Aceh

15 Tempat Wisata di Sabang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Sabang? Temukan Beragam Tempat Wisata Favorit di Sabang, Provinsi Aceh. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits yang Layak Anda Kunjungi Saat Liburan.

Kota Sabang merupakan kota yang terletak di bagian paling barat di Indonesia. Kota Sabang merupakan salah satu kota yang termasuk dalam provinsi Aceh. Kota ini terletak di Pulau Weh. Sabang memiliki banyak objek wisata yang mempesona. Didominasi oleh objek wisata alam yang indah membuat kota ini ramai akan kunjungan turis.

Objek wisata alam di Kota Sabang tidak dapat diragukan lagi keindahannya. Anda juga akan disambut dengan keramahan dari warga lokal yang semakin membuat nyaman berlibur di kota ini. Anda tidak perlu khawatir karena harga untuk berlibur di Kota Sabang cukup terjangkau. Berikut rekomendasi tempat wisata di Sabang yang menarik untuk dijelajahi saat liburan.

1. Air Terjun Pria Laot

Air Terjun Pria Laot

Image Credit: Google Maps (Rebecca)

Keindahan dari air terjun ini tidak boleh diragukan lagi. Air terjun Pria Laot merupakan objek wisata yang cukup populer di Kota Sabang. Udara sejuk yang ada di tempat wisata ini akan membuat Anda betah berlama-lama di sana..

Air terjun ini terletak di area hutan yang lebat sehingga terlihat sangat asri. Kedalaman dari pemandian di air terjun ini antara 1,5 hingga 2 meter. Ada sensasi berbeda ketika berenang di air terjun ini. Anda akan mandi ditemani dengan ikan bulan sehingga Anda akan merasa tergelitik oleh ikan-ikan ini.

Lokasi: Batee Shoek, Kec. Sukakarya, Kab. Sabang.

2. Pantai Iboih

Pantai Iboih

Image Credit: Ksmtour.com

Jika Anda adalah orang yang menyukai pemandangan laut maka Anda harus mengunjungi Pantai Iboih. Pantai ini menjadi ikon dari Kota Sabang karena keindahan yang dimilikinya. Pantai yang juga dikenal dengan sebutan Teupin Layeu ini tepi barat seberang Pulau Weh.

Airnya yang begitu tenang akan membuat Anda merasa nyaman berada di tempat ini. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di tempat ini seperti snorkeling, menyelam, surfing, dan aneka kegiatan pantai lainnya.

Lokasi: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

3. Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot

Image Credit: Instagram.com @azwar_ipank

Kota Sabang juga memiliki danau yang sama indahnya dengan pantainya. Danau Aneuk Laot terletak di Kelurahan Aneuk Laot. Danau ini memiliki luas sekitar 37,5 hektar. Danau ini memiliki air yang sangat jernih dan segar sehingga ada dapat dengan nyaman bermain air ataupun berenang di danau ini bersama dengan keluarga.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Jaya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Waktu yang sangat cocok berkunjung ke tempat ini adalah sore hari karena Anda dapat menyaksikan keindahan dari sunset Kota Sabang. Apabila Anda ingin mengunjungi danau ini maka Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau pribadi karena akses ke lokasi tempat wisata ini sangat mudah dicapai dan ditemukan.

Lokasi: Danau Aneuk Laot, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

4. Gua Sarang

Gua Sarang

Image Credit: Instagram.com @gua_sarangsabang

Gua Sarang merupakan destinasi yang sering dikunjungi para turis apabila berlibur ke Kota Sabang. Gua ini sering dijuluki sebagai Raja Ampat dari Kota Sabang. Danau ini juga menjadi sarang burung walet yang membuat para turis semakin tertarik mengunjungi tempat ini.

Gua Sarang terletak di dalam kawasan hutan lindung sehingga udara di tempat ini terasa sangat sejuk dan Anda juga dapat melihat keindahan alam yang sangat indah. Anda juga wajib mencoba bermain ayunan yang berada di tempat wisata ini.

Lokasi: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

5. Gunung Jaboi

Gunung Jaboi

Image Credit: Instagram.com @irfanaulianurdin

Jika Anda ingin berlibur ke tempat yang agak menantang maka Gunung Jabo wajib Anda kunjungi. Gunung ini berada di Kecamatan Surakarya. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 200 mdpl.

Walaupun tidak terlalu tinggi, gunung Jaboi menawarkan keindahan yang menakjubkan. Anda tidak perlu khawatir apabila tidak terbiasa atau belum pernah mendaki gunung karena di tempat wisata ini tersedia jalur pendakian yang cukup mudah jika dibandingkan dengan jalur pendakian gunung lainnya.

Lokasi: Jaboi, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

6. Benteng Bunker Jepang

Benteng Bunker Jepang

Image Credit: Google Maps (Ruud Kaland)

Selain memiliki banyak wisata alam yang indah, Kota Sabang juga memiliki tempat bersejarah seperti Benteng Bunker Jepang. Kota Sabang memang memiliki lokasi yang sangat strategis sehingga pada zaman dahulu Jepang membangun benteng pertahanan di kota ini.

Benteng ini berbeda dengan benteng lainnya karena letaknya yang berada di bawah tanah. Benteng ini berada di sekitar garis pantai Pulau Weh. Anda juga dapat melihat benteng ini dengan jelas di dekat Pantai Anoi itam. Benteng ini juga memiliki lorong-lorong bawah tanah yang menuju pada pusat komando.

Lokasi: Anoe Itam, Kec. Sukajaya, Kota Sabang.

7. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer

Image Credit: Google Maps (Hidayah Sunar)

Berlibur ke Kota Sabang tidaklah lengkap apabila belum mampir ke Tugu Nol Kilometer. Anda membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk dapat mengunjungi tempat ini dari pusat Kota Sabang. Tugu ini berada di area hutan sehingga Anda jangan kaget bila menemukan monyet-monyet di sepanjang perjalanan menuju lokasi tempat wisata ini.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Banda Aceh yang Paling Populer

Tinggi dari tugu ini sekitar 43,6 meter di atas permukaan laut. Terdapat patung garuda di puncak tugu ini yang mencengkram perisai dengan bentuk angka nol. Walaupun terletak di dalam hutan, fasilitas yang tersedia di Tugu Nol Kilometer sangatlah memadai.

Lokasi: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

8. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam

Image Credit: Instagram.com @demitra.atashi_lubis

Pantai Anoi Itam merupakan pantai yang unik karena pantai ini menjadi pantai satu-satunya yang memiliki pasir hitam di Pulau Weh. Pasir di pantai ini memiliki berat yang berbeda dengan pasir hitam yang berada di pantai lainnya. Pasir di pantai ini memiliki berat tiga kali lipat dari pasir hitam lainnya karena kandungan nikelnya yang sangat tinggi.

Anda dapat menyaksikan pemandangan yang sangat menakjubkan di pantai ini. Anda juga dapat menikmati pemandangan dari Gunung Seulawah yang dapat terlihat dari Pantai Anoi Itam. Anda juga dapat mengabadikan keindahan pemandangan alam dalam foto di sepanjang pantai ini.

Lokasi: Anoe Itam, Kec. Sukajaya, Kota Sabang.

9. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga

Image Credit: Instagram.com @demitra.atashi_lubis

Pantai Sumur Tiga berada di Gampong Le Muelee, Pulau Weh. Pantai dengan pasir putih ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Pantai ini juga sering dipenuhi oleh turis lokal maupun mancanegara. Terdapat beberapa fasilitas seperti snorkeling dan diving sehingga tidak heran bila pantai ini menjadi favorit para turis.

Pantai ini dinamakan Pantai Sumur tiga karena terdapat tiga sumur air tawar di pantai ini. Anda juga dapat menemukan beberapa situs sejarah peninggalan Jepang seperti benteng. Terdapat aneka makanan laut yang dapat Anda coba di beberapa warung yang berada di sekitar area pantai.

Lokasi: Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang.

10. Sirui Hidrothermal

Sirui Hidrothermal

Image Credit: Facebook.com @BackpakerCosplayer

Terdapat salah satu destinasi wisata yang unik di Kota Sabang yang sulit Anda temukan di daerah lain. Destinasi tersebut ialah Sirui Hidrothermal. Anda diwajibkan untuk menyelam ke dalam air untuk melihat gelembung-gelembung udara di bawah laut.

Anda juga dapat melihat ikan-ikan yang cukup unik dan jarang dapat Anda temukan di pantai lainnya. Keunikan yang dimiliki oleh Sirui Hidrothermal membuat tempat ini sering dikunjungi turis lokal maupun mancanegara.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Banda Aceh Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Desa Pria Laot, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

11. Sabang Hill

Sabang Hill

Image Credit: Instagram.com @exneviatravel

Jika Anda ingin mencoba melihat pemandangan teluk dan Kota Sabang dari ketinggian maka Anda dapat mengunjungi Sabang Hill. Hotel ini menyediakan 20 kamar yang sangat nyaman sehingga Anda dapat bersantai disini bersama keluarga sambil menikmati keindahan Kota Sabang.

Anda membutuhkan waktu sekitar 5 menit dari pusat kota untuk dapat mengunjungi hotel ini. Harga yang ditawarkan sangat sesuai dengan apa yang akan Anda dapatkan. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari penginapan yang menawarkan berbagai fasilitas dan keindahan yang dapat memuaskan liburan Anda.

Lokasi: Jl. Cut Ali, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

12. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah

Image Credit: Instagram.com @gonzalobendito

Pulau Rubiah merupakan pulau asri yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Nama pulau dengan luas sekitar 2600 hektar ini diambil dari seseorang yang memiliki nama Cut Nyak Rubiah. Anda juga dapat menemukan makam Cut Nyak Rubiah di pulau ini.

Pulau rubiah merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Namun, tempat ini selalu dikunjungi oleh para turis untuk berlibur terutama bagi orang-orang yang hobi menyelam. Terdapat beberapa warung yang juga menjajakan makanan dan minuman di pulau ini.

Lokasi: Pulau Rubiah, kab. Sabang

13. Pemandian Air Panas Keuneukai

Pemandian Air Panas Keuneukai

Image Credit: Google Maps (American Creative)

Pemandian ini terletak di bagian selatan Pulau Weh. Air panas dari pemandian ini berasal dari sumber mata air panas Gunung Jaboi.

Pemandian air panas ini dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit kulit. Anda juga dapat berendam sambil melihat pemandangan pantai yang indah dari pemandian ini.

Lokasi: Keuneukai, Kec. Sukajaya, Kota Sabang.

14. Pantai Kasih

Pantai Kasih

Image Credit: Google Maps (Atashi Despacito)

Pantai Kasih hanya berjarak 5 menit dari pusat Kota Sabang. Oleh karena itu, tempat ini dapat Anda jadikan sebagai destinasi pertama ketika pertama kali berkunjung ke Kota Sabang.

Pantai ini ramai dikunjungi saat sore hari. Anda dapat melihat sunset dari pantai ini sambil duduk santai bersama keluarga.

Lokasi: Kuta Ateueh, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

15. Pantai Tapak gajah

Pantai Tapak gajah

Image Credit: Google Maps (rigel atarashii)

Pantai ini juga dapat menjadi destinasi pertama ketika Anda berkunjung ke Kota Sabang karena dapat ditempuh dalam waktu 5 menit. Pantai ini juga tidak kalah indahnya dengan pantai lain.

Anda dapat melakukan aktivitas seperti snorkeling di pantai ini. Pantai ini juga dihiasi dengan semak-semak yang membuatnya berbeda dengan pantai lainnya.

Lokasi: Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang.

Itulah beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi jika berada di Kota Sabang. Aneka ragam objek wisata yang ditawarkan kota ini memiliki keindahan yang menakjubkan sehingga Anda wajib untuk mengujunginya.