20 Tempat Wisata di Solok Terbaru & Terhits Dikujungi

20 Tempat Wisata di Solok Terbaru & Terhits Dikujungi

Apa Saja Destinasi Menarik di Solok? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Solok, Sumatera Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Wisata alam dan unik menjadi tujuan paling populer dan menyenangkan bagi beberapa wisatawan yang datang untuk menikmati pesona keindahan yang memukau. Kegiatan liburan menjadi semakin menyenangkan dengan mengunjungi berbagai destinasi yang menawarkan pengalaman berbeda dibandingkan dengan lokasi wisata lainnya.

Berlibur sering kali menjadi aktivitas paling disenangi tak hanya oleh anak – anak tapi juga orang dewasa yang ingin terlepas dari rutinitas harian yang kerap membosankan. Liburan bersama orang – orang tersayang tidak harus dilakukan dengan biaya mahal seperti pergi ke luar negeri, berlibur dapat dilakukan dengan biaya murah hanya dengan datang ke lokasi wisata di Indonesia.

Salah satu kabupaten yang terletak di kawasan Sumatera Barat yaitu Solok punya pesona wisata yang layak kunjungi. Berikut 20 rekomendasi tempat wisata di Solok yang bisa Anda jadikan pilihan berlibur.

1. Masjid Agung Al-Muhsinin

Masjid Agung Al-Muhsinin
Image Credit: Google Maps (Si Lirik)

Wisata religi di Solok juga tidak kalah menarik untuk dilakukan. Masjid Agung Al Muhsinin bisa anda jadikan sebagai tujuan wisata religi yang seru. Memiliki nilai histori yang begitu tinggi, anda juga bisa menikmati arsitektur dari masjid satu ini. Masjid Agung AL Muhsinin bahkan mendapat julukan sebagai masjid paling megah di Sumatera Barat yang sayang untuk dilewatkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Datuk Perpatih Nan Sebatang, Aro IV Korong, Kec. Lubuk Sikarah, Kota Solok, Sumatera Barat.

2. Danau Singkarak

Danau Singkarak
Image Credit: Pesona.travel

Solok sangat terkenal sebagai salah satu tempat wisata alam terbaik di Sumatra Barat. Danau Singkarak adalah salah satu daya tarik yang ada di Solok. Danau ini selalu ramai dengan pengunjung lokal maupun para turis asing. Di danau Singkarak, anda dapat menikmati keindahan pemandangan air dan hamparan pepohonan yang menyejukkan. Selain itu, anda juga dapat melihat penduduk lokal yang sedang mencari ikan sekaligus menikmati aktivitas mengelilingi area danau dengan perahu tradisional. Dengan mengunjungi danau Singkarak anda akan disuguhkan indahnya lingkungan sekitar yang tak kalah dengan tempat wisata lainnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Danau Singkarak, Kec. X Koto Singkarak, kab. Solok, Sumatera Barat.

3. Pemandian Air Panas Bukik Gadang

Pemandian Air Panas Bukik Gadang
Image Credit: Google Maps (Dagung Febrian)

Setelah menjelajah beberapa tempat, kini saatnya untuk merilekskan tubuh anda dengan berendam dengan air panas. Di Solok, anda bisa mengunjungi Pemandian Air Panas Bukik Gadang yang sangat kondang. Konon, sumber air panas ini langsung mengalir dari Gunung Talang. Memiliki 7 pancuran, anda bisa merasakan sendiri jika airnya benar benar panas.

Selain pancuran, anda juga bisa menemukan kolam yang bisa dimanfaatkan untuk berendam. Bukan hanya mampu untuk merilekskan tubuh, mandi air panas juga baik untuk kesehatan. Setidaknya ada 2 kolam yang dikhususkan untuk perempuan dan laki laki. Tetapi anda juga bisa menemukan kolam privat yang bisa anda booking jauh jauh hari.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Koto Gadang Koto Anau, Kec. Gunung Talang, Kab. Solok, Sumatra Barat.

4. Danau Diateh

Danau Diateh
Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Saat sedang berkunjung di danau Diateh anda dapat menikmati pemandangan yang ada dengan menyewa perahu lokal untuk mengelilingi area danau. Jadikan danau ini sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di list liburan anda. Berbagai tempat makan juga ada di danau ini yang hidangannya berupa olahan ikan air tawar hasil tangkapan dari danau.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Alahan Panjang, Kec. Lembah Gumanti, Kab. Solok, Sumatera Barat.

5. Bukik Chinangkiek

Bukik Chinangkiek
Image Credit: Google Maps (Rafki Muhammad)

Solok tidak hanya kondang dengan Danau Singkaraknya, tetapi juga wisata wisata baru sekitar yang tak kalah menarik. Salah satunya yang akan membuat liburan anda makin berkesan adalah Bukik Chinangkiek. Begitu menuju bukit ini, anda sudah akan disambut dengan udara sejuk dan pemandangan hijau yang menakjubkan.

Begitu tiba, anda bisa menikmati panorama Danau Singkarang dari atas ketinggian. Di bukit satu ini, anda bisa menikmati berbagai kegiatan menarik karena wahannya beragam. Anda bisa berenang di kolam renangnya, menjajal berbagai wahana permainan ataupun sekedar bersantai. Fasilitas pendukung juga sudah memadai dan lengkap semakin memanjakan pengunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bukit Cinangkiak, Kec. X Koto Singkarak, Kab. Solok, Sumatera Barat.

6. Danau Talang

Danau Talang
Image Credit: Saribundo.biz

Tempat wisata yang satu ini tak kalah menarik dibandingkan dengan beberapa tempat wisata lainnya. Anda akan mendapatkan spot terbaik untuk hasil jepretan yang tentu saja Instagrammable. Di danau ini anda akan menjumpai hamparan air dengan warna hijau yang sangat bersih dan menenangkan. Anda dapat menjadikan danau Talang sebagai salah satu danau yang harus dikunjungi selama liburan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagari Aia Batumbuk, Kec. Danau Kembar, Kab. Solok, Sumatera Barat.

7. Masjid Tuo Kayu Jao

Masjid Tuo Kayu Jao
Image Credit: Google Maps (Renaldo Dt.Rangkayo Basa)

Masjid tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah umat muslim. Sebagian justru berubah menjadi tempat wisata dan juga menjadi cagar budaya. Di Solok, anda bisa mengunjungi Masjid Tuo Kayu Jao yang menawan. Berada di ketinggian 1.152 mdpl, di masjid ini anda juga bisa menikmati pemandangan yang begitu menawan dan menyejukkan mata.

Lingkungan masjid ini berupa perbukitan hijau yang juga dilengkapi dengan aliran sungai yang jernih. Sudah berdiri sejak 400 tahun yang lalu, anda bisa melihat jika bangunan masjid masih berdiri kokoh. Dengan mengusung konsep arsitektur Minangkabau, anda pasti akan terpukau jika mengamati arsitekturnya. Tak heran jika wisata religi satu ini selalu mengundang decak kagum.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batang Barus, Kec. Gn. Talang, Kab. Solok, Sumatera Barat, Sumatera Barat.

8. Air Terjun Kapalo Banda

Air Terjun Kapalo Banda
Image Credit: Masihbaru.com

Air terjun Kapalo Banda adalah salah satu tempat untuk berlibur bersama – sama dengan keluarga. Air terjun ini menjadi salah satu alternatif karena memiliki  daya tarik yang memukau. Untuk mencapai tempat tersebut diperlukan waktu kurang lebih satu jam dari pusat kota. Di air terjun ini tentu anda bisa mandi dengan percikan air terjun yang menyegarkan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kenagarian Koto Hilalang, Kec. Kubung, Kab. Solok, Sumatera Barat.

9. Air Terjun Solok

Air Terjun Solok
Image Credit: Newkatawaktu.wordpress.com

Air terjun banyak ditemui di Solok Sumatera Barat yang salah satunya air terjun Solok. Tempat wisata yang satu ini juga memiliki keindahan alam yang sangatlah menakjubkan sehingga sering kali para wisatawan melakukan kunjungan tak hanya satu kali saja. Untuk dapat mencapai air terjun ini anda harus menempuh perjalanan yang cukup lama denga medan. Namun semua akan terbayarkan ketika sampai karena pemandangan yang ada sangat menarik.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Gadang Selatan, Kec. Sangir, Kab. Solok Selatan, Sumatera Barat.

10. Puncak Ahmad Sadin

Puncak Ahmad Sadin
Image Credit: Facebook.com @heriyandi.putra

Untuk melanjutkan petualangan anda, Puncak Ahmad Sadin bisa dijadikan sebagai tujuan berikutnya. Destinasi satu ini menawarkan pemandangan hamparan ilalang serta danau Singkarak yang begitu kondang dari ketinggian. Pemandangan yang mempesona ini berhasil membius banyak orang. Sangat cocok sebagai tempat untuk berswafoto karena sangat instagramable.

Panorama yang disuguhkan di bukit satu ini memang begitu luar biasa. Namanya juga terbilang kondang, terutama di kalangan milenial. Bagi anda yang tertarik, perjalanan untuk menuju Puncak Ahmad Sadin tak terlalu sulit. Bajhkan sepanjang perjalanan anda sudah akan disuguhkan panorama mengagumkan. Pastikan untuk tidak meninggalkan kamera kesayangan anda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Junjuang Siriah, Kab. Solok, Sumatera Barat.

11. Air Terjun Sarasah Batimpo

Air Terjun Sarasah Batimpo
Image Credit: Abelputrayofa.blogspot.com

Air terjun ini sebagai salah satu destinasi wisata yang tidak pernah sepi kini membuatnya semakin ramai didatangi oleh pengunjung, terlebih ketika musim liburan tiba. Wisata alam air terjun yang satu ini telah lama populer berkat bentang alamnya yang elok dengan warna air yang sangat jernih. Di kawasan air terjun Sarasah Batimpo terdapat spot – spot objek foto yang yang tentu layak diposting di sosial media.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Laing, Kec. Tanjung Harapan, Kota Solok, Sumatera Barat.

12. Aie Angek Bukik Kili

Aie Angek Bukik Kili
Image Credit: Facebook.com @illusivephoto

Perjalanan anda di Solok akan semakin lengkap jika mengunjungi destinasi satu ini. Aie Angek Bukik Kili merupakan sebuah pemandian air panas yang cocok untuk melepas penat sekaligus merilekskan tubuh anda. air panas yang mengalir secara alami ini juga dipercaya mampu memberikan manfaat untuk kesehatan anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Sumatera, Koto Baru, Kec. Kubung, Kab. Solok, Sumatra Utara.

13. Puncak Guguak Sarai

Puncak Guguak Sarai
Image Credit: Pesona.travel

Salah satu tempat wisata yang tak kalah ramainya dengan tempat wisata lain adalah puncak Guguak Sarai. Bukit yang terletak di kawasan Solok ini telah menjadi tempat wisata yang banyak didatangi oleh pengunjung karena pemandangannya yang indah. Tempat wisata ini terletak di daerah Guguak Sarai, kecamatan IX Koto Sungai, Solok Sumatera Barat yang memang populer dengan wisata alamnya.  Kegiatan Hiking dan Camping bisa dilakukan di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Guguak Sarai, Kec. IX Koto Sungai Lasi, kab. Solok, Sumatera Barat.

14. Puncak Gobah

Puncak Gobah
Google Maps (Abang Adek Mirdha)

Di kawasan Solok ternyata terdapat banyak tempat wisata tak terduga. Salah satu hal yang paling banyak dikunjungi adalah puncak Gobah. Puncak Gobah merupakan salah satu area yang telah dikelola oleh warga setempat sebagai wisata alam. Di puncak Gobah, anda juga dapat menikmati pemandangan menawan yang membuat damai hati. Selain itu, tempat wisata alam ini juga menyediakan beberapa spot untuk berfoto yang dilengkapi dengan  taman bunga indah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Singkarak, Kec. X Koto Singkarak, Kab. Solok, Sumatera Barat.

15. Taman Wisata Pulau Belibis

Taman Wisata Pulau Belibis
Image Credit: Google Maps (Rio Juanda)

Taman Wisata Pulau Belibis bisa dijadikan sebagai tujuan wisata selanjutnya. Dikembangkan oleh Pemerintah Solok, destinasi wisata ini diharapkan menjadi wisata unggulan. Mengunjungi wisata ini, anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik yang membuat liburan berkesan. Mulai dari berkemah, menaiki perahu hingga outbond bisa dilakukan.

Di destinasi andalan ini, anda bisa menemukan danau yang sangat cantik dan menarik untuk dijelajahi. Tidak hanya itu, anda juga bisa berkuda di area pacuan kudanya. Berlibur bersama keluarga atau teman teman tentunya akan semakin menyenangkan. Mengingat semua wahana yang ditujukan untuk semua usia bisa anda temukan.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Solok – Simpang Tanjung Nan IV, Kampung Jawa, Kec. Tanjung Harapan, Solok, Sumatera Barat.

16. Kebun Teh Alahan Panjang

Kebun Teh Alahan Panjang
Image Credit: Pesona.travel

Tempat wisata yang satu ini tak kalah menariknya dengan beberapa tempat wisata lainnya di Solok. Kebun teh ini selalu ramai dipadati oleh wisatawan yang ingin mencoba memetik teh hingga melihat proses pembuatan teh. Namun tak jarang pula para wisatawan yang hadir hanya ingin menyaksikan pemandangan di sekitar kebun yang sangat indah. Suasana di kebun teh ini sangatlah sejuk dan asri sehingga ketika anda berkunjung anda akan merasa tenang dan damai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Alahan Panjang, Kec. Lembah Gumanti, Kab. Solok, Sumatera Barat.

17. Wisata Laing Park

Wisata Laing Park
Image Credit: Google Maps (Ady Yandra)

Perjalanan anda menjelajah Solok akan dimulai dengan mengunjungi destinasi wisata terbarunya yakni Wisata Laing Park. Kehadirannya justru menarik perhatian kendati masih menjadi wisata baru. Turis yang berasal dari dalam hingga luar kota menaruh perhatian pada wisata ini. Di Laing Park, anda akan disuguhkan dengan pemandangan khas pedesaan yang asri.

Udaranya yang segar juga menambah daya tarik dari wisata satu ini. Jalanan yang sederhana, bahkan akan berlumpur ketika hujan memberi kesan tersendiri. Di taman ini terdapat rumah pohon dengan tinggi sekitar 10 meter dan menjadi spot favorit. Dari rumah pohon ini, anda akan mendapatkan spot foto istimewa. Jangan lupakan untuk berjalan di jembatan gantungnya yang unik.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. KPT. Bahar Hamid, Laing, Kec. Tj. Harapan, Kota Solok, Sumatera Barat.

18. Puncak Gagoan

Puncak Gagoan
Image Credit:  Indahnyawisatasumbar.blogspot.com

Masih seputar wisata alam, di kawasan Solok terdapat sebuah puncak dengan pemandangan indah yaitu Puncak Gagoan. Tempat wisata ini bahkan tak pernah sepi oleh wisatawan karena pesonanya yang memukau. Tempat wisata alam yang satu ini terletak di desa Paninggahan, Solok. Di puncak Gagoan anda juga dapat memanfaatkan setiap spot – spot foto yang ada untuk mengambil gambar sebagai kenangan. Anda dapat mengunjungi puncak ini sebagai tempat tempat untuk lari dari stress akibat rutinitas harian.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Paninggahan, Kec. Junjung Sirih, Kab. Solok, Sumatera Barat.

19. Nagari 1000 Rumah Gadang

Nagari 1000 Rumah Gadang
Image Credit: Akurat.co

Bagi anda yang jauh – jauh datang kesini, anda dapat menikmati beberapa makanan khas minang yang ada di nagari 1000 Rumah Gadang. Bagi anda yang akan melakukan kegiatan liburan ditempat ini dijamin akan merasa senang dengan segala sesuatu yang disediakan. Di kawasan ini terdapat sangat banyak rumah gadang secara berjejeran yang mencerminkan budaya Minangkabau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Koto Baru, Sungai Pagu, Kab. Solok Selatan, Sumatera Barat.

20. Puncak Bukit Cambai

Puncak Bukit Cambai
Image Credit: Raunsumatra.com

Anda dapat berkunjung di salah satu tempat menarik di daerah Solok Sumatera Barat dengan datang ke puncak bukit Cambai. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang melakukan liburan sendiri. Anda dapat mengunjungi puncak bukit Cambai untuk melihat pemandangan yang sangat indah. Tempat ini juga menyajikan keindahan pemandangan danau yang eksotis. Keindahan alam dari puncak bukit ini amat menyejukkan hati sehingga layak dijadikan opsi liburan. Anda dapat menjadikan puncak ini sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berada di kawasan Solok provinsi Sumatera Barat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Nanam, Kec. Lembah Gumanti, Solok, Sumatera Barat.

Indonesia memiliki kekayaan alam yang tidaklah sedikit. Solok adalah salah satunya menyimpan tempat wisata yang memukau. Siapkan waktu dan biaya yang memadai untuk melakukan perjalanan liburan bersama keluarga dan orang – orang terkasih anda. Mulai jadwalkan kegiatan berlibur anda saat ini dengan mengunjungi semua tempat wisata tersebut di atas.