Bengkulu

15 Tempat Wisata di Rejang Lebong Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Bengkulu? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Terbaik & Populer di Rejang Lebong Terbaru, Kekinian dan Paling Hits untuk Liburan Anda yang Lebih Berkesan.

Rejang Lebong adalah salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu. Daerah ini memiliki luas sekitar 1.515 Km2 dengan populasi 257.498 jiwa. Dengan luas dan kepadatan tersebut memang sesuai dengan pesona yang ada di Sumatera. Tidak heran jika banyak pengunjung yang ingin menikmati wisata di Rejang Lebong. Wilayah yang terdiri dari laut dan pegunungan ini memberikan destinasi wisata yang luar biasa.

Tentu saja tidak hanya menawarkan keindahan danau dan air terjun saja, namun juga ada gua dan beberapa objek lain yang cukup unik. Berikut ulasan 15 tempat wisata di Rejang Lebong yang patut Anda kunjungi saat liburan.

1. Danau Bermanei

Danau Bermanei

Image Credit: Ariecsrc002.blogspot.com

Salah satu danau yang ada di tengah kota cukup memberikan pesona tersendiri. Setidaknya ada deretan lampu kota indah yang muncul ketika malam hari. Kemudian deretan kuliner jalanan yang lezat pasti akan terus membuat lidah Anda tidak berhenti bergoyang.

Sayangnya, danau Barmanei ini tidak bisa untuk berenang atau beragam kegiatan serupa seperti bermain air atau berendam. Akan lebih memungkinkan jika Anda memancing saja di area danau ini.

Lokasi: Tunas Harapan, Kec. Curup Utara, Kab. Rejang Lebong.

2. Danau Telapak

Danau Telapak

Image Credit: Febripane.blogspot.com

Sebuah danau indah yang terletak di dekat bukit asri nan sejuk. Wilayahnya yang dekat dengan bukit memang akan memungkinkan pengunjung bisa melihat pemandangan indah. Untuk bisa sampai ke lokasi, Anda harus menaklukan hutan dan bukit terlebih dahulu.

Dapat dikatakan rute untuk sampai ke danau Telapak ini cukup sulit. Jika memang stamina kurang fit maka dapat membuat Anda sakit, akan lebih baik jika sebelum ke danau ini tingkatkan daya tahan terlebih dahulu dengan minum vitamin.

Lokasi: Talang Rendah, Kec. Nasal, Kab. Rejang Lebong.

3. Gua Bukit Makmur

Gua Bukit Makmur

Image Credit: Flickr.com @Kesultanan dan Kerajaan di Indonesia

Sebenarnya, tempat ini mirip dengan dataran tinggi biasa yang ada gua kecil di dalamnya. Jika dilihat secara sekilas, objek wisata tidak seperti gua pada umumnya. Hanya saja panorama yang ada di sekitar gua sangat indah dan memukau. Anda tidak hanya dikejutkan dengan suasanya yang asri dan sejuk namun juga area persawahan yang dilewati selama dalam perjalanan.

Objek wisata Goa Bukit Makmur yang satu ini memang cukup jauh dari pusat kota, namun untyuk sampai ke gua tidak perlu rute yang sulit dan tidak perlu melewati hutan. Anda hanya perlu melewati area persawahan saja.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bengkulu Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Desa Suban Ayam, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong.

4. Suban Air Panas

Suban Air Panas

Image Credit: Traverse.id

Masih aman jika Anda memilih kedalaman yang sesuai dengan tinggi badan. Jika hanya ingin main air saja maka bisa memilih bagian air terjunnya saja. Banyak wahana air yang bisa Anda mainkan, harga yang diberikan juga cukup terjangkau. Cocok untuk tempat liburan keluarga karena aman untuk semua usia.

Konon, mandi di air panas akan menyegarkan tubuh dan bisa terbebas dari beragam penyakit. Beragam penyakit tersebut antara lain darah tinggi, asam urat dan penyakit lelah lainnya. Banyak pengunjung yang sengaja datang ke tempat ini hanya untuk berendam dan menghilangkan stress.

Lokasi: Cawang Baru, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong.

5. Air Terjun Sempiang

Air Terjun Sempiang

Image Credit: Idntimes.com

Sebaiknya saat berkunjung Anda tidak berendam atau mandi karena kedalaman kolam suungai belum dapat diperkirakan. Mandi di dalam kolam memang cukup rawan dan berbahaya. Akan mengesankan jika Anda bisa sampai ke lokasi air terjun tersebut karena banyak pesona indah yang tiada tandingannya.

Lokasi: Desa Sempiang, Kec. Tebat Karai, Kab. Rejang Lebong.

6. Air Terjun Batu Betiang

Air Terjun Batu Betiang

Image Credit: Curupekspress.com

Salah satu air terjun yang memiliki aliran bertingkat. Tentu akan menjadi pemandangan indah yang tidak terlupakan. Beragam pemandangan tersebut bisa Anda dapatkan jika berkunjung ke sungai ini. Pesona yang ada di air terjun ini memang sangat asik dan luar biasa, tiap tingkatan memiliki aliran yang seru dan berbeda.

Lokasi: Babakan Baru, Kec. Bermani Ulu Raya, Kab. Rejang Lebong.

7. Air Terjun Panas Pacoa Seribu

Air Terjun Panas Pacoa Seribu

Image Credit: Bengkuluekspress.com

Nama lain dari air terjun ini ialah air terjun gerojokan sewu. Sesuai dengan namanya, air terjun ini memang memiliki aliran air yang cukup deras. Uniknya, aliran air tersebut memang panas. Lokasinya yang tidak jauh dari gunung api memang membuat air yang mengalir menjadi panas. Meski demikian namun aliran ini tidak mengandung belerang sama sekali. Anda pasti akan sangat suka jika berendam di air panas ini karena akan membuat tubuh terasa hangat dan segar.

Lokasi: Desa Sumber Urip, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejanglebong.

8. Air Panas Desa Tempel Rejo

Air Panas Desa Tempel Rejo

Image Credit: Wisatasiaa.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, tempat ini berupa pemandian air panas yang ada di Desa Tempel Rejo. Pemandian air panas ini sudah dikelola secara moden, tidak heran jika banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lebong Terbaru & Terhits Dikunjungi

Konon, selain sebagai hiburan mandi di kolam panas juga dapat menyembuhkan beragam penyakit. Pecinta mandi air panas ini bukan hanya manula saja, namun remaja dan dewasa juga sangat suka mandi di air panas ini.

Lokasi: Desa Tempel Rejo, Kec. Curup Selatan, Kab. Rejanglebon.

9. Telaga Tiga Warna

Image Credit: Rmolbengkulu.com

Sebuah telaga memang berbeda dengan danau. Meski mirip namun ada perbedaaan pasti diantara keduanya. Nah, hal unik yang ada di telaga ini tentu saja aneka warna yang ada di permukaan. Meski namanya telaga tiga warna namun jumlah telaga yang ada tidak hanya tiga.

Beberapa warna yang ada di telaga ini antara lain biru laut, kuning, orange atau ungu. Konon, tiap warna tersebut akan berubah sesuai dengan keadaan musim yang terus berganti.

Lokasi: Desa Rimbo Pengadang Kec. Rimbo Pengadang, Kab. Rejanglebon.

10. Bendungan Musi Kejalo

Bendungan Musi Kejalo

Image Credit: Rejanglebong.blogspot.com

Hal menarik dari bendungan ini ialah adanya tebing batu dan lokasinya yang dekat dengan hutan. Jika beruntung, Anda dapat melihat kawanan monyet hutan yang sering disebut dengan nama Cigog. Konon, binatang ini masih satu spesies dengan monyet.

Pengunjung yang datang biasanya menghabiskan waktu sambil melihat pemandangan hijau yang ada di hutan. Sebagian lagi memilih untuk memancing atau duduk santai sambil ngobrol.

Lokasi: Bendung Kejalo, Kec. Curup, Kab. Rejang Lebong.

11. Kebun Teh Bukit Daun

Kebun Teh Bukit Daun

Image Credit: Wartawisata.id

Tidak hanya Bogor saja yang memiliki kebun teh, Kota Mokomoko ini juga ternyata memiliki pesona yang tidak kalah dengan kebun teh yang ada di Bogor. Hanya saja fasilitas dan layanan tidak seperti kebun teh di sana. Meski demikian, berjalan di are kebun teh ini akan sangat sejuk dan menyenangkan. Anda juga masih bisa menikmati teh wangi yang berasal dari kebun, asli. Bisa memilih teh hijau atau teh hitam. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Kecamatan Bermani Ulu.

Lokasi: Desa Sentral Baru, Kec. Bermani Ulu, Kab. Rejang Lebong.

12. Batu Panco

Image Credit: Haluankotafoto.blogspot.com

Salah satu batu keramat yang ada di wisata ini berada tepat di area pemakaman. Konon, batu ini memiliki kekuatan magis dan cukup keramat. Penduduk lokal sering berdoa di dekat batu ini dan mendoakan orang yang ada di makam keramat tersebut. Batu ini berbentuk seperti meja, agak kotak namun tidak ada sudutnya. Destinasi wisata yang satu ini letaknya hanya sekitar 3 Km saja dari pusat Kota Curup.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kepahiang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Batu Panco, Kec. Curup Utara, Kab. Rejang Lebong.

13. Batu Dewa

Batu Dewa

Image Credit: Kopicurup.id

Ada sebuah desa yang memiliki batu dewa. Konon, dulunya tempat ini lokasi keberadaan dewa pasa masa kepercayaan hindu budha. Beberapa batu tersebut antara lain batu mandi, batu berhias dan batu berjemur. Tiap batu memiliki fungsi sesuai dengan namanya.

Dahulu, tiap dewa melakukan aktivitas sesuai dengan nama batu tersebut. Di atas batu para dewa mandi, berhias atau berjemu. Namun dewa apa saja yang ada masih menjadi perdebatan para peneliti dan para tetua yang ada di desa ini. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Desa Batu Dewa Kecamatan Curup Utara.

Lokasi: Batu Dewa, Kec. Curup Utara, Kab. Rejang Lebong.

14. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan

Image Credit: Situsbudaya.id

Selain destinasi alam, kota ini juga memiliki situs yang bagus untuk melihat sebuah sejarah. Hanya saja kondisi tugu pahlawan ini agak tidak terawat, mungkin karena tidak ada aktivitas kuat di sekitar tugu sehingga banyak rumput dan kotor.

Sedangkan beberapa destinasi lain seperti makam pahlawan dan monumennya jauh lebih terawat dengan baik. Letak monumen dan tugu agak berdekatan sehingga Anda bisa sekalian datang dan berkunjung.

Lokasi: Tabarenah, Kec. Curup Utara, Kab. Rejang Lebong.

15. Air Terjun Tangga Seribu

Air Terjun Tangga Seribu

Image Credit: Wisatalengkap.com

Meski namanya tangga seribu namun di sekitar air terjun tidak ada tangga seribu. Nama tersebut sengaja diberikan karena air terjunnya sangat tinggi, mirip dengan tangga seribu yang sangat tinggi. Lokasi air terjun sangat strategis dan cukup dekat dengan kota. Tidak heran jika air terjun ini tidak pernah sepi pengunjung.

Hal tersebut juga yang membuat destinasi wisata yang satu ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti toilet, mudahnya kendaraan umum dan banyak kuliner. Jika Anda berkunjung ke tempat ini jangan lupa membawa buah tangan karena banyak makanan enak dan lezat.

Lokasi: Desa Kepala Curup, Kec.Binduriang, Kab. Rejang Lebong.

Itulah 15 tempat wisata di Rejang Lebong yang patut Anda kunjungi bersama keluarga atau teman tercinta. Berlibur ke wilayah yang indah akan membuat kepala merasa refresh sehingga dapat kembali beraktivitas dengan tubuh yang sehat dan bugar.

Melakukan beragam aktivitas yang sama memang dapat membuat rasa jenuh yang luar biasa. Inilah salah satu pentingnya liburan, kesehatan itu tidak hanya merujuk pada fisik saja namun juga jiwa dan pikiran. Jika ketiga hal tersebut sehat dan kuat maka dapat menjalani hidup dengan mudah dan bahagia. Selamat liburan.