Sumatra Utara

15 Tempat Wisata di Serdang Bedagai Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Beragam Pilihan Tempat Wisata Menarik di Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Objek Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Paling Hits untuk Membuat Liburan lebih Berkesan.

Serdang Bedagai merupakan kabupaten yang beribukota di Sei Rampah, yang mempunyai potensi luar biasa di sektor pariwisata. Hal ini dikarenakan kontur alamnya yang bervariasi, mulai dari kawasan pantai, dataran rendah hingga pegunungan dan perbukitan.

Mengingat objek wisata di kabupaten yang berada di Sumatera Utara ini cukup banyak, berikut ulasan 15 tempat wisata di Serdang Bedagai yang lagi hits dikunjungi wisatawan.

1. Pantai Pondok Permai

Pantai Pondok Permai

Image Credit: Facebook.com @PantaiPondokPermai

Salah satu pantai yang dikelola secara profesional di Kabupaten Serdang Begadai adalah Pantai Pondok Permai. Sehingga berbagai fasilitas menarik seperti wahana permainan air, rumah makan terapung, kolam renang, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Bukan hanya itu, jalan menuju pantai pondok indah cukup mudah. Tidak heran pantai yang berada di Kabupaten Serdang Begadai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Kota Pari, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai

2. Pulau Berhala

Pulau Berhala

Image Credit: Pinouva.com

Pulau Berhala merupakan tempat wisata di Serdang Bedagai yang bisa dibilang seru untuk dikunjungi wisatawan. Tidak hanya itu, Pulau Berhala yaitu pulau dengan luas kurang lebih 14,75 hektar yang bisa dikatakan pulau terluas di Indonesia. Lokasinya berada di sebuah selat yang memisahkan Pulau Sumatera dengan Semenanjung Malaysia. Pulau Berhala sendiri menawarkan keindahan yang cukup lengkap mulai dari hutan bakau yang eksotis, batuan vulkanik dengan bentuk yang unik, pantai berpasir putih, hingga panorama laut yang memukau.

Alam bawah laut Pulau Berhala mempesona, pasalnya mempunyai 11 spesies ikan karang, 22 jenis terumbu karang, dan berbagai macam biota laut lainnya. Kawasan daratannya dipercantik dengan hutan bakau yang lebat.

Lokasi: Berhala, Kec. Tanjung Beringin, Kab. Serdang Bedagai.

3. Pantai Mutiara Indah

Pantai Mutiara Indah

Image Credit: Disporaparbud.serdangbedagaikab.go.id

Pantai Mutuara Indah juga sudah dikelola dengan baik sebagai objek wisata. Lokasi pantai ini bisa dikatakan dekat dengen Pantai Pondok Permai, dan masih berada di desa yang sama. Hanya saja, fasilitas yang tersedia tidak komplit seperti fasilitas Pantai Pondok Permai. Namun, siapa sangka. Kelebihan pantai ini adalah harga tiket masuk dan harga sewa berbagai fasilitas lebih murah dibandingkan Pantai Pondok Permai.

Lokasi: Kota Pari, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai.

4. Air Terjun Sempuran Widuri

Air Terjun Sempuran Widuri

Image Credit: Xplorasi.me

Selain pantai, daerah yang satu ini juga memiliki tempat wisata alam berupa air terjun, yang wajib untuk dikunjungi oleh wisatawan. Lokasinya berjarak 48 kilometer dari ibu kota Kabupaten Serdang Begadai. Wisatawan yang datang akan menjumpai 3 air terjun dengan jarak yang tidak jauh. Hanya saja, Sempuran Widurilah yang menjadi tujuan wisatawan, pasalnya air terjun yang satu ini mempunyai curahan air paling tinggi dibanding air terjun yang lain, yaitu 50 meter.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Simalungun Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Bangun Rejo, Dolok Merawan, Kec. Dolok Merawan, Kab. Serdang Bedagai.

5. Pantai Klang

Pantai Klang

Image Credit: Suaraaktual.co

Soal keindahan alam pantai ini tidak kalah jauh dari pantai-pantai lainnya. Hanya saja, pantai yang berada di Desa Sei Naga Lawan ini belum dikelola secara profesional, dan hanya masyarakat sekitar yang memberdayakan dengan sejumlah fasilitas, walaupun begitu Pantai Klang tetap menjadi tempat wisata favorit di Serdang Bedagai. Pada musim liburan, pantai yang satu ini selalu dipenuhi wisatawan, baik wisatawan dari luar daerah maupun wisatawan lokal.

Lokasi: Naga Lawan, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai.

6. Pantai Cermin

Image Credit: Pantainesia.com

Dari dulu sampai sekarang pantai yang satu ini tidak pernah sepi wisatawan, baik wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Kawasan wisata ini menawarkan sejumlah fasilitas yang menarik, mulai dari tempat menginap hingga wahana permainan.

Tidak hanya itu, Pantai Cermin juga menawarkan suasana pantai yang bersih dan dan sudah ditata dengan rapi. Tempat ini berlokasi di Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Begadai, Sumatera Utara. Akses menuju Pantai Cermin terbilang rapi dan nyaman dengan kondisi jalan yang mulus dan luas.

Lokasi: Pantai Cermin Kanan, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai.

7. Kampoeng Nipah

Kampoeng Nipah

Image Credit: Deliserdangmall.com

Kampoeng Nipah adalah destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi wisatawan selanjutnya. Kampoeng Nipah sendiri merupakan objek yang menawarkan petualangan menggunakan perahu menjelajahi hutang mangrove. Selain itu, wisatawan bisa belajar tentang jenis-jenis hutan mangrove, apa saja menfaat hutan mengrove, bagaimana membudidayakan serta bagaimana pengolahannya.

Tempat ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 18:00. Berlokasi di Desa Sei Naga Lawan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Begadai, Sumatera Utara. Selain bisa belajar banyak tentang mangrove, tersedia pula berbagai makanan yang bisa dibawa dan dibeli sebagai oleh-oleh.

Lokasi: Sei Naga Lawan, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai.

8. Pantai Cermin Theme Park

Pantai Cermin Theme Park

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Taman bermain yang dibuka tanggal 14 Januari 2007 ini untuk memanfaatkan keindahan pantai yang selalu ramai wisatawan setiap harinya. Tempat yang satu ini mempunyai sejumlah wahana yang perlu dicoba. Bukan hanya wahana permainan, Pantai Cermin Theme Park juga memiliki kebun binatang mini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Padang Sidempuan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Taman bermain ini biasanya buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga 18:00. Tempat yang satu ini berada di Desa Pantai Cermin Kanan. Pengunjung benar-benar akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas penunjang seperti penginapan dan restoran yang sudah disiapkan.

Lokasi: Pantai Cermin Kanan, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai.

9. Pemandian Batu Nongol

Pemandian Batu Nongol

Image Credit: Arusmalaka.com

Pemandian Batu Nongol merupakan tempat pemandian alam yang memanfaatkan aliran sungai. Pada awalnya tempat pemandian ini adalah sebuah tempat penambangan pasir, setelah tidak difungsikan lagi tempat ini dibeli seharga Rp. 1,5 M dengan luas 6 hektar. Sejak saat itulah sekarang terkenal menjadi tempat pemandian wisata komplit dengan fasilitas pendukungnya. Mulai dari rumah makan, gubuk untuk istirahat, dan lain sebagainya. Selain murah, tempat pemandian ini sangat jernih dengan air yang tenang. Lokasi pemandian ini di Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipsipis.

Lokasi: Buluh Duri, Kec. Sipispis, Kab. Serdang Bedagai.

10. Ancol Arung Jeram

Ancol Arung Jeram

Image Credit: Busy.org

Kabupaten Serdang Begadai ternyata juga memiliki sebuah tempat yang bagus untuk melakukan olahraga arum jeram. Ancol Arung Jeram ini dapat memacu adrenalin para wisatawan, dikarenakan kegiatan arum jeram di tempat ini adalah menyusuri aliran Sungai Sei Bahbolon, yang dikenal memiliki batu-batuan besar yang harus ditaklukan lengkap dengan arus yang deras.

Tidak hanya itu, pemandangan sekitar sungai bisa dikatakan tidak biasa, melintasi air terjun, menyusuri kawasan sungai yang tidak terkena cahaya matahari yang disebabkan tertutup rimbun dedaunan terlihat begitu memukau. Kegiatan yang satu ini biasanya dibuka setiap hari.

Lokasi: Jl. Pondok Sampanan, Dolok Merawan, Kec. Dolok Merawan, Kab. Serdang Bedagai.

11. Pantai Romantis

Pantai Romantis

Image Credit: Deliserdangmall.com

Sesuai namanya, tempat ini terkenal memiliki suasana yang romantis. Sangat wajib wisatawan mengunjungi pantai yang satu ini. Selain menyuguhkan pemandangan yang sangat menjanjikan, pantai ini juga ada beberapa kelambu berwarna-warni dan tempat duduk, membuat tempat ini berkesan romantis dan cantik. Biasanya dibuka setiap hari, mulai dari pukul 09:00 hingga pukul 19:00.

Lokasi: Jl. Pantai Tengah No.20, Sei Naga Lawan, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai.

12. Romance Padi

Romance Padi

Image Credit: Semedan.com

Bukan hanya Pantai Romantis, Romance Padi merupakan tempat wisata yang mengeksploirasikan berbagai spot foto yang romantis dan instagramable, yang sudah lengkap hamparan persawahan hijau, bangku taman, dan macam-macam ornamen bertulisan “Love” serta yang lain. Tempat ini juga terkenal objek wisata kekinian di Kabupaten Serdang Begadai.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sibolga Terbaru & Terhits Dikunjungi

Selain itu, para wisatawan dapat menikmati kuliner di tempat ini. Mulai dari berbagai jenis makanan seafood hingga ayam kampung goreng. Tempat wisata yang satu ini berada di Desa Karang Anyar, Kecamatan Pegajahan.

Lokasi: Karang Anyar, Kec. Pegajahan, Kab. Serdang Bedagai.

13. Pasar Bengkel

Pasar Bengkel

Image Credit: Indahsuaranews.co

Pasar Bengkel merupakan pusat perbelanjaan yang banyak sekali menjual macam-macam jenis jajanan khas atau oleh-oleh khas Serdang Begadai. Akan ditemukan sepanjang kanan dan kiri kios-kios yang menjual oleh-oleh. Di pasar bengkel ini bisa ditemukan sekitar kurang lebih 60 kios, bukan hanya itu, tempat yang satu ini menyediakan tempat istirahat sementara bagi pengunjung.

Pasar ini dibuka 24 jam setiap harinya. Tempat ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin membeli sesuatu untuk kerabat atau kenang-kenangan dari Serdang Begadai. Pasar ini berada di Desa Bengkel, Kecamatan Perbaungan.

Lokasi: Jl.. Perbaungan Tebing Tinggi, Bengkel, Kec. Perbaungan., Kab. Serdang Bedagai.

14. Pantai Gudang Garam

Pantai Gudang Garam

Image Credit: Wisatasia.com

Destinasi wisata yang lokasinya berada di Jalan Pantai Kanan, Kecamatan Pantai Cermin ini tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh wisatawan. Pantai yang lokasinya mudah dijangkau ini tidak pernah sepi pengunjung. Terumata pada hari pekan atau hari libur lainnya. Pantai ini juga menjadi lokasi pengambilan garam laut di sekitar pantai.

Sebutan gudang garam memang kerap menyambit merek rokok. Akan tetapi, nama tersebut tidak ada kaitannya malainkan karena pantai ini mempunyai garam laut yang melimpah.

Lokasi: Kota Pari, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai.

15. Pantai Sri Mersing

Pantai Sri Mersing

Image Credit: Xplorasi.me

Terakhir adalah Pantai Sri Mersing, pantai ini berada di Desa Kuala Lama, Kecamatan Pantai Cermin. Tidak kalah indah dengan pantai yang lain, pantai yang satu ini juga memiliki pasir yang putih, ditambah dengan banyaknya pohon cemara yang dekat dengan bibir pantai. Seperti tempat wisata pada umumnya, Pantai Sri Mersing ramai pengunjung hari libur. Tiket masuknya bisa dikatakan sangat murah, di dalam pantai juga terdapat pondok-pondok yang disewakan dengan harga yang terjangkau.

Fasilitas Pantai Sri Mersing cukup komplit banyaknya tersedia cafe-cafe atau makanan, toilet, serta terdapat mushola, sehingga memudahkan umat muslim untuk beribadah. Beberapa wahana juga tersedia.

Lokasi: Kuala Lama, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai.

Itulah 15 tempat wisata yang berada di Serdang Bedagai yang wajib dikunjungi wisatawan. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi di daerah ini. Jadi jangan terlalu banyak berpikir, mengunjungi Serdang Begadai ini adalah pilihan yang tepat untuk mengisi waktu liburan Anda dengan keluarga.