Aceh

15 Tempat Wisata di Simeulue Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Aceh? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Terbaik & Populer di Simeulue Terbaru, Kekinian dan Paling Hits untuk Liburan Anda yang Lebih Berkesan.

Aceh merupakan surganya tempat wisata bagi traveller. Provinsi ini juga menyimpan banyak keindahan flora dan fauna yang beraneka ragam. Salah kabupaten yang memiliki tempat wisata paling ngehits adalah Simeulue. Kabupaten ini adalah sebuah pulau kecil yang terpisah dari Pulau Sumatra. Untuk bisa sampai ke Simeleu pengunjung setidaknya harus menempuh jarak sekitar 150 km dari Pantai Barat Aceh.

Destinasi wisata di Simeleu sangat cocok dikunjungi pada musim liburan dan akhir pekan. Bagi traveller yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai tempat wisata menarik yang ada di Kabupaten Simeleu, simak daftar berikut ini.

1. Pulau Siumat

Pulau Siumat

Image Credit: Tempatwisata.pro

Pulau Siumat, tempat ini berlokasi di Kecamatan Simeulue Timur. Pulau Siumat menyuguhkan keindahan yang sangat menawan, bahkan Pulau ini bisa dijadikan referensi tempat untuk berbulan madu, karena lokasinya terkenal dengan suasananya yang sangat romantis.

Pulau Siumat merupakam sebuah pulau kecil yang memiliki air laut yang sangat jernih dan bukit hijau di sepanjang pantai. Bagi pengunjung yang menginginkan liburan di pulau yang sunyi dan kecil maka tempat ini bisa dijadikan destinasi selanjutnya.

Lokasi: Desa Pulau Siumat, Kec. Simeulue Timur, Kab. Simeulue.

2. Danau Air Tawar Teluk Dalam

Danau Air Tawar Teluk Dalam

Image Credit: Desainparis-sml.com

Objek wisata berikutnya adalah Danau Air Tawar Teluk Dalam. Tempat ini berlokasi di Desa Kuala Bakti, Kecamatan Teluk Dalam. Danau Air Tawar ini memiliki banyak perbukitan hijau yang hampir mirip seperti lukisan sebuah pemandangan alam yang asri dan menawan. Danau ini memiliki panjang sekitar 800 m dan lebar 500 m.

Untuk bisa sampai ke Danau Air Tawar Teluk Dalam ini pengunjung harus menempuh jarak sekitar 55 km dari Kota Sinabung. Tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang menyukai wisata alam perpaduan pemandangan gunung sekaligus bukit-bukit hijau yang memukau.

Lokasi: Desa Kuala Bakti, Kec. Teluk Dalam, Kab. Simeulue.

3. Pulau Tepi

Pulau Tepi

Image Credit: Wisatasimelue.blogspot.com

Wisata bahari lainnya di Simeulue adalah Pulau Tepi, yang berlokasi di Lamerem, Kecamatan Alafan. Pulau ini menawarkan pemandangan bahari yang sangat eksotis dan pesona alam yang menyejukkan mata. Berkunjung ke Pulau Tepi ini, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan sekaligus mencoba wisata bawah lautnya.

Destinasi wisata ini sangat cocok untuk pengunjung yang senang snorkeling atau diving. Pulau Tepi menjadi spot wisata terbaik untuk kegiatan menyelam bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau Tepi juga memiliki ciri khas air laut yang jernh dan sangat terlihat jelas kehidupan bawah lautnya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Aceh Tengah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Lamerem, Kec. Alafan, Kab. Simeulue.

4. Batu Siambong-Ambong Alafan

Batu Siambong-Ambong Alafan

Image Credit: Tempatwisata.pro

Objek ini berlokasi di Desa Lubuk Baik, Kecamatan Alafan. Batu Siambong-Ambong menjadi salah satu destinasi bahari populer di Simeulue. Pengunjung bisa menikmati maharkarya batu yang menjorok kelautan seperti batu di Alaska. Batu Siambong-Ambong sangat terkenal dan banyak pengunjung berkunjung ke tempat wisata ini untuk bisa melihat batu tersebut. Batu yang ada di Pantai Siambong-Ambong Alafan berada di tengah pantai yang menjadikannya sebuah ciri khas.

Pengunjung bisa berfoto-foto di Batu Alafan sepuasnya, atau bisa naik keatas batu sambil memacing. Anda juga bisa Kemping di sekitar Batu Alafan untuk menghabiskan akhir pekan. Bagi pengunjung yang ingin berkunjung sebaiknya membawa perbekalan makan dan minum serta alat keperluan lainnya yang dibutuhkan, karena di tempat ini belum memiliki fasilitas yang memadai.

Lokasi: Lubuk Baik, Kec. Alafan, Kab. Simeulue.

5. Pantai Labuhan Bakti

Pantai Labuhan Bakti

Image Credit: Safariku.com

Destinasi selanjutnya adalah Pantai Labuhan Bakti yang berlokasi di Desa Labuhan Bakti, Kecamatan Teupah Selatan. Pantai ini menyuguhkan pemandangan indah dari laut dan pepohonan yang asri di sekitarnya. Pengunjung yang berkunjung bisa menikmati demburan ombak laut yang menerpa serta keindahan dari air lautnya yang bersih dan segar. Bahkan suasana di Pantai Labuhan Bakti juga memiliki nuansa yang romantis dan sangat cocok untuk dijadikan destinasi favorit dengan pasangan.

Untuk bisa berkunjung ke tempat wisata ini pengunjung harus menempuh waktu sekitar satu jam dari Kota Sinabang. Pemandangan bawah laut yang Pantai Labuhan Bakti juga tidak kalah dari Pulau Tepi dan pengunjung bisa melakukan snorkeling atau pun diving di tempat ini.

Lokasi: Kota Batu, Kec. Simeulue Timur, Kab. Simeulue.

6. Pantai Thailand

Pantai Thailand

Image Credit: Safariku.com

Pantai Thailand ini berlokasi di Desa Labuhan Bakti, Kecamatan Teupah Selatan. Walaupun pantai ini memiliki nama negara Thailand, namun pantai ini tetaplah pantai yang berasal dari Indonesia. Pantai Thailand menawarkan keindahan alam dari teluk yang melengkung dan memiliki air laut yang berwarna tosca dan pasir putih yang bersih.

Wisata bahari ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi di kala liburan karena masih memiliki alam yang asri dan asli dari daerah tersebut. Bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini harus menempuh waktu sekitar satu jam dari Kota Sinabang.

Lokasi: Desa Lantik, Kec. Teupah Barat, Kab. Simeulue.

7. Pantai Pasir Tinggi

Pantai Pasir Tinggi

Image Credit: Kasfo.blogspot.com

Pantai Pasir Tinggi, tempat wisata yang berlokasi di Kecamatan Teupah Selatan,  menyuguhkan pemandangam alam yang indah. Pengunjung bisa menikmati keindahan dari air laut yang biru serta pasir putih yang sangat bersih. Pantai ini tergolong masih alami, sehingga suasana disekitarnya pun terasa masih sangat tenang dan damai.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Tamiang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Pantai Pasir Tinggi juga terletak di antara dua pantai, yakni Pantai Labuhan Bakti dan Pantai Alus-Alus yang bisa menambah keseruan saat Anda berkunjung.

Lokasi: Desa Pasir Tinggi, Kec. Teupah Selatan, Kab. Simeulue.

8. Pantai Ganting

Pantai Ganting

Image Credit: Twitter.com

Selanjutnya ada Pantai Ganting, tempat ini berlokasi di Desa Kuala Makmur, Kecamatan Simeulue Timur. Pantai Ganting menyuguhkan pemandangan dari pohon-pohon kelapa dan pasir putih di lautan yang berwarna biru. Bahkan pengunjung yang berkunjung ke tempat Pantai Ganting bisa sekaligus melihat Pulau Siumat yang terlihat dari kejauhan.

Untuk berkunjung ke Pantai Ganting, traveller harus menempuh jarak sekitar 11 kilometer dari Kota Sinabang. Sebaiknya pengunjung berkunjung pada saat sore hari agar bisa melihat keindahan sunset yang menawan.

Lokasi: Desa Ganting, Simeulue Timur, Kab. Simeulue.

9. Pantai Busung

Pantai Busung

Image Credit: Pariwisataindonesia.news.blog

Pantai berikutnya berlokasi di Labuan Bajau, Desa Busung, Kecamatan Teupah Tengah. Pantai Busung memiliki kelebihan dari pantai lainnya, yakni spot selancar yang sangat bagus untuk dicoba. Pantai ini memiliki ombak yang indah dan pasir putihnya yang bersih. Bahkan pemandangan alam bawah lautnya pun juga sangat mempesona dan wajib untuk dikunjungi ketika Anda butuh liburan yang lebih menantang.

Fasilitas yang ada di Pantai Busung cukup lengkap dan pengunjung tidak perlu repot-repot membawa perbekalan yang terlalu banyak atau pun alat keperluan lainnya. Pantai Busing ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan manacanegara di hari libur maupun weekend.

Lokasi:Desa Busung Indah, Kec. Simeulue Timur, Kab. Simeulue.

10. Pantai Nancala

Pantai Nancala

Image Credit: Gpswisataindonesia.info

Pantai Nancala merupakan tempat surfing terbaik yang berlokasi di Desa Nancala, Teupah Barat. Pantai ini memiliki dijuluki sebagai surga tersembunyi dari Kabupaten Simeulue. Pantai yang memiliki pasir yang berwarna putih serta batu karang timbul ketika air laut sedang surut dan ombak yang sangat menawan. Pengunjung bisa berselancar dan menyelam di kawasan pantai ini.

Di sekeliling Pantai Nancala juga ada bukit-bukit hijaun yang sangat asri dan alami. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Fasilitas yang disediakan tempat wisata ini cukup lengkap untuk kebutuhan wisatawan.

Lokasi:Desa Nancala, Kec. Teupah Barat, Kab. Simeulue.

11. Pulau Mincau

Pulau Mincau

Image Credit: Modusaceh.co

Tempat wisata Pulau Mincau ini berlokasi di Teupah Barat. Pulau ini merupakan pulau yang terpisah dari Pulau Simeuleu namun masih berada dalam wilayah Kabupaten Simeulue. Pulau Mincau ini menawarkan keindahan pemandangan alam pantainya dan pasir putihnya yang membentang di bibir pantai. Pengunjung bisa berenang, snorkeling atau pun diving di Pulau cantik ini.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Banda Aceh Terbaru & Terhits Dikunjungi

Untuk bisa sampai ke Pulau Mincau tak berpenghuni ini, pengunjung bisa menggunakan speedboat atau menyewa perahu nelayan yang ditempuh sekitar 1,5 jam. Setiba disana, pengunjung akan dimanjakan oleh pasir putihnya serta kejernihan air lautnya yang berwarna biru.

Lokasi: Desa Pulau Teupah, Kec. Teupah Barat, Kab. Simeulue.

12. Air Terjun Putra Jaya

Air Terjun Putra Jaya

Image Credit: Simeulue-atefulawan.blogspot.com

Selanjutnya ada wisata alam yang memesona yaitu Air Terjun Putra Jaya yang berlokasi di Desa Putra Jaya, Kecamatan Simeuleu Tengah. Air Terjun Putra Jaya menawarkan keindahan dari air terjun sekaligus danau yang sangat jernih dipadukan dengan pepohonan hijau nan asri di sekelilingnya. Tempat wisata ini cukup sangat sulit dijangkau karena lokasinya yang cukup jauh berada di kawasan pedalaman dan jalurnya hanya setapak sempit.

Lokasi:  Desa Putra Jaya, Kec. Simeulue Tengah, Kab. Simeulue.

13. Makam Tengku Diujung

Makam Tengku Diujung

Image Credit: Detik.com

Makam Teungku Diujung, objek wisata yang berlokasi di Teluk Simeulue, Kuta Padang. Makam ini menyuguhkan tempat wisata sejarah bagi pengunjung. Teungku Diujung yang memiliki nama asli Teungku Khalilullah adalah seorang ulama Minangkabau dan merupakan murid dari Syeikh Burhanuddin Ulakan.

Makam ini masih sangatlah terawat dan bersih yang berada di sekitaran pepohonan, menarik dikunjungi untuk wisata religi.

Lokasi: Desa Latak Ayah, Kec. Simeulue Tengah, Kab. Simeulue.

14. Pantai Pasir Merah

Pantai Pasir Merah

Image Credit: Kanalaceh.com

Pantai Pasir Merah berlokasi di Desa Putra Jaya, Kecamatan Simeulue Tengah. Pantai ini memiliki pasir pantai yang berwarna kemerah-merahan. Pantai yang masih alami ini memiliki pasir yang bertekstur halus dan kasar, serta menjadi semakin merah ketika hujan datang.

Pengunjung juga bisa melihat penyu yang bertelur di Pantai Pasir Merah apabila mereka cukup beruntung melihatnya di musim penyu mulai menyimpan telurnya di bawah pasir.

Lokasi: Desa Putra Jaya, Kec. Simeulue Tengah, Kab. Simeulue.

15. Pulau Taman Raja Rayo

Pulau Taman Raja Rayo

Image Credit: Money.id

Pulau Taman Raja Rayo merupakan tempat wisata ini berlokasi di Kecamatan Teupah Tengah, Pulau Simeuleu. Pulau ini merupakan tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam yang memukau dan kabarnya pulau ini pernah hilang karena abrasi namun bisa muncul kembali setelah peristiwa tsunami tahun 2004 silam.

Fasilitas yang ada di Pulau Taman Raja Rayo ini cukup sangat lengkap dan pengunjung tidak perlu kerepotan untuk membawa segala sesuatu yang dibutuhkan di perjalanan.

Lokasi: Pulau Taman Raja Rayo, Kec. Teupah Tengah, Kab. Simeulue.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Simeuleu yang wajib Anda kunjungi ketika liburan. Mungkin bagi traveller yang ingin melakukan perjalanan ke Provinsi Aceh, Anda bisa menggunakan beberapa destinasi di atas sebagai tempat liburan terbaik.