Bengkulu

15 Tempat Wisata di Seluma Terbaru & Terhits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa List Tempat Wisata Favorit di Seluma, Bengkulu. Objek Wisata Alam Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Patut Anda Kunjungi Saat Liburan.

Mendengar namanya saja pasti masih sedikit asing di telinga kita. Seluma merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Bengkulu. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran Kabupaten Bengkulu Selatan. Sebelum menjadi kabupaten sendiri, Seluma merupakan wilayah yang cukup tertinggal sebab letaknya yang terpelosok serta jumlah warga yang sedikit. Namun pada tahun 2008 pemerintah mulai memperhatikan Seluma dan mengembangkan potensi pariwisata yang ada di daerah tesebut.

Untuk Anda yang sedang punya rencana ke Seluma tak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi beberapa tempat wisata yang direkomendasikan sebagai berikut.

1. Pantai Muara Kungkai

Pantai Muara Kungkai

Image Credit: Kupasbengkulu.com

Pantai yang terletak di Kecamatan Air Periukan, desa Kungkai ini harus menjadi list wajib liburanmu di Seluma. Sebab pantai Muara Kungkai memang memiliki pesona yang luar biasa indah, sejauh mata memandang Anda akan disajikan pemandangan pantai pasir putih yang menyejukkan mata. Dijamin akan enggan pulang kalau sudah datang ke pantai ini. Untuk bisa sampai ke sini Anda memerlukan waktu satu sampai 2 jam dari ibu kota Seluma.

Jangan takut tersesat, tanya saja pada warga setempat, masyarakat di sekitar pantai Muara Kungkai terkenal ramah tamah dan tidak segan mengantarmu sampai tujuan atau memberikan bantuan lainnya untuk wisatawan.

Lokasi: Kungkai Baru, Kec. Air Periukan, Kab. Seluma.

2. Pantai Muara Ngalam

Pantai Muara Ngalam

Image Credit: Triptrus.com

Sejenak menepi dari hingar bingar perkotaan. Sepertinya Pantai Muara Ngalam adalah pilihan yang tepat. Pantai dengan ketenangan dan pasir putih yang membentang akan membuat pikiranmu sejenak beristirahat dan menikmati suasana pantai Muara Ngalam yang menenangkan. Pantai ini juga landau serta memiliki ombak yang tidak begitu besar, jadi Anda bisa sedikit bermain-main di bibir pantai.

Pantai Muara Ngalam terletak di Kecamatan Air Periukan desa Ngalam, setidaknya Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 11 km dari jalur lintas Bengkulu – Tais untuk bisa sampai ke pantai cantik ini.

Lokasi: Pasar Ngalam, Kec. Air Periukan, Kab. Seluma.

3. Taman Buru Nasional Semidang Bukit Kabu

Image Credit: Republika.co.id

Kawasan ini mempunyai luas sekitar 15.300 Ha, dan masih termasuk kawasan yang dilindungi oleh pemerintah. Untuk Anda yang ingin mencoba menikmati suasana pariwisata dengan konsep menyatu dengan alam Anda bisa mencobanya di sini. Di dalam kawasan Taman Buru masih banyak sekali hewan yang dilindungi seperti rusa, menjangan, harimau sumatera, burung- burung langka, dan masih banyak lagi hewan langka lainnya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kepahiang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika ingin masuk ke sini harus membawa satu pemandu yang sudah hafal dengan medan Taman Buru dan sudah berpengalam dengan wisata alam, seingga bisa menjagamu jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Lokasi: Arang Sapat, Kec. Lubuk Sandi, Kab. Seluma.

4. Pantai Ketapang Baru

Pantai Ketapang Baru

Image Credit: Sunflowords.com

Ingin dapat foto- foto kece dan keren yang bisa Anda pajang di media sosialmu, cobalah untuk berkunjung ke Pantai Ketapang Baru. Pantai ini memang memiliki bentangan pasir putih pantai yang sangat luas, sehingga membuatmu matamu adem sekali. berfoto di sini rasanya Anda sedang berfoto di pulau pribadimu. Pantai ini memang cenderung sepi karena letaknya yang lumayan jauh.

Namun pantai Ketapang Baru ini juga kerap dijadikan pilihan utama bagi para wisatawan yang lewat jalan lintas barat Sumatera, untuk Anda yang lewat jalur ini bisa mampir dan bersantai sejenak sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

Lokasi: Desa Ketapang Baru, Kec. Semidang Alas Mara, Kab. Seluma.

5. Pantai Muara Maras

Pantai Muara Maras

Image Credit: Triptrus.com

Selanjutnya masih ada wisata pantai Muara Maras yang photogenic sekali. pantai ini juga sering dijadikan peristirahatan bagi wisatawan yang melewati jalur lintas barat Sumatra. Pantai satu ini memiliki pasir pantai yang cenderung berwarna coklat. Sangat pas untuk Anda yang sedang bosan dengan wisata pantai pasir putih.

Wisata Pantai Muara Maras berada di wilayah paling Selatan kabupaten Seluma. Tak sulit untuk bisa sampai ke tempat satu ini.

Lokasi: Desa Muara Maras, Kec, Semidang Alas Maras, Kab. Seluma.

6. Susur Goa Resam

Image Credit: Jelajahkakiku.com

Ingin menikmati pengalam wisata yang sedikt berbeda Anda bisa mencoba pengalaman susur Goa Resam. Pemerintah setempat memang jeli melihat potensi wisata yang ada di wilayahnya. Salah satunya berada di Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara yang memiliki potensi wisata yang bagus untuk dijadikan wisata alam.

Salah satunya adalah Goa Resam, goa yang besar ini memang cocok sekali dijadikan wisata alam seperti susur goa. Dan masih di dukung lagi dengan adanya aset hutan lindung yang memberikan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan selama melakukan susur goa.

Lokasi: Desa Lubuk Resam, Kec. Seluma Utara, Kab. Seluma.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Bengkulu Terbaru & Terhits Dikunjungi

7. Goa Kecik

Goa Kecik

Image Credit: Kompas.com

Ada lagi wisata alam selain Goa Resam, yaitu Goa Kecik. Goa satu ini masih berada di wilayah yang sama dengan Goa Resam, yaitu di Lubuk Resam. Goa Kecik memang tak seramai goa resam yang setiap hari dan setiap weekend dipadati oleh pengunjung.

Namun goa kecik memiliki pesonanya sendiri yang membuatnya berbeda dengan goa-goa lainnya. Lorong di goa kecik cenderung semakin dalam akan semakin menyempit, namun di satu tempat akan membesar.

Lokasi: Lebong Tandai, Kec. Napal Putih, Kab. Bengkulu Utara.

8. Bendungan Seluma

Bendungan Seluma

Image Credit: Sda.pu.go.id

Dari namanya mungkin banyak orang yang menganggapnya hanyalah sebuah bendungan biasa saja, namun jangan salah sangka terlebih dahulu. Bendungan Seluma merupakan sebuha bendungan besar yang dibangun untuk mengairi persawahan penduduk yang ada di sepanjang aliran sungai Seluma. Bendungan seluma terletak dekat dengan pusat kota Tais, jadi Anda tak perlu susah- susah untuk mencarinya.

Lokasi: Lubuk Kebur, Kec. Seluma, Kab. Seluma.

9. Sungai Seluma

Sungai Seluma

Image Credit: Wisatakabupatenseluma.blogspot.com

Disini Anda bisa mencoba wahana arung jeram dengan kapal karet bersama teman-teman atau keluarga besarmu. Arung jera di sungai Seluma cukup menantang dengan batu-batu besar yang ada di sepanjang aliran sungai, serta arus sungai yang lumayan deras menjadi daya tarik utama bagi masyarakat lokal maupun luar Bengkulu.

Lokasi: Sungai Petai, Kec. Talo Kecil, Kab. Seluma.

10. Sungai Desa Lubuh Gadis

Sungai Desa Lubuh Gadis

Image Credit: Tuntasonline.com

Aduh lagi di Bengkulu tapi capek dan ingin mancing saja, nah sungai Desa Lubuh Gadis adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mancing dan tidak ingin kemana- mana. Selain bisa dibuat untuk mancing tempat ini juga mempunyai pemandangan yang akan membuatmu betah duduk berlama- lama dan tak melakukan aktivitas apapun.

Uniknya di sungai ini pasir yang ada di sana berwarna putih sehingga hampir menyerupai kawasan pantai yang biasa kita temui, Anda jadi bisa berwisata ke sungai yang menyerupai pantai ya.

Lokasi: Desa Lubuk Resam, Kec. Puguk, Kab. Seluma.

11. Suban Lubuk Resam

Suban Lubuk Resam

Image Credit: Facebook.com @Pariwisata LUBUK RESAM

Masih di Desa Lubuk Resam, jika Anda ke goa- goa yang ada di desa tersebut jangan lupa untuk mampir juga di Suban Lubuk Desa Resam. Di sini Anda bisa mandi di pemandian air panas. Uniknya pemandian ini bukanlah berupa kolam atau tempat yang dibuat khusus untuk pemandian bersama, melainkan adalah sebuah aliran air sungai yang ada di tengah- tengah sawah penduduk setempat.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bengkulu Tengah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Desa Lubuk Resam, Kec. Seluma Utara, Kab. Seluma.

12. Cagar Budaya Padang Periangan

Cagar Budaya Padang Periangan

Image Credit: Bengkuluekspress.com

Sekali-kali bolehlah berwisata budaya dan sejarah, salah satunya bisa Anda temui di cagar budaya Padang Pariangan. Situs ini terletak di Desa Selinsingan Seluma Utara. Jaraknya memang agak jauh dari ibukota Seloma, yakni sekitar kurang lebih 10 km.

Dalam cagar budaya terdapat makam yang dianggap keramat dan sakral oleh masyarakat setempat. Tetap jaga sopan satun selama berada di cagar budaya.

Lokasi: Desa Selinsingan, Kec. Seluma Utara, Kab. Seluma.

13. Air Terjun Batu Bekinyau

Air Terjun Batu Bekinyau

Image Credit: Diseberangruangan.blogspot.com

Salah satu objek wisata yang wajib Anda datangi saat ke Seluma adalah air terjun batu bekinyau atau batu berkilau. Saat terkena sinar matahari air terjun ini memang akan memantulkan cahaya dan terlihat berkilauan.

Ketinggian air terjun ini memang tidak seberapa, namun deras airnya cukup untuk membuat kita puas dan merasa segar kembali. Untuk sampai ke sini Anda hanya memerlukan waktu kurang lebih satu jam saja dari kota Bengkulu.

Lokasi: Desa Sengkuang Jaya, Kec. Seluma Barat, Kab. Seluma.

14. Air Terjun Lubuk Resam

Air Terjun Lubuk Resam

Image Credit: Ctzonedehasenbkl.com

Jika sudah selesai susur goa- goa yang ada di desa Resam, mampirlah sebentar ke air terjun lubuk resam. Air terjun satu ini memiliki pesona yang luar biasa indah dan sayang sekali untuk dilewatkan.

Air terjun ini memiliki lima aliran air terjun namun saat kemarau hanya dua saja yang masih mengalirkan airnya. Jika ke sini Anda wajib mandi di kolam bawahnya, menyesal jika kesempatan ini dilewatkan begitu saja.

Lokasi: Desa Lubuk Resam, Ke. Seluma Utara, Kab. Seluma.

15. Air Terjun Air Melancar

Air Terjun Air Melancar

Image Credit: Tuntasonline.com

Terakhir ada air terjun air melancar yang siap memberikanmu kesegaran tak terhingga. Setelah lelah seharian keliling Bengkulu Anda bisa menepi sejenak ke air terjun satu ini. Jarak air terjun hanya 50 km dari pusat kota Seluma, jika Anda beruntung datang saat debit air sedang baik Anda akan menyaksikan pemandangan alam yang mempesona sekali. Saat sampai di tempat Anda tak akan kuasa membendung hasrat untuk berenang di kolam bawah air terjun tersebut.

Lokasi: Desa Air Melancar, Kec. Semidang Alas, Kab. Seluma.

Masih banyak lagi wisata di Bengkulu yang belum sempat kita ulas, namun 15 rekomendasi tempat wisata di Seluma rasanya sudah cukup untuk menjadi referensi terbaik. Jangan lupa untuk wisata kulineran juga karena ada beragam kuliner khas Seluma yang sayang sekali jika dilewatkan. Selamat berlibur dan tetap jaga kesehatan.