Sumatra Utara

44 Tempat Wisata di Pulau Sumatera Andalas yang Paling Terkenal

Bagi Anda yang berencana menjelajah Andalas, deretan tempat wisata di Pulau Sumatera wajib Anda kunjungi, mulai dari gunung, pantai, air terjun dan wisata sejarah tak boleh dilewatkan.

Menjelajah Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Ada banyak keindahan yang akan membuat Anda terpesona dan terus memuji bagaimana Tuhan mengoreskan tintanya. Sebagai pulau yang juga besar, Sumatera memiliki potensi alam yang melimpah dan juga menghadirkan pesona yang tak kalah menawan.

Deretan tempat wisata yang ada di Pulau Sumatera berikut akan membuat petualangan Anda tidak terlupakan. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut.

1. Air Terjun Blang Kolam, Aceh

Air Terjun Blang Kolam, Aceh

Image Credit: Sengpaku.blogspot.com

Air terjun kembar dengan ketinggian 75 meter ini menjadi daya tarik yang tidak akan bisa ditolak oleh siapapun. Untuk bisa mengunjunginya, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 30 menit saja dari Lhokseumawe. Keindahan yang dihadirkan akan menjadi obat manjur untuk menghempaskan seluruh penat. Anda bisa berendam di kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun, alam sekitar yang masih asri juga akan membuat Anda betah berlama lama.

Lokasi: Sido Muliyo, Kec. Nisam Antara, Kab. Aceh Utara.

2. Museum Tsunami, Aceh

Museum Tsunami, Aceh

Image Credit: Wisatamilenial.com

Tsunami yang pernah menerjang Aceh di tahun 2004 memang menyisakan duka yang begitu mendalam. Dan untuk mengenang para korban dibuatlah bangunan bernama museum Tsunami tahun 2009. Wisata di Aceh ini bisa Anda kunjungi ketika Anda berniat untuk jelajah Sumatera dari ujung. Begitu memasuki museum Anda akan dibawa kembali ke masa berat saat itu. Karena selain bisa menjumpai foto korban Anda juga bisa merasakan alat simulasi elektronik untuk gempa bumi.

Lokasi: Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

3. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Image Credit: Madaninews.id

Masjid Baiturrahman ini tidak hanya menjadi wisata religi yang begitu banyak diburu oleh wisatawan, namun juga menjadi ikon dari Aceh. Kesan yang megah akan terasa begitu Anda menginjakkan kaki di masjid ini, terutama di bagian kolam besar serta pancuran air yang berada di bagian depan. Masjid ini memang terkenal dengan keindahannya, dan bahkan masuk dalam 100 masjid terindah di Dunia. Anda juga bisa berburu souvenir di belakang masjid.

Lokasi: Jl. Moh. Jam No.1, Kampung Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

4. Pantai Lhoknga, Aceh

Pantai Lhoknga, Aceh

Image Credit: Indonesiakaya.com

Aceh juga merupakan wilayah yang dekat dengan laut, dan Anda bisa menemukan pantai cantik yang dinamakan Pantai Lhoknga. Pantai satu ini tak hanya memiliki pasir putih yang lembut, namun juga memiliki air yang bersih kebiruan. Ombaknya yang tinggi sangat cocok untuk melakukan selancar jika Anda bosan berjemur di tepi pantai. Ketika sore tiba, Anda juga berkesempatan untuk menikmati cantiknya mentari yang berpulang.

Lokasi: Mon Ikeun, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar.

5. Istana Maimun, Sumatera Utara

Istana Maimun, Sumatera Utara

Image Credit: Sumatra.bisnis.com

Melanjutkan perjalanan menuju Sumatera Utara, Anda harus mengunjungi Istana Maimun Medan yang begitu kondang. Memiliki perpaduan arsitektur Melayu, Italia, Spanyol dan Islam membuat bangunan bersejarah ini begitu unik. Sudah ada sejak tahun 1946, istana ini saat ini dihuni oleh ahli waris dari kerajaan Deli. Anda bisa menelusuri sejarah hingga berburu foto foto cantik untuk di unggah di media sosial.

Lokasi: Jl. Brigjend Katamso No.66, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan.

6. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba, Sumatera Utara

Image Credit: Anekatempatwisata.com

Siapa yang tidak mengenal Danau Toba? Danau Megah satu ini menjadi favorit wisatawan baik lokal maupun asing yang berkunjung ke tanah Sumatera. Danau yang terbentuk karena aktivitas vulkanik ini menawarkan keindahan yang begitu memukau. Alamnya yang masih terjaga akan membuat Anda betah berlama lama. Bahkan mungkin Anda enggan untuk pulang ke rumah karena suasananya yang begitu mendukung. Fasilitas di tempat wisata ini juga sudah sangat memadai.

Lokasi: Kab. Simalungun, Kab. Tobasa (Toba Samosir), Kab. Tapanuli Utara, Kab. Humbang Hasundutan, Kab. Dairi, Kab. Karo dan Kab. Samosir.

7. Air Terjun Sipiso Piso, Sumatera Utara

Air Terjun Sipiso Piso, Sumatera Utara

Image Credit: Wikipedia.org

Air terjun satu ini didapuk sebagai air terjun yang paling tinggi di Indonesia. Keindahannya tidak bisa diragukan lagi, wajar jika air terjun satu ini menjadi destinasi wisata yang begitu favorit dan terkenal. Berada di kota Pisau, Anda bisa menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan pribadi. Mengunjungi destinasi wisata satu ini, jangan sampai terlewat untuk mengambil foto dengan air terjun sebagai latar belakangnya.

Lokasi: Pengambaten, Kec. Merek, Kab. Karo.

8. Cagar Alam Sibolangit, Sumatera Utara

Cagar Alam Sibolangit, Sumatera Utara

Image Credit: Tourismheavenblog.wordpress.com

Bosan dengan hiruk pikuk kota Medan, Anda bisa menenangkan diri mengunjungi Cagar Alam Sibolangit yang berada di Deli Serdang. Cagar alam ini masih memiliki alam yang begitu terjaga dan asri, sehingga sangat cocok untuk menghempas segala penat. Flora dan fauna yang beragam, bisa Anda temukan jika Anda mengunjungi Cagar Alam ini. Objek wisata ini memang begitu mendukung konsep Go Green di tengah pemanasan global saat ini.

Lokasi: Sibolangit, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang.

9. Funland Mickey Holiday, Sumatera Utara

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Tidak hanya menyajikan wisata alam yang mengagumkan, Anda juga bisa mengunjungi tempat bermain yang menyenangkan. Terutama bagi Anda yang membawa keluarga dalam menjelajah Sumatera. Wahana mulai dari Shoot Game, Raffling, Paint Ball hingga aktivitas outbond yang menyenangkan. Bisa dikatakan jika funpark satu ini menjadi yang paling besar, ada sekitar 35 wahana outdoor yang bisa Anda nikmati bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo.

10. Jam Gadang, Sumatera Barat

Jam Gadang, Sumatera Barat

Image Credit: Blog.reservasi.com

Setelah mengunjungi beberapa tempat paling populer di Sumut, kini tiba saatnya kita menuju Sumatera Barat. Jam Gadang yang berada di Bukittinggi, menjadi salah satu tujuan wisata yang begitu kondang. Menara yang telah berusia lebih 90 tahun ini masih kokoh berdiri dan menjadi ikon wisata yang tidak bisa dilewatkan. Dengan latar belakang taman dan pepohonan rimbun, menjadikan suasananya semakin syahdu dan sarat akan sejarah.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tapanuli Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukit Tinggi.

11. Lembah Harau, Sumatera Barat

Lembah Harau, Sumatera Barat

Image Credit: Akurat.co

Keindahan lembah Harau memang tidak diragukan lagi, bahkan sudah diakui oleh wisatawan mancanegara sekalipun. Lembah Harau tak hanya menawarkan keindahan yang masih asri, namun juga kebudayaan dan agama yang membuat tempat ini semakin kaya. Untuk Anda yang menyukai kegiatan berbaur di alam yang ekstrim, titik panjat tebing yang tingginya lebih 50 meter bisa Anda coba. Objek wisata satu ini akan sanggup mengisi energi Anda kembali.

Lokasi: Nagari Harau, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota.

12. Danau Singkarak, Sumatera Barat

Danau Singkarak, Sumatera Barat

Image Credit: Posmetropadang.co.id

Penasaran dengan ikan bilih? Jika iya maka Anda harus mengunjungi Danau Singkarak. Ikan Bilih merupakan endemik Singkarak yang tidak akan mudah ditemukan di tempat lain. Ikan dengan sisik perak yang berkilauan ini memang menjadi penghuni dari danau cantik ini. Selain bisa berkesempatan melihat ikan ini langsung, Anda juga akan dimanjakan dengan keindahan alamnya yang begitu asri. Danau besar ini akan jadi tujuan wisata yang mengesankan.

Lokasi: Kec. X Koto Singkarak, Kab. Solok.

13. Pantai Air Manis, Sumatera Barat

Pantai Air Manis, Sumatera Barat

Image Credit: Indonesiakaya.com

Malin Kundang menjadi karakter dalam legenda yang begitu kondang akan kisah anak durhaka. Dikutuk menjadi batu, konon batu ini bisa Anda temukan di Pantai Air Manis. Terlepas dari batu Malin Kundangnya yang menjadi daya tarik, Pantai Ini juga memiliki keindahan yang luar biasa. Gelombangnya yang rendah sangat cocok untuk dijadikan tempat Anda berenang. Bersantai menikmati hawa pantai, mata Anda juga akan dimanjakan dengan megahnya Gunung Padang.

Lokasi: Air Manis, Kec. Padang Selatan, Kota Padang.

14. Pulau Setan, Sumatera Barat

Pulau Setan, Sumatera Barat

Image Credit: Posmetropadang.co.id

Mungkin dari namanya terlihat begitu menyeramkan dan bisa saja membuat tengkuk Anda merinding. Namun pemandangan yang akan disuguhkan jauh dari kata menyeramkan, karena pesonanya begitu memabukkan. Pulau yang tidak berpenghuni ini, menyajikan hamparan laut dengan dihiasi perbukitan yang asri. Gelombangnya yang relatif kecil juga sangat aman untuk berenang. Berbagai kegiatan menarik lainnya juga bisa Anda lakukan di pulau Setan ini.

Lokasi: Ampang Pulai, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan.

15. Candi Muara Takus, Riau

Candi Muara Takus, Riau

Image Credit: Batiqa.com

Sumatera terutama di Riau, Anda juga bisa menikmati keindahan Candi yang penuh sejarah. Candi Muara Takus merupakan peninggalan dari umat Budha yang sudah ada sejak dahulu. Mengunjungi Candi ini bersama keluarga, akan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Pemandangan yang menakjubkan dengan jajaran rerumputan yang rapi serta bebas sampah akan membuat Anda nyaman. Di candi ini Anda bisa mengambil banyak foto menarik.

Lokasi: Muara Takus, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar.

16. Wisata Danau Raja, Riau

Wisata Danau Raja, Riau

Image Credit: Okezone.com

Provinsi Riau memiliki Danau yang begitu indah dan menjadi salah satu yang terkenal yaitu Danau Raja. Danau tenang dengan pepohonan yang menaunginya menjadikan suasananya begitu tenang dan mampu menghapus semua penat. Yang paling diburu ketika mengunjungi Danau Raja adalah menikmati senja yang terbenam di ufuk. Danau yang sebelumnya tempat mandi keluarga kerajaan Istana Indagiri ini hingga ini masih ada sisa bangunannya.

Lokasi: Kampung Dagang, Kec. Rengat, Kab. Indragiri Hulu.

17. Wisata Sungai Kampar, Riau

Wisata Sungai Kampar, Riau

Image Credit: Travelxism.com

Sungai Kampar merupakan sungai yang berada di teluk Meranti yang menawarkan atraksi seru. Di sungai ini Anda bisa menantang adrenalin Anda dengan selancar. Para peselancar begitu menikmati selancar di daerah ini, terutama para kawula mudanya. Meskipun sebuah sungai, namun sungai ini memiliki gelombang pasang serta surut dan ombak yang begitu keras. Bayangkan saja Bono atau gelombangnya mampu memiliki kecepatan hingga 40 Km.

Lokasi: Teluk Meranti, Kec. Teluk Meranti, Kab. Pelalawan.

18. Wisata Pulau Jemur, Riau

Wisata Pulau Jemur, Riau

Image Credit: Riauberbagi.blogspot.com

Pulau Jemur menjadi wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi ketika menginjakkan kaki di Riau. Pulau Jemur ini berada di Bagansiapiapi yang menawarkan pesona alam yang luar biasa. Tak hanya menyejukkan mata, Anda juga akan dimanjakan dan dibuai sehingga enggan untuk pulang. Gugusan banyak Pulau yang berada di dalamnya, bisa Anda jelajahi ketika mengunjungi pulau ini. Jika Anda beruntung, Anda bisa bertemu dengan penyu yang sedang bertelur.

Lokasi: Kec. Pasir Limau Kapas, Kab. Rokan Hilir.

19. Air Terjun Lubuk Bigau, Riau

Air Terjun Lubuk Bigau, Riau

Image Credit: Riau.go.id

Pemandangan alam Riau belum juga habis, karena Anda harus mengunjungi Air Terjun Lubuk Bigau. Air terjun ini menjadi air terjun yang begitu diburu oleh para pecinta petualangan. Air yang jatuh dari ketinggian ini juga mendapatkan predikat sebagai air terjun yang paling tinggi di Riau. Suasana dan keindahannya yang masih alami menjadi daya tarik tersendiri. Pepohonan yang rindang, hawa sejuk dan hal alami lainnya akan membuat Anda enggan untuk pulang.

Lokasi: Lubuk Bigau, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar.

20. Riau Fantasi, Riau

Riau Fantasi, Riau

Image Credit: Batakindonesia.com

Di Riau Anda juga bisa menikmati wisata yang menawarkan wahana permainan air yang seru. Riau Fantasi dekat dengan pusat kota Riau sehingga mudah untuk Anda jangkau. Menawarkan banyak wahana air menarik, Anda dan keluarga akan memiliki pengalaman liburan tak terlupakan. Kolam renang yang dibedakan untuk dewasa dan anak anak menjadikan wisata satu ini memang sangat cocok untuk keluarga.

Lokasi: Jl. Labersa, Simpang Tiga, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar.

21. Mega Wisata Ocarina, Kepulauan Riau

Mega Wisata Ocarina, Kepulauan Riau

Image Credit: Ksmtour.com

Tempat satu ini menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal dan sudah menunjukkan sisi modernnya. Dalam pembangunannya memang sudah dicanangkan akan semegah Ancol. Mega wisata Ocaria ini merupakan lokasi terpadu yang menawarkan banyak wahana wisata. Mulai dari permainan anak, Flying Fox, Giant Wheel, Sepeda Air dan wahana lainnya. Pemandangan langsung menuju laut membuatnya tak pernah sepi pengunjung.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Nias Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Sadai, Kec. Bengkong, Kota Batam.

22. Gunung Bintan, Kepulauan Riau

Gunung Bintan, Kepulauan Riau

Image Credit: Review.bukalapak.com

Walaupun Kepulauan Riau memang didominasi lautan, tapi Kepri juga memiliki Gunung yang begitu indah. Gunung Bintan tak hanya menjadi wisata hiking bagi masyarakat sekitar tapi juga wisatawan dari berbagai kota. Untuk bisa sampai puncak, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam saja. Dan begitu di puncak, Anda akan disajikan kemolekan alam yang begitu indah. Daerah ini juga sangat cocok bagi Anda penggemar durian yang memang menjadi produksi durian paling besar.

Lokasi: Bintan Buyu, Kec. Teluk Bintan, Kab. Bintan.

23. Kampung Vietnam, Pulau Galang Kepri

Kampung Vietnam, Pulau Galang Kepri

Image Credit: Kba.one

Walaupun dinamakan dengan Kampung Vietnam, tetapi masih menjadi wisata di Kepulauan Riau. Dinamakan Kampung Vietnam, karena dahulunya dijadikan sebagai camp pengungsian saat perang saudara di Vietnam terjadi. Dan Atas permintaan PBB, Indonesia mampu menyediakan tempat tersebut. Kini kampung Vietnam ini sudah tak lagi memiliki penghuni, tetapi memiliki pesona yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

Lokasi: Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam.

24. Patung Seribu, Kepulauan Riau

Patung Seribu, Kepulauan Riau

Image Credit: Sarahjalan.com

Yang juga menjadi tempat wisata kondang di Kepri adalah Patung Seribu yang berada di Vihara Ksitigarbha Budhisattva. Di vihara ini, Anda bisa menemukan 500 patung Lohan dengan wajah yang beragam serta 40 lebih patung dewa menurut kepercayaan Budha. Daya tarik lainnya, Vihara ini merupakan Vihara paling besar kedua setelah China se Asia Tenggara. Dari Kota Tanjungpinang Anda hanya butuh waktu sekitar 10 menit saja.

Lokasi: Jl. Asia Afrika, Batu IX, Kec. Tanjung Pinang Timur, Kota Tanjung Pinang.

25. Danau Biru, Kepulauan Riau

Danau Biru, Kepulauan Riau

Image Credit: Phinemo.com

Berada di Pulau Bintan, tepatnya dari penambangan pasir yang aktif hingga akhirnya membentuk Danau Biru. Memiliki nama Danau Biru karena memang airnya biru tosca yang begitu menawan. Dipadukan dengan bukit pasir bekas galian menjadikannya begitu mempesona. Danau Biru sangat cocok untuk Anda yang gemar berpose di depan kamera. Karena Anda bisa mengambil foto sebanyak yang Anda mau.

Lokasi: Busung, Kec. Seri Kuala Lobam, Kab. Bintan.

26. Pulau Penyu, Jambi

Pulau Penyu, Jambi

Image Credit: Yukpigi.com

Keindahan Pulau Penyu yang tak berpenghuni ini memang tidak akan bisa dilewatkan oleh siapapun. Nama Pulau Penyu sendiri diambil dari banyaknya penyu yang menyimpan telurnya di pulau ini. Memang akses menuju pulau ini masih terbilang belum baik, namun jika Anda mencari tempat alami yang belum banyak terjamah pulau Penyu jawabannya. Keeksotisannya akan membuat liburan Anda di Pulau Sumatera semakin lengkap.

Lokasi: Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur.

27. Air Terjun Renah Sungai Besar, Jambi

Air Terjun Renah Sungai Besar, Jambi

Image Credit: Bataritours.com

Jambi memang dianugerahi pesona alam yang tak kalah dengan bagian Sumatera lainnya. Anda bisa mengunjungi Air terjun yang bernama Renah Sungai Besar yang merupakan air terjun memukau dan masih asri serta alami. Volume airnya terbilang besar sehingga begitu menawan, dengan alam yang alami akan membuat Anda betah berlama lama di tempat satu ini. Yang jelas akan menghempas semua penat yang melanda.

Lokasi: Renah Sungai Besar, Kec. Limbur Lubuk Mengkuang, Kab. Bungo.

28. Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy, Jambi

Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy, Jambi

Image Credit:  Kemenpar.go.id

Bukan hanya memiliki pesona alam yang mengesankan, Jambi juga memiliki ikon wisata kota yang juga menarik. Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy ini merupakan destinasi yang berdekatan sehingga lebih dikenal Jembatan Gentala Arasy. Memiliki panjang sekitar540 meter di atas Sungai Batang Hari membuatnya begitu indah dan megah. Tempat wisata satu ini sangat cocok untuk berburu spot instagramable.

Lokasi: Arab Melayu, Kec. Pelayangan, Kota Jambi.

29. Bukit Khayangan, Kerinci, Jambi

Bukit Khayangan, Kerinci, Jambi

Image Credit: Yukpigi.com

Bukit ini bisa dikatakan sebagai tempat terindah di Jambi yang juga mendapatkan julukan sebagai negeri di atas awan. Berada di ketinggian 1500 mdpl, ketika sedang kabut Anda akan serasa di langit. Dari bukit ini, Anda juga bisa menyaksikan kemegahan panorama Gunung Kerinci. Untuk sampai di Bukit Khayangan, Anda juga tidak membutuhkan banyak tenaga karena aksesnya terbilang mudah untuk dijangkau.

Lokasi: Renah Kayu Embun, Kec. Kumun Debai, Kota Sungai Penuh.

30. Danau Gunung Tujuh, Jambi

Danau Gunung Tujuh, Jambi

Image Credit: Tnkerinciseblat.or.id

Danau Gunung Tujuh mendapatkan peringkat sebagai danau tertinggi nomer dua di Dunia. Menikmati danau indah ini, Anda harus menempuh perjalanan membelah kebun teh Katu Ayo. Panorama selama perjalanan ini akan membuat Anda terpesona dan tak terasa lelah. Namun jika ingin menuju danau ini, Anda harus menyiapkan fisik yang kuat. Mengingat danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, dengan suasana yang membuat Anda betah.

Lokasi: Pelompek, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci.

31. Rumah Pengasingan Bung Karno, Bengkulu

Rumah Pengasingan Bung Karno, Bengkulu

Image Credit: Journeytoindonesia.net

Destinasi wisata sejarah andalan Bengkulu ini memang tidak boleh dilewatkan saat Anda akan menjelajah Sumatera. Bangunan yang menjadi saksi bisu sejarah ini memiliki gaya arsitektur Cina di beberapa bagian rumah. Tak hanya bisa menikmati bangunannya, Anda juga bisa menemukan koleksi buku Bung Karno dan benda benda lainnya. Wisata sejarah ini sangat menarik untuk Anda kunjungi ketika di Bengkulu.

Lokasi: Anggut Atas, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu.

32. Danau Dendam Tak Sudah, Bengkulu

Danau Dendam Tak Sudah, Bengkulu

Image Credit: Mongabay.co.id

Nama danau ini saja memang sudah menarik perhatian, nama danau ini konon katanya datang dari Legenda yang menyertainya. Terlepas dari legendanya, danau ini menawarkan keindahan yang begitu menawan. Selain dijadikan sebagai tempat wisata, juga dijadikan penelitian. Menikmati keindahan alam sembari menikmati kuliner tentunya akan jadi liburan yang menyenangkan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Mandailing Natal Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Dusun Besar, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu.

33. Pantai Pasir Panjang, Bengkulu

Pantai Pasir Panjang, Bengkulu

Image Credit: Simphortour.com

Pantai dengan garis pantai sepanjang 7km ini memang menjadi garis pantai paling panjang di Indonesia dan garis surut hingga 500 meter. Hal ini dikarenakan tidak ada batu karang yang menghalangi ombak. Pinggiran pantainya dipenuhi jajaran pohon kepala sehingga nuansa pantainya begitu terasa. Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, menjadikan Pantai Pasir Panjang begitu terkenal dan favorit.

Lokasi: Jl. Pariwisata, Pantai Panjang, Lempuing, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu.

34. Bukit Serelo, Sumatera Selatan

Bukit Serelo, Sumatera Selatan

Image Credit: Ksmtour.com

Bukit Serelo sering juga disebut sebagai gunung jempol ini akan memberikan Anda pemandangan yang mempesona. Warga setempat kerap menyebutnya sebagai bukit telunjuk karena puncak bukitnya yang mirip telunjuk mengarah ke langit. Suasananya yang asri, akan membuat Anda mudah menghempaskan penat. Meskipun untuk sampai puncak Anda harus mendakinya lebih dulu.

Lokasi: Padang, Kec. Merapi Selatan, Kab. Lahat.

35. Air Terjun Bidadari, Sumatera Selatan

Air Terjun Bidadari, Sumatera Selatan

Image Credit: Triptrus.com

Sumatera Selatan memang memiliki pesona alam yang tak kalah menawan dengan alam Sumatera lainnya. Memiliki ketinggian hingga 30 meter membuat air terjun ini begitu megah dan menawan. Konon, dahulunya air yang jatuh dari ketinggian ini digunakan para bidadari untuk mandi. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan, salah satunya berenang di kolam alaminya atau berfoto foto.

Lokasi: Karang Dalam, Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat.

36. Danau Ranau, Sumatera Selatan

Danau Ranau, Sumatera Selatan

Image Credit: Bobo.grid.id

Anda yang ingin mengunjungi danau bisa melangkahkan langkah Anda menuju Danau Ranau. Objek wisata hits di Sumatera Selatan ini menawarkan pesona yang tak terelakkan oleh siapapun. Sebelum tiba, Anda akan disuguhkan pemandangan yang begitu menawan penglihatan Anda. Anda bisa melakukan banyak kegiatan menarik, salah satunya berfoto foto di atas dermaga. Fasiltas yang disematkan di danau ini juga sudah memadai.

Lokasi: Danau Ranau, Pilla, Kec. Warkuk Ranau Selatan, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan.

37. Benteng Kuto Besak, Sumatera Selatan

Benteng Kuto Besak, Sumatera Selatan

Image Credit: Bataritours.com

Selain menyuguhkan alam yang mempesona, Anda juga akan diajak untuk wisata sejarah ketika menginjakkan kaki di Sumatera Selatan. Benteng Kuto Besak merupakan bangunan keraton yang sudah ada sejak abda ke 18 di era kesultanan Palembang. Bangunannya yang masih kokoh dan megah menjadi daya tarik tersendiri. Dari sini Anda bisa menyaksikan Sungai Musi dan juga Jembatan Ampera yang cantik.

Lokasi: Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang.

38. Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Image Credit: Batiqa.com

Destinasi andalan ini tidak boleh terlewatkan dalam perjalanan menjelajah Pulau Sumatera. Taman suaka alam ini memiliki dua camp yang terdiri dari Konservasi Gajah dan Camp Jagawan Resort Way Kana. Selain bisa bertemu dengan Gajah di Konservasi, Anda juga bisa menikmati alam suaka yang begitu asri. Mengunjungi wisata di Pulau Sumatera ini tidak akan membuat Anda menyesal.

Lokasi: Jl. Raya Labuhan Ratu, Kec. Labuan Ratu, Kab. Lampung Timur.

39. Air Terjun Putri Malu, Lampung

Air Terjun Putri Malu, Lampung

Image Credit: Wisatasekitarmu.blogspot.com

Lampung memang terkenal dengan keindahan baharinya, tetapi bukan berarti Anda tidak menemukan wisata alam lainnya. Lampung memiliki air terjun Putri Malu yang begitu menawan. Memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan tebing tebing guratan alam akan Anda temui. Sekitarnya yang masih asri juga turut mendukung kemolekan air terjun satu ini. Jangan lupakan juga untuk mengambil beberapa foto sebagai kenang kenangan.

Lokasi: Hutan Register 24, Kec. Banjit, Kab. Way Kanan.

40. Pantai Gigi Hiu, Lampung

Pantai Gigi Hiu, Lampung

Image Credit: Bappelitbang.tanggamus.go.id

Pantai Gigi Hiu dipenuhi dengan karang karang kokoh yang bentuknya mirip dengan gigi hiu. Pantai yang menggigit ini memang memiliki pesona yang akan menjerat Anda. Untuk bisa mengunjungi keindahannya, Anda memang harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Tapi pesona matahari tenggelam pantai satu ini tidak akan pernah bisa Anda elakkan.

Lokasi: Pekon Susuk, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus.

41. Pantai Pasir Putih, Lampung

Pantai Pasir Putih, Lampung

Image Credit: Pantainesia.com

Satu lagi pantai yang tidak boleh Anda lewatkan ketika mengunjungi Sumatera tepatnya Lampung. Pantai Pasir putih jaraknya hanya sekitar 20 km jika dari kota Bandar Lampung. Ada banyak spot menawan yang bisa Anda dapatkan. Hamparan pasir lembut lengkap dengan birunya langit akan menjadi pengobat lelah dan penat Anda. Suasananya yang nyaman akan membuat Anda enggan untuk segera pulang.

Lokasi: Rangai Tri Tunggal, Kec. Katibung, Kab. Lampung Selatan.

42. Puncak Mas, Lampung

Puncak Mas, Lampung

Image Credit: Hargatiketmasuk.info

Wisata satu ini sedang hits di Kota Lampung, terutama untuk yang gemar berpose di depan kamera. Sekilas tempat wisata ini sangat mirip The Lodge Maribaya di Lembang. Tetapi tetap ada perbedaan, terutama pada bagian banyaknya rumah pohon yang tersedia berbagi ukuran. Tidak hanya bisa berswafoto, Anda juga bisa menjajal berbagai wahana menarik lainnya. Meskipun baru dibuka di tahun 2017, tapi begitu menarik perhatian.

Lokasi: Jl. PB. Marga, Sukadana Ham, Kec. Tanjung Karang Timur, Kota Bandar Lampung.

43. Pantai Tanjung Kelayang, Kepulauan Bangka Belitung

Image Credit: Kompas.com

Dijadikan sebagai lokasi syuting Laskar Pelangi, keindahan dari Pantai satu ini memang akan membuat liburan Anda semakin lengkap. Anda akan dihadirkan dengan pantai resik dengan bebatuan yang menjadi ciri khasnya. Nama Pantai Tanjung Kelayang disematkan, karena memang ada burung Kelayang yang sering mampir. Di Pantai ini, Anda bisa bermalam maupun menyewa perahu untuk mengelilingi pantai yang cantik ini.

Lokasi: Jl. Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang, Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

44. Danau Kaolin, Kepulauan Bangka Belitung

Danau Kaolin, Kepulauan Bangka Belitung

Image Credit: Pakettourbelitung.net

Tak hanya memiliki banyak pantai indah, Bangka Belitung juga memiliki danau yang mengagumkan. Danau yang memiliki warna biru ini sangat kontras dengan sekitarnya yang berwarna putih. Memang terjadi eksploitasi besar besaran yang menjadikan danau cantik ini terbentuk. Kaolin sendiri merupakan mineral yang biasanya digunakan untuk kertas, kosmetik, kain dan lainnya. Dan nama danau indah ini didapatkan dari kandungan mineralnya.

Lokasi: Perawas, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

Pesona yang dihadirkan Pulau Andalas memang tidak ada habisnya. Selalu ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi untuk hempaskan semua penat. Jika Anda sedang berada di Sumatera, beberapa destinasi wisata tersebut layak untuk Anda kunjungi. Penjelajahan di tanah Sumatera akan memberikan Anda pengalaman liburan yang tak terlupakan. Kemolekan alamnya turut andil untuk membuat semua penat hilang sekaligus membangkitkan jiwa petualang Anda.