Kota Prabumulih.

Nah, itulah 10 pilihan tempat wisata yang sedang hits di Kota Prabumulih. Jangan ragu untuk berkunjung ke Prabumulih karena tersedia beragam wisata yang akan membuat liburan Anda  semakin seru dan berkesan. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat liburan!