Sumatra Barat

10 Tempat Wisata di Solok Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Favorit di Solok Selatan, Sumatera Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan.

Solok Selatan merupakan  kabupaten baru di Sumatera Barat pemekaran dari Kabupaten Solok yang terkenal dengan pesona keindahan alamnya. Kota ini dianugrahi panorama alam yang cantik dengan hawa sejuk dingin, sebab berada di ketinggian sekitar 329 – 1.458 meter di atas permukaan laut.

Memiliki julukan Heart of Minangkabau, Solok Selatan merupakan jantung pariwisata di Sumatera Barat. Jika Anda senang menikmati pemandangan alam, wisata di tempat ini menawarkan keindahan yang sangat menawan. Berikut 10 tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Solok Selatan:

1. Wisata Rumah Gadang Minangkabau

Wisata Rumah Gadang Minangkabau

Image Credit: Sumbar.travel

Wisata Rumah Gadang Minangkabau biasa disebut Nagari 1000 Rumah Gadang merupakan salah satu wisata khas unggulan di Sumatera Barat. Lokasinya berada di Nagari Kotobaru Kabupaten Solok Selatan. Jika berangkat dari Padang, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 3,5 jam atau 150 km melalui jalur darat.

Ketika sudah tiba di kawasan Nagari 1000 Rumah Gadang, Anda langsung disambut deretan rumah Gadang yang berjajar rapi di kiri dan kanan jalan. Rumah Gadang memiliki desain artistik dengan usia ratusan tahun, bahkan ada yang dibangung sejak tahun 1700an.

Berkunjung ke lokasi ini memungkinkan Anda ikut merasakan kehidupan sehari-hari warga suku, menginap langsung di rumah Gadang, bahkan bisa turut belajar memasak kuliner khas daerah bersama warga. Untuk biayanya biasanya berkisar mulai dari 250.000 per hari. Menarik bukan?

Lokasi: Koto Baru, Kec. Sungai Pagu, Kab. Solok Selatan.

2. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci

Image Credit: Kerincitime.co.id

Gunung kerinci menjadi salah satu wisata favorit lain ketika berkunjung ke Sumatera Barat, terutama bagi pencinta alam dan pendaki gunung. Melalui Solok Selatan, Anda bisa melewati jalur Desa Bangun Rejo dan Kersik Tuo.

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera, sehingga disebut juga sebagai atap Sumatera. Banyak sekali pendaki yang sangat ingin menaklukan puncak Gunung ini sebagai impiannya. Apakah Anda juga tertarik untuk mencobanya?

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pariaman Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Lubuk Gadang Selatan, Kec. Sangir, Kab. Solok Selatan.

3. Kebun Teh Liki

Kebun Teh Liki

Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Jika Anda tidak terlalu suka mendaki Gunung Kerinci, namun ingin menikmati pemandangan keindahannya, wisata ke kebun Teh Liki bisa menjadi alternatif yang menyenangkan.

Sebagai kebun teh yang di klaim paling luas se-dunia, Liki memiliki luas sekitar 2.025 hektar dengan ketinggian 600-1300 mdpl. Anda akan disuguhi hamparan pemandangan perkebunan teh yang indah dengan latar belakang Gunung Kerinci. Suasanya tentu sudah pasti sejuk dan asri.

Kebun Teh Liki sudah ada sejak pemerintahan Hindia Belanda, hingga pada tahun 1990 dikelola oleh PT. Mitra Kerinci. Lokasinya berada di Nagari Lubuak Gadang, Jalan Padang Aro-Muaro Kecamatan Sangir.

Lokasi: Lubuk Gadang Selatan, Kec. Sangir, Kab. Solok Selatan.

4. Puncak Bangun Rejo

Puncak Bangun Rejo

Image Credit: Kidalnarsis.com

Puncak Bangun Rejo adalah salah satu spot yang perlu Anda kunjungi ketika ke Solok Selatan. Lokasinya ada di Nagari Lubuk Gadang Selatan tepatnya di Jorong Bangun Rejo Kecamatan Sangir. Berada di tepi jalan.

Lokasi ini adalah kawaasan perkebunan kopi, berada di Bukit Bontak tepat di kaki Gunung Kerinci. Masyarakat membangun lokasi ini menjadi tempat wisata kekinian dengan cafe & tempat selfie.

Selain itu, Puncak Bangun Rejo menawarkan pemandangan yang indah dari barisan-barisan bukit yang ada di Solok Selatan. Udaranya sejuk dan suasana yang nyaman membuat lokasi ini pantang dilewatkan.

Lokasi: Bangun Rejo , Lubuk Gadang Selatan, Kec. Sangir, Kab. Solok Selatan.

5. Air Terjun Kembar

Air Terjun Kembar

Image Credit: Hallosumbar.blogspot.com

Wisata Air Terjun Kembar menjadi salah satu tempat mutiara tersembunyi di Solok Selatan. Lokasinya berada di Bangun Rejo, sekitar lima kilometer dari Kantor Bupati Solok Selatan. Dari tempat parkir air terjun, Anda perlu berjalan kaki sekitar 5 menit, dengan akses yang tidak sulit.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Padang yang Paling Enak

Anda akan menemukan air terjun alami yang mengalir segar bahkan bisa langsung diminum. Air Terjun Kembar memiliki ketinggian sekitar 20 – 25 meter dengan dua tempat mandi. Anda dapat menikmati kesegaran air terjun dengan mandi, melihat pemandangan yang asri, atau bahkan berkemah di sini.

Lokasi: Bangun Rejo, Kec. Sangir, Kab. Solok Selatan.

6. Goa Batu Kapal

Goa Batu Kapal

Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Gua Batu Kapal merupakan salah satu suguhan panorama cantik eksotis di Sumatera Barat yang  bisa Anda kunjungi. Lokasi ini seperti menampilkan lukisan mahakarya alam dengan dinding-dinding gua yang bergurat dengan motif cantik.

Terdapat empat bongkah batu kapur dengan dua terbesar memiliki goa, goa inilah yang disebut Batu kapal. Nama ini muncul sebab lorongnya mirip dengan kabin kapal. Saat masuk ke bibir goa, Anda akan disambut dengan keleawar dan walet di atap goa dengan backsound rintik air yang jatuh disungai, sungguh merupakan tempat yang menenangkan.

Pemandangan indah juga muncul dari lubang-lubang di atap yang menyalurkan berkas sinar matahari yang indah. Dengan warna dinding putih kehijauan dan sorot cahaya matahari, dinding menjadi sangat indah seperti lukisan.

Lokasi: Nagari Sungai Kunyit Barat, Kec. Sangir Balai Janggo, Kab. Solok Selatan.

7. Pemandian Hot Water Boom

Pemandian Hot Water Boom

Image Credit: Solokselatantours.blogspot.com

Pemandian Hot Water Boom menjadi lokasi favorit wisata terutama bagi yang mengajak keluarga saat liburan. Pemandian air panas ini memiliki temperatur air yang sangat panas yang berasal dari kaki gunung atap Sumatera, Kerinci.

Orang menyebut lokasi ini dengan Air Panas Sapan Maluluang atau meraung-raung sebab sumber air panasnya sangat panas berbahaya dan berbunyi seperti orang meraung.

Selain untuk mandi, biasanya orang datang kesini membawa telur untuk direbus. Untuk mandi tersedia dua kolam pemandian, satu untuk dewasa satu untuk anak lengkap dengan wahana permainan. Satu lagi ada kolam untuk merebus telur dengan suhu yang sangat panas.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Pasaman Barat yang Murah & Enak

Lokasi: Pauh Duo Nan Batigo, Kec. Pauah Duo, Kab. Solok Selatan.

8. Tubing Ducati

Tubing Ducati

Image Credit: Harianhaluan.com

Tubing Ducati adalah tempat wisata untuk body rafting berlokasi di Pauh Duo. Dengan sungai alami yang mengalir deras dan jernih, ditambah batu-batuan membuat tubing ducati ini semakin cantik.

Aksesnya pun sangat mudah, berada di jalan nasional, turun kendaraan Anda bisa langsung menemu pintu gerbangnya. Terdiri dari kolam alami dan sungai sejauh 1Km, Anda bisa menyusuri sungai dengan arusnya mengugunakan ban mobil ukuran besar. Sangat menyenangkan dan memompa adrenalin!

Lokasi: Jl. Raya Muara Labuh, Alam Pauh Duo, Kec. Pauah Duo, Kab. Solok Selatan.

9. Air Terjun Tansi Ampek

Air Terjun Tansi Ampek

Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Berada di kota Padang Aro, Air Terjun Tansi Tampek merupakan tempat wisata pilihan untuk Anda melepas penat. Dengan keindahan yang asri dan masih perawan, air terjun Tansi Ampek menyajikan pemandangan indah menawan.

Untuk sampai dilokasi ini Anda perlu menempuh jarak sekitar 8 km dari pusat ibukota. Selama perjalanan Anda akan melalui perkebunan teh dengan latar gunung Kerinci yang tentu sangat indah.

Lokasi: Lubuk Gadang Selatan, Kec. Sangir, Kab. Solok Selatan.

10. Air Terjun Malanca

Air Terjun Malanca

Image Credit: Solokselatantours.blogspot.com

Air terjun Malanca terkenal dengan panggilan Simalanca, yaitu pemandian alami dengan banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Anda bisa mandi dengan air yang jernih dan segar, bermain seluncur, dan menikmati panorama dengan air terjun yang indah dengan latar pemandangan hamparan kebun teh dan perkampungan Sungai Lambai.

Lokasinya sangat mudah ditemukan, berada di Padang Aro. Sampai di lokasi Anda perlu naik tangga setinggi 50 meter untuk bisa sampai ke lokasi.

Lokasi: Lubuk Gadang Selatan, Kec. Sangir, Kab. Solok Selatan.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Solok Selatan yang dapat Anda kunjungi di liburan kali ini! Jangan sampai terlewat untuk menikmati segala pemandangan indah di Solok Selatan. Selamat berlibur!