Sumatra Utara

15 Tempat Wisata di Sibolga Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Sumatera Utara? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Terbaik di Sibolga Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits untuk Mendapatkan Liburan yang Lebih Berkesan.

Tahukah Anda bahwa Sibolga merupakan salah satu tempat favorit yang ada di Sumatera Utara? Wilayah ini memiliki destinasi wisata yang sangat eksotis. Daerah barat Sibolga merupakan pesisir yang membentang antara utara dan selatan, tidak heran jika wisata yang dihadirkan berupa pantai dan pulau yang memukau.

Bukan itu saja, beberapa situs sejarah dan budaya juga memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Penasaran untuk berkunjug? Berikut 15 rekomendasi tempat wisata di Sibolga yang sebaiknya Anda kunjungi saat berlibur.

1. Pulau Putri

Pulau Putri

Image Credit: Satyawinnie.com

Luas pulau ini hanya setengah hektar saja, sangat kecil untuk ukuran sebuah pulau. Namun jangan heran jika pemandangan yang ada di pulau ini sangat menawan nan eksotis. Pemandangan bawah laut berupa batu karang, rumput dan ikan bewarna akan sangat memanjakan mata. Cocok bagi Anda yang hobi diving karena alam bawah laut yang sangat luar biasa.

Pulau ini hanya berjarak 12 km saja dari arah pusat kota, jadi bisa ditempuh hanya dalam 30 menit saja. Apabila ingin berkeliling dengan perahu juga bisa karena sudah ada fasilitas perahu yang memadai. Namun akan lebih baik jika naik secara berkelompok karena harga sewa cukup mahal, yakni sekitar 1-1,5 juta bergantung jarak dan waktu.

Lokasi: Tapian Nauli I, Kec. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah.

2. Pulau Poncan Gadang

Pulau Poncan Gadang

Image Credit: Wisata-nusantara-indonesia.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, pulau ini memang cukup luas  dan indah. Tidak heran jika terdapat banyak resort di sekitar pulau ini. Terdapat beberapa gua jepang yang akan membuat Anda terpukau. Gua ini disebut dengan gua jepang karena pada masa penjajahan jepang digunakan sebagai tempat bersembunyi.

Lokasi: Pasar Belakang, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

3. Pulau Poncan Ketek

Pulau Poncan Ketek

Image Credit: Ernitaize.wordpress.com

Lain lagi dengan pulau yang satu ini. Pulau Poncan Kretek merupakan salah satu pulau kecil yang berdekatan dengan Pulau Poncan Gadang. Di pulau ini fasilitas dan layanan juga sangat terbatas. Tidak heran jika pengunjungnya hanya beberapa orang saja. Namun bagi Anda yang ingin berfoto sambil menikmati udara laut, pulau ini sangat pas karena tidak banyak orang yang lewat.

Lokasi: Pasar Belakang, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

4. Pulau Bangke

Pulau Bangke

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Letak pulau ini berdekatan dengan Pulau Poncan yakni Poncan Gadang dan Ketek. Namun untuk dapat sampai ke lokasi harus menunggu air yang surut terlebih dahulu. Inilah yang membuat pulau ini terasa unik dan menarik. Tidak hanya itu saja, daratan yang cukup luas disertai pasir putih nan eksotis tentu akan menjadi pemandangan langka yang mengaggumkan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Nias Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Pulau Bangke, Kec. Sibolga Utara, Kota Sibolga.

5. Pantai Ujung

Pantai Ujung

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Disebut dengan pantai ujung bukan berarti pantai ini berada di ujung ya. Justru pulau ini terletak di Desa Simare-mare, sebuah desa yang memiliki cerita sejarah yang panjang. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan sejuta rahasia alam yang akan membuat Anda berdecak kagum, karena pasirnya yang coklat dan air lautnya kebiruan. Sangat jauh berbeda dari kebanyakan pantai yang ada di Sibolga.

Lokasi: Simare-Mare, Kec. Sibolga Utara, Kota Sibolga.

6. Benteng Simare-mare

Benteng Simare-mare

Image Credit: Daerahwisata.com

Masih dengan lokasi yang berdekatan. Destinasi wisata yang satu menawarkan pemandangan yang tidak biasa. Lokasinya yang dekat dengan pantai dan bukit akan sangat memanjakan mata. Benteng Simare-mare ini merupakan salah satu peninggalan penjajah Jepang yang dulunya pernah dibangun. Lokasinya hanya berjarak 300 m dari arah pusat kota. Butuh waktu sekitar 35 menit saja karena rutenya cukup sulit.

Lokasi: Simare-Mare, Kec. Sibolga Utara, Kota Sibolga.

7. Pulau Sarudik

Pulau Sarudik

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Salah satu pulau yang memiliki ombak tenang ialah Pulau Sarudik ini. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan pemandangan pantai yang sangat indah. Pasir putih yang menawan, dan air laut yang bersih menjadi pemandangan tersendiri. Tidak hanya itu, pemandangan bawah laut yang sangat indah juga cocok dijadikan lokasi snorkeling. Pulau ini tidak jauh dari pusat kota yakni hanya berjarak 3 km saja, tepatnya ada di Desa Pancuran Pinang.

Lokasi: Pancuran Pinang, Kec. Sibolga Sambas, Kota Sibolga.

8. Pulau Pasir Putih

Pulau Pasir Putih

Image Credit: Jurnalasia.com

Sesuai dengan namanya, pulau ini memang menawarkan pasir putih nan eksotis. Dengan luas 2,5 hektar, pulau ini merupakan pulau perawan yang masih sangat alami. Meski dekat dengan dermaga kota namun tempat ini tidak seperti kota. Suasananya masih sangat asri dan sejuk. Anda pasti akan betah tinggal lama di sini.

Untuk sampai ke pulau ini biasanya pengunjung menggunakan perahu secara berkelompok, tiap orang membayar Rp. 100.000- saja. Cukup terjangkau dibanding harus menyewa kapal secara pribadi karena tidak ada akses menggunakan jalur darat. Mungkin bagi Anda yang suka renang melakukan renang jarak jauh hingga sampai ke Pulau Pasir Putih ini. Hanya saja butuh stamina yang kuat, dan jika Anda belum berpengalaman sebaiknya jangan melakukan hal tersebut karena akan sangat berbahaya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Gunungsitoli Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Sibolga – Barus, Mela II, Kec. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah.

9. Pantai Indah Kalangan

Pantai Indah Kalangan

Image Credit: Pedomanwisata.com

Pantai yang satu ini memberikan suasana yang berbeda dari pemandangan pantai pada umumnya. Pasalnya pantai ini juga memberikan pemandangan bukit yang sangat indah. Lebih mirip seperti danau namun memiliki pasir putih yang sangat indah. Fasilitas yang ada di pantai ini juga cukup lengkap, ada sewa ban, permainan banana boat, toilet, dan gazebo. Apabila Anda ingin bermalam juga disediakan penginapan sederhana dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Hajoran, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah.

10. Tangga Seratus

Tangga Seratus

Image Credit: Bigsta.net @Darusmantohir

Destinasi wisata yang satu menawarkan hiburan yang tidak biasa. Terdapat ratusan anak tangga yang akan mengantarkan Anda hingga ke atas bukit. Dari atas bukit ini Anda dapat menikmati pesona alam yang ada di sekitarnya. Sangat indah dan asri. Udara yang sejuk juga akan membuat Anda makin betah. Jika beruntung, Anda akan menemukan pedagang kuliner yabg ada di atas bukit. Pedagang tersebut sengaja terletak di atas agar para pengunjung bisa istirahat sambil makan. Tangga Seratus ini terletak di Desa Sibolga Ilir.

Lokasi: Sibolga Ilir, Kec. Sibolga Utara, Kota Sibolga.

11. Bukit Tor Simarbarimbing

Bukit Tor Simarbarimbing

Image Credit: satyawinnie.com

Sebuah bukit indah yang memiliki makna sejarah yang panjang. Di bukit ini terdapat pemukiman Kampung Nias dengan replika lompat batu yang sangat bersejarah. Lompat batu atau hombo batu ini pernah menjadi  salah satu gambar di mata uang Indonesia. Sambil berwisata, Anda juga bisa berkelakar sejenak dengan penduduk lokal yang ada di kampung tersebut. Kemudian barulah naik ke atas bukit sambil menikmati alam yang indah dan asri. Di atas bukit juga terdapat beberapa gazebo agar pengunjung dapat rehat sejenak sambil menikmati udara sejuk. Bukit Tor Simarbarimbing ini terletak di Desa Angin Nauli.

Lokasi: Sibolga Ilir, Kec. Pasar Baru, Kab. Sibolga.

12.  Batu Lobang

Batu Lobang

Image Credit: Dcatqueen.com

Destinasi wisata selanjutnya adalah Batu Lobang yang merupakan terowongan batu dengan panjang 20 meter. Biasanya banyak pelancong yang sengaja berhenti sejenak untuk mengambil foto di Batu Lobang ini. Suasana dan nuanasa yang dihadirkan sangat bagus dan penuh dengan lingkungan yang asri. Di sekitar terowongan memang tidak ada hiburan lain kecuali pepohonan hijau yang ada di hutan. Tidak heran jika udara yang ada di sekitar terowongan sangat sejuk dan damai.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Simalungun Terbaru & Terhits Dikunjungi

Terowongan batu dibuat pada masa Penjajahan Belanda, sehingga usianya sangat tua. Tidak heran jika penduduk lokal menyebutnya dengan Goa Belanda. Lalu lintas antara Kabupaten Tapanuli Utara dan Sibolga menjadi lancar karena adanya terowongan ini.

Lokasi: Jl. Sibolga – Tarutung, Simaninggir, Kec. Sitahuis, Kab. Tapanuli Tengah.

13. Pantai Pelabuhan Lama

Pantai Pelabuhan Lama

Image Credit: Ceritasibolga.com

Destinasi wisata yang satu menawarkan pemandangan pasir putih yang sangat eksotis. Airnya yang bersih dan jernih juga menambah kekuatan hipnotis alami yang akan membuat Anda terpukau. Atmosfernya yang sangat kuat akan membuat Anda betah berada di pantai yang satu ini. Pantai ini buka 24 jam sehingga bisa datang kapan saja tanpa bingung lagi. Terletak di Jl. Yos Sudarso, Baringin, Sibolga.

Lokasi: Jl. Com.Yos Sudarso, Kota Beringin, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

14. Sibolga Square

Sibolga Square

Image Credit: Wonderfulnusantaraa.blogspot.com

Tempat wisata yang satu ini menyajikan ragam kuliner yang akan membuat lidah tidak berhenti bergoyang. Ada banyak menu makanan yang akan membuat kenyang. Diantaranya ada mie tek-tek, nasi goreng, soto, pempek, dan mie sop. Jika beruntung Anda juga akan menemukan Makanan Khas Sibolga berupa mie gomak. Mie ini sangat enak dan lezat karena memiliki rempah yang kuat. Buka setiap hari namun hanya malam hari saja. Terletak di Jl. Ahmad Yani.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Pasar Baru, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

15. Jembatan Kuning

Jembatan Kuning

Image Credit: Ceritasibolga.com

Destinasi wisata yang satu ini menawarkan pemadangan yang tidak biasa. Sebuah jembatan besar dengan panjang 100 meter mampu menyedot perhatian para pelancong hingga ingin berfoto bersama. Tidak heran jika spot tertentu menjadi pilihan utama para pelancong yang singgah sejenak di Jembatan Kuning ini yang terletak di Desa Pasar Belakang. Terutama saat melihat matahari yang sedang tenggelam, tentu sangat syahdu dan romantis.

Lokasi: Pasar Belakang, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

Itulah 15 tempat wisata di Kota Sibolga yang dapat dijadikan referensi tujuan berlibur Anda. Tidak ada salahnya mencoba dan berganti suasana baru guna menyejukkan kepala sejenak. Di Kota Sibolga ini terdapat beberapa tempat menarik yang akan sangat sayang sekali jika dilewatkan. Ingat untuk selalu menjaga kebersihan agar lokasi yang kita lewati bisa tetap aman dan terbebas dari beragam bencana. Tanpa kita sadari banjir berasal dari kebiasaan membuang sampah sembarangan. Jadi, selamat berlibur dan berakhir pekan.