Riau

12 Tempat Wisata di Siak Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika Berencana Liburan ke Siak, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Siak, Provinsi Riau. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Siak adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau. Kota ini memiliki luas wilayah lebih dari 8 ribu KM persegi. Dengan wilayah yang sangat luas ini tentu banyak tempat menarik yang mempesona untuk dikunjungi, termasuk ketika Anda butuh tempat  liburan unik.

Beragam tempat wisata indah dengan panorama yang sangat menakjubkan di Kabupaten Siak. Tidak hanya berupa gunung dan pantai saja, namun juga beberapa situs sejarah juga menjadi pesona tersendiri bagi para pengunjung yang ingin menikmati alam di wilayah Siak ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut diulas 12 rekomendasi tempat wisata di Siak yang cukup populer dikunjungi wisatawan.

1. Istana Siak Sri Inderapura

Istana Siak Sri Inderapura

Lokasi: Sri Indrapura, Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak. -Image Credit by Kataomed.com

Warna bangunan ini mirip seperti istana putih yang dominan dengan cat warna putih. Bangunannya sangat luas dan megah. Sesuai dengan namanya, istana ini sudah berdiri begitu lama yakni sejak adanya kerajaan Sri Inderapura. Di sekitar istana juga terdapat taman bunga dan kolam ikan yang akan membuat suasana liburan menjadi lebih menyenangkan.

2. Kapal Kato Kesultanan Siak

Kapal Kato Kesultanan Siak

Lokasi: Jl. Sultan Ismail, Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak. – Image Credit by Prodimanajemenpendidikanislam.iaitfdumai.ac.id

Sebuah pajangan berupa patung kapal yang sangat besar. Menjadi simbol perairan Siak yang dulunya sangat jaya dengan hasil laut. Keberadaan kapal kato ini menjadi kebanggan penduduk Siak karena hasil laut yang melimpah. Kini, kota ini tetap menjadi jalur perdagangan hasil laut seperti ikan, udang, kerang dan kepiting. Cobalah mampir ke tempat wisata ini karena di sekitarnya ada taman dan kolam yang sangat indah. Cocok dijadikan latar untuk berfoto.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kuantan Singingi Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

3. Taman Tengku Mahratu

Taman Tengku Mahratu

Lokasi: Jl. Sultan Ismail, Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak. – Image Credit by Amsharyazid.blogspot.com

Sebuah taman indah yang terletak di tengah kota. Taman ini menjadi pusat kegiatan liburan dan hiburan saat penduduk Siak ingin bersantai. Biasanya taman ini selalu ramai, terutama pada malam hari karena pancuran yang terbias lampu malam akan semakin indah dan bercahaya. Kemudian beberapa penjual makan juga sudah siap dengan aneka menu yang tersaji seperti bakso, nasi goreng dan mie.

4. Jembatan Tengku Agung Syaifah Latifah

Jembatan Tengku Agung Syaifah Latifah

Lokasi: Jl. Buatan – Siak, Sungai Mempura, Kec. Mempura, Kab. Siak. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Ada sebuah jembatan yang besar dan kokoh terletak di atas Sungai Mempura. Jembatan ini sangat indah dan menarik. Baik pada pagi hari hingga sampai malam hari, jembatan ini tetap saja menawan. Apabila Anda datang pada saat malam hari maka akan menemukan kilauan cahaya lampu sorot yang berasal dari sudut jembatan. Sangat indah dan memesona, cocok dijadikan tempat malam yang romantis. Meski tidak semewah restoran namun hidangan yang ada di sekitar jembatan juga tidak kalah lezatnya.

5. Jembatan Teluk Mesjid

Jembatan Teluk Mesjid

Lokasi: Jl. Teluk Masjid, Sungai Tengah, Kec. Sabak Auh, Kab. Siak, – Image Credit by Geodesial.wordpress.com

Berbeda dari Jembatan Tengku Agung, desain jembatan ini melengkung menyerupai kubah masjid. Tidak heran jika nama jembatan ini disebut dengan Jembatan Teluk Mesjid. Perpaduan warna kuning yang kalem membuat jembatan ini makin indah dan menawan. Tidak perlu ke luar negeri untuk dapat menikmati keindahan sungai. Letaknya yang tepat di atas Sungai Tengah membuat semua orang dapat menyaksikan matahari terbit dan tenggelam dengan tenang. Di sekitar jembatan juga terdapat beberapa pedagang kaki lima yang menyediakan beragam menu.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kampar Terbaru & Terhits Dikunjungi

6. Tepian Bandar Sungai Jantan

Tepian Bandar Sungai Jantan

Lokasi: Kampung Dalam, Kec. Siak, Kec. Siak. – Image Credit by Detik.com

Sesuai dengan namanya, tempat ini menawarkan beragam tempat yang nyaman untuk transit. Sebagai salah satu wilayah yang menjadi lalu lintas kota maka kota Siak juga memberikan fasilitas umum yang dapat digunakan secara bebas. Ada beberapa gazebo modern yang dibuat khusus untuk berteduh atau istirahat saat dalam perjalana. Tempatnya yang luas dan lebar dapat memuat banyak orang sambil menggelar tikar seperti liburan di taman.

7. Gedung Tangsi Belanda

Gedung Tangsi Belanda

Lokasi: Jl. Benteng Hulu, Kec. Benteng Hulu, Mempura, Kab. Siak. – Image Credit by Pesonasiak.id

Sebenarnya gedung ini hanyalah sebuah bangunan tua peninggalan Belanda. Jika dilihat dari usianya tentu sudah sangat tua sehingga banyak kerusakan yang terjadi di beberapa sudut. Akan lebih baik jika Anda ke sini hanya untuk berfoto atau membuat video saja karena suasananya sangat horor dan menyeramkan. Jika Anda hendak membuat film horor maka lokasi ini sangat pas dan nyaman. Cobalah uji nyali dengan datang pada malam hari, tentu saja Anda harus waspada akan bahaya yang datang agar tidak terjadi sesuatu. Akan lebih baik jika Anda datang bersama rombongan agar suasana yang muncul tidak begitu seram.

8. Klenteng Hock Siu Kiong

Klenteng Hock Siu Kiong

Lokasi: Jl. Sultan Syarif Kasim, Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak. – Image Credit by Pesonasiak.id

Penduduk kota Siak memang sangat banyak dan beragam. Sudah menjadi rahasia umum juga jika penduduk China turut mendominasi keberlangsungan budaya yang ada di Indonesia. Dahulu orang China disebut sebagai manusia nomor 2 sebelum pribumi. Tentu keberadaan klenteng suci yang satu ini juga turut menjadi hiburan yang sarat akan sejarah. Banyak orang China yang datang untuk ibadah di klenteng ini. Terutama pada saat perayaan hari raya, banyak orang China yang datang bersama keluarga.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kepulauan Meranti Terbaru & Terhits Dikunjungi

9. Alun-Alun Maharatu Centre

Alun-Alun Maharatu Centre

Lokasi: Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak. – Image Credit by Muhammadsuryadihermawan.blogspot.com

Keberadaan alun-alun ini agak berbeda dari kebanyakan alun-alun yang ada di Nusantara karena desainnya yang sangat unik dan menarik. Di tengah alun-alun terdapat kolam yang sangat besar kemudian di tengahnya ada patung besar yang menjadi ikon dari kota ini. Banyak orang yang suka berkunjung ke alun-alun ini karena banyak hiburan dan makanan yang enak. Beberapa makanan tersebut antara lain nasi goreng, mie hangat, bakso dan aneka minuman segar. Hiburan yang tersaji di sekitar alun-alun juga cocok untuk anak kecil dan remaja.

10. Danau Zamrud

Danau Zamrud

Lokasi: Zamrud, Kec. Siak Indrapura, Kec. Siak. – Image Credit by Menyapariau.com

Sebuah danau yang luas dan lebar. Memiliki air yang bersih dan jernih, sungguh sangat menyejukkan. Udara yang ada di sekitar danau juga sangat segar karena terdapat banyak pohon hijau yang dapat menyegarkan mata. Di tengah danau terdapat beberapa daratan menyerupai pulau kecil. Tentu saja jika di datangi maka pulau tersebut tidak penghuni, hanya ada hewan liar dan tumbuhan saja. Lokasi danau ini agak tersembunyi sehingga sangat tenang dan damai. Cocok bagi Anda yang rindu akan hadirnya sebuah kesejukan.

11. Jembatan Kupu-Kupu

Jembatan Kupu-Kupu

Lokasi: Kampung Tengah, Kec. Mempura, Kab. Siak. – Image Credit by Wisataterbaru.net

Disebut sebagai jembatan kupu-kupu karena bentuknya menyerupai binatang tersebut. Sebenarnya jika diperhatikan dengan seksama maka bentuknya mirip gedung DPR yang ada di Jakarta, hanya saja arsiteknya agak terbuka. Jembatan ini tidak terlalu panjang namun sudah bisa memanjakan mata. Terutama pada pagi hari karena suasana dan warna cahaya yang dihadirkan akan sangat indah.

12. Balai Kerapatan Tinggi

Balai Kerapatan Tinggi

Lokasi: Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak. – Image Credit by Triptrus.com

Gedung ini sebenarnya hanyalah sebuah gedung administrasi milik pemerintah setempat. Namun desain dan arsiteknya sangat indah dan memesona. Terdapat anak tangga yang tinggi hingga menuju lantai dua namun berasal dari samping gedung. Jika melihat pemandangan luar gedung dari arah ini tentu akan sangat indah dan memukau. Bangunan kubah yang ada di tengah gedung bagian atas juga menyerupai masjid. Tidak heran jika banyak juga yang mengira gedung ini sebuah masjid sehingga datang dan istirahat sejenak untuk ibadah.

Itulah 12 rekomndasi tempat wisata di Kabupaten Siak yang cukup populer. Mendatangi wilayah yang ada di Nusantara memang sangat menggoda karena keindahan alam yang sangat luar biasa. Luangkan waktu sejenak untuk mengunjungi beberapa tempat menarik tersebut agar tidak penasaran lagi dengan Kota Siak. Bagaimana? Sudah siap liburan!