Sumatra Barat

15 Tempat Wisata di Sijunjung Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Sijunjung? Periksa Daftar Tempat Wisata Menarik di Sijunjung, Sumatera Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Paling Populer Dikunjungi Saat Liburan.

Sinjunjung merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sumatra Barat. Dahulu, kabupaten ini bernama Sawahlunto Sinjunjung sebelum dimekarkan pada tahun 2004. Kabupaten ini menawarkan beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi liburan Anda.

Berikut 15 tempat wisata di Sijunjung yang lagi hits dikunjungi oleh wisatawan.

1. Simpang Tugu

Simpang Tugu

Image Credit: Wisataterbaru.net

Simpang Tugu merupakan tempat yang sangat terkenal di Sijunjung. Simpang Tugu merupakan landmark dari kabupaten ini. Di sekitar tugu yang di puncaknya memiliki atap rumah gadang ini terdapat kantor pemerintahan Kabupaten. Di sekitar kantor pemerintahan terdapat banyak pedagang yang menjual berbagai macam makanan khas daerah tersebut.

Selain itu, di malam hari sering diadakan event-event khusus. Jika Anda berkunjung ke Sijunjung, sempatkanlah singgah di Simpang Tugu untuk menikmati kesibukan masyarakat Sijunjung yang lalu lalang ditemani makanan khas daerah tersebut yang dijajakan oleh para pedagang.

Lokasi: Lubuak Tarok, Kec. Lubuk Tarok, Kab. Sijunjung.

2. Kampung Adat Sijunjung

Kampung Adat Sijunjung

Image Credit: Minangsatu.com

Tempat ini mungkin merupakan destinasi yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke Sijunjung. Masuklah ke dalam kehidupan masyarakat asli Sijunjung yang terdapat di Kampung Adat Sijunjung. Di kampung ini, Anda bisa merasakan keramah tamahan masyarakat adat Sijunjung. Selain itu, Anda bisa mempelajari kebudayaan mereka.

Hal menarik dari kampung ini adalah kebersihan dan keasrian yang tetap terjaga ditengah gempuran modernitas. Anda bisa bersosialisasi dengan masyarakat dan belajar bagaimana masyarakat adat tersebut menjalankan perekonomian satu sama lain. Jika Anda berkunjung ke sini, sempatkanlah memberi bingkisan berupa cemilan sebagai bentuk terima kasih kepada masyarakat adat di Kampung Adat Sijunjung.

Lokasi: Batang Sukam dan Batang Kulampi, Kab. Sijunjung.

3. Pasir Putih Silokek

Pasir Putih Silokek

Image Credit: Yasmenchaniago.com

Jika Anda selama ini melihat hamparan pasir putih di pantai, maka di Sijunjung, Anda bisa merasakan hamparan pasir putih di pinggir sungai. Hal itulah yang menjadi daya tarik Pasir Putih. Tempat ini terletak di pinggir sungai dan dikelilingi hutan dan bukit.

Hutan yang lebat menambah daya tarik dari destinasi Pasir Putih Silokek ini. Di sekitar sungai Anda dapat menemukan bebatuan besar. Sangat pas untuk melakukan foto bersama keluarga dan mempostingnya di feed sosial media Anda.

Lokasi: Muaro Silokek, Kec. Sijunjung, Kab. Sijunjung.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Payakumbuh yang Murah & Enak

4. Air Terjun Batang Taye

Air Terjun Batang Taye

Image Credit: Genpiknik.com

Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang unik. Hal yang menjadi perhatian Ketika mengunjungi air terjun ini adalah memiliki 8 tingkatan. Kedelapan tingkatan ini membuat penampakan air terjun terlihat sangat indah jika dilihat dari kejauhan. Selain itu, luas kolam sungai di bawah air terjun membuat air terjun ini sangat menarik.

Keindahan lainnya yang dapat Anda nikmati adalah hutan di sekitarnya. Anda bisa menikmati debit air terjun yang lebat ditambah keheningan hutan. Jika Anda tidak mau basah karena air, Anda tetap bisa menikmati air terjun ini dengan hanya duduk di batu-batu besar yang terdapat di pinggir sungai.

Lokasi: Nagari Silokek, Kab. Sijunjung.

5. Lokomotif Uap

Lokomotif Uap

Image Credit: Padangkita.com

Selain wisata alam, Anda juga bisa menikmati wisata sejarah ketika berkunjung ke Sijunjung. Lokomotif uap ini merupakan lokomotif bekas peninggalan Jepang saat masa kolonial dahulu. Bentuk lokomotif uap tersebut masih sangat terjaga meskipun karat dapat ditemukan di beberapa bagian lokomotif.

Selain bisa menikmati wisata sejarah, Anda bisa menambah pengetahuanmu dengan mengunjungi lokomotif uap ini, lho. Jangan lupa untuk mengabadikan foto bersama lokomotif uap. Kondisi fisik lokomotif yang masih terjada sangat layak untuk Anda bagikan di sosial media.

Lokasi: Jorong Silukah, Nagari Durian Gadang, Kec. Sijunjung, Kab. Sijunjung.

6. Telabang Sakti

Telabang Sakti

Image Credit: Jurnalsumbar.com

Atraksi utama objek wisata ini adalah wahana air. Biasanya, sebagian besar pengunjung Telabang Sakti adalah keluarga yang sudah memiliki anak. Selain wahana air, tempat ini juga menyediakan wahana outbond. Jadi, pilihan permain cukup beragam.

Saat week-end merupakan puncak kedatangan wisatawan di Telabang Saku. Para orang tua akan menghabiskan waktu bersama anak-anak mereka bermain air ataupun bermain outbond. Tempat ini sangat pas untuk melatih perkembangan motorik anak-anak dan juga bermain outbond dapat membantu anak membangun keberanian.

Lokasi: Kunangan Parit Rantang, Kec. Kamang Baru, Kab. Sijunjung.

7. Arung Jeram Sungai Batang Kuantan

Arung Jeram Sungai Batang Kuantan

Image Credit: Posmetropadang.co.id

Memiliki aliran yang cukup deras, Pemerintah Sijunjung berinisiatif mengakomodir wisata arung jeram di aliran Sungai Batang Kuantan. Tempat ini pun menjadi salah satu objek wisata favorit di Sijunjung. Aliran yang deras membuat aktivitas arung jeram cukup menantang. Hal inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang dan mencoba.

Jika Anda menyukai aktivitas yang memicu adrenalin, sempatkanlah datang untuk mencoba arung jeram di Sungai Batang Kuantan. Objek wisata ini terletak tidak jauh dengan Geopark Sijunjung. Jadi, jika Anda ingin berkunjung ke geopark tersebut, cukup berjalan kaki saja. Biaya yang dibutuhkan tidak terlalu mahal jika Anda ingin mencoba menikmati wisata aliran arung jeram. Sebaiknya, Anda datang bersama berkelompok.

BACA JUGA:  8 Wisata Kuliner di Sawahlunto yang Murah & Enak

Lokasi: Nagari Silokek, Kec. Sijunjung, Kab. Sijunjung.

8. Danau Hijau Bukit Bual

Danau Hijau Bukit Bual

Image Credit: Tmladventure.blogspot.com

Tahukah Anda bahwa sebenarnya danau ini terbentuk dari lubang bekas galian tambang? Lubang bekas galian terisi oleh air terus menerus dan seiring berjalannya waktu menjadi danau alami. Yang menjadi daya tarik danau ini adalah warna airnya yang kehijauan bila dilihat dari kejauhan.

Selain itu, alam di sekitar danau tersebut masih sangat terjaga, menjadikan pemandangan danau tersebut terlihat eksotis. Mengunjungi danau ini sangat pas jika Anda membutuhkan objek wisata yang menenangkan pikiran.

Lokasi: Nagari Bukit Bual, Kec. Koto Tujuh, Kab. Sijunjung.

9. Ngalau Talago

Ngalau Talago

Image Credit: Jelajahsumbar.com

Satu lagi objek wisata favotit yang ditawarkan Sijunjung. Ngalau Talago merupakan objek wisata yang pas jika Anda menyukai olahraga treking atau hiking. Tempat ini merupakan sebuah patahan dan goa alami. Untuk mencapai lokasi, Anda perlu melewati trek dengan jalur yang cukup ekstrem dan memakan banyak energi.

Namun, tempat ini menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Tidak heran banyak jurnalis yang datang untuk meliput tempat wisata ini. Goa alaminya menawarkan pemandangan dengan hiasan staglagmit dan stalagtif. Kesan magis sangat kuat ketika Anda memasuki badan goa.

Lokasi: Muaro Silokek, Kec. Sijunjung, Kab. Sijunjung.

10. Pulau Andam Dewi

Pulau Andam Dewi

Image Credit: Barrabaa.com

Meskipun terdapat kata pulau namun sejatinya objek wisata ini berada di tengah pegunungan. Saat Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan disuguhkan dengan pegunungan terjal. Selain itu, Anda akan bertemu dengan masyarakat asli pedesaan yang sangat mencintai alam. Tidak heran keadaan alam di sana masih sangat asri.

Untuk menunjang pariwisata, Pemerintah Sijunjung menyediakan beberapa buah gazebo untuk dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke Pulau Andam Dewi.

Lokasi: Nagari Silokek, Kec. Sijunjung, Kab. Sijunjung.

11. Puncak Ngalau Posuak

Puncak Ngalau Posuak

Image Credit: Jelajahsumbar.com

Untuk mencapai Puncak Ngalau Posuak, Anda harus melewati jalur dengan kondisi yang cukup menantang. Meskipun begitu, kondisi dan bentang alam yang terdapat di sepanjang jalur sangat menakjubkan. Di tengah perjalanan melewati jalur, Anda akan menemui sebuah goa alami.

Dari goa tersebut, letak Puncak Ngalau Posuak sudah kelihatan. Saat mencapai puncak, Anda akan disuguhkan pemandangan gugusan bukit yang terlihat seperti punggung naga. Jangan lupa mengabadikan momen tersebut dengan kamera. Sangat pas untuk mengisi feed instagram Anda.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Payakumbuh yang Paling Enak

Lokasi: Nagari Padang Laweh, Kec. Koto VII, Kab. Sijunjung.

12. Geopark Silokek

Geopark Silokek

Image Credit: Tribunsumbar.com

Lokasi objek wisata ini terletak sekita 16 km dari ibukota Sijunjung, Muaro Sijunjung, tepatnya berada di Jorong Tanjung Medan, Nagari Silokek. Geopark Silokek merupakan salah satu objek wisata andalan pemerintah Kabupaten Sijunjung. Untuk mencapai lokasi, Anda bisa menggunakan moda transportasi mobil dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan jalanan yang berliku dan menanjak karena dikelilingi perbukitan.

Namun jangan khawatir, Pemerintah Kabupaten Sijunjung tengah menggalakan pembangunan infrastruktur sehingga jalan yang Anda lalui sangat mulus dan beraspal. Di kawasan geopark ini, Anda akan menikmati beberapa tebing berbatu. Lokasi geopark berdekatan dengan lokasi arung jeram di aliran sungai Batang Kuantan.

Lokasi: Muaro Silokek, Kec. Sijunjung, Kab. Sijunjung.

13. Pincuran Tujuh

Pincuran Tujuh

Image Credit: Jurnalsumbar.com

Objek wisata selanjutnya adalah Pincuran Tujuh. Lokasi objek wisata ini hanya berjarak 2 km dari pusat kota. Tempat wisata ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti pemandian air hangat, kolam renang, resort dan lainnya. Lokasi objek wisata ini dikelilingi oleh hutan dan perbukitan sehingga sangat tenang.

Selain itu, air yang digunakan untuk pemandian berasal dari pegunungan langsung sehingga kesegarannya sangat terjaga. Objek wisata yang menjadi favorit keluarga. Biasanya, banyak keluarga yang datang pada saat musim liburan lebaran.

Lokasi: Koto Gadang, Sumpur Kudus, Lalan, Kec. Sijinjung, Kab. Sijunjung.

14. Sisawah

Sisawah

Image Credit: Facebook.com/NgalauAntabuangSisawah

Keindahan alam yang masih sangat asri merupakan daya tarik dari Sisawah. Hal yang menarik lainnya adalah adanya jembatan gantung. Jembatan tersebut memiliki lebar hanya sekitar 1,5 meter. Jadi, jembatan tersebut hanya diperuntukkan untuk motor. Jika Anda berencana mengunjungi Sisawah, datanglah menggunakan jalur dari Padang Lawas karena bentang alam yang berada di sepanjang jalan sangat indah dan menakjubkan.

Sayangnya, belum ada moda transportasi umum yang mencapai Sisawah. Anda harus menggunakan mobil atau motor pribadi untuk mencapai dan menikmati pemandangan alam yang ada di Sisawah.

Lokasi: Nagari Sisawah, Kec. Sumpur Kudus, Kab. Sijunjung.

15. Kolam Renang Calau

Kolam Renang Calau

Image Credit: Google Maps (Uzmil Hamidi)

Kolam renang ini sebenarnya baru dibangun. Namun, meskipun objek wisata ini tergolong baru, kolam renang ini sudah menjadi objek wisata favorit wisatawan ketika akhir pekan. Objek wisata kolam renang ini terletak tidak terlalu jauh dari Pasar Jumat.

Lokasi: Lalan, Kec. Lubuk Tarok, Kab. Sijunjung.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Sijunjung yang lagi hits dan dapat dimasukkan ke tujuan liburan Anda selanjutnya.