Sumatra Barat

13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Tempat Wisata Favorit di Sawahlunto, Sumatera Barat. Objek Wisata Alam & Bahari Terbaru, Kekinian, Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat ingin Menghabiskan Liburan.

Negara Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan alam yang sangat banyak. Tak jarang beberapa masyarakat Indonesia memanfaatkannya untuk berkunjung dan melakukan liburan bersama dengan orang – orang tersayang. Bahkan, tak sedikit pula para wisatawan asing yang datang di negara Indonesia guna menikmati berbagai tempat wisata yang tak kalah menariknya di tempat mereka. Salah satu tempat yang kerap ramai oleh pengunjung karena terdapat banyak destinasi wisata menarik yang dapat dituju adalah Sawahlunto.

Sawahlunto adalah salah satu kota yang terletak di provinsi Sumatera Barat yang memiliki beragam destinasi wisata yang memukau dan memanjakan mata. Ketika berlibur di daerah ini, berikut ini ada 13 rekomendasi tempat wisata di Sawahlunto yang wajib Anda kunjungi.

1. Perbukitan Cadas Danau Kandih

Perbukitan Cadas Danau Kandih

Image Credit by Airmagz.com

Salah satu tempat wisata alam yang dimiliki oleh kota Sawahlunto adalah danau. Keberadaan danau Kendih ini telah lama hadir dengan warna biru yang menawan. Tak hanya itu, di kawasan danau ini dikelilingi oleh panorama alam berupa perbukitan Cadas yang merupakan sebuah bekas dari area pertambangan dengan pemandangan yang tak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya.

Danau Kandih memiliki air yang bersumber dari sebuah sungai Batanghari. Dengan hal tersebut tak mengherankan jika beberapa wisatawan lokal yang hadir selalu memancing di pinggir danau. Menariknya, selain berupa danau di tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati seperti banana boat, sepeda air dan juga beberapa area yang digunakan untuk outbond.

Lokasi: Sijantang Koto, Kec. Talawi, Kota Sawah Lunto.

2. Danau Biru

Danau Biru

Image Credit by Raunsumatra.com

Selain danau Kandih, di kota Sawahlunto juga terdapat danau lain yaitu danau Biru. Danau biru ini merupakan bekas dari galian tambang batubara. Meskipun terbuat dari dampak kerusakan lingkungan di sekitar, danau biru sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Untuk mencapai tempat wisata danau ini Anda harus menempuh perjalanan yang sangat sulit berupa bebatuan. Namun, perjalanan sulit yang Anda tempuh tersebut akan memacu adrenalin dan pemandangan di danau yang begitu indah.

Lokasi: Tumpuak Tangah, Kec.Talawi, Kota Sawah Lunto.

3. Kota Tua & Hotel Ombilin

Kota Tua & Hotel Ombilin

Image Credit by Kompas.com

Tak hanya wisata alam, di kota Sawahluto Anda juga akan menjumpai beberapa wisata buatan. Salah satunya adalah kota Tua dan Hotel Ombilin. Hotel Ombilin merupakan salah satu hotel bekas penjajahan BelAnda yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk menginap bagi para tamu terhormat Belanda. Sangat unik, bangunan dari hotel masih asli dan sangat terkesan bersejarah. Sedangkan untuk Kota Tua merupakan sebuah cagar budaya yang dapat Anda jadikan sebagai spot objek foto yang indah.

BACA JUGA:  8 Wisata Kuliner di Sawahlunto yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Pasar, Kec. Lembah Segar, Kota Sawahlunto.

4. Terowongan Masa Lalu Sawahlunto

Terowongan Masa Lalu Sawahlunto

Image Credit by Pecintawisata.wordpress.com

Tidak pernah disangka sebelumnya bahwa di kota Sawahlunto memiliki tempat wisata berupa terowongan. Terowongan ini adalah sebuah fasilitas yang dimanfaatkan untuk kegiatan menambang batubara. Terowongan yang juga kerap disebut sebagai Lubang Mbah Soero diambil dari nama seorang mandor pada waktu itu.

Jika Anda berkunjung di terowongan ini Anda harus mengenakan sepatu dan helm pengaman untuk menjaga keselamatan dan keamanan anda. Pihak pekerja dari terowongan ini akan memandu Anda untuk menyusuri seluruh bagian dalam terowongan.

Lokasi: Jl. Abdurrahman Hakim, Tanah Lapang, Kec. Lembah Segar, Kota Sawah Lunto.

5. Museum Kereta Api Sawahlunto

Museum Kereta Api Sawahlunto

Image Credit by Wikipedia.org

Sejak tahun 2005, stasiun kereta api ini telah berhenti dan dijadikan sebagai museum. Di dalam museum ini terdapat beberapa barang antik dan berbagai jenis koleksi gerbong, dokumentasi kereta api dan lokomotif uap untuk kereta. Keberadaan museum kereta api ini termasuk dalam museum kereta api paling tua kedua setelah museum kereta api yang ada di Ambarawa.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Teleng, Pasar, Kec. Lembah Segar, Kota Sawah Lunto.

6. Museum Goedang Ransoem

Museum Goedang Ransoem

Image Credit by Agungmumpuni.blogspot.com

Selain museum kereta api, ternyata di kota Sawahlunto juga terdapat museum lain yaitu Museum Goedang Ransoem. Bangunan bersejarah ini telah berdiri sejak tahun 1918 ini dibangun dengan sangat kokoh hingga sampai saat ini dapat bertahan. Bagi Anda yang berkunjung di museum ini Anda dapat pula menikmati berbagai keindahan alam yang ada di sekitar.

Lokasi: Jl. Arif Rahman Hakim, Air Dingin, Kec. Lembah Segar, Kota Sawahlunto.

7. Makam Belanda Sawahlunto

Makam Belanda Sawahlunto

Image Credit by Netz.id

Makam BelAnda juga Anda temui di Sawahluto. Kompleks pemakaman dengan konsep lubang yang panjang ini menghasilkan sebuah pemandangan yang indah. Kurang lebih ada 90 jumlah makan di tempat ini. Tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata karena memang sudah lama tidak dikunjungi oleh turis BelAnda untuk mencari makam keluarga mereka sehingga Anda dapat menguji adrenalin dengan mengunjungi tempat wisata makam BelAnda di Sawahlunto. Meskipun sebagai makam, namun keberadaan makam BelAnda di kota Sawahlunto ini tak pernah sepi oleh pengunjung.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Padang Pariaman Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Lubang Panjang, Kec. Barangin, Kota Sawah Lunto.

8. Masjid Agung Nurul Islam

Masjid Agung Nurul Islam

Image Credit by Wisatasia.com

Tempat religi lainnya yang dapat dikunjungi saat berada di kota Sawahlunto adalah masjid Agung Nurul Islam. Masjid yang dijadikan sebagai wisata religi ini adalah gedung bekas dari bangunan PLTU atau Pusat Pembangkit Listrik sejak tahun 1952.

Berkunjung di masjid Agung Nurul Islam ini Anda dapat memanfaatkan seluruh fasilitas di dalamnya dan menambah salah satu kubah untuk tempat menutupi cerobong asap. Keberadaan gedung masjid yang masih berdiri dengan kokoh ini sering kali digunakan oleh para wisatawan untuk melaksanakan ibadah.

Lokasi: Pasar, Kec. Lembah Segar, Kota Sawah Lunto.

9. Gereja Katolik Santa Barbara

Gereja Katolik Santa Barbara

Image Credit by Parokisantabarbarasawahlunto.wordpress.com

Selain tempat wisata alam, di kota Sawahlunto juga terdapat wisata religi yang dapat didatangi oleh para wisatawan. Gereja Katolik ini telah dibangun sejak tahun 1920, sehingga bentuk arsitekturnya pun sangat khas dengan negara Belanda. Di dalam gereja tersebut tak sedikit menyimpan barang – barang perabotan dari kayu yang menghadirkan kesan sederhana namun mewah.

Bagi Anda yang berkunjung di gereja Katolik ini Anda dapat memanfaatkan arsitektur dari bangunan untuk mengambil gambar karena spot lokasi ini sangat indah dan menawan.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.45, Pasar, Kec. Lembah Segar, Kota Sawah Lunto.

10. Lubang Kalam

Lubang Kalam

Image Credit by Flickr.com @Mighty Bowo

Tempat wisata yang satu ini tak kalah menariknya dengan wisata yang lain. Wisata lubang Kalam dapat Anda temui di sepanjang jalan terowongan yang sangat penjang. Trowongan ini masih tetap dibuka dan berdiri dengan sangat kokoh. Bahkan menariknya, tempat wisata ini pernah dijadikan sebagai tempat untuk syuting film dalam sebuah adegan.

Bagi Anda yang akan mengunjungi tempat wisata ini Anda dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan kereta. Sangat unik, kereta yang dilewati adalah kereta uap yang telah menjadi salah satu ikon kota Sawahlunto. Anda dapat menjadikan kota Sawahlunto ini sebagai destinasi terbaik untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta.

Lokasi: Lubang Kalam, Talawi Hilir, Kec. Talawi, Kota Sawah Lunto.

11. Puncak Cemara

Puncak Cemara

Image Credit by Sawahluntotourism.com

Setelah mengunjungi tempat-tempat unik seperti Lubang Kalam di kota Sawahlunto, Anda dapat mampir ke tempat wisata puncak Cemara. Puncak ini merupakan salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi, terlebih keberadaannya yang tidak jauh dari pusat kota Sawahlunto. Keberadaan puncak Cemara berada di ketinggian, maka Anda dapat menikmati indahnya pemandangan kota Sawahlunto dari atas puncak Cemara.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Sawahlunto yang Paling Populer

Selain itu, tempat wisata puncak Cemara ini menyediakan berbagai fasilitas yang juga dapat Anda gunakan saat berkunjung. Beberapa fasilitas yang disediakan berupa gazebo dan tempat bermain untuk anak – anak atau playground.

Lokasi: Saringan, Kec. Barangin, Kota Sawah Lunto.

12. Air Terjun Sungai Bikan

Air Terjun Sungai Bikan

Image Credit by Posmetropadang.co.id

Kota Sawahlunto ternyata memiliki wisata alam yang tak kalah menariknya dengan tempat wisata lainnya untuk dikunjungi. Destinasi wisata alam berupa air terjun ini selalu ramai oleh para wisatawan. Air terjun ini berlokasi di desa Wisata Rantih yang saat ini terus berkembang menjadi sebuah desa wisata. Anda dapat menjadikan air terjun sebagai salah satu destinasi wisata alam di kota Sawahlunto.

Di air terjun sungai Bikan ini Anda dapat bermain air atau hanya sekedar menikmati pemandangan di sekitar air terjun yang sangat asri. Kondisi lingkungan yang sangat sejuk membuat kegiatan berlibur menjadi semakin menyenangkan dan menenangkan pikiran.

Selain itu, nuansa pedesaan di sekitar air terjun juga sangat terasa dan berada di tengah are pertambangan. Desa Rantih yang terus dikembangkan menjadi desa wisata pernah menjadi tempat kejuaraan silat internasional pada tahun 2012 yang lalu. Tak hanya memberikan pemandangan yang indah, di sekitar wilayah air terjun terdapat beberapa tempat yang dapat digunakan untuk menginap.

Lokasi: Rantih, Kec. Talawi, Kota Sawahlunto.

13. Puncak Microwave & Puncak Batu Runcing

Puncak Microwave & Puncak Batu Runcing

Image Credit by Commons.wikimedia.org

Dari nama yang begitu unik membuat penasaran para wisatawan yang berdatangan. Bahkan tak jarang para wisatawan yang datang hanya ingin menikmati suasana di sekitar puncak. Kedua tempat wisata ini merupakan sebuah puncak bukit batu. Meskipun kedua puncak ini mirip, namun kedua nya memiliki tempat yang berbeda, Anda dapat mengunjungi salah satu dari kedua bukit ini terlebih dahulu kemudian melanjutkan perjalanan untuk menuju ke lokasi bukit berikutnya.

Puncak bukit Microwave berlokasi di Kecamatan Barangin, sedangkan untuk puncak bukit Batu Runcing berlokasi di Kecamatan Silungkan. Melihat tempat yang sangat berbeda jaraknya, namun tak menghalangi niat para wisatawan untuk tetap mengunjunginya. Di puncak bukit terdapat batuan kapur yang telah terbentuk akibat hasil pelapukan air dalam waktu ratuan hingga ribuan tahun. Untuk dapat menuju lokasi tempat wisata ini Anda harus mencari tour guide untuk memandu anda.

Lokasi: Jl. Microwave, Silungkang Oso, Kec. Silungkang, Kota Sawah Lunto.

Banyaknya tempat wisata menarik di Sawahlunto, provinsi Sumatera Barat ini akan membuat perjalanan liburan Anda semakin menyenangkan, terlebih dengan keindahan objek wisata yang ditawarkan. Yuk jadwalkan liburan bersama keluarga dengan mengunjungi Sawahlunto.